Tugas Individu Agribisnis Eksperiensial 1 Manajemen SDM dan SDA

DEFINISI MANAJEMEN SDM

NAMA NIM KELAS

OLEH

: RIA YULIANTI : G21110254 :A

Program Studi Agribisnis Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar 2012

dan pengendalian. 6. sumber daya manusia adalah kegiatan dan meliputi pengorganisasian.DEFINISI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA 1. pengorganisasian. MSDM didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia .dan bukan semata menjadi sumber daya bisnis. karyawan dan masyarakat menjadi maksimal. pengawasan semua unsur yang menjadi kekuatan atau daya manusia untuk dipergunakan memenuhi kebutuhan dalam rangka mencapai tujuan. pelaksanaan. 3. praktik dan system untuk mengelola sumber daya manusia dalam organisasi dengan cara paling efektif untuk mencapai tujuan organisasional maupun tujuan individual.bukan mesin . Manajemen sumber daya manusia mencakup keseluruhan kebijaksanaan. yang perlu dikembangkan sedemikian rupa sehingga mampu memberikan kontribusi yang maksimal bagi organisasi maupun pengembangan dirinya. Manajemen sumber daya manusia bergerak dalam usaha menggerakan dan mengelola sumber daya manusia di dalam suatu organisasi agar mampu berpikir dan bertindak seperti apa yang . Manajemen sumber daya manusia sebenarnya merupakan suatu gerakan pengakuan terhadap pentingnya unsur manusia sebagai sumber daya yang cukup potensial. Manajemen perencanaan. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) merupakan salah satu bidang dari manajemen umum yang meliputi segi-segi perencanaan. Manajemen sumber daya manusia (MSDM) adalah suatu ilmu atau cara bagaimana mengatur hubungan dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara efisien dan efektif serta dapat digunakan secara maksimal sehingga tercapai tujuan (goal) bersama perusahaan. pengarahan. 5. 4. 2.

and environment so that employees reach their desired level of satisfaction and performance and the organization meets it’s goals”. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu unsure penunjang organisasi. Douglas dan Goodale G. penilaian. job. dan dapat pula diartikan sebagai manusia yang bekerja di lingkungan suatu organisasi atau potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi dalam mewujudkan eksistensinya. dan pengelolaan individu anggota organisasi atau kelompok pekerja. Manajemen Sumber Daya Manusia-SDM (human resourses-HR management) adalah sebuah proses dalam menangani pegawai. 9. Manajemen sumber daya manusia (human resources management) adalah pendayagunaan.karyawan. berhubungan dengan intergrasi yaitu menjadikan semua anggota organisasi tersebut terlibat dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. organization. 7. Manajemen sumber daya manusia merupakan salah satu manajemen yang menitik beratkan dengan perhatiannya kepegawaian terhadap dalam masalah yang berhubungan perusahaan.diharapkan oleh organisasi. suatu organisasi 11. Manajemen sumber daya manusia itu merupakan aktivitas atau kegiatan yang dilakukan oleh sumber daya manusia di dalam suatu organisasi yang dapat digunakan secara efektif dalam mencapai berbagai tujuan. 10. buruh dan lainnya supaya kita dapat memperoleh hasil yang maksimal dalam pekerjaan yang dilakukan karyawan tersebut pada perusahaan atau sebuah organisasi yang dinaunginya. . Manajemen manusia. pengembangan. James Manajemen sumber daya manusia adalah: “Human Resource Management is the prosses through whican optimal fit is achieved among the employee. Menurut Hall T. pemberian balas jasa. 8.

agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan. pengarahan dan pengendalian atas pengadaan tenaga kerja. organisasi. Manajemen SDM mencakup masalahmasalah yang berkaitan dengan pembinaan. Menurut Bashir Barthos Manajemen sumber daya manusia timbul sebagai suatu masalah baru pada dasawarsa 1960-an. 12. 14. 16. seleksi. dan perlindungan sumber-sumber daya manusia baik yang berada dalam hubungan kerja maupun yang berusaha sendiri. pemeliharaan. Menurut Edwin Flippo yang di alih bahasakan oleh Moh Masud Manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan. 15. dan pengembangan anggota organisasi. dan pemutusan hubungan kerja dengan sumber daya manusia untuk mencapai sasaran perorangan. pekerjaan organisasi dan lingkungan sehingga para pegawai mencapai tingkat kepuasan dan performansi yang mereka inginkan dan organisasi memenuhi tujuannya. pemeliharaan. pelatihan. pengembangan. pengorganisasian. Menurut T.Manajemen sumber daya manusia adalah suatu proses melalui mana kesesuaian optimal diperoleh di antara pegawai. penempatan. integrasi. 13. kompensasi. penggunaan. Menurut Malayu Hasibuan Manajemen sumber daya manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja. Hani Handoko Manajemen sumber daya manusia adalah penarikan. manusia organisasi untuk mencapai baik dan penggunaan sumber daya maupun tujuan-tujuan individu . Menurut Amin Widjaja Tunggal Manajemen sumber daya manusia adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan rekrutmen. pengembangan. dan masyarakat.

Douling. dan masyarakat. Schuler. Smar dan Huber (1992) Manajemen sumber daya manusia merupakan pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia yang sangat penting dalam memberi kontribusi bagi tujuan-tujuan organisasi. 18. Menurut Cushway (1994) Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan bagian dari proses yang membantu organisasi mencapai tujuan. ketentuan organisasi dalam beroperasi serta pencapaian kualitas hasil kerja secara maksimal. Guest (1987) Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan kebijakan yang diambil organisasi dalam mengelola SDM-nya diarahkan pada penyatuan elemen-elemen organisasi. Hadari Nawawi (2003:42) MSDM adalah “Proses mendayagunakan manusia sebagai tenaga kerja secara manusiawi agar potensi fisik dan psikis yang dimiliki berfungsi maksimal bagi tercapainya tujuan perusahaan” . 20. 19. dan penggunaan beberapa fungsi dan kegiatan untuk memastiskan bahwa sumber daya manusia tersebut digunakan secara efektif dan adil bagi kepentingan individu. organisasi. komitmen pekerja.17.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful