Wahyu Khaniful Huda 110110080391 Tugas Teori Hukum Pembangunan

1. Apakah yang dimaksud dengan teori hukum? 2. Sebutkan dua dimensi penerapan teori hukum! 3. Apakah tujuan dari teori hukum itu? 4. Jelaskan pokok kajian teori hukum ada berapa? 5. Apakah yang dimaksud dengan analisis hukum? 6. Sebutkan unsur – unsur dari analisis hukum secara lengkap! 7. Apakah yang dimaksud dengan pemahaman mengenai struktur sistem hukum? 8. Sifat dan kaidah hukum merupakan salah satu dari unsur penyusun analisis hukum. Apakah maksud dari pernyataan tersebut? 9. Pengertian fungsi dan asas – asas hukum menjadi bagian penting dari analisis hukum. Apakah relevansinya? 10. Terdapat beberapa unsur – unsur khas konsep yuridik. Dapatkah saudara menyebutkan beberapa diantaranya? 11. Jelaskan unsur – unsur khas konsep yuridik yang telah saudara sebutkan tadi! 12. Apakah itu ajaran metode? 13. Sebutkan apa saja unsur dari ajaran metode itu tadi? 14. Apakah yang dimaksud dengan ilmu atau dogmatik hukum? 15. Jelaskan secara singkat mengenai metode penerapan hukum! Sebutkan unsurnya, dan jelaskan!

dapatkah saudara membrikan pendapat yang berkesesuaian dengan teori ini? 18. Menganalisis kaidah hukum untuk menampilkan kepentingan dan ideologi yang melatarbelakangi aturan hukum positif (undang-undang). Ajaran ilmu (epistemologi) dari hukum dengan mempersoalkan karakter keilmuan ilmu hukum. Objek kajian dari filsafat hukum adalah hukum itu sendiri. Sebutkan beberapa pokok dari kajian filsafat hukum! 26. agar kita dapat mengetahui analisis yang tepat terhadap suatu hukum. Apakah yang dimaksud dengan filsafat hukum? 24. Penjelasan yang terbaik adalah agar kita dapat memiliki adalah dengan memiliki unsur – unsur yang dibutuhkan agar kita bisa menjadi lebih kritis terhadap hukum. Dapatkah saudara memberikan contoh kajian keilmuan yang memberikan ruang bagi filsafat? 23. Teori argumentasi yuridik (teori penalaran hukum). dapat memberikan kita suatu pengertian dan pemahaman tentang bagaimana tujuan dan latar belakang dari suatu hukum positif dibuat dan diterapkan. Apa yang saudara ketahui mengenai teori perundang – undangan? 17. 21. Jelaskan dengan bahasa saudara sendiri pernyataan tersebut tadi.16. Jelaskan hal yang saudara ketahui tentang ontology hukum! . Penting pula bagi kita untuk memiliki perasaan kritis terhadap ideologi. Sebutkan unsur apa sajakah itu! 20. Apakah yang dimaksud dengan filsafat? 22. Dapatkah saudara memberikan penjelasan mengenai pentingnya filsafat hukum bagi perkembangan ilmu hukum itu sendiri? 25. Dapatkah saudara menjelaskan konsep ini? 19. akan memberikan penjelasan terhadap bagian lain dari analisis hukum.

Apakah yang saudara ketahui tentang teleologi hukum? 37. 31. Apakah perbedaan dari tujuan dan cita – cita hukum? 38. Akal budi manusia menjadi pisau bedah untuk mempelajari epistimologi hukum. Ilmu tentang segala sesuatu apakah dapat menjadi gambaran bahwa ontology hukum dapat memberikan jawaban yang memuaskan akan semua pertanyaan tentang eksistensi segala jenis keilmuan? Jelaskan pendapat saudara! 28. Nilai. apakah maksud dari kata sederhana itu? 30. Apakah maksudnya? 41. Apakah itu logika? . Apakah yang dimaksud dengan aksiologi hukum? 29. Apakah itu pranata hukum? Jelaskan! 36. Apakah yang dimaksud dengan ideologi? 32. apakah dapat menjadi nilai dan cita – cita bersama sebuah masyarakat yang memiliki sistem hukum yang sama? Jelaskan! 34.27. termasik untuk apa hukum itu dibuat. Seberapa pentingkah akal budi dalam epistimologi hukum? 42. Ideologi hukum dapatkah menjadikan masyarakat standar dan seragam serta tidak memiliki perbedaan pandangan hidup dan cita – cita? 35. Pemahaman hukum akan menyebabkan kita mengetahui tentang hukum itu sendiri. Nilai tentang segala sesuatu dapatkah menjadi patokan standar bahwa kita dapat memberikan label penilaian terhadap segala macam hal? Jelaskan pendapat saudara. Dapatkah saudara menjelaskan apakah itu ideologi hukum? 33. Ideologi hukum. Apa sajakah faktor – faktor yang menjadi unsur dari epistimologi hukum? 40. Jelaskan secara singkat tentang epistimologi hukum! 39.

dapatkah saudara menjelaskan maksudnya? 47. Apakah kegunaan dari logika berpikir? 45. Keberadaan hukum di dunia ini adalah sebagai perintah dari yang Maha Kuasa dan yang berdaulat.43. Hukum merupakan perintah. Jelaskan! 58. Jelaskan pokok kajian yurisprudence yang telah saudara kemukakan sebelumnya. Apakah itu hakekat hukum? 54. Sebutkan unsur yang menjadi penjelasan mengenai hakekat hukum! 55. Lex aeterna. Apa yang saudara ketahui tentang logika berpikir? 44. Memikirkan kebenaran. Sebutkan pokok kajian dari yurisprudence hukum! 52. coba saudara jelaskan tentang hal ini. Lex divina. apakah itu? 60. . Sebutkan urutan pembagian hukum menurut teori hukum alam! 59. Teori apakah ini? Jelaskan! 56. Dapatkah saudar menjelaskan tentang hukum itu sendiri? 49. apakah maksudnya? 46. Apakah yang saudara ketahui tentang yurisprudence? Jelaskan secara singkat! 51. Sebutkan unsur – unsur penyusun dari logika hukum! 48. Ajaran umum hukum apakah dapat diterima secara umum oleh setiap anggota masyarakat hukum? 50. 53. Ajaran umum hukum dapat ditafsirkan dalam berbagai perspektif. Apakah yang hendak dicapai dari kajian mengenai teori tentang hukum adalah perintah? 57. Berpikir benar.

Apakah yang saudara ketahui tentang yurisprudensi? 78. Lex positive merupakan pembagian terakhir menurut hukum alam. Apakah yang saudara ketahui tentang hukum kebiasaan? 75. Apa yang dimaksud dengan teori indikatif? 67. Salah satu teori yang berkaitan dengan teori indikatif adalah mazhab sejarah. 72.61. Apakah yang saudara ketahui tentang doktrin ahli? 79. Apakah yang saudara ketahui tentang hukum adat? 76. dapatkah saudara memberikan penjelasan tentang unsur ini? 62. Apakah yang saudara ketahui tentang traktat atau treaty? 77. Sebutkan contoh hukum positif di Indonesia. Apakah yang saudara ketahui tentang jenis – jenis huku tidak tertulis? 74. Lex naturalis. Apakah yang dimaksud dengan pembagian hukum menurut John Austin yang telah saudara kemukakan sebelumnya? 66. Jelaskan mengenai teori koptatif! . Apakah itu living law (hukum yang hidup di dalam masyarakat)? 70. Jelaskan! 68. Apakah maksud dari lex positive? 63. Sebutkan ajaran filsafat hukum john Austin! 64. Hukum tertulis (hukum positif). apakah maksudnya? 71. Sebutkan pembagian hukum menurut John Austin! 65. Apakah yang dapat saudar jelaskan mengenai teori sosiological yurisprudence? 69. Apakah itu hukum tidak tertulis? 73.

Jelaskan teori kegunaan menurut Jeremy Betham 85. Jelaskan unsur filsafat dalam grondwet Indonesia! 86.80. Apakah yang saudara ketahui tentang teori Marxis Yurisprudence? 93. Apakah yang saudara ketahui tentang teori utilitiarianism? 95. Sebutkan pembagian keadilan berdasarkan teori etis 83. Apakah yang saudara ketahui tentang teori sejarah? 89. Apakah yang saudara ketahui tentang teori sosiological jurisprudence? 91. Dapatkah saudara jelaskan apa itu realita? 98. Sebutkan dua pandangan besar filsafat tentang teori berlakunya hukum! . Apakah yang saudara ketahui tentang teori positivisme hukum? 90. Apakah yang saudara ketahui tentang teori hukum Unpad? Jelaskan secara singkat! 96. Kepastian hukum atau rule of law. Apakah yang saudara ketahui tentang teori anthropological yurisprudence? 94. Apakah yang saudara ketahui tentang teori aliran hukum alam? 88. Coba saudara jelaskan apa yang saudara pahami tentang teori (Theory)! 97. Bagaimana realita dan teori membedakan dengan klaim atau pandangan umum masyarakat? 99. Sebutkan tiga tujuan dari hukum menurut teori koptatif! 81. Sebutkan aliran hukum dalam filsafat hukum! 87. Apakah yang saudara ketahui tentang definisi keadilan menurut kaum etis? 82. jelaskan maksudnya! 84. Apakah yang saudara ketahui tentang teori Pragmatic Legal Realism? 92.

100. Apa yang dimaksud dengan teori hukum dalam model hukum? .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful