MAKALAH SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KEDUDUKAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM ILMU KEISLAMAN

OLEH : ACHMAD SHODIQ.M [11650001]

FAKULTAS SAINS DAN TEKHNOLOGI TEKNIK INFORMATIKA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2012

...................................... Periodisasi SKI............................................ 1 2 3 4 5 6 7 KESIMPULAN............................................ Sumber-sumber SKI................... Tujuan dan manfaat mempelajari SKI................................................ B...............................................DAFTAR ISI PENDAHULUAN........................... C........................................................................................................................................................ E.............. DAFTAR PUSTAKA.................................................................................................................................................................................................................................................................... 8 ........ D................................. Pengertian SKI................. Ciri-ciri dan aspek-aspek kebudayaan islam..................... PEMBAHASAN : A..................

Yogyakarta. dan khulafa’ul rasyidin sampai saat ini. Islam mempunyai sejarah yang sangat panjang dan menarik untuk di pelajari. Semoga makalah ini dapat memberi manfaat dan menambah pengetahuan kita semua tentang sejarah islam meskipun dalam makalah ini tidah di bahas secara lengkap dan mendetail tapi se tidaknya makalah ini bisa menjadi tambahan refrensi untuk mempelajari tentang sejarah islam. Bidang studi ini mempunyai pokok-pokok bahasan yaitu mempelajari tiap-tiap sejarah dalam agama islam.PENDAHULUAN Islam merupakan sebuah agama yang sangat besar. 26 februari 2012 1 .lalu masa-masa para sahabat. dari mulai awal mula islam. di indonesia islam adalah sebuah agama mayoritas. Dari sini lah timbul pembahasan-pembahasan tentang islam yang lebih di kenal dengan bidang studi “sejarah kebudayaan islam” ( SKI ). dari sini kita bisa mngetahui apa-apa saja yang terjadi dari awal mula kebangkitan islam sampai saat ini.

(Yogyakarta : PP Al-munawwir krapyak. sedang dalam bahasa inggris di temukan kata “history & story” dalam bahasa jerman “geschichte” yang berarti terjadi. mempunyai banyak arti di antaranya : nama. kata tarikh berasal dari bahasa semit yang berarti “bulan”.PENGERTIAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM Secara bahasa ada banyak terma yang dipergunakan untuk menjelaskan kata sejarah. hlm. hukum dan hubungan sosial.filsafat kebudayaan islam. Ahmad warson Munawwir. reputasi. artinya ketentuna masa atau zaman atau periode. cerita/kisah.hlm. Dalam buku The Word University Encyclopedia bahwa pengertian culture atau kebudayaan adalah jalan hidup sebuah masyarakat yang mencakup keseluruhan spiritual. yang dihasilkan oleh masyarakat.732 2 2sirab 1tarikh . tingkah laku. 1984.lebih jauh tentang terminologi tarikh bisa di baca pada al-sharqawi. kebiasaan.penerjemah : ahmad rafi’ usman. Menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soekardi kebudayaan adalah hasil karya. mereka semua rela menruhkan apa saja tidah hanya harta melainkan pikiran bahkan nyawa sekalipun. Sedangkan secara istilah sejarah mempunyai arti yaitu uraian tentang peristiwa yang benarbenar terjadi di masa lampau. Tujuan mempelajari sejarah adalah untuk kita lebih bisa menghargai perjuangan di masa lalu serta tidak melupakannya begitu saja.260-262. rasa dan cipta masyarakat. Dalam islam sejarah sangatlah penting untuk di pelajari karena dengan mempelajari sejarah islam ini kita bisa tau bagaimana perjuangan para rasul serta sahabat-sahabat dalam membawa risalah ke islman.sirab2. adat. Itu merupakan contoh betapa pentingnya sebuah sejarah dan sejarah sangar erat hubungannya dengan budaya yang berkembang di masyarakat itu sendiri. sikap artistik. termasuk tradisi. Tetapi yang di anggap kuat.al-munawwir kamus arab-indonesia. Contohnya jika di indonesia umumnya memakai sarung dan baju koko untuk pergi ke masjid maka tidak sama halnya dengan di timur tengah. intelektual. moral. 1986. Dalam bahasa arab di ketemukan terma tarikh1. sejarah.pada pekembangannya kemudian di artikan sebagi sejarah. di sana kita akan terlihat aneh jika memakai pakaian seperti itu karena budaya di sana adalah memakai jubah panjang untuk ke masjid.(Bandung : pustaka.

dan bukti.Meneladani perilaku yang baik dari tokoh-tokoh terdahulu 4.Mengambil pelajaran dari pelbagai keberhasilan dan kegagalan masa lalu .peninggalan tersebut 3. pengantar ilmu sejarah.meneliti. selain yang tersebut diatas tentu masih banyak lagi manfaat yang bisa kita rasakan setelah mempelajari sejarah kebudayaan Islam.menelaah.Merasa bangga dan mencintai kebudayaan Islam yang merupakan buah karyakaum Muslimin masa lalu. Bab II tulisan kuntowijoyo. cara mengetahui apa-apa yang terjadi di masa lampau. pernytaan sikap. dan juga sebagi profesi.memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi yang telah diraih umat terdahulu.TUJAUN DAN MANFAAT MEMPELAJARI SKI Tujuan dan manfaat mempelajari SKI ini adalah tiap-tipa islam serta kebudyaannya dalam perspektif sejarah. Ekstrinsik3:uraian secara lebih detail.usul khazanah budayadan kekayaan dibidang lainnya yang penah dihasilkan oleh umat Islam dimasa lampau dan mengambil ibrah (pelajaran) dari kegiatan tersebut. 2. Sedangkan jika kita melihat dari sudut pandang ekstrinsik sejarah memiliki beberapa manfaat yaitu : pendidikan. rujukan. Adapun manfaat mempelajari sejarah dapat di pilah menjadi 2 yaitu intrinsik dan ekstrinsik3. latar belakang. 19-35 3 . berpartisipasi memelihara peninggalan-peninggalan masa lalu dengan cara mempelajari. hlm. Secara intrinsik sejarah mempunyai 4 manfaat di antaranya yaitu : sebagai ilmu. Diantara tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam adalah untuk mendapatkan informasi dan pemahaman mengenai asal.5.Adapun diantara manfaat yang dapat dirasakan ketika kita mempelajarisejarah kebudayaan Islam adalah: 1. dan mengambilmanfaat dari peninggalan.

pengantar ilmu sejarah.hlm 94 Dokumen5:berasal dari kata “docere” yang mempunyai arti mengajar sedangkan secara isltilah yaitu suatu sumber tertulis bagi sebuah informasi. Data4 :dari kata bahasa inggris “datum” yang berarti pemberian.SUMBER-SUMBER SKI Sumber sejarah di sebut juga data4 sejarah. Lihat kutowijoyo. al-hadist. mengerti sejarah hlm. manuskrip dll sedangkan yang tidak tertulis contohnya : cerita turun-temurun yang beredar di masyarakat. artefak. Jadi pada intinya semua sejarah mempunyai 2 sumber yaitu sumber yang tertulis dan tidak tertulis. Dalam SKI sendiri sumber-sumber sejarahnya bisa di ambil dari alqur’an. Sumber dalam sejarah di bagi menjadi 2 yaitu tertulis dan tidak tertulis. sumber tertulis banyak macamnya contoh : dokumen5.38 4 . Louis gottschalk. monumen dll. riwayat-riwyat.

tamaddun muslim. Harun al-Rasyid mendirikan baitul hikmah yang mencapai masa kejayaan pada masa al-makmun.CIRI-CIRI DAN ASPEK KEBUDAYAAN ISLAM Pada bagian dasar kebudayaan dari islam dapat di simpulkan bahwa kebudyaan yang di bawa oleh nabi muhammad s. (jakarta: bulan bintang. Ke dua statemen di atas meunjukkan tingkat perbedaan secara subtansial. 1984) hlm. SHIDDIQ6. Dalam proses tersebut di temukan seorang penterjemah benama “Hunain ibnu ishak” yang non-muslim pertanyaannya hasil terjemahan tersebut di anggap sebagai produk budaya islam atau tidak?. M. jika mengacu pada A. Perbedaan itu sendiri dapat di lihat dengan ilustrasi sebagai berikut : Jika kebudayaan islam di hasilkan dari sebuah pemerintahan islam maka konsekuensinya adalah siapa pun yang membuat kebudayaan tersebut meskipun non-islam harus di akui sebagi budaya islam.Z SHIDDIQIQ6 :Nourouzzaman shiddiqie.Z.A Feyzee dalam karyanya yang berjudul islamic culture.w adalah kebudayaan islam dan bukan kebudayaan bangsa arab jadi tidak mempunyai cakupan yang hanya untuk masyarakat arab saja tetapi bermakna umum untuk semua umat islam.A feyzee maka hasil karya tersebut di anggap hasil budaya islam karena dibawah naungan abbasiyah yang notabennya sebagai pemerintahan islam namun jika mengacu pada M. 4-5 5 . Sudut pandang ke dua yakni : kebudayaan islam adalah suatu sikap khusus yang berangkat dari dasar ajaran islam sebagaimana di rumuskan oleh M.. ada dua sudut pandang dalam melihat kebudayaan islam tersebut yang pertama yaitu : kebudayaan islam adalah semua produk budaya yang di hasilkan dalam naungan pemerintahan islam sebagimana yang gagas oleh A.a. Sebagai contoh : untuk memajajukan ilmu pengethuan islam.Z shiddiqie karya tadi bukan produk budaya islam karena tidak muncul dari orang islam.

w . Abbasiyah III ( 334-467 H/ 946-1075 M ) 6. Mugholiyah ( 656-927 H/ 1261-1801 M ) 8. ada banyak varian dalam periodisasi sejarah islam misalnya merujuk pada beberapa ahli sejarah sebagai berikut: 1. Umayah ( 41-132 H/ 661-750 M ) 3. Abassiyah IV ( 467-656 H/ 1075-1261 M ) 7. Abbasiyah I ( 132-232 H/ 750-847 M ) 4. Abbasiyyah II ( 232-334 H/ 847-946 M ) 5. Kebangkitan baru ( 1213 H/1801 M ) sampai awal abad XX 6 . Masa permulaan islam (dari lahirnya islam 17 ramadhan 12 Sebelum hijrah – tahun 41 H) 2. Usmaniyah ( 927-1213 H/ 1520-1801 M ) 9. sedangkan yang kedua di mulai dari sejak di utusnya nabi muhammad s.a.PERIODISASI SKI Periodisasi dalam SKI dapat di lihat dari dua sedut pandang yaitu yang pertama : sejarah islam di mulai dari proses penciptaan alam semesta.

bentuk pemerintahan. alat-alat perang. dan lain-lain.Diantara tujuan mempelajari sejarah kebudayaan Islam ialah untuk mendapatkan informasi tentang asal-usul budaya yang pernah dihasilkan oleh umat Islam di masa lampau dan mengambil ibrah dari kegiatan tersebut. yang berhubungan dengankepercayaan. ilmu pengetahuan.arsitektur bangunan. seni. adat istiadat. 7 .Contoh dari wujud kebudayaan Islam diantaranya buku-buku/kitab-kitab dalam berbagai ilmu pengetahuan yang ditulis para ilmuwan Muslim.KESIMPULAN Sejarah kebudayaan Islam yaitu asal-usul sesuatu yang dihasilkan oleh pemikiran atau akal budi kaum Muslimin. dan lain-lain. bangunan-bangunan.

DAFTAR PUSTAKA  PENGANTAR SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.wordpress.  http://apachemask.com/2011/01/04/pengertian-sejarahkebudayaan-islam/  http://www.scribd.com/doc/60482278/1/A-PENGERTIAN-SEJARAHKEBUDAYAAN-ISLAM 8 . (YOGYAKARTA: POKJA AKADEMIK UIN SUNAN KALIJAGA. 2005).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful