ANALISIS SKL MATA PELAJARAN Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas / Program Semester

Tahun Pelajaran : SMA Negeri 1 Pontianak : Bahasa Indonesia : XII IPA/IPS : 1/Ganjil : 2011/2012 TKT RANAH C2 KELAS XI 1 2 

No 1.

SKL Membaca : Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis teks nonstra berbentuk grafik, table, artikel, tajuk, rencana laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentative, persuasive dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan dan sastra karya Melayu Klasik.

STANDAR KOMPETENSI

KOMPETENSI DASAR 1

X 2

XII 1 2

- Memahami rgam wacana - Menemukan perbedaan paragraf tulis dengan membaca induktif dan deduktif melalui intensif dan membaca kegiatan membaca intensif nyaring - Memahami berbagai hikayat, - Menemukan unsur-unsur intrinsik novel Indonesia/ novel dan ekstrinsik terjemahan - Menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/terjemahan - Memahami ragam wacana - Mengungkapkan pokok-pokok isi tulis dengan membaca cepat teks dengan membaca cepat 300 dan membaca intensif kata/menit - Membedakan fakta dan opini pada editorial dengan membaca intensif - Memahami buku biografi, - Membandingkan unsur intrinsik novel dan hikayat dan ekstrinsik novel Indonesia terjemahan dengan hikayat - Memahami artikel dan teks - Menemukan ide pokok dan pidato permasalahan dalam artikel

 

  

Memahami buku kumpulan puisi kontemporer dan karya sastra yang dianggap penting pada tiap periode - 2. resensi. novel. notulen rapat. kritik.Memahami ragam wacana tulis melalui kegiatan membaca cepat dan membaca intensif . C1 . notulen.. pendapat. artikel/esai. teks pidato. cerpen. gagasan. eksposisi. Menulis : Menulis. laporan.Memahami wacana sastra puisi dan cerpen . dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks. perasaan dan informasi dalam bentuk teks naratif.Mengungkapkan informasi dalam bentuk rangkuman/ ringkasan. ringkasan.Mengungkapkan informasi dalam bentuk surat dinas.Mengungkapkan informasi melalui penulisan resensi . argumentative. deskriptif.Menulis naskah drama - . laporan. karya ilmiah dan berbagai karya sastra berbentuk puisi. surat dagang. menyunting dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran. surat dinas. dan karya ilmiah . rangkuman. drama. resensi - melalui kegiatan membaca intensif Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen Menentukan kalimat kesimpulan (ide pokok) dari berbagai pola paragraf induksi deduksi dengan membaca intensif Mengidentifikasi tema dan ciriciri puisi kontemporer melalui kegiatan membaca buku kumpulan puisi kontemporer Menemukan perbedaan karakteristik angkatan melalui membaca karya sastra yang dianggap penting pada setiap periode Mengungkapkan prinsip-prinsip penulisan resensi Mengaplikasikan prinsip-prinsip penulisan resensi Menulis rangkuman/ ringkasan isi buku Menulis notulen rapat sesuai dengan pola penulisannya Menulis karya tulis ilmiah seperti hasil pengamatan dan penilitian Menarasikan pengalaman manusia dalam bentuk adegan dan latar pada naskah drama Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan unsur-unsur dan struktur Menulis resensi buku             . proposal.

Mengungkapkan pikiran. Nurali. Drs.Pd NIP. Pontianak. Studi Bahasa Indonesia. dan penggunaan bahasa.Pd NIP. latar) Menulis karangan berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan deduktif dan induktif Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka. S.Mengungkapkan pendapat. . informasi dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen - . pilihan kata. 19640523 198703 2 006 . isi dan penutup Memahami prinsip-prinsip penulisan kritik dan esai Menerapkan prinsip-prinsip penulisan dan esai untuk mengomentari karya sastra       Mengetahui : Kepala SMAN 1 Pontianak.Pd M.kepadanan. M. ketepatan struktur. ejaan. pendapat dan informasi dalam penulisan karangan berpola - . peristiwa. 27 Juni 2011 Guru Bid.M. 19560606 198703 1 011 Wisnu Utamiarti.Mengungkapkan pendapat dalam bentuk kritik dan esai - pengetahuan berdasarkan format baku Menulis resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi Menulis cerpen berdasarkan kehidupan orang lain (pelaku. H.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful