P. 1
Struktur Anatomi Akar Dan Batang

Struktur Anatomi Akar Dan Batang

|Views: 1,112|Likes:
Published by Dwi Putri Pasinggi

More info:

Published by: Dwi Putri Pasinggi on Mar 19, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/14/2013

pdf

text

original

PERBANDINGAN STRUKTUR ANATOMI AKAR DAN BATANG

Dosen pengampu :

Disusun oleh:

Dwi Putri Pasinggi (101434039)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SANATA DHARMA YOGYAKARTA 2011

Ciri yang paling khas pada epidermis akar adalah adanya pembentukan rambut akar (organ yang paling baik menyerap air dan garam mineral). termasuk yang terdapat pada rambut akar. rambut akar dan sebagainya. stele (silinder pusat) 1. struktur akar tumbuhan tersusun atas: 1. 2. Secara anatomi. korteks 3. AKAR Akar merupakan bagian bawah sumbu tumbuhan dan biasanya berkembang dibwah permukaan tanah walaupun ada akar yang tumbuh di udara. Epidermis Lapisan ini terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat. Sel-selnya berdinding tipis dan biasanya berkutikula. akar penopang. akan tetapi terdapat perbedaan dasar perkembangan dan penataan jaringan-jaringan primer pada kedunya yang dapat dibedakan. endodermis 4.tumbuhan pada lahan kering biasanya mempunyai sistem yang lebih baik dibandingkan dengan tanaman yang tumbuh di tanah berpasir. akar napas. Bentuk dan struktur akar sangat beragam berkaitan dengan fungsinya. Kondisi lingkungan dapat mempengaruhi strukturnya. apakah itu berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan.A. . epidermis.

3. sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak memiliki ruang antar sel. resin dan latisifer ditemukan dalam berbagai korteks tumbuhan. selain parenkim ada juga sklerenkim.2. Sel sekretori. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arah luar. Terkadang jaringan kolenkim juga terdapat pada lapisan ini. Eksodermis Banyak tumbuhan yang memiliki sel-sel di lapisan korteks subepidermal bagian luar dengan dinding sel yang menjadi bergabus. Silinder Pusat Terdiri dari berbagai macam jaringan : . duktus.Berkas Pembuluh Angkut/Vasis Terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. Sebagian besar dibangun oleh jaringan parenkim. Sel-sel eksodermis mengandung protoplas hidup bahkan ketika sudah matang. Pada tanaman tertentu misalnya Smilax. sehingga terbantuklah eksodermis eksodermis mempunyai struktur dan ciri sitokimia yang mirip dengan endodermis. Sel-sel parenkim korteks akar biasanya tidak berklorofil.Empulur Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim. citrus dan phoenix. .Persikel/Perikambium Merupakan lapisan terluar dari stele. Biasanya korteks akar lebih lebar daripada korteks batang. . Pada sebagian besar monokotil yang korteks akarnya tidak terkelupas selama akarnya tetap hidup. Tebalnya eksodermis berbeda-beda pada lapisan sel ada yang tunggal dan ada pula yang berlapis-lapis. . Klorofil hanya terdapat pada akar udara pada tanaman epifit. Pada dikotil di antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium. dibawah epidermis ada lapisan khusus yang disebut eksodermis. Korteks Letaknya langsung di bawah epidermis.

sel endodermis pada akar tumbuhan tertentu terus berbagi secara antiklinal selama tingkatan permulaan pada penebalan sekunder. Pada pertumbuhan selanjutnya. Sel-sel endodermis dapat mengalami penebalan gabus pada dindingnya dan membentuk titik caspary. Ciri ini sangat nyata selama inisiasi endogen dari akar lateral dan perisikel yang disertai dengan pembelahan dan perentangan sel-sel endodermis di dekatnya. Lapisan sel ini berada di bawah lapisan korteks akar. sel-sel endodermis mampu melakukan banyak pertumbuhan. Selain itu. kecuali pada beberapa tumbuhan. penebalan zat gabus sampai pada dinding sel menyebabkan air tidak bisa menuju ke silinder pusat .Endodermis Lapisan ini terdiri atas sel-sel yang membentuk silinder uniserat dan berkembang. Selama perkembangan pertama akar.

B. 3. Seperti pada akar selinder pusat pada batang juga terdiri dari: . pada batang terdapt hipoderm. Bedanya dengan epidermis pada akar yaitu adanya kutikula.Persikel/Perikambium Merupakan lapisan terluar dari stele. 1. . Pada dikotil di antara xilem dan floem terdapat jaringan kambium. sel sekresi dan latisifer. Seperti pada akar korteks batang jga kebanyakan tersusun atas jaringan parenkim. Korteks batang tersusun atas sklereid. Akar cabang terbentuk dari pertumbuhan persikel ke arah luar. Begitu pula pada akar. Epidermis Lapisan ini merupakan lapisan terluar. . 2. Tidak seperti akar yang dibawah lapisan epidermis terdapat eksoderm. korteks dan silinder pusat. fungsinya sama dengan epidermis pada akar yaitu untuk melindungiab jaringan lain yang ada dibawahnya. Korteks Korteks adalah daerah silinder di antara epidermis dan silinder pembuluh. Pada pertumbuhan sekunder kambium gabus membentuk periderm yang nantinya akan menggantikan epiderm. Silinder pusat Merupakan lapisan terdalam dari batang. namun dapat pula di jumpai adanya jaringan kolenkim pada tumbuhan tertentu. BATANG Seperti halnya akar.Berkas Pembuluh Angkut/Vasis Terdiri atas xilem dan floem yang tersusun bergantian menurut arah jari jari. batang juga tersusun atas epidermis.

-Pada batang ada kesulitan untuk membedakan batas anatomis antara korteks dan stele. -pada monokotil tidak terdapat kambium. .. Tetapi pada tumbuhan tingkat rendah endodrmisnya dapat terlihat jelas karena dindingnya mempunyai jalur kaspari. sehingga pertumbuhan sekunder tidak terjadi mengakibatkan volume batang tidak membesar. sedangkan pada dikotil terdapat kambium yang dapat membelah dan menghasilkan xilem yang lama kelamaan akan membentuk lapisan kayu dan memperbesar volume batang.Empulur Letaknya paling dalam atau di antara berkas pembuluh angkut terdiri dari jaringan parenkim.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->