Presentasi Matematika

Oleh kelompok 3:Vale Gerry Yudhan Ardhika

Materi:Himpunan(Venn)

Mulai

Keluar

Diagram Venn merupakan gambar himpunan yang digunakan untuk menyatakan hubungan dari beberapa himpunan. Gambar berikut adalah contoh dari diagram venn.

 Perhatikan gambar sebelumnya!Jika ada anggota himpunan A juga merupakan anggota himpunan B.  Ditulis:A∩B  Perhatikan lagi gambar berikut ini! .

kita dapat menuliskann ya dengan B⊂A.Dalam kondisi ini.yang berarti semua anggota B adalah anggota A .

maka ditulis:A⊃⊂B .Contoh 3 Jika anggota himpunan A tidak ada yang sama dengan B.

.maka kita dapat menulisnya dengan A=B karena semua anggota himpunan A sama dengan himpunan B.Contoh 4 Jika seperti ini.

Tambahan  Jika ada tanda seperti ini.namun tidak dengan yang lainnya.2.5} P∪Q={1.10} Q={2.10} Catatan:angka yang sama hanya ditulis 1 kali saja .2.3.3.5.5. ∪.maka itu berarti        semua anggota A dan B. Contoh:P={faktor dari 10} Q={3 bilangan prima pertama} P∪Q=… P={1.

.

A = {1. 5}.10} adalah himpunan semesta (semesta pembicaraan). Gambarlah dalam diagram Venn ketiga himpunan tersebut! . 3. . 2.Diketahui S = {1.dan B = {bilangan genap kurang dari 12}... 4. 3. 2..

Diagram Venn-nya sebagai berikut . 6. 5}B= {2. 3. 4.Penyelesaian:  Penyelesaian:  DiketahuiS= {1. 4.. 2. 2. (Mengapa?)Dalam diagram Venn. 8... 4}. 10}A= {1. 10}Berdasarkan himpunan A dan B. Perhatikan bahwa himpunan A dan B saling berpotongan. irisan dua himpunan harus dinyatakandalam satu kurva (himpunan A dan B dibuat berpotongan).Adapun bilangan yang lain diletakkan pada kurva masingmasing. 3. . dapat diketahui bahwaA∩B = {2.

Diagram venn contoh 1 .

dan 11 siswa gemar keduanya. 23 siswa gemar sepak bola.Contoh 2  Dalam suatu kelas yang terdiri atas 40 siswa. Gambarlah diagram Venn dari keterangan tersebut! . diketahui 24 siswa gemar bermain tenis.

Penyelesaian  Berikut diagram vennnya .

Contoh 3  Diagram Venn dibawah ini menunjukkan banyak siswa yang mengikuti ekstra kurikuler basket dan voli dalam sebuah kelas. . . Banyak siswa yang tidak gemar basket adalah . .

Yang tidak gemar basket = 12 + 7 = 19 .Pembahasan: Banyak siswa yang tidak gemar basket ditunjukkan oleh daerah arsiran pada diagram Venn.

Contoh 4  Dalam suatu klub.diketahui bahwa 12 orang suka olahraga catur.sedangkan 6 orang menyukai keduanya.  Gambarkanlah diagram venn berdasarkan pernyataan di atas dan jawablah pertanyaan berikut!  Berapa jumlah anggota klub tersebut?  Berapa banyak anggota yang hanya menyukai catur? .9 orang suka olahraga renang dan 17 orang tidak menyukai keduanya.

Sudah jelas pada gambar bahwa yang hanya menyukai catur ada 6 orang.Penjelasan Perhatikan gambar disamping!Untuk menjawab pertanyaan: A. B. .Jumlah keseluruhan=6+6+3+17=32 orang.

.

Soal 1 (Nilai:79)Easy Cermati diagram disamping!Jika ada 36 orang(perhatikan angka dalam kotak!).14 C.12 Kotak mengisi Cek Jawaban .15 B.maka angka yang tepat untuk mengisi x adalah… A.13 D.

dan 17 orang memiliki keduanya.Tentukan banyak pengendara yang diperiksa dan gambarkan himpunan tadi pada diagram venn! Cek Jawaban Kotak mengisi .Hasilnya.30 orang memiliki sim C dan 12 orang tidak memiliki keduanya.25 orang memiliki sim A.Soal 2 (Nilai=82)Medium Petugas lalu lintas melakukan pemeriksaan terhadap pengendara kendaraan bermotor.

Jika diketahui banyaknya kepala keluarga dari warga RT 02 adalah 75 orang. yang berlangganan . Di antara kepala keluarga ini yang berlangganan koran ada 50 orang.

tentukanlah banyaknya kepala keluarga dari warga RT 02 yang tidak berlangganan keduanya! Cek Jawaban Kotak mengisi .(lanjutan)  majalah ada 25 orang.  Dengan menggunakan bantuan diagram Venn. yang berlangganan majalah dan koran ada 10 orang.

19 orang menyukai majalah C.tetapi 7 orang tidak menyukai ketiganya.3 orang menyukai majalah B dan C dan 1 orang menyukai ketiganya.3 orang menyukai majalah A dan C.Soal 4(Nilai:95)XTreme  Pada suatu riset diketahui bahwa:13 orang menyukai     majalah A. Berdasarkan data di atas.maka tentukanlah: Diagram vennnya! Cek Jawaban Jumlah orang yang diriset! Jumlah orang yang hanya menyukai majalah A! .15 orang menyukai majalah B.4 orang menyukai majalah A dan B.

.

14 Penjelasan:36(seluruhnya)-(6+9+7) =36-22 =14(B) Kembali ke soal .B.

.

perhatikan gambar berikut! Kembali ke soal .50 orang.

.

jumlah kepala keluarga:75.keduanya:10.majalah:25.perhatikan diagram venn di bawah ini untuk penggambarannya! Kembali ke soal .Jawaban Soal 3 Koran:50.yang tidak keduanya=75-(40+10+15) =75-65 =10 orang.

.

. Perhatikan diagram berikut! Jawaban soal 4 Kembali ke Soal Selesai  Jumlah orang keseluruhan=25 orang  Yang hanya suka majalah A=7 orang.

Ke soal 1 Ke soal 2 Ke soal 3 Ke soal 4 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful