P. 1
10 NEGARA ASEAN

10 NEGARA ASEAN

|Views: 4,976|Likes:
Published by Zops Hops

More info:

Published by: Zops Hops on Mar 20, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

10 NEGARA ASEAN

Berjuta manusia tinggal di 10 negara Asean: Indonesia, Brunei, Malaysia, Thailand, Filipina, Timur Leste, Laos, Vietnam, Singapura, dan Kamboja. Budaya mereka ada yang hampir sama, tapi banyak juga yang berbeda. Budaya ini berakar dari agama, budaya masyarakat lokal, dan budaya nenek moyang tempat asal mereka.

1. Indonesia
a. Lambang Negara

Garuda Pancasila merupakan lambang negara Indonesia. Lambang ini dirancang oleh Sultan Hamid II bersamaan dengan M Yamin, yang kemudian disempurnakan oleh Presiden Soekarno. Sedangkan Pancasila itu sendiri merupakan dasar filosofi negara Indonesia. Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas b. Bendera

Bendera Negara Sang Merah Putih berbentuk empat persegi panjang dengan ukuran lebar 2/3 (dua-pertiga) dari panjang serta bagian atas berwarna merah dan bagian bawah berwarna putih yang kedua bagiannya berukuran sama. c. Bentuk Pemerintahan Berdasarkan Pasal 1 Ayat 1 UUD 1945, Negara Indonesia adalah negara kesatuan yangberbentuk republik. Berdasarkan hal itu dapat disimpulkan bahwa bentuk negaraIndonesia adalah kesatuan, sedangkan bentuk pemerintahannya adalah republik.Selain bentuk negara kesatuan dan bentuk pemerintahan republik, Presiden RepublikIndonesia memegang kekuasaan sebagai kepala negara dan sekaligus kepalapemerintahan. Hal itu didasarkan pada Pasal 4 Ayat 1 yang berbunyi, “Presiden RepublikIndonesia memegang kekuasaan pemerintahan menurut Undanag-Undang Dasar.”Dengan demikian, sistem pemerintahan di Indonesia menganut sistem pemerintahanpresidensial. d. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya - Lagu Kebangsaan Republik Indonesia - Lagu Wajib Nasional Ciptaan : W.R. Supratman / Wage Rudolf Supratman

Brunei a. Di bulan sabit terdapat motto dalam huruf Jawi. Sultan Hassanal Bolkiah yang gelarnya diturunkan dalam wangsa yang sama sejak abad ke-15. kemakmuran dan keamanan. walaupun baginda secara berkesan merupakan . Di bawah payung adalah sayap yang melambangkan keadilan.2. Bendera Negara Bendera Brunei diperkenalkan pada 29 September 1959 semasa Brunei merupakan protektorat Britania Raya dan ditetapkan saat Brunei mencapai kemerdekaan pada 1 Januari 1984. "Sentiasa berkhidmat dengan panduan Tuhan" dan di bawah bulan sabit. Bentuk Pemerintahan Kerajaan Brunei Darussalam adalah negara yang memiliki corak pemerintahan monarki absolut dengan Sultan yang menjabat sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan. Bendera ini terdiri dari lambang negara di bagian tengah dengan latar belakang warna kuning dan garis hitam dan putih di bidang bendera. b. dicantumkan dengan payung obor-obor (lambang pemerintahan di bawah seorang sultan). c. Di sebelah kiri dan kanan terdapat sepasang tangan yang menadah. Ini dapat dilihat di panji-panji kerajaan Malaysia dan Thailand dan juga bendera presiden Indonesia. merangkap seagai Perdana Menteri dan Menteri Pertahanan dengan dibantu oleh Dewan Penasihat Kesultanan dan beberapa Menteri. warna kuning adalah warna tradisional untuk raja-raja. kedamaian. tertulis "Negara Brunei Darussalam" juga dalam tulisan Jawi. Baginda dinasihati oleh beberapa majelis dan sebuah kabinet menteri. Di Nusantara. ialah kepala negara serta pemerintahan Brunei. Lambang Negara Lambang negara terdiri dari bulan sabit (lambang Islam).

d. Lagu ini ditulis oleh Pengiran Haji Mohamed Yusuf bin Abdul Rahim dan digubah oleh Awang Haji Besar bin Sagap pada tahun 1947. Bendera Jalur Gemilang adalah sebutan bagi bendera nasional Malaysia. lambang Negara Lambang Malaysia. bermula dengan garis merah di sebelah bawah.pemerintah tertinggi. Lagu Kebangsaan Allah Peliharakan Sultan merupakan lagu kebangsaan Brunei Darussalam. atau disebut Jata Negara di Malaysia terdiri dari perisai yang ditopang dua harimau. Media amat memihak kerajaan. Di bawahnya terdapat pita dengan semboyannya "Bersekutu Bertambah Mutu". c. yang melambangkan jumlah anggota dalam persekutuan 13 negara bagian plus Kerajaan Persekutuan. b. dan kerabat kerajaan melestarikan status yang dihormati di dalam negeri. Bentuk Pemerintahan . Di atas perisai terdapat bintang dan bulan sabit berwarna kuning. Bendera ini bercorak 14 garis (jalur) merah dan putih (melintang) yang sama lebar. 3. Malaysia a. Ia diberi status resmi pada tahun 1951.

Malaysia adalah sebuah federasi dari 13 negara bagian dan 3 wilayah federal. Lagu Kebangasaan Lagu Negaraku (Jawi: ‫ . d. burung mitologi dalam kepercayaan Hindu dan Buddha. 4. . lambang Negara Lambang negara Thailand menampilkan Garuda. yang berasal dari pulau Mahé di Kepulauan Seychelles dan diadopsi oleh Raja Abdullah setelah pulang dari pengasingan di Seychelles. [7] Namun dalam prakteknya. Iramanya berasal dari lagu "La Rosalie" digubah oleh seorang komposer berkebangsaan Perancis.لڬو نڬاراکو‬Tionghoa: 我的祖國. Sistem pemerintahan di Malaysia erat model bahwa sistem Westminster parlementer. yang berarti "garuḍa sebagai wahana dewa Wishnu. Tamil: ெநகாராக) merupakan lagu resmi dari Kesultanan Perak. kekuasaan lebih banyak dipegang oleh cabang eksekutif pemerintah daripada di legislatif. dan yudikatif telah dilemahkan oleh serangan ditopang oleh pemerintah selama era Mahathir. Garuda juga merupakan Lambang Negara Indonesia serta lambang kota Ulan Bator (ibu kota Mongolia). Lambang ini disebut Krut Pha. warisan dari pemerintahan kolonial Inggris. Thailand a. Di Thailand figur ini digunakan sebagai lambang keluarga kerajaan dan otoritas. dengan pemilihan umum terakhir pada Maret 2008. Lagu Terang Bulan." Lambang ini menjadi lambang negara Thailand sekaligus lambang Raja Thailand. Pierre Jean de Beranger (1780-1857).[1] Irama lagu Negaraku ini juga sama dengan irama lagu Mamula Moon yang dipopulerkan oleh Felix Mendelssohn dan Hawaiian Serenaders. Pemilihan parlemen diadakan setidaknya sekali setiap lima tahun. kemudian digubah ulang dan diberi judul "Allah Lanjutkan Usia Sultan" seterusnya dijadikan lagu resmi Kesultanan Perak ketika pertabalan raja Edward VII 1901.

b. Lagu ini mulai digunakan sejak 10 Desember 1939. Ini adalah pertama kali digunakan sekitar tahun 1920. Bendera Bendera Thailand pertama diciptakan pada masa pemerintahan Raja Rama II. Lagu Kebangsaan "Phleng Chat Thai" ("เเเเเเเเ") yang secara harfiah berarti "Lagu Kebangsaan Thai" adalah lagu kebangsaan Thailand. d. Lagu tersebut digubah oleh Peter Feit (nama Thailand: Phra Chen-Duriyang). Bendera ini dipilih dengan simbol beruntung gajah putih. Dan biru menandakan dan monarki dan peran pentingnya bermain di kehidupan sehari-hari masyarakat Thailand. putih dan biru) memiliki makna. Pengadilan independen dari eksekutif dan legislatif. dimana Perdana Menteri adalah kepala pemerintahan dan raja turun-temurun adalah kepala negara. putra seorang imigran Jerman dan penasehat kerajaan untuk musik. Rong Trai atau tiga warna dirancang oleh Raja Rama VI. Liriknya ditulis oleh Luang Saranupraphan. Putih melambangkan kemurnian agama nasional. Merah adalah warna darah dan merepresentasikan kehidupan kepada orang-orang Thailand. Bentuk Pemerintahan Politik Thailand saat ini dilakukan dalam kerangka monarki konstitusional. c. Bendera Thailand ini. 1883-1968. Lima garis horisontal dari tiga warna (merah. . Buddhisme.

dengan lirik diadaptasi dari puisi Filipina. kepala pemerintahan. dan Panglima Tertinggi angkatan bersenjata. Filipina a. d. yang memiliki seorang Ketua Mahkamah Agung sebagai kepalanya dan 14 Hakim Agung. Bendera c. anggota keduanya dipilih oleh pemilu. Dewan Legislatif Filipina mempunyai dua kamar: Kongres terdiri dari Senat dan Dewan Perwakilan. Lagu Kebangsaan Lupang Hinirang adalah lagu kebangsaan Filipina. Cabang yudikatif pemerintah dikepalai oleh Mahkamah Agung. Bentuk Pemerintahan Pemerintah Filipina mengikuti Pemerintah Amerika Serikat. Musiknya disusun pada tahun 1898 oleh Julian Felipe dalam bahasa Spanyol. Dia ditata sebagai sebuah republik. ditulis oleh seorang tentara-penyair muda bernama Jose Palma pada tahun 1899. di mana Presiden berfungsi sebagai kepala negara. sedangkan Dewan Perwakilan terdiri dari tidak lebih dari 250 anggota kongres yang melayani selama 3 tahun. semuanya ditunjuk oleh Presiden. lambang Negara b.5. dan memilih dan mengepalai kabinet. Presiden dipilih dalam pemilu untuk masa jabatan 6 tahun. Ada 24 senator yang menjabat selama 6 tahun di Senat. .

Acção e Progresso b. Perdana Menteri mengepalai Dewan Menteri atau Kabinet dalam Kabinet Pemerintahan.6. Sebagai kepala pemerintahan. Meskipun fungsinya hanya seremonial saja. Jumlah kursi di parlemen antara 52 dan 65 tetapi saat ini berjumlah 65. Lagu ini dijadikan lagu kebangsaan pada tahun 2002. Timor leste a. Undang-Undang Dasar Timor Leste didasarkan konstitusi Portugal. yang dipilih secara langsung dengan dengan masa bakti selama 5 tahun. Perdana Menteri dipilih dari pemilihan multi partai dan diangkat/ditunjuk dari partai mayoritas sebuah koalisi mayoritas. Lagu Kebangsaan Pátria adalah lagu kebangsaan Timor Leste. d. Bendera c. Parlemen Timor Leste hanya terdiri dari satu kamar saja dan disebut Parlamento Nacional. Bentuk Pemerintahan Kepala Negara Republik Timor Leste adalah seorang presiden. lambang Negara Motto: Unidade. . ia juga memiliki hak veto undang-undang. Anggotanya dipilih untuk masa jabatan selama lima tahun. Lagu ini hanya dinyanyikan dalam versi bahasa Portugis dan belum mempunyai versi bahasa Tetun yang merupakan bahasa kenegaraan. Liriknya ditulis oleh Francisco Borja da Costa sementara lagunya digubah Afonso de Araujo pada tahun 1975.

Meskipun lirik asli (lembaran musik dengan lirik Lao (Lao dan Latin script)) kurang referensi untuk keluarga kerajaan. Keputusan pemerintah yang penting ditentukan Dewan Menteri. lambang Negara b. . laos a. bagaimanapun. lirik diubah setelah revolusi 1975 komunis yang menggulingkan keluarga kerajaan. Bentuk Pemerintahan Satu-satunya partai politik yang diakui di Laos adalah Partai Revolusioner Rakyat Laos (LPRP). dipertahankan. melodi.7. Kepala pemerintahan adalah seorang perdana menteri yang ditunjuk oleh presiden dengan persetujuan dari parlemen. Bendera c. Kebijakan pemerintahan ditentukan oleh partai melalui 9 anggota yang sangat berkuasa Politbiro dan 49 anggota Komite Pusat. Kepala negara adalah seorang presiden yang ditentukan oleh parlemen untuk masa jabatan 5 tahun. d. Lagu Kebangsaan " "Pheng Xat Lao" (Hymn of the Lao People) Lagu Laos disusun pada tahun 1941 dan pertama kali digunakan ketika Kerajaan Laos diciptakan pada tahun 1947.

Bentuk Pemerintahan Republik Sosialis Vietnam adalah sebuah negara partai tunggal. hanya yang pertama digunakan sebagai lagu resmi. Itu ditulis dan disusun oleh Van Cao (19231995) pada tahun 1944. diucapkan [tjə̌ kwən n ka ]) adalah lagu kebangsaan Vietnam. dan diadopsi sebagai lagu kebangsaan Republik Demokratik Vietnam pada tahun 1945. Vietnam a. Presiden Vietnam adalah kepala negara dan secara nominal adalah panglima tertinggi militer Vietnam. menduduki Dewan Nasional untuk Pertahanan dan Keamanan (Council National Defense and Security). Ini meliputi Barisan Tanah Air Vietnam (Vietnamese Fatherland Front). Hanya organisasi politik yang bekerjasama atau didukung oleh Partai Komunis diperbolehkan ikut dalam pemilihan umum. makna ideologi tersebut telah berkurang secara besar sejak tahun 1990an. mengepalai kabinet yang terdiri atas 3 deputi perdana menteri dan kepala 26 menteri-menteri dan perwira-perwira. Ini menjadi lagu kebangsaan Republik Sosialis Vietnam yang bersatu pada tahun 1976. Sebuah konstitusi baru disahkan pada April 1992 menggantikan versi 1975. Bendera c. d. lambang Negara b. Lagu Kebangsaan "lagu untuk Memajukan Tentara" (Vietnam: Tien Quan Ca. . Peran utama terdahulu Partai Komunis disertakan kembali dalam semua organ-organ pemerintah.8. politik dan masyarakat. Meskipun negara tetap secara resmi berjanji kepada sosialisme sebagai doktrinnya. partai serikat pedagang dan pekerja. Walaupun terdiri dari dua ayat. Perdana Menteri Vietnam adalah kepala pemerintahan.

Menurut hukum. Bentuk Pemerintahan Singapura adalah sebuah republik parlementer dengan sistem pemerintahan parlementer unikameral] Westminster yang mewakili berbagai konstituensi.9. Konstitusi Singapura menetapkan demokrasi perwakilan sebagai sistem politik negara ini. lambang Negara b. d.[41] Partai Aksi Rakyat (PAP) mendominasi proses politik dan telah memenangkan kekuasaan atas Parlemen di setiap pemilihan sejak menjadi pemerintahan sendiri tahun 1959. "Majulah Singapura" secara resmi menjadi lagu kebangsaan Singapura. Setelah kemerdekaan penuh pada tahun 1965. . Lagu ini terpilih sebagai lagu kebangsaan Singapura pada tahun 1959 ketika pemerintahan sendiri mulai berjalan. Lagu Kebangsaan Majulah Singapura" adalah lagu kebangsaan Singapura. Bendera c. Singapura a. Lagu ini digubah oleh Zubir Said pada tahun 1958 sebagai lagu untuk Dewan Kota Singapura.[42] Freedom House menyebut Singapura sebagai "sebagian bebas" dalam "laporan Freedom in the World" dan The Economist menempatkan Singapura pada tingkat "rezim hibrida". ketiga dari empat peringkat dalam "Indeks Demokrasi". lagu ini hanya boleh dinyanyikan dalam lirik Melayu-nya.

10. FUNCINPEC menaklukkan partai komunis. Bentuk Pemerintahan Kerajaan Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional di Asia Tenggara. Negara ini merupakan penerus Kekaisaran Khmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14. Bendera c.Kamboja a. Setelah partai kerajaan. lagu kebangsaan di restorasi ulang. lagu ini dibuat pada tahun 1941 dan di pakai pada tahun 1947. lagu ini dirubah dan diganti menjadi Dap Prampi Mesa Chokchey yang dipakai selama pemerintahan Demokratik Kamboja berlangsung. Pada masa pemerintahan Republik Demokratik Kamboja. lambang Negara b. Lirik lagu kebangsaan ditulis oleh Chuon Nath. d. . Lagu Kebangsaan Nokoreach(Kerajaan) adalah lagu kebangsaan Kerajaan Kamboja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->