BAB I PENDAHULUAN 1.1.

Latar belakang Hal yang menyebabkan noun, adjective, adverb,article, pronoun, dan penggunaan to be menjadi bidang kajian bahasa inggris yang penting tidak lain karena melalui itu semua seseorang dapat menyapaikan maksudnya dengan jelas. Satuan bahasa yang sudah kita kenal sebelum sampai pada tataran kalimat adalah noun (kata benda), adjective (kata sifat), dan adverb (kata keterangan). ketiga bentuk itu, adalah pembelajaran dasar atau struktur dasar yang harus kita pelajari supaya lebih memahami tata cara berbahasa inggris dengan baik dan lancar. Pronoun atau kata ganti noun dalam tata bahasa inggris / english grammar memegang peranan yang sangat penting. Bisa kita bayangkan jika bahasa manusia tidak memiliki kata ganti mungkin akan timbul kejanggalan – kejanggalan. Singkatnya bahwa semua bentuk Noun yang begitu beragam jenisnya bisa kita ganti dengan Pronoun. 1.2. Tujuan Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan sehingga menambah literatur yang telah ada sehingga dapat dikembangkan menjadi sebuah makalah. 1.3. Batasan makalah Dalam penulisan makalah ini penulis membatasinya dengan beberapa hal antar lain : Noun, adjective, adverb, article, pronoun, dan the use of be.

1

1 Noun 1. Proper Nouns Yaitu nama orang.Frenchman (Nama Orang) rat . gagasan dan sebagainya.inch .ice (Nama untuk Substansi) kindness .nitrogen .beauty . The Red Lion   2 .bravery . Proper Nouns selalu diawali dengan huruf kapital.chisel (Nama Objek) lead .London .BAB II PEMBAHASAN 2.wealth .faith (Nama Kualitas) rowing .cousin . yaitu : a. tumbuhan.listening (Nama Aksi) month .lion .Alan . benda.aardvark (Nama Binatang) house . Contoh:        Michael Africa Peking Dayton Peace Accord United Nations The Tower of London Uncle George ("Uncle" diawali dengan huruf kapital karena kata tersebut sudah menjadi bagian dari namanya.water .zebra .printer .ounce (Nama Ukuran) 2.shelter (Nama Tempat) table .reading . hewan.pound .day . tempat dan sebagainya yang khusus untuk dia saja. Contoh:         soldier .cooking . tempat. Pengertian Noun Nouns (Kata Benda) adalah segala sesuatu yang kita lihat atau dapat kita bicarakan dan yang menunjukkan orang.) My favourite auntie is Auntie Sally. Pembagian Noun Noun ( kata benda ) terbagi menjadi 4 kelompok.factory .barking .frame .

Umumnya plural nouns dibentuk dengan menambah huruf -s di belakang kata benda yang akan dibuat dalam bentuk jamak.box --> boxes Nomina yang berakhiran –y. etc. misalnya: a river. this book. a castle. misalnya: a computer. girls. an idea. a train. misalnya: computers. the man. bats.baby --> babies . -y diganti dengan i kemudian ditambah –es (soliloquy --> soliloquies). boys. langsung ditambah akhiran –s. chairs. -ch.family --> families . diganti dengan i kemudian ditambah –es. kelas dari benda-benda.flash --> flashes . the). computer. misalnya: boats. etc. trains. a player. tempat dan sebagainya.story --> stories .beach --> beaches . a taxi. Singular nouns umumnya disertai determiners (a/an.key --> keys .glass --> glasses . etc. . . .b. houses. a chair. taxis.witch --> witches . yaitu singular dan plural. teachers. Nomina yang berakhiran -s.branch --> branches . Contoh:        Car Man Bridge Town Water Metal Ammonia c. etc. Common Noun Yaitu kata benda yang menunjukkan jenis. Kecuali nomina yang berakhiran –quy. that. -ss. players. -sh atau –x ditambah akhiran –es.monkey --> monkeys 3 . Singular nouns digunakan untuk menunjukkan suatu benda yang berjumlah tunggal atau satu.fairy --> fairies .puppy --> puppies Nomina berakhiran –y yang sebelumnya terdapat huruf hidup atau vokal (vowel). rivers. this. a teacher.Sedangkan plural nouns digunakan untuk menunjukkan benda yang berjumlah banyak (jamak). Perhatikan catatan dan contoh pembentukan plural nouns berikut di bawah ini.bus --> buses . Singular and Plural Noun Kata benda atau nomina mempunyai dua bentuk (form) kata.

puff --> puffs Dan beberapa nomina yang berakhiran –f bisa dijadikan plural dengan dua cara di atas.thief --> thieves Beberapa nomina yang berakhiran –f. diganti dengan v kemudian ditambah –es.toy --> toys .hero --> heroes Dan ada juga beberapa nomina yang berakhiran –o bisa dijadikan plural dengan dua cara di atas 4 .tomato --> tomatoes . .wolf --> wolves .wharf --> wharfs or wharves Nomina yang berakhiran –fe. .zoo --> zoos .potato --> potatoes . hanya ditambah akhiran –s.life --> lives .cowboy --> cowboys .day --> days Nomina yang berakhiran –f.midwife --> midwives Nomina yang berakhiran –o. hanya ditambah akhiran –s.handkerchief --> handkerchiefs .chief --> chiefs .half --> halves .kangaroo --> kangaroos Tetapi beberapa nomina tertentu yang berakhiran -o. jika dijadikan plural ada yang ditambah akhiran –es.. . .boy --> boys .leaf --> leaves . maka f diganti dengan v kemudian ditambah –s.video --> videos .hippo --> hippos .shelf --> shelves .wife --> wives . .dwarf --> dwarfs or dwarves .hoof --> hoofs or hooves .scarf --> scarfs or scarves .knife --> knives . .donkey --> donkeys .roof --> roofs .cliff --> cliffs .

man --> men .The list of endangered species includes nearly 600 fishes..a pair of spectacles . pyjamas.aircraft --> aircraft .goose --> geese Beberapa nomina mempunyai bentuk yang sama. .mosquito --> mosquitoes or mosquitos . binoculars. spectacles.passerby --> passersby . tights.foot --> feet .mango --> mangoes or mangos . Gunakan a pair of untuk menjadikan nomina tersebut ke bentuk singular.sheep --> sheep . glasses.sister-in-law --> sisters-in-law 5 .mother-in-law --> mothers-in-law .a pair of binoculars .person --> people .deer --> deer .a pair of jeans Pada compound words. baik singular maupun plural.buffalo --> buffaloes or buffalos Beberapa nomina berubah ejaannya jika berubah menjadi plural (irregular plurals).zero --> zeroes or zeros .woman --> women . shorts.mouse --> mice .tooth --> teeth . .child --> children . scissors.salmon --> salmon Kata fish (collectively) bila digunakan untuk menyatakan jenisnya (individuals or kinds) maka bentuk plural-nya menggunakan fishes. Beberapa nomina selalu berbentuk plural. nominanya (main words) dijadikan ke bentuk plural. misalnya: trousers.fish --> fish . goggles. . . pliers. jeans. pants. .

Contoh countable nouns dalam kalimat: . ) uncountable noun Uncountable noun adalah kebalikan dari countable nouns. advice.) setiap nama orang yang beryawa ditambah “S” diantarai dengan tanda petik maka artinya kepunyaan. .dog dogs b. cheese.wife wives .cat cats . fun. coffe.Do you like these photos? Beberapa bentuk perubahan countable nouns.We could see a ship in the distance. sugar. Ketentuannya .elf elves 2. contohnya kata benda pen dapat dihitung one. money. Contoh : susi‟s house in Surabaya 6 . assistance.) kata benda yang berakhiran huruf “Y” dan didahului oleh huruf mati.)kata benda yang berakhiran huruf “F” dan “EF” maka huruf itu di ubah menjadi “V” lalu ditambah “ES”. SH. rice.mango mangoes c. tea.fish fishes .lady ladies .) Countable Noun Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung. CH. a. yaitu kata benda yang tidak dapat dihitung.) untuk membentuk bilangan jamak (plural) pada umumnya hanya menambahkan “S” Singular plural .) kata benda yang berakhiran “S.book books . Countable And Uncountable Noun 1.calf calves . maka huruf y diubah menjadi huruf I lalu ditambah dengan “ES”. Singular plural . O” untuk membuat atau membentuk plural ditambah dengan “ES” Singular plural . a. Singular plural .class classes . two. air. atau three pens.city cities . yang dapat menunjukkan kuantitas atau jumlah. Contoh kata bendanya : sand.d.hobby hobbies d.

besar).) apabila benda yang di miliki diletakkan didepan yang memilikidengan menambahkan kata “OF” dintar keduanya sebagai penganti huruf “S”. again. warna (kuning. Contoh:  She‟s an excellent dancer. (kata loudly dalam kalimat tersebut menerangkan bagaimana cara Hendi berbicara).dll. Contoh:  She has a cute puppy. Adverb juga didefinisikan sebagai kata yang menjelaskan kata kerja (verb).  You look wonderful! 2.  She has three cute puppies. Contoh:  This is a beautiful bird. Contoh : here. Adjective juga bisa ditempatkan setelah kata kerja tertentu seperti be.b. now.” tidak benar.  “This is a bird beautiful. Polandia). look. (kata now dalam kalimat tersebut adalah keterangan waktu yang menerangkan kata kerja working). Perhatikan bahwa adjective (cute) tidak mengalami perubahan baik dalam bentuk tunggal (puppy) maupun jamak (puppies).2 Adjective Adjective (kata sifat) memberikan informasi tentang kata benda. buruk). I am working now. Kata sifat memberikan informasi seperti ukuran (kecil. tomorrow. loudly. Contoh:  I‟m really happy today. kebangsaan (Cina.3 Adverb 1. contoh : the house of susi is Surabaya 2. Contoh : a. b. hijau). waktu dan cara suatu kegiatan atau peristiwa itu terjadi. 7 . bentuk (bulat.  She‟s got a new job so she feels great. Hendi speaks loudly. kata depan (preposition) dan kata lainnya kecuali kata benda (noun) dan kata ganti (pronoun). Adjective bisa ditempatkan sebelum kata benda. kata sifat (adjective). twice. persegi). Adjective tidak mengalami perubahan yang tergantung pada jumlah (tunggal atau jamak). softly. feel.  I‟ve got a new apartment. never. dan taste. dan opini (baik. Pengertian Adverb Adverb atau kata keterangan adalah kata yang memberikan penjelasan mengenai tempat.

kita bisa mengajukan pertanyaan dengan kata “when” (kapan). Contoh aplikasi dalam kalimat : . Untuk membantu menunjukkan Adverb of Time. now (sekarang). back (di belakang). around (sekeliling). Contoh aplikasi dalam kalimat : . Contoh aplikasi dalam kalimat : . a. below (di bawah). Adverb of Place. Macam – macam Adverb ( Types of Adverb) a.I‟am stydying english now. 1. already (sudah). secara perlahan-lahan).They worked hard. immediately (segera). frequently (seringkali). Contoh : above (di atas). somewhere (di suatu tempat). dan the. sebelum). banyak kata digunakan untuk membatasi arti dari kata benda. today (hari ini). (Mereka bekerja dengan keras). 2. (Ia belajar bahasa Inggris di sini). Wenny never comes before dinner. before (lebih dahulu. here (di sini). dsb. The Definite and Indefinite Article (Kata Sandang Tak Tentu dan Tertentu) Dalam tata bahasa Inggris. kita bisa mengajukan pertanyaan dengan kata “how” (bagaimana). fluently (dengan lancar).) sebelum kata yang dimulai dengan bunyi konsonan-huruf mati 8 . Kita menggunakan “a”. Merupakan kata keterangan yang mengungkapkan bagaimana caranya suatu pekerjaan itu dilakukan atau suatu peristiwa itu terjadi. Adverb of Manner. hard(dengan keras). suddenly (tiba-tiba). together (bersama-sama). everywhere (dimana-mana). Untuk membantu menunjukkan Adverb of Place. slowly (dengan lambat. fast (dengan cepat). Contoh : carefully (dengan hati-hati). Tiga diantaranya adalah a. (Saya sedang belajar bahasa Inggrissekarang). merupakan keterangan petunjuk 2. tindakan atau peristiwa tersebut. Kata-kata ini dinamakan THE ARTICLE (Kata Sandang). there (di sana).She studies English here. tindakan atau peristiwa tersebut. Contoh : afterwards(kemudian. an. yesterday(kemarin).4 Article A. dsb. kita bisa mengajukan pertanyaan dengan kata “where” (di mana). c. Untuk membantu menunjukkan Adverb of Manner. Merupakan kata keterangan yang menunjukkan tempat terjadinya suatu perbuatan. (kata never dalam kalimat tersebut frequensi/keseringan). sesuadah itu.c. lately (akhir-akhir ini). Merupakan kata keterangan yang menyatakan waktu terjadinya suatu pekerjaan. b. soon(segera). Adverb of Time. lalu). dsb.

) dicirikan/dikhususkan oleh kata sifat dan kita tahu benda yang mana yang dimaksud 9 .) a = setiap/masing-masing This room is five dollars a week He got Rp 25. seekor. i.) sebelum kata yang mulai dengan bunyi hidup = a. Arti yang lazim daripada “a” or “an” a. “The” man is very tall. suatu Example: She works in an office I bought a newspaper b. Kita menggunakan “an” : a. e. sebuah. Kita menggunakan “the” a. ) untuk benda yang kita dapat hitung Example: a boy (seorang remaja laki2) a bag (sebuah tas) 2. etc I am a teacher You are a student A cat is an animal There is a bird Hasnah is an engineer 4.) a/an = seorang. u. o Example: an apple an exam an umbrella an SCTV (baca: en aes ci ti vi) an SMA student (baca: en aes em ei) b.) disebutkan sebelumnya Example: There is a man in the café. sebuah.) a = satu. sebutir.000 a day c. b.Example: a book b.) sebelum kata yang mulai dengan huruh “h” yang lemah Example: an hour (baca: en auer) an honest boy (baca: en anes boi) an heir (baca: en eir) an honor (baca: en aouer) 3.

c. 5. dan garis-garis besar Man found dead in car 10 . cars. Kita bisa mengatakan the bag. etc. frase. Tina is good at Mathematics and English Tom is fond of tennis. tapi kita tidak bisa mengatakan a bags. Honesty is my principle.Example: Which bag do you want? (Yang mana tas yang kamu inginkan?) I want the blue bag. etc. etc We drink water I need your advice I have information for you She drinks milk b. an infromation. dicirikan/dikhususkan oleh kata. The road to Jakarta is very busy. justice. Can you turn the light on? Ann had to catch the train. daftar-daftar. e. (Saya mau tas yang biru) This is the best book I have ever read (Inilah buku yang pernah saya baca) c).) sebelum kata benda ketika apa yang kita maksudkan adalah sesuatu yang umum (seperti kalimat umum di dalam bahasa Indonesia). advise. a cars.) sebelum kata benda jamak dapat dihitung. basket. d. milk. an houses. She has many cars His parents have many houses. d. I looked at the clothes in the store. tennis.) sebelum kata benda tak dapat dihitung dan kata benda itu tidak memiliki bentuk jamak. contoh: water. etc.) dicirikan/dikhususan oleh kontek atau kita mengharapkan pendengar tahu yang mana yang kita maksudkan It is dark.) dicirikan oleh kontek atau situasi yang mana benda atau orang itu yang dimaksud Example: As I was strolling along the street. pengumuman. contoh kata: English. a milk. My mother is cooking in the kitchen. Kita tidak menggunakan a. information. Kita tidak bisa mengatakan a water. an atau the : a. houses.) pokok-pokok berita. and chess. I have a lot of bags. atau anak kalimat Example: The girl in blue is a doctor. contoh: bags. so I took her to the station. The house where I live in is old. Please pass me the salt.

Berikut ini daftar Personal Pronoun / kata ganti diri : Jns PRONOUN Kel Possessive Subjek Objek Possessive Reflexive Adjective L/P I me mine myself my L/P we us ours Ourselves our L/P you you yours yourself your L/P/N they them theirs themselves their L he him his himself his P she her hers herself her N it it its itself its Dalam menghafal Reflexive pronoun coba anda bandingkan bentuk Reflexive Pronoun dengan objective pronoun beserta possesive Adjective. You awalan ketiganya diambil dari possessive adjective sehingga menjadi myself. herself. Tapi jika kalimat itu diganti dengan “I am hungry I want to eat” sudah pasti kita tahu maksud kalimat itu. Sedangkan sisanya diambil dari awalan Obejctive Pronoun sehingga menjadi themselves. temannya mungkin.” Mungkin anda bingung siapa yang lapar dan ingin makan apakah si pembicara sendiri atau ada seseorang yang bernama sama dengan Donni Risdiandini. Misalkan ada seseorang bernama Donni Risdiandini. himself. 5 dead 6. orangnya gendut dan sedang kelaparan. Singkatnya bahwa semua bentuk Noun yang begitu beragam jenisnya bisa kita ganti dengan Pronoun. kemudian dia mengungkapkan perasaanya dengan berkata : “Donni Risdiandini hungry Donni Risdiandini want to eat. 11 . Penulis tambahkan possesive adjective sebagai pembanding dalam menghafal Reflexive Pronoun yang perlu anda ingat bahwa untuk I. Penggunaaan „the‟ yang tidak sesuai aturan di atas. yourself. Karena didunia ini dimungkinkan adanya nama yang sama pemberian dari orang tua kita masing – masing. itself. tapi telah terbiasa digunakan Example: The United States of America (Amerika Serikat) The United Kingdom of Great Britain (Inggris Raya) The Republic of Indonesia (Republik Indonesia) The United Arab Emirates (Uni Emirat Arab) 2. ourselves. Pengertian Pronoun Pronoun atau kata ganti noun dalam tata bahasa inggris / english grammar memegang peranan yang sangat penting.We. Bisa kita bayangkan jika bahasa manusia tidak memiliki kata ganti mungkin akan timbul kejanggalan – kejanggalan.5 Pronoun 1. maka kata ganti “I = saya” adalah kata ganti untuk menggantikan nama diri sipembicara begitu juga dengan lawan bicaranya bisa menggunakan kata ganti I.Car exploded.

Tapi jika ada seseorang yang tidak kita kenal yang masuk dengan tiba – tiba kemudian berkata “ it‟s not yours it‟s mine”. (my = Possessive Adjectives). Macam – macam Pronoun a. you. Jika dimaksudkan untuk bentuk jamak (you = kalian). 2. yours.  This is my house. Mungkin kita bingung apakah “yours” dan “mine” itu sendiri. N = Neuter (untuk yang tidak mempunyai jenis kelamin. Sedangkan untuk plural (jamak) yaitu untuk We. berarti you bisa singular dan sekaligus plural dong. Singular (tunggal) yaitu untuk I. maka berubah bentuk menjadi yourselves.  I study English  You are my new secretary. P = perempuan. dari situ kita bingung siapa “he” yang dimaksud oleh sipembicara karena kita tidak tahu duduk perkaranya dari awal. It. They. Mine. You. she. bisa mempunyai dua bentuk. his. him. L = laki – laki. 12 .) Personal Pronouns Yaitu kata ganti orang. baik orang pertama. theirs. they. Lho. them. it. you. She. Misalkan kita sedang duduk tiba – tiba ada orang yang tidak kita kenal berkata “he goes to school”. hers.  She brings me a cup of coffee. You.Objective. contoh : meja). her. we. Hukum yang ketiga bahwa meskipun pronoun adalah kata untuk menggantikan sesuatu / seseorang tapi masih mempunyai arti sesuatu / seseorang yang digantikan. us. I. Ya ada pengecualian untuk Reflexive pronoun You = kamu / kalian. jika singular / tunggal (you = kamu) maka bentuknya seperti pada tabel diatas (yourself). (mine = Possessive Pronouns). . Untuk Pronoun yang lainnya sama seperti yang ada pada tabel diatas.  I make you a kite. Personal Pronouns berfungsi sebagai: .  This house is mine. ours. yaitu menjadi objek kalimat. Me. b.Pada tabel diatas bisa kita lihat ada keterangan Jns Kel alias jenis kelamin atau dalam bahasa inggris disebut dengan istilah Gender. mungkin sipembicara salah orang karena baju yang kita pakai mirip dengan temannya mungkin. yaitu menjadi subjek kalimat. it. orang kedua maupun orang ketiga.) Possessive Pronouns Yaitu kata ganti yang menunjukkan kepemilikan. He.Nominative Subjective. Hukum kedua yang terdapat pada kata ganti / pronoun adalah bahwa meskipun kata ganti adalah kata untuk menggantikan noun tetapi lawan bicara kita harus sudah tahu sesuatu / seseorang yang dimaksud. Bisa kita pahami bentuk singular(tunggal) dan plural(jamak) dari kata ganti diatas. Misal ada percakapan : Tina : “ is this my book” Tono : “ it‟s not yours it‟s mine” Yours dan mine adalah kata ganti (pronoun) dari book jadi pengertian book itu sendiri tidak hilang. he.

S + to be + going to + V Contoh: 1. (Kalau masih rencana menggunakan „will‟).6 The Use of Be To be going to digunakan untuk membicarakan sesuatu yang akan dikerjakan. S + will + V 1. Perhatikan bentuk kata ganti jenis ini:         I = myself You = yourself (kamu) You = yourselves (kalian) We = ourselves They = themselves He = himself She = herself It = itself Contoh:    I cut myself with a knife (saya kena pisau) They love themselves. My mother will help her sister after work (belum pasti akan membantu) 3. 3.) Reflexive Pronouns Yaitu kata ganti yang merupakan pantulan dari kata ganti (Pronouns) itu sendiri. Jack is going to go to Jakarta tomorrow morning (Jack sudah pasti pergi ke jakarta besok pagi). 2. I am going to cook for dinner (Saya sudah pasti memasak). They are going to play football after school (Mereka pasti main sepak bola). Asya will go to Bandung to meet her old friend. Yang harus diingat adalah: verb (kata kerja) yang digunakan harus bentuk pertama.c. I help myself this morning. I will buy a new novel (belum pasti kapan akan membeli) 2. Sesuatu yang sudah anda jadwalkan dan pasti dikerjakan. Penggunaan will “Will” digunakan untuk membicarakan suatu rencana yang belum pasti akan dilakukan. 4. She is going to have her hair cut (Dia sudah pasti akan potong rambutnya). 2. 13 . artinya bukan sekadar rencana saja.

benda.BAB III PENUTUP 3. loudly. 14 . Contoh : here. never.dll. hewan. now. theirs. Pronoun adalah kata ganti noun ( kata benda ) . Noun terbagi dua. orang kedua maupun orangketiga. Mine. besar). dan khususnya untuk memahami tentang noun. hijau). bentuk (bulat.) Possessive Pronouns yaitu kata ganti yang menunjukkan kepemilikan. (Kalau masih rencana menggunakan „will‟). an. seperti : a. baik dari reperensi yang kurang lengkap maupun dalam hal penulisannya. (2) Common Noun (yaitu kata benda yang menunjukkan jenis. To be going to digunakan untuk membicarakan sesuatu yang akan dikerjakan. dan pronoun terbagi menjadi tiga : (1) . his. Contoh: Alan . ours. (2. dan yang lainnya. warna (kuning. (3) Reflexive Pronouns yaitu kata ganti yang merupakan pantulan dari kata ganti (Pronouns) itu sendiri.2 Saran Semoga dengan tersusunnya makalah ini kita lebih dapat memahami dan lebih mudah untuk belajar bahasa inggris pada umumnya. artinya bukan sekadar rencana saja. kebangsaan (Cina. kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi melengkapi makalah yang kami susun. baik orang pertama. dan opini (baik. gagasan dan sebagainya. yours. Adjective adalah kata sifat yang memberikan informasi seperti ukuran (kecil. Polandia). persegi). beauty (Nama Kualitas). again. house . tumbuhan.cousin (Nama Orang). softly. dan the. (1) Proper Nouns (yaitu nama orang. Dalam penyusunan makalah ini tentulah kami masih banyak kekurangan. tempat. Article adalah kata sandang yang banyak digunakan di dalam bahasa inggris.1 Kesimpulan Nouns (Kata Benda) adalah segala sesuatu yang kita lihat atau dapat kita bicarakan dan yang menunjukkan orang. Personal Pronouns yaitu kata ganti orang. cooking . Adverb atau kata keterangan adalah kata yang memberikan penjelasan mengenai tempat. yaitu .London (Nama Tempat). tomorrow.listening (Nama Aksi). 3. tempat dan sebagainya yang khusus untuk dia saja). buruk). pronoun. zebra . Sesuatu yang sudah anda jadwalkan dan pasti dikerjakan. hers. tempat dan sebagainya).lion (Nama Binatang). kelas dari bendabenda. waktu dan cara suatu kegiatan atau peristiwa itu terjadi. twice.

htm http://en.ccc.commnet.org/wiki/Pronoun http://elkace.com/reading/list-of-nouns.edu/grammar/to_be.DAFTAR PUSTAKA http://www.wikipedia.wordpress.momswhothink.com/2008/12/05/pembahasan%E2%80%9Cadverb%E2%80%9D/ 15 .org/wiki/Adjective http://en.wikipedia.html http://grammar.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful