P. 1
Pengertian FRAUD

Pengertian FRAUD

|Views: 79|Likes:
Published by Yetty Wiaty

More info:

Published by: Yetty Wiaty on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/21/2012

pdf

text

original

Pengertian FRAUD Fraud adalah sebuah istilah dalam bidang IT yang artinya sebuah perbuatan kecurangan yang melanggar

hukum (illegal-acts) yang dilakukan secara sengaja dan sifatnya dapat merugikan pihak lain. Istilah keseharian adalah kecurangan diberi nama yang berlainan seperti pencurian, penyerobotan, pemerasan, penjiplakan, penggelapan, dll. Praktek ini dapat dilakukan oleh orang2 dari dalam ataupun dari luar organisasi, untk mendapatkan keuntungan baik pribadi maupun kelompok dan secara langsung maupun tidak langsung merugikan pihak lain. Kecurangan dapat dilakukan terhadap pelanggan, kreditur, investor, pemasok, bankir, penjamin asuransi atau terhadap pemerintah. Pada prinsipnya suatu fraud mempunyai unsur2 sebagai berikut: Adanya perbuatan yang melawan hukum (illegal-acts) Dilakukan oleh orang2 dari dalam dan/atau luar organisasi Untuk mendapatkan keuntungan pribadi dan/atau kelompok.

Dampak dari praktek tersebut sangat beragam, tetapi secara umum dapat dikatakan bahwa ciri dari pada fraud adalah adanya keuntungan yang tidak wajar dari para pelakunya, baik individu, kelompok ataupun organisasi/perusahaan, yang tentu saja diimbangi dengan adanya kerugian pihak lain, baik secara langsung maupun tidak langsung.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->