P. 1
Proposal Kunjungan Rumah

Proposal Kunjungan Rumah

|Views: 51|Likes:
Published by Ingot Redblack

More info:

Published by: Ingot Redblack on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

RENCANA KUNJUNGAN RUMAH

A. Identitas Klien

Inisial klien Usia Agama Pendidikan No.RM Masuk RSUD Nama keluarga Alamat

: An.W : 5 tahun : Islam : SD : : 7 juni 2010 : Ny. : Jln. Benteng Mas II 005/006 no.56 Sunter Jaya, Jakarta Utara.14350

B. Tujuan Kunjungan Rumah

1. Tujuan umum Keluarga dapat merawat anggota keluarga yang sedang sakit berdasarkan asuhan keperawatan yang ada. 2. Tujuan khusus a) Memberikan informasi kepada keluarga mengenai penyakit yang diderita anak b) Mengkaji pengetahuan keluarga tentang perawatan anak dirumah, dikaitkan dengan 5 tugas keluarga, yaitu :  Keluarga dapat mengenal masalah yang menyebabkan pasien jatuh sakit  Keluarga dapat mengambil keputusan dalam melakukan perawatan terhadap pasien

Rencana Tindakan Keperawatan 1. tanda dan gejala. tanda dan gejala klien dengan bronchopnemoni dan tentang obat – obatan serta akibat jika minum obat tidak teratur. yaitu : anak dengan bronchopnemoni d) Memberikan pendidikan kesehatan kepada keluarga tentang merawat pasien di rumah mengenai pengertian. Jelaskan tujuan kedatangan mahasiswa ke rumah adalah untuk melakukan kunjungann rumah agar keluarga dapat merawat pasien dirumah. dan keluarga dapat mengetahui pengertian. e) Memotivasi keluarga untuk selalu control ke rumah sakit C. Keluarga dapat merawat pasie dirumah  Keluarga dapat memodifikasi lingkungan yang terapeutik dalam merawat pasien  Keluarga dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan yang ada di lingkungan untuk merawat kesehatan pasien c) Melakukan implementasi keperawatan yang berkaitan dengan masalah keperawatan. Orientasi a) Salam dan perkenalan Mahasiswa memberi salam terlebih dahulu kemudian memperkenalkan diri serta menjelaskan bahwa mahasiswa tingkat profesi dari STIKES IMC BINTARO yang sedang praktek di RSUD Cengkareng di poli anak. proses terjadinya penyakit pasien yaitu bronchopneumonia .

peningkatan produksi sputum Kriteria hasil :  Menunjukkan perilaku mencapai kebersihan jalan nafas . Kerja a) Tindakan keperawatan sesuai dengan diagnose keperawatan Bronchopneumonia Dx : Bersihan jalan nafas tidak efektif berhubungan dengan inflamasi trakeobronkial. pembentukan edema.b) Kaji dan validasi informasi tentang pasien  Tanyakan tentang keluarga pasien  Tanyakan tentang lingkungan keluarga dirumah yang menyebabkan pasien terkena penyakit bronchopneumonia  Tanyakan tentang perilaku keluarga dirumah yang menyebabkan pasien terkena penyakit bronchopneumonia  Tanyakan apa saja yang dilakukan keluarga untuk mengatasi masalah penyakit pasien c) Kontrak Mahasiswa dan keluarga membuat kesepakatan tentang :  Topik yang akan dibicarakan terkait dengan bronchopnemoni  Waktu yang diperlukan untuk mendiskusikan masalah klien dan cara perawatan pasien dirumah. 2.

tak ada dispnea atau sianosis Intervensi :     Kali frekuensi / kedalaman pernafasan dan gerakan dada Bantu pasien untuk batuk efektif dan nafas dalam Anjurkan keluarga bantu pasien untuk batuk efekti dan nafas dalam Berikan cairan sedikitnya 2500 ml/hari b) Tindakan keperawatan sesuai dengan diagnose keperawatan Bronchopneumonia Dx : Nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh berhubungan dengan anoreksia Kriteria hasil :   Menunjukkan peningkatan nafsu makan Berat badan stabil atau meningkat Intervensi :      Indentifikasi faktor yang menimbulkan mual atau muntah Berikan wadah tertutup untuk sputum dan buang sesering mungkin Anjurkan keluarga untuk berikan minum pasien dalam keadaan hangat Anjurkan keluarga untuk berikan makan pasien dalam keadaan hangat Anjurkan keluarga untuk Berikan makan pasien porsi kecil dan sering c) Tindakan keperawatan sesuai dengan diagnose keperawatan Bronchopneumonia Dx : Intoleransi aktifitas berhubungan dengan insufisiensi oksigen untuk aktifitas sehari-hari . Menunjukkan jalan nafas paten dengan bunyi nafas bersih.

kelemahan berlebihan dan TTV dalam rentang normal Intervensi :   Evaluasi respon klien terhadap aktivitas Jelaskan pentingnya istirahat dalam rencana pengobatan dan perlunya keseimbangan aktivitas dan istirahat  D. Evaluasi respon keluarga terhadap kunjungan rumah ( subjektif ) a) Menanyakan tentang perasaan keluarga setelah berbincang – bincang dengan perawat b) Menanyakan kembali kepada keluarga tentang hal – hal yang baru saja didiskusikan 2.Kriteria hasil :  Menunjukkan peningkatan toleransi terhadap aktivitas yang dapat diukur dengan tak adanya dispnea. Terminasi Bantu pasien memilih posisi yang nyaman untuk istirahat / tidur di rumah 1. Evaluasi kemampuan keluarga dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien (objektif) a) Observasi kemampuan keluarga selama bercakap – cakap dan respon perilaku terhadap kunjungan b) Tanyakan kembali kepada keluarga tentang hal – hal yang baru saja didiskusikan .

. Rencana pertemuan berikutnya a) Menanyakan kepada keluarga waktu pertemuan berikutnya. Tindak lanjut : kesepakatan untuk terlibat dalam asuhan (di RS atau di rumah) a) Tanyakan kepada keluarga tentang harapan atau keinginan terhadap perawatan selanjutnya b) Minta keluarga untuk mempraktekkan hal – hal yang telah didiskusikan 4.3.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->