Bab 1 LINGKUNGAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN PENGEMBANGAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN DEFINISI AKUNTANSI Akuntansi dapat didefinisikan dan

dipahami dari tiga sudut pandang, yaitu 1. Sebagai kegiatan jasa Akuntansi merupakan kegiatan jasa penyediaan informasi kuantitatif mengenai unit-unit usaha ekonomik, terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan ekonomik. 2. Sebagai bidang studi Akuntansi merupakan seperangkat pengetahuan yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif suatu unit organisasi dan pelaporan informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar pengambilan keputusan ekonomik. 3. Sebagai proses atau kegiatan Akuntansi merupakan proses pengidentifikasian, pengukuran pencatatan, pengklasifikasian, penguraian, peringkasan dan pengkomunikasian informasi keuangan entitas ekonomik dengan cara tertentu. Dari segi fungsinya akuntansi merupakan: Suatu aktivitas penyediaan jasa Akuntansi memberikan informasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan (Stakeholders), untuk membantu dalam membuat keputusan ekonomik yang menyangkut perusahan tersebut Suatu sistem informasi Akuntansi melakukan pengumpulan dan pengolahan data keuangan perusahaan yang kemudian dikomunikasikan kepada stakeholders agar dapat dipakai dalam pengambilan keputusan yang menyangkut perusahaan Suatu kegiatan deskriptif-analisis. Akuntansi mengidentifikasikan berbagai transaksi ekonomik dalam suatu perusahaan melalui tahap: (a) Pengukuran (b) Pencatatan (c) penggolongan dan (d) peringkasan , sehingga hanya informasi yang relevan dan saling berhubungan , dan

Penerimaan uang yang berasal dari penjualan. b. Rencana penerimaan dan pengeluaran uang (cash flow) seorang kreditur atau investor itu berkaitan denan cash flow dari perusahaan. TUJUAN PELAPORAN KEUANGAN Menurut Statement of Financial Accounting Concept (SFAC) no. d. kejadin-kejadian dan keadaan-keadaan yang mempengaruhi sumber-sumber dan klaim atas sumber-sumber tersebut. pemberian kredit dan keputusan lainnya. kreditur dan pihak lain untuk memperkirakan jumlah. . a.mampu memberikan secara layak tentang keadaan keuangan dan hasil usaha perusahaan yang diintregasikan dan disajikan dalam laporan keuangan. waktu dan ketidakpastian dari aliran kas masuk (sesudah dikurangi kas keluar) dimasa yang akan datang untuk perusahaan tersebut. klaim atas sumber-sumber tersebut(kewajiban perusahaan untuk mentransfer sumbersumber ke perusahaan lain dan ke pemilik perusahaan) dan pengaruh dari transaksi-transaksi. Informasi yang dihasilkan harus berguna bagi mereka yang membutuhkan informasi tersebut. Menyajikan informasi yang berguna bagi investor dan kreditur untuk membuat keputusan berinvestasi. Menunjukkan sumber-sumber ekonomi dari suatu perusahaan. Membantu investor dan kreditur untuk menaksi waktu dan ketidakpastian dari penerimaan uang di masa yang akan datang untuk mendapatkan deviden atau bunga dari c. pelunasan atau jatuh tempo dari surat berharga atau pinjaman. 1 menyatakan bahwa pelaporan keuangan harus memiliki syarat sebagai berikut.

Relevan 3. terdiri: 1. Dapat dipahami 2. Konsistes STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN Menciptakan metode yang seragam untuk menyajikan informasi. Laporan perubahan posisi keuangan Laporan tentang arus kas atau arus dana yang biasanya diartikan sebagai modal kerja dan pos-pos penggunaan dana tersebut selama jangka waktu tertentu Laporan keuangan kelompok kedua berupa laporan perubahan laba ditahan yaitu laporan tentang perubahan modal selama jangka waktu tertentu yang meliputi saldo awal. Keandalan 4. utang dan modal pada suatu tanggal tertentu 2.LAPORAN KEUANGAN Bersifat general purpose financial statement. sehingga laporan keuangan dari berbagai perusahaan yang berbeda dapat dibandingkan dengan lebih . Neraca Laporan tentang posisi keuangan perusahaan. luar biasa dan biaya-biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan tersebut 3. Rugi-Laba Laporan hasil usaha perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Daya banding 5. yang terdiri dari penghasilan dari penjualan utama. yang terdiri dari harta. sampingan. perubahan modal dan saldo akhir Karakteristik dan batasan statemen keuangan 1.

Membimbing perkembangan akuntansi dan mempertinggi mutu pendidikan akuntansi IAI terdiri dari tiga seksi: 1. (AICPA) GAAP. yang penting Organisasi ini memiliki misi untuk membentuk dan memperbaiki standar-standar akuntansi serta pelaporan keuangan dalam rangka membimbing dan mendidik publik. standar. termasuk BUMN. serta pemakai informasi Boards keuangan. IAI seksi Akuntan Pendidik. prosedur. auditor.mudah. didirikan 23 Desember 1957. FASB) Commission kepada Public dalam Standards pemegang Accountants pengembangan Board ( Organisasi ini dibentuk untuk membantu dalam mengembangkan dan menstandardisasi Merupakan organisasi profesi nasional dari Certified Public Accountant (CPA). kebiasaan dan praktik yang dipilih dan dianggap berterima umum disebut: Generally Accepted Accounting Principles(GAAP) Ada empat organisasi yang berperan dalam pengembangan standar akuntansi keuangan •Securities informasi •American memiliki •Financial ( GAAP) and keuangan Institute peranan Accounting yang of di Amerika Exchange disajikan Certified Serikat. Yaitu anggota IAI yang berprofesi sebagai pendidik . IAI seksi Akuntan Manajemen. yaitu anggota IAI yang berprofesi sebagai akuntan publik 2. diantaranya: (SEC) saham. Bank pemerintah dll 3. konvensi. Bertujuan untuk: 1. Organisasi Profesi Akuntansi di Indonesia: IAI (Ikatan Akuntan Indonesia). yang meliputi emiten. Mempertinggi mutu pekerjaan akuntan 2. Kumpulan konsep. (GASB) •Governmental Accounting Standards Organisasi ini bertujuan untuk membentuk dan memperbaiki standar akuntansi keuangan untuk pemerintah lokal dan pemerintah negara bagian. metode. yaitu anggota IAI yang bekerja dalam perusahaan. IAI seksi Akuntan Publik.

Komite Perpajakan Dewan Kehormatan IAI : Bertugas menjaga ketaatan anggota IAI terhadap kode etik akuntan Indonesia . Komite Norma Pemeriksaan Akuntan 2.Komite IAI: 1. Komite Kode Etik 3.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful