P. 1
Bank

Bank

|Views: 63|Likes:
Published by Avika Maharani

More info:

Published by: Avika Maharani on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/01/2012

pdf

text

original

Rumus Dasar Kurs Dollar VS Rupiah

Sebenarnya apa hubungannya investasi asing dengan kurs rupiah dollar? Kenapa jika investasi luar negeri Indonesia naik maka kurs dollar melemah dan kurs rupiah menguat? Berikut ini penjelasannya. Kurs dollar vs rupiah tergantung hukum keuangan permintaan penawaran mata uang dollar vs rupiah. Investor luar negeri jual dollar dan beli rupiah untuk investasi Indonesia, karena investor asing investasi rupiah dan bukan investasi dollar. Jika investor luar negeri jual dollar berarti permintaan dollar turun. Bila permintaan dollar turun, otomatis kurs dollar akan turun. Jika investor asing beli rupiah berarti permintaan terhadap rupiah naik, bila hal ini terjadi maka kurs rupiah naik. Keuntungan investasi luar negeri adalah kurs rupiah yang menguat itu karena mereka melakukan investasi di mata uang asing, seperti rupiah dan bukannya dollar. Hal ini akan membuat kita mengerti mengapa Indonesia butuh investasi dari luar negeri, khususnya investasi sektor riil. Itulah pentingnya mengapa pemerintah Indonesia harus membangun fasilitas investasi terbaik, membangun infrastruktur, dan kepastian hukum supaya investor asing kelas dunia menilai Indonesia bisnis yang bagus dan mereka mau menginvestasikan saham di perusahaan Indonesia yang terbaik. Baca Selengkapnya.. 0 komentar Link ke posting ini

Ijarah muntahiyah bittamlik dapat berbentuk: . yang mencakup jumlah sewa dan jasa yang dipindahkan kepada penyewa Ijarah operasional: Akad ijarah yang tidak berakhir dengan pemin-dahan kepemilikan dari aset yang yang disewakan kepada penyewa Ijarah muntahiyah bittamlik : Akad ijarah yang berakhir dengan opsi berpindahnya kepemilikan aset yang disewakan kepada penyewa.Objek dari akad ijarah.Istilah-istilah dalam bidang Bank Syariah Akad : adalah pertalian ijab dengan qabul menurut cara-cara yang disyariatkan yang berpengaruh terhadap objek Al-mashnu : barang pesanan dalam transaksi istishna Al-muslam fihi : komoditas yang dikirimkan dalam transaksi salam Al-muslam ileihi : penjual dalam transaksi salam Al-muslam : pembeli dalam transaksi salam Al-mushtashni’ : pembeli akhir dalam transaksi ishtisna’ Amil : petugas pendistribusi zakat As-shani : produsen/supplier dalam transaksi ishtisna’ Fiisabilillah : orang yang berjuang di jalan Allah Gharim : orang yang berutang dan kesulitan untuk melunasinya Halal : sesuatu yang diperbolehkan oleh Islam Haul : cukup waktu satu tahun bagi pemilikan harta kekayaan seperti perniagaan.Dua pihak pemilik aset yang disewakan dan pihak yang memanfaatkan jasa dari aset yang disewakan . dan jasa pemindahan / pengalihan dana dari satu entitas kepada entitas lain Ibnusabil : orang yang dalam perjalanan Ijarah : perpindahan kepemilikan jasa dengan imbalan yang sudah disepakati menurut para fuqaha’. baik dalam pengalihan piutang atau utang.Bentuk yang mencakup penawaran atau persetujuan . sebagai batas kewajiban membayar zakat Hiwalah : pemindahan atau pengalihan hak dan kewajiban. Ijarah ini memiliki 3 (tiga) unsur: . ternak. emas.

Perjanjian ijarah yang memberikan penyewa salah satu dari 3 (tiga) opsi berdasarkan pembayaran sewa yang dilakukan oleh penyewa a.Ijarah muntahiyah bittamlik yang memberikan hak kepemilikan kepada penyewa atas aset yang disewakan pada akhir jangka waktu penyewaan atas dasar akad baru dengan harga tertentu. Mengembalikan aset yang disewa kepada pemilik objek sewa Infak : pemberian sesuatu yang akan digunakan untuk kemaslahatan umat Ishtisna’ : kontrak penjualan antara al-mustasni (penjual akhir) dengan al-shani (pemasok) dimana alshani– berdasarkan suatu pesanan dari al-mustasni–berusaha membuat sendiri atau meminta pihak lain untuk membuat atau membeli al-masnu (pokok) kontrak. Ini merupakan syarat dari kontrak ishtisna’ sehingga al-shani harus menyediakan bahan baku atau tenaga kerja. ashil) Kaafil : pihak yang memberikan jaminan untuk menanggung kewajiban puhak lkain dalam akad kafalah Ma’jur : objek sewa dalam transaksi ijarah Makful : penerima jaminan dalam akad kafalah Muallaf : orang yang baru memeluk agama Islam Mudharabah : perjanjian kerjasama untuk mencari keuntungan antara pemilik modal dengan . Ciri ketiga akad ishtisna’ sama dengan ijarah karena tenaga kerja digunakan pada keduanya.. Pembaruan ijarah untuk jangka waktu yang baru. Istishna paralel : Jika Al-mustashni (pembeli akhir) mengizinkan alshani (pemasok) untuk meminta pihak ketiga (subkontraktor) untuk membuat al-mashnu atau jika pengeturan tersebut bisa diterima oleh kontrak istishna itu sendiri. Kesepakatan akad ishtisna’ mempunyai ciri-ciri sama dengan salam karena dia menentukan penjualan produk tidak tersedia pada saat penjualan. . atau c. menurut spesifikasi yang disyaratkan dan menjualnya kepada al-mustasni dengan harga sesuai kesepakatan serta dengan metode penyelesaian di muka melalui cicilan atau ditangguhkan sampai suatu eaktu di masa depan.Ijarah muntahiyah bittamlik yang memindahkan hak kepemilikan aset yang disewakan kepada penyewa–jika penyewa menginginkan hal tersebut–dengan harga yang diwakili oleh pembayaran sewa yang dilakukan oleh penyewa selama jangka waktu penyewaan. b. namun ketidaksamaannya terletak pada harga ishtisna’ yang tidak dibayar ketika diselesaikan. Pada akhir jangka waktu penyewaan dan setelah cicilan terakhir dibayar. Kontrak kedua ini disebut istishna paralel Kafalah : akad penjaminan yang diberikan oleh kaafil (penanggung/ bank) kepada pihak ketiga untuk memenuhi kewajiban pihak kedua atau yang ditanggung (makhful ‘anhu. maka al-shani bisa melakukan kontrak istishna kedua guna memenuhi kewajiban kontraknya kepada kontrak pertama. yang mungkin merupakan harga simbolis . Ishtisna’ juga memiliki ciri yang sama dengan penjualan biasa karena harga biasa dibayar dengan kredit. Membeli aset yang disewakan dangan harga yang ditentukan berdasarkan pembayaran sewa yang dilakukan oleh penyewa. maka hak milik sah aset yang disewakan secara otomatis berpindah kepada penyewa atas dasar akad baru.

Bank syariah menjelaskan keinginannya untuk menerima dana investasi dari sejumlah nasabah. atau tidak terjadi kelalaian di pihak bank syariah. Kontrak mudharabah dapat juga dilaksanakan antara bank syariah sebagai penyedia dana atas namanya sendiri atau khusus atas nama deposan. 0 komentar Link ke posting ini . Baca Selengkapnya. pedagang. dan sebagainya. atau para pengrajin lainnya termasuk petani. pengusaha. asalkan tidak terjadi kesalahan atau pelanggaran syariah yang telah ditetapkan.pengusaha (pengelola dana).. pembagian keuntungan disetujui oleh kedua belah pihak sedangkan kerugian ditanggung oleh penyedia dana. Perjanjian tersebut bisa saja terjadi antara deposan (investment account) sebagai penyedia dan dan bank syariah sebagai mudharib. Mudharabah berbeda dengan spekulasi yang berunsur perjudian (gambling) dalam pembelian dan transaksi penjualan.

Bank Sentral Menurut UU No. Bank sentral yang dimaksud adalah Bank Indonesia. dan harus mempertimbangkan kebijakan umum pemerintah di bidang perekonomian. transparan. kecuali untuk hal-hal yang secara tegas diatur dalam undang-undang ini.pengaturan kredit atau pembiayaan Cara-cara pengendalian moneter dapat dilaksana-kan juga berdasarkan prinsip syariah. a.3 Tahun 2004. Bank Indonesia berwenang: (a) menetapkan sasaran moneter dengan memerhatikan sasaran laju inflasi. Tujuan Bank Indonesia Menurut UU RI No. dijelaskan tujuan Bank Indonesia adalah mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain. Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya 1. (b) melakukan pengendalian moneter dengan menggunakan cara-cara yang termasuk tetapi tidak terbatas pada: . Bank Indonesia mempunyai tugas sebagai berikut: (1) menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter Dalam rangka menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter. Tugas Bank Indonesia Berdasarkan UU No. Bank Sentral adalah lembaga negara yang mempunyai wewenang untuk mengeluarkan alat pembayaran yang sah dari suatu negara.penetapan cadangan wajib minimun . 3 Tahun 2004. mengatur dan mengawasi perbankan serta menjalan fungsi sebagai lender of the last resort. konsisten. (2) mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran . Untuk mencapai tujuan yang dimaksud Bank Indonesia melaksanakan kebijakan moneter secara berkelanjutan. b.Jenis-Jenis Bank A. Pelaksanaan ketentuan tersebut ditetapkan Peraturan Bank Indonesia. mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran.operasi pasar terbuka di pasar uang baik rupiah maupun valuta asing .penetapan tingkat diskonto . Bank Indonesia adalah lembaga negara yang independen dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya. 3 Tahun 2004 Pasal 7.

Bank Indonesia menetapkan peraturan. e) menerima pembayaran dari tagihan atas surat berharga dan melakukan perhitungan atau dengan pihak ketiga. Ada kegiatan-kegiatan yang tidak boleh dilakukan oleh BPR. baik untuk kepentingan nasabah maupun untuk kepentingan bank itu sendiri. dan g) melakukan penempatan dana dari nasabah ke nasabah lainnya dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek. BPR dalam melakukan kegiatannya tidak sama dengan kegiatan yang dilakukan oleh bank konvensional (bank umum). Bank Perkreditan Rakyat (BPR) BPR adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya tidak memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Adapun kegiatan-kegiatan bank umum yang utama antara lain: a) menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk giro. 2. c) menerbitkan surat pengakuan utang. Bank umum sering disebut bank komersial (commercial bank). f) menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat berharga. deposito. artinya dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada. Kegiatan BPR jauh lebih sempit jika dibandingkan dengan kegiatan bank umum. bank Indonesia berwenang: (a) melaksanakan dan memberikan persetujuan dan izin atas penyelenggaraan jasa sistem pembayaran. Jasa yang diberikan oleh bank umum bersifat umum. d) memindahkan uang. Bank umum mempunyai banyak kegiatan. (3) mengatur dan mengawasi bank Dalam rangka melaksanakan tugas mengatur dan mengawasi bank. Bank Umum Pengertian bank umum menurut Peraturan Bank Indonesia No.Dalam rangka mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. b) memberikan kredit. sertifikat deposito. memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan dan kegiatan usaha tertentu dari bank. yaitu: . 9/7/PBI/2007 adalah bank yang melaksanakan kegiatan usaha secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Pelaksanaan kewenangan di atas ditetapkan dengan Peraturan Bank Indonesia. melaksanakan pengawasan bank dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan peraturan Bank Indonesia. 3. (b) mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan tentang kegiatannya. dan tabungan.

b . dan lain-lain. dan lain-lain. a) Menghimpun dana dalam bentuk simpanan tabungan dan simpanan deposito. 2. baik milik swasta asing atau pemerintah asing. kelaziman. bank milik swasta nasional. Bank Milik Asing Bank jenis ini merupakan cabang dari bank yang ada di luar negeri. b) Memberikan pinjaman kepada masyarakat. Bank Central Asia. Bank Milik Swasta Nasional Bank swasta nasional adalah bank yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh swasta nasional serta akta pendiriannya pun didirikan oleh swasta.a) menerima simpanan berupa giro. c. Bank Jateng. Bank Danamon. Sementara itu. Bank Lippo. Selain itu ada juga bank milik pemerintah daerah yang terdapat di daerah tingkat I dan tingkat II masing-masing provinsi. dan bank milik swasta asing. City Bank. 1. b) mengikuti kliring. Jenis Bank Berdasarkan Kepemilikannya Apabila ditinjau dari segi kepemilikannya. Bank Konvensional Pengertian kata “konvensional” menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia adalah “menurut apa yang sudah menjadi kebiasaan”. begitu pula pembagian keuntungannya juga dipertunjukkan untuk swasta pula. jenis bank terdiri atas bank milik pemerintah. sehingga seluruh keuntungan bank dimiliki oleh pemerintah pula. Adapun bentuk kegiatan yang boleh dilakukan oleh BPR meliputi hal-hal berikut ini. Contohnya Bank Rakyat Indonesia (BRI). menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah “berdasarkan kesepakatan umum” seperti adat. bank konvensional adalah bank yang dalam operasionalnya menerapkan . Jenis Bank Berdasarkan Kegiatan Operasionalnya 1. c) melakukan kegiatan valuta asing. Berdasarkan pengertian itu. Contoh Bank DKI. Bank Milik Pemerintah Bank pemerintah adalah bank di mana baik akta pendirian maupun modalnya dimiliki oleh pemerintah. dan sebagainya. Contohnya Bank Muamalat. Contohnya ABN AMRO bank. Bank Niaga. Kepemilikannya dimiliki oleh pihak luar negeri. Bank Mandiri. 3. c) Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana berdasarkan prinsip syariah. kebiasaan. d) melakukan kegiatan perasuransian.

simpanan deposito. Bank konvensional contohnya bank umum dan BPR. Kebersamaan mengacu pada prinsip saling menawarkan bantuan dan nasihat untuk saling meningkatkan produktivitas. misalnya dari nasabah berupa rekening giro. sertifikat deposito.metode bunga. Bank syariah adalah bank yang beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah Islam. wali amanat. a) Pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah). Bank syariah muncul di Indonesia pada awal tahun 1990-an. Sumber ini merupakan pendapatan bank yang paling besar. dan kebersamaan. yang akan menentukan besar kecilnya porsi bagi hasil yang akan diterima penyimpan. cadangan sekunder. simpanan giro. Kedua jenis bank tersebut telah kalian pelajari pada subbab sebelumnya. kiriman uang. Letter of Credit. Kegiatan bank syariah dalam hal penentuan harga produknya sangat berbeda dengan bank konvensional. maksudnya adalah bank yang dalam operasinya mengikuti ketentuan-ketentuan syariah Islam. kredit jangka pendek. Berikut ini prinsip-prinsip yang berlaku pada bank syariah. karena metode bunga sudah ada terlebih dahulu. inkaso. b) Pembiayaan berdasarkan prinsip penyertaan modal (musharakah). bank draft. dan investasi. menjadi kebiasaan dan telah dipakai secara meluas dibandingkan dengan metode bagi hasil. kemudian dialokasikan untuk cadangan primer. dengan persetujuan yang matang atas proporsi masukan dan keluarannya. khususnya yang menyangkut tata cara bermuamalah secara Islam. e) Pilihan pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain (ijarah . dana transfer. keadilan. dan perdagangan efek. Bank Syariah Sekarang ini banyak berkembang bank syariah. penjamin emisi. kredit modal kerja. menyalurkan dana yang telah dihimpun dengan cara mengeluarkan kredit antara lain kredit investasi. Keadilan mengacu pada hubungan yang tidak dicurangi. Pendapatan bank tersebut. Pemrakarsa pendirian bank syariah di Indonesia dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada tanggal 18 – 20 Agustus 1990. Efisiensi mengacu pada prinsip saling membantu secara sinergis untuk memperoleh keuntungan sebesar mungkin. Penentuan harga bagi bank syariah didasarkan pada kesepakatan antara bank dengan nasabah penyimpan dana sesuai dengan jenis simpanan dan jangka waktunya. d) Pembiayaan barang modal berdasarkan sewa murni tanpa pilihan (ijarah). Bank konvensional dapat memperoleh dana dari pihak luar. Falsafah dasar beroperasinya bank syariah yang menjiwai seluruh hubungan transaksinya adalah efesiensi. kredit konsumtif. dan jasa-jasa lainnya seperti jual beli surat berharga. deposit on call. c) Prinsip jual beli barang dengan memperoleh keuntungan (murabahah). dan pelayanan jasa keuangan antara lain kliring. penyaluran kredit. 2. saham. ikhlas. dan obligasi. Bank konvensional pada umumnya beroperasi dengan mengeluarkan produk-produk untuk menyerap dana masyarakat antara lain tabungan.

Bank syariah mengharamkan penggunaan harga produknya dengan bunga tertentu. Bank Indonesia mempunyai otonomi penuh dalam merumuskan dan melaksanakan setiap tugas dan wewenangnya sebagaimana ditentukan dalam undang-undang tersebut. Perbankan Syariah Selain Perbankan Konvensional. 23/1999 tentang Bank Indonesia. Bank Syariah Mandiri. dinyatakan berlaku pada tanggal 17 Mei 1999. Saat ini bank syariah sudah tersebar di berbagai negara-negara muslim dan nonmuslim. baik di Benua Amerika. yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. Undang-undang ini memberikan status dan kedudukan sebagai suatu lembaga negara yang independen dan bebas dari campur tangan pemerintah ataupun pihak lainnya. yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa..wa iqtina). serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. serta hal-hal yang berkaitan dengan norma ekonomi dalam Islam seperti larangan maisyir (judi dan spekulatif). Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. Bank Syariah pertama di Indonesia adalah BMI (Bank Muamalat Indonesia) yang mulai beroperasi pada tanggal 1 Mei 1992. akan tetapi juga masyarakat nonmuslim. Bagi bank syariah. Boediono menjabat posisi sebagai Gubernur BI. bank syariah harus berlandaskan pada Alquran dan hadis. Baca Selengkapnya. Bank syariah ada karena adanya keinginan umat muslim untuk kaffah yaitu menjalankan aktivitas perbankan sesuai dengan syariah yang diyakini. Dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya BI dipimpin oleh Dewan Gubernur. dan Eropa. Contoh Bank Syariah di Indonesia yaitu Bank Muamalat Indonesia. Untuk periode 2008-2013. bunga bank adalah riba. terutama masalah larangan riba. BI mempunyai satu tujuan tunggal. yaitu UU No. dulu disebut De Javasche Bank) adalah bank sentral Republik Indonesia. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam rangka menjalankan kegiatannya. Berikut beberapa uraian tentang bunga dan riba menurut sejarah dan beberapa agama. Dalam perkembangannya kehadiran bank syariah ternyata tidak hanya dilakukan oleh masyarakat muslim. BI juga menjadi satu-satunya lembaga yang memiliki hak untuk mengedarkan uang di Indonesia. Status dan Kedudukan Bank Indonesia Sebagai Lembaga Negara yang Independen Babak baru dalam sejarah Bank Indonesia sebagai Bank Sentral yang independen dimulai ketika sebuah undang-undang baru. . Bahkan banyak perusahaan dunia yang telah membuka cabang berdasarkan prinsip syariah. 0 komentar Link ke posting ini Bank Indonesia (BI) Bank Indonesia (BI. jahala dan keharusanmemperhatikan kehalalan cara dan objek investasi Sebenarnya menurut agama lain pun ditemui larangan riba. Sebagai bank sentral. Australia. di Indonesia juga ada Bank Syariah mulai tahun 1992 . serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek. mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. gharar (unsur ketidak jelasan). Sebagai suatu lembaga negara yang independen. Untuk mencapai tujuan tersebut BI didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya.

Status dan kedudukan yang khusus tersebut diperlukan agar Bank Indonesia dapat melaksanakan peran dan fungsinya sebagai otoritas moneter secara lebih efektif dan efisien. Ketiganya perlu diintegrasi agar tujuan mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dalam pelaksanaan tugas ini. tercapai atau tidaknya tujuan Bank Indonesia ini kelak akan dapat diukur dengan mudah. Disamping itu. penutupan dan pemindahan kantor bank. sementara aspek kedua tercermin pada perkembangan nilai tukar rupiah terhadap mata uang negara lain. Berkaitan dengan kewenangan di bidang perizinan. Sebagai badan hukum publik Bank Indonesia berwenang menetapkan peraturan-peraturan hukum yang merupakan pelaksanaan dari undang-undang yang mengikat seluruh masyarakat luas sesuai dengan tugas dan wewenangnya. Untuk lebih menjamin independensi tersebut. Kestabilan nilai rupiah ini mengandung dua aspek. Ketiga bidang tugas ini adalah menetapkan dan melaksanakan kebijakan moneter. Tiga Pilar Utama Untuk mencapai tujuan tersebut Bank Indonesia didukung oleh tiga pilar yang merupakan tiga bidang tugasnya. yaitu kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa. yaitu mencapai dan memelihara kestabilan nilai rupiah. memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan atau kegiatan usaha tertentu dari bank. undang-undang ini telah memberikan kedudukan khusus kepada Bank Indonesia dalam struktur ketatanegaraan Republik Indonesia. kedudukan Bank Indonesia juga tidak sama dengan Departemen. Bank Indonesia menetapkan peraturan. Dengan demikian. Aspek pertama tercermin pada perkembangan laju inflasi. Sebagai badan hukum perdata. serta memberikan izin kepada . Perumusan tujuan tunggal ini dimaksudkan untuk memperjelas sasaran yang harus dicapai Bank Indonesia serta batas-batas tanggung jawabnya. selain memberikan dan mencabut izin usaha bank. memberikan persetujuan atas kepemilikan dan kepengurusan bank. Bank Indonesia juga dapat memberikan izin pembukaan. karena kedudukan Bank Indonesia berada diluar Pemerintah. Bank Indonesia berwenang menetapkan ketentuan-ketentuan perbankan dengan menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian. Bank Indonesia dapat bertindak untuk dan atas nama sendiri di dalam maupun di luar pengadilan. dan mengenakan sanksi terhadap bank sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. dan Bank Indonesia juga berkewajiban untuk menolak atau mengabaikan intervensi dalam bentuk apapun dari pihak manapun juga. melaksanakan pengawasan atas bank. serta kestabilan terhadap mata uang negara lain. mengatur dan menjaga kelancaran sistem pembayaran. Bank Indonesia mempunyai satu tujuan tunggal. Pengaturan dan Pengawasan Bank Dalam rangka tugas mengatur dan mengawasi perbankan. serta mengatur dan mengawasi perbankan di Indonesia. Sebagai Badan Hukum Status Bank Indonesia baik sebagai badan hukum publik maupun badan hukum perdata ditetapkan dengan undang-undang. Sebagai Lembaga negara yang independen kedudukan Bank Indonesia tidak sejajar dengan Lembaga Tinggi Negara.Pihak luar tidak dibenarkan mencampuri pelaksanaan tugas Bank Indonesia. Tujuan dan Tugas Bank Indonesia Tujuan Tunggal Dalam kapasitasnya sebagai bank sentral.

Baca Selengkapnya. dan dapat dijadikan sebagai agunan atau digadaikan kepada pihak lain. 8. 9. 3. prosedur pembelian dan penjualan yang mudah dan transparan di pasar Sekunder (melalui mekanisme bursa ataupun diluar bursa dan tercatat di Bursa Efek Indonesia). 0 komentar Link ke posting ini . investasi minimal Rp5 juta dan kelipatannya. MUDAH. 2.com dan melalui Kantor Pusat dan 6 (enam) Kantor Cabang yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Salah satu agen penjual adalah IndoPremier yang melayani pembelian dan penjualan Obligasi Negara Ritel (ORI) di pasar perdana secara online melalui situs www. 5.. RITEL. Pengawasan langsung dilakukan baik dalam bentuk pemeriksaan secara berkala maupun sewaktuwaktu bila diperlukan. Di pasar sekunder. Baca Selengkapnya. memudahkan investor mendiversifikasi portofolio serta optimalisasi Manajemen Risiko.ipotindonesia. analisis dan evaluasi terhadap laporan yang disampaikan oleh bank. 12 Februari 2011 OBLIGASI NEGARA RITEL (ORI) SERI ORI006 Obligasi Negara Ritel (ORI) adalah Obligasi Negara yang diterbitkan Pemerintah Indonesia untuk dijual kepada individu atau perorangan Warga Negara Indonesia melalui Agen Penjual (IndoPremier) di pasar perdana. dapat diperdagangkan di pasar sekunder. IndoPremier siap berperan sebagai Agen Penjual yang pertama dan satu-satunya dalam memberikan fasilitas transaksi online trading untuk ORI.bank untuk menjalankan kegiatan-kegiatan usaha tertentu. FIXED. 7. masyarakat berperan aktif secara langsung dalam pembiayaan pembangunan nasional. 0 komentar Link ke posting ini Sabtu. Bank Indonesia melakukan pengawasan langsung maupun tidak langsung. Di bidang pengawasan.. kupon tetap dan dibayarkan setiap bulan. AMAN. Manfaat Atau Keuntungan Investasi Pada ORI 1. LIKUID. pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin oleh Negara Republik Indonesia. dijual untuk perorangan WNI. MENGUNTUNGKAN. 6. DIVERSIFIKASI. 4. RINGAN. Pengawasan tidak langsung dilakukan melalui penelitian. kupon lebih tinggi dari suku bunga deposito (saat penawaran di pasar perdana) dan potensi capital gain di perdagangan pasar sekunder. PARTISIPASI.

Ekonomi tumbuh seerta inflasi terkendali. Baca Selengkapnya..100. maka nominal yang harus dibayarkan adalah Rp 4. Pengertian Sanering berbeda dengan redenominasi. Pada redenominasi nilai uang terhadap barang tidak berubah jadi hanya cara penyebutan dan penulisan pecahan uang saja yang dirubah dan disesuaikan. 08 Februari 2011 Redenominasi & Sanering serta dampaknya Pengertian redenominasi merupakan mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. Dengan kata lain. jumlah satuan moneter yang sama perlahan-lahan memiliki daya beli yang semakin melemah. semoga membantu posting tentang Pengertian redenominasi atau penyerdahanaan rupiah serta dampak positif dan dampak negatifnya . menimbulkan kerugian karena daya beli turun drastis. Dampak positif dan pengaruhnya bagi masyarakat pada proses redenominasi disebutkan tidak ada kerugian karena daya beli tetap sama sedangkan pada sanering. Syarat redenominasi dapat dilakukan saat kondisi makro ekonomi stabil. Pada waktu terjadi inflasi.000 menjadi Rp 1 untuk menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih kecil.5 hanya dapat membeli 1/1000 atau 0. Proses implementasi Redenominasi disebutkan cukup panjang sampai 10 tahun dan harus dipersiapkan secara matang dan terukur sampai masyarakat siap. ini berbeda dengan sanering dimana nilai uang terhadap barang berubah menjadi lebih kecil.5 untuk 1 l bensin ini terjadi karena harga 1 liter bensin juga dinyatakan dalam satuan pecahan yang sama (baru) sedangkan pada sanering. harga produk dan jasa harus dituliskan dengan jumlah .Selasa. Sanering dilakukan pada saat terjadi inflasi sangat tinggi dan kondisi makro ekonomi tidak sehat. maka dengan Rp 4. Contoh penerapan redenominasi untuk harga 1 liter bensin saat ini seharga Rp 4. senering merupakan proses pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang tetapi halyang sama tidak dilakukan pada harga-harga barang maka proses ini akan menurunkan daya beli masyarakat.Tujuan redenominasi berikutnya kedepan indonesia memperoleh kesetaraan ekonomi Indonesia dengan negara regional sedengkan tujuan Sanering adalah mengurangi jumlah uang yang beredar akibat lonjakan harga-harga. karena pemotongan nilai barang. Misal Rp 1.001 liter bensin.500 per liter jika dilakukan redenominasi tiga digit (tiga angka nol). Dengan penyederhanaan itu maka hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang dan proses ini tidak merubah daya beli masyarakat. Dilakukan karena terjadi hiperinflasi (inflasi yang sangat tinggi). 0 komentar Link ke posting ini Redenominasi Redenominasi adalah penyederhanaan nilai mata uang menjadi lebih kecil tanpa mengubah nilai tukarnya.000 ini teritung terbesar ke 2 di Asia. apabila terjadi sanering per seribu rupiah. tujuanya tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. Tujuan redenominasi adalah menyederhanakan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakuan transaksi ini didsarkan pada fakta bahwa pecahan terbesar Indonesia Rp.

dan seterusnya. mereka dapat mempengaruhi transaksi harian karena risiko dan ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh jumlah lembaran uang yang harus dibawa. mempersiapkan kesetaraan ekonomi Indonesia dengan negara regional. karena yang dipotong adalah nilainya. sedangkan pada sanering menimbulkan banyak kerugian karena daya beli turun drastis. dengan cara Kuliah di tempat yang dikhususkan bagi calon Bankir. Pada redenominasi. Prosedur ini dapat disebut sebagai "penghilangan nol" Redenominasi bisa juga disamakan dengan menyederhanakan denominasi (pecahan) mata uang menjadi pecahan lebih sedikit dengan cara mengurangi digit (angka nol) tanpa mengurangi nilai mata uang tersebut. atau karena psikologi manusia yang tidak efektif menangani perhitungan angka dalam jumlah besar.000. sehingga daya beli masyarakat tidak berubah. Baca Selengkapnya. sedangkan sanering dilakukan dalam kondisi makro ekonomi tidak sehat. 0 komentar Link ke posting ini Senin. seperti 10. rasio konversi dapat lebih besar dari 1. sementara sanering bertujuan mengurangi jumlah uang yang beredar akibat lonjakan harga-harga. inflasi sangat tinggi (hiperinflasi).yang lebih besar. sehingga daya beli masyarakat menurun. karena hanya cara penyebutan dan penulisan pecahan uang saja yang disesuaikan. Hal yang sama tidak dilakukan pada harga-harga barang. kemudian menjadi seorang akademisi yang akan terus belajar dan mempelajari segala hal yang pernah terjadi dari studi kasus semua bank. agar tidak menimbulkan gejolak di masyarakat. 100. tidak ada kerugian karena daya beli tetap sama. nilai uang terhadap barang berubah menjadi lebih kecil. Pihak yang berwenang dapat memperkecil masalah ini dengan redenominasi: satuan yang baru menggantikan satuan yang lama dengan sejumlah angka tertentu dari satuan yang lama dikonversi menjadi 1 satuan yang baru. biasanya merupakan bilangan positif kelipatan sepuluh. Jika alasan redenominasi adalah inflasi.. 26 April 2010 Saat Yang Tepat Untuk Menjadi Bankir Saat ini adalah waktu yang tepat bagi seluruh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) yang baru saja lulus sekolah. Ekonomi tumbuh dan inflasi terkendali. 1. Ketika angka-angka ini semakin membesar. sementara sanering tidak ada masa transisi dan dilakukan secara tiba-tiba. serta mahasiswa D-III & S-1 yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi untuk mempersiapkan diri menjadi seorang Bankir yang Proffessional. Dilakukan karena terjadi hiperinflasi (inflasi yang sangat tinggi). Sanering adalah pemotongan daya beli masyarakat melalui pemotongan nilai uang. baik kasus Bankir yang mendatangkan kebaikan dan mencatatkan diri sebagai pembawa perubahan bagi dunia perbankan serta mendapatkan pengakuan dari Dunia Internasional.Tujuan berikutnya. Pada redenominasi nilai uang terhadap barang tidak berubah. Redenominasi dipersiapkan secara matang dan terukur sampai masyarakat siap. Hal yang sama secara bersamaan dilakukan juga pada harga-harga barang. sedangkan pada sanering. Redenominasi juga biasanya dilakukan saat kondisi makro ekonomi stabil. ataupun kasus Bankir yang melakukan . Hal tersebut dapat dimulai dengan belajar di bangku kuliah dan mempelajari dasar-dasar pengetahuan Ilmu Perbankan serta semua informasi dan seluruh teknis dunia perbankan. Selain itu redenominasi bertujuan menyederhanakan pecahan uang agar lebih efisien dan nyaman dalam melakuan transaksi.

dan dengan mengetahui studi kasus tersebut maka menjadi perbaikan dan pengalaman yang sangat berharga sehingga kemajuan dan keberhasilan serta kesuksesan tidak terlalu jauh untuk dicapai dan diraih dalam waktu yang tidak terlalu lama. dan dimanakah tempat yang tepat untuk belajar mengenai seluk beluk dunia perbankan tersebut ?. Semua hal tersebut memang harus dipelajari terlebih dahulu sebelum terjun langsung kedunia kerja di Bank yang sebenarnya. tentunya kita harus melihat adakah universitas ataupun institut maupun sekolah tinggi yang memiliki integritas dan akreditasi serta pengakuan dari pemerintah negara kita dan dari para praktisi perbankan serta masyarakat.penyimpangan yang menyebabkan hancurnya sebuah institusi perbankan yang dipimpinnya seperti Bank Century misalnya. Bagaimana cara pendaftaran dan apa saja prosedur yang harus dipenuhi agar dapat diterima dan menjadi seorang mahasiswa Institut Perbankan nasional akan kita bahas lebih mendalam dibawah ini.. kami sedang membuatkan sebuah link khusus untuk membahas lebih detail lagi agar dapat menjadi pedoman anda dalam mengambil pilihan untuk menjadi seorang Bankir yang Proffessional Baca Selengkapnya. Karna itu jangan sia-siakan kesempatan ini untuk segera bergegas dan mempersiapkan diri untuk menjadi seorang Bankir yang tangguh dan sukses. dan uang kuliah yang terjangkau serta semua fasilitas yang diberikan oleh Institut Perbankan Nasional diharapkan dapat menjadi titik tolak agar mahasiswa-nya dapat menjadi seorang Bankir yang Proffessional dan Sukses. dan agar semua kesalahan yang pernah dilakukan oleh Bankir proffessional sebelumnya tidak lagi dikerjakan dan menjadi pelajaran. tujuannya agar benar-benar menjadi seorang Bankir yang Proffessionalisme dan bertanggung jawab terhadap tugas dan wewenangnya. ternyata ada satu Institusi Perbankan yang mempunyai semua kriteria tersebut diatas yaitu ABFII PERBANAS (Asian Banking Finance and Informatics Institute Perbankan Nasional). 4 komentar Link ke posting ini .

yaitu : Kami telah menampilkan Brosur dan Tabel lengkap dalam penerimaan Mahasiswa Baru disini.R. yang berkembang menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan. Saat itu Yayasan Pendidikan Perbanas mendirikan Akademi llmu Perbankan. Selain itu STIE Perbanas juga mengelola Program Pascasarjana yang berdiri sejak 10 Desember 1999 dengan membuka tiga konsentrasi. poliklinik dan lain-lain. namun . kantin.Minggu. Jl. auditorium. didukung staf pengajar berkualitas tamatan dari berbagai perguruan tinggi terbaik dari dalam dan luar negeri. Sekolah Tinggi llmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta adalah lembaga pendidikan tinggi pertama yang menyelenggarakan pendidikan di bidang keuangan dan perbankan. yang kemudian berkembang menjadi Akademi Akuntansi dan Perbankan (AAP) dan kini menjadi STIE Perbanas Jakarta.372 m2 dengan luas bangunan seluruhnya 22. dan kriterianya tidaklah sulit. Jl. taman belajar. Rasuna Said) di atas tanah seluas 13. Seluruh bangunannya mencapai 22. Gatot Subroto. Program Yang Dikelola Terdapat dua jurusan. Lokasi Kampus STIE Perbanas memiliki kampus di kawasan bisnis segitiga emas (Jl. ruang seminar. seperti ruang-ruang kelas ber-AC. Pemasaran dan Sumber Daya Manusia. yang akan menjadi fasilitator bagi pengembangan modal intelektual sumber daya manusia melalui proses pembelajaran yang berkualitas. yaitu Keuangan dan Perbankan. H. yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi. Perpustakaan seluas dua lantai.820 meter persegi. Jend. 25 April 2010 Sejarah Institute Perbankan Nasional Berawal dari pendirian Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) pada 19 Februari 1969 yang menyelenggarakan Akademi Ilmu Perbankan. Lembaga ini berawal dari Yayasan Pendidikan Perbanas (YPP) yang didirikan secara resmi sebagai badan hukum pada 19 Februari 1969. kreatifitas pembelajaran sepanjang hidup (life long education) serta nilai-nilai kemanusiaan yang merupakan komitmen STIE Perbanas sepanjang masa. yaitu Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi untuk strata satu (S1) dan diploma tiga (D3). yang terdiri dari enam unit bangunan bertingkat. Melalui Surat Keputusan Dikti pada 24 Oktober 2007 disetujui penggabungan STIE PERBANAS dan STIMIK PERBANAS menjadi satu Perguruan Tinggi Bernama ABFI INSTITUTE PERBANAS Kepanjangan dari "ASIAN BANKING FINANCE and INFORMATICS INSTITUTE of PERBANAS". mesjid. Sudirman. berbagai jenis laboratorium. berdasarkan nilainilai pengetahuan. STIE Perbanas Jakarta merancang dan mendesain kurikulum. lengkap dengan sarana dan prasarana pendidikan.820 m2 yang terdiri atas enam unit bangunan bertingkat. Saat ini STIE Perbanas memiliki dua jurusan. serta proses pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kompetensi serta kualitas lulusan yang tinggi di masa depan. Yang Terbaru Konsentrasi Perbankan Syariah. Prosedur dan Tata Cara Pendaftaran Masuk Calon Mahasiswa Baru Untuk mendaftarkan diri pada Intitut Perbanas sangat mudah dan cepat asalkan memenuhi semua kriteria yang diminta. dan saat ini menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas Jakarta.

Manajemen Keuangan & Perbankan. Komputerisasi Akuntansi.ternyata tampil acak-acakan dan kami tidak dapat menampilkan secara baik disini. karna itu kami akan membuat halaman khusus untuk dapat menampilkan Tabel untuk masing-masing Jenjang Pendidikan dalam link tersendiri. kami ucapkan selamat datang di Dunia Perbankan Nasional dan Internasional. dan hasil ujian tersebut akan dikabarkan melalui telefon rumah. 0 komentar Link ke posting ini . yaitu : Institut Perbanas membuka dua Jenjang Pendidikan. happy ending Baca Selengkapnya. jelas dan padat disini. Foto 4x6 cm Berwarna 1 Lbr . dan Jenjang Pendidikan untuk International Class Program (ICP) yang ditujukan bagi siswa SMA/SMK yang ingin mendapatkan Ijazah Luar Negri. dibuka untuk Tiga Kelas yaitu Reguler untuk lulusan SMA/SMK (Dengan Ijazah lokal Indonesia). Fotocopy Ijazah D3 yang sudah dilegalisir b. Fotocopy Ijazah / Surat Keterangan Lulus yang sudah dilegalisasi b. dan bagi mahasiswa S-1 yang ingin melanjutkan ke Jenjang S-2 disediakan kelas pagi (jam 08. Handphone peserta ataupun surat ke rumah masing-masing peserta ujian masuk ABFII Perbanas LAMPIRKAN DOKUMEN BERIKUT : . namun dengan syarat Nilai Bahasa Inggris & Matematika adalah 7 (Tujuh).00-12. serta akan diprioritaskan untuk masuk kuliah tanpa melalui Ujian Saringan Masuk Penerimaan Mahasiswa Baru Institut Perbanas.REGULER & ICP a.00) dan kelas malam (jam 18. serta dengan waktu kuliah yang dapat dipilih oleh calon siswa-nya apakah ingin kuliah Pagi ataupun Sore hari. 200 ribu.LANJUTAN / INTENSIF a.telephone rumah serta Handphone CDMA & GSM anda ke: maizulackbar@yahoo. Fotocopy nilai rapor semester akhir kelas XI & semester awal kelas XII legalisir c. maka akan dikenakan biaya normal dan terjangkau bagi kita semua. untuk pengambilan formulir dan pendaftaran serta biaya ujian saringannya akan dikenakan biaya Rp. dan untuk Jenjang Pendidikan International Class Program (ICP) dengan syarat Nilai Bahasa Inggris 8 (Delapan) dan Nilai Matematika 7.5 (Tujuh koma Lima) Sedangkan bagi siswa SMA/SMK dan D-III yang tidak memenuhi syarat nilai tersebut diatas. dan kami akan menghubungi anda secepatnya untuk konfirmasi pendaftaran. Kelas Intensif ditujukan bagi lulusan D-III. namun kami akan memberikan Gambaran secara singkat. dan kami juga akan memberitahukan kepada anda tanggal ujian masuk anda sebagai prioritas utama kami sebagai sahabat ilmuperbankan Selamat dan sukses bagi anda calon Bankir Proffessional. email nama lengkap anda dan no.30-21.00) Untuk biaya kuliah akan mendapatkan potongan biaya 50 % biaya SPP (Sumbangan Pengelolaan Pendidikan). Dengan program studi yang dapat dipilih seperti.. yaitu Diploma Tiga (D-III) dan Strata Satu. Fotocopy Transkrip akademik yang telah dilegalisasi dari perguruan tinggi asal c.com. Akuntansi. Foto 4x6 cm Berwarna 1 Lbr Untuk Informasi pendaftaran & Ujian Masuk.

dan sebagian besar meminta untuk dikupas lagi dan ditampilkan dalam facebook grup penggemar Ilmuperbankan. dan mau menjadi perpanjangan tangan dan mau mengabarkan serta menerima kabar dari dunia perbankan Indonesia. hal ini menambah keyakinan kami bahwa banyak dari para sahabat yang ingin mengetahui lebih banyak dan lebih jauh serta detail lagi bagaimana sebenarnya dunia perbankan kita di negri tercinta ini Semoga kami dapat memenuhi semua keinginan semua sahabat Ilmuperbankan. Kami akan mulai membahas ulang satu persatu kembali ataupun mungkin untuk sementara hanya akan mengarahkan tulisan yang bagus untuk sahabat yang tertarik mengenai Ilmuperbankan. dan kemudian memberitakan kejadian tersebut dalam situs/blog Ilmuperbankan Baca Selengkapnya. dan bahkan akademisi serta bankir. harus akademisi. dengan tangan terbuka kami pasti menerima masukan maupun tulisan baik artikel. ataupun para sahabat dapat melihat-lihat sendiri dan mencarinya didalam "Kolom Pencarian yang didukung oleh google untuk mencari tulisan artikel. silahkan mengirimkan email permintaan para sahabat. atau dengan menulis dalam dinding Grup Facebookers Ilmuperbankan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. baik berupa artikel yang baru maupun menerbitkan buku yang baru. hal ini disebabkan karena banyak penggemar dan anggota Ilmuperbankan yang merasa bahwa mereka ketinggalan kabar berita dan tulisan berupa artikel dan buku gratis online yang telah banyak ditulis dari mulai bulan februari hingga bulan april ini.. baik berupa artikel ataupun buku gratis online yang akan dikirimkan keemail para sahabat. harus manager sebuah bank terkemuka?. maupun buku gratis online" Buat para sahabat yang belum bergabung menjadi penggemar ataupun anggota dari facebook Ilmuperbankan. harus bankir. semuanya salah karna kami hanya perlu membuktikan komitmen para calon pengurus yang benar-benar ingin memajukan blog/situs Ilmuperbankan dengan segala daya dan upaya tanpa memandang apakah calon pengurus berhubungan langsung ataupun hanya sebagai orang awam yang tertarik untuk memajukan situs/blog Ilmuperbankan. maupun berupa buku gratis.Kamis. berat. 11 April 2010 Terimakasih Atas Respon Sahabat Menyambung dari terhapusnya ilmuperbankan fan's box dari facebook yang terhapus. dan dapat selalu memberikan tulisan baik berupa artikel maupun buku yang sangat lengkap dan komprehensif mengenai semua ilmu pengetahuan perbankan Jangan lupa untuk menginput dan mengirimkan nama serta alamat email anda didalam kolom "Gratis . 15 April 2010 Syarat dan Ketentuan untuk menjadi pengurus blog/situs Ilmuperbankan Untuk sementara waktu admin Ilmuperbankan belum akan menampilkan tulisan terbaru. dan bagi para sahabat yang ingin menjadi pengurus facebook Ilmuperbankan. 0 komentar Link ke posting ini Minggu. kami mewakili Team Ilmuperbankan mengucapkan banyak terima kasih atas tanggapan dan respon yang cepat dari para sahabat ilmuperbankan yang telah kembali bergabung dan berkumpul dalam facebook penggemar ilmuperbankan. skripsi. skripsi. sulit. dan mungkin ada yang bertanya apakah syarat dan ketentuannya susah.

Buku Online" sehingga kami dapat mengirimkan tulisan maupun buku yang membahas suatu pokok bahasan secara panjang dan mendetail penjabarannya Juga apabila para sahabat ingin menuliskan pengalaman dan apapun yang berhubungan dengan dunia perbankan di Indonesia..blogspot. Sebagai gantinya kami sudah membuat facebook ilmu perbankan yang baru sambil menunggu dikembalikannya halaman penggemar yang lama. maka anda akan diberikan alamat email dimana sahabat dapat mengirimkan tulisan artikel ataupun mengirimkan buku gratis tentang ilmuperbankan kedalam blog tercinta kita ini. Oleh karna itu kami memohon dengan kerendahan hati agat kiranya para sahabat yang dahulu hingga hari jum'at kemarin telah bergabung dalam halaman penggemar ilmu perbankan untuk bergabung kembali dan meng-klik ulang dalam halaman penggemar ilmu perbankan yang ada disebelah kanan para sahabat ilmuperbankan Semoga kami dapat memenuhi semua keinginan dan masukan serta dapat memperbaiki diri berdasarkan kritik dan saran dari para sahabat demi perbaikan blog gratis dan bermanfaat bagi perkembangan dunia perbankan ditanah air serta dapat menjadi amal baik diakherat kelak dalam rangka selalu memberikan yang terbaik bagi blog perbankan http://ilmuperbankan. namun menurut admin facebook mereka tidak dapat memastikan kapan akan dapat dikembalikan. 0 komentar Link ke posting ini Minggu.blogspot. 0 komentar Link ke posting ini .com Mohon Maaf yang sebesar-besarnya karna telah terhapusnya fan's box ilmuperbankan di-facebook yang hingga terakhir kali yaitu pada hari jum'at kemarin telah berkumpul 34 penggemar facebook ilmuperbankan.. 04 April 2010 Mohon Maaf Atas Terhapusnya Fan's Facebook Kami atas nama admin ilmuperbankan. sehingga kita bisa saling berbagi ilmu pengetahuan dan wawasan seputar dunia perbankan di Indonesia Baca Selengkapnya.com Sekali lagi terimakasih dan silahkan daftarkan diri sahabat dengan menginput nama dan alamat email pada kolom "Buku Gratis Online" sehingga para sahabat dapat terus mendapatkan buku-buku yang berkualitas dan bermanfaat bagi sahabat semua Baca Selengkapnya. namun sekali lagi kami Mohon Maaf atas terhapusnya halaman ilmu perbankan dalam facebook tersebut. silahkan input dan kirimkan nama dan alamat anda kedalam kolom "Gratis Buku Online" dan setelah mendapatkan kiriman email dari administrator Ilmuperbankan. Saat ini kami sedang meminta admin facebook untuk mengembalikan halaman ilmu perbankan dalam facebook dengan 34 penggemar dan masih terus bertambah.

Padahal jika dilihat jumlahnya. Salam. 23 Maret 2010 PROBLEM PENGEMBANGAN PRODUK DALAM BANK SYARIAH Undang-undang No. Undang-undang ini bahkan tidak saja menyebut bank syariah secara berdampingan dengan bank konvensional dalam pasal demi pasal. Meskipun tidak menyebut secara eksplisit..dan sekitar 70 BPR Syariah. undang-undang No. tetapi juga menyatakan secara rinci prinsip produk perbankan syariah. karena memang prinsip operasinya mengharuskan seperti itu.Selasa. Baca Selengkapnya. . baik dari sisi teoritis maupun praktis. seperti Murabahah. perbankan syariah telah mendapat tempat khusus. sebab undang-undang itu hanya mengikat sistem perbankan konvensional. Sebagai contoh dalam perpajakan ada ketentuan yang tidak mengenakan pajak jual-beli atas penjualan oleh sebuah bank syariah.7 Tahun 1992 tentang Perbankan merupakan langkah maju dalam perkembangan perbankan. ketika undang-undang itu disahkan. baru ada satu bank syariah –Bank Muamalat. Mudharabah. Musyarakah dan Ijarah. padahal dalam Undangundang No. Dalam undang-undang ini perbankan syariah diberikan perlakuan yang sama equal treatment dengan perbankan konvensional. sepanjang penjualan itu merupakan bisnis murni bank syariah. terutama bagi perbankan syariah. 10 Tahun 1998 telah membuka kesempatan lebih luas bagi bank syariah untuk berkembang. Disahkannya Undang-undang No. nama syariah pun sama sekali tidak disebut. 10 Tahun 1998 tentang Penyempurnaan Undang-undang No. Istisna. 7 Tahun 1992 tetang Perbankan. Hal itu dapat dilihat.7 Tahun 1992 tentang Perbankan sebenarnya telah cukup memberikan keleluasaan bagi bank syariah untuk mengembangkan sendiri produknya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->