P. 1
tugas kelompok mikrobiologi

tugas kelompok mikrobiologi

|Views: 344|Likes:
Published by Dimas Dimz Oding

More info:

Published by: Dimas Dimz Oding on Mar 21, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2014

pdf

text

original

Sel Prokariotik dan Sel Eukariotik

Kasman Abdul Hasim (1106135800) Muhammad Subron (1106120712) Nanda Dwi Pramana (1106111889) Obhy Gartio Saputra (1106114466) Prima Janti Arisana (1106120118) Rahmat Adianto (1106114472) Rahmat mustaqim (1106114558) Ratika Sari (1106114514) Retno Ardiana S (1106114494) Reza Rizki (1106112018) Sarimiati (1106120760)

AGROTEKNOLOGI UNIVERSITAS RIAU

.....2 Perbedaan sel prokariotik dan Eukariotik ....................................................... i ii 1 1 2 3 ........ 1....................... DAFTR ISI .......................................................................................................................... DAFTAR PUSTAKA ....2 Tujuan ................................................................................................................................................... BAB II PEMBAHASAN .......DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ............... 2.............. BAHAN BACAAN ........................................................................1 sel ........................................................................................................................................1 Latar Belakang ........................................................................................................................ BAB I PENDAHULUAN ........ 2..................... 1................

Dalam penyusunan makalah ini. Pekanbaru. Olehkarenaitu. Dengan makalah kami yang berjudul Sel Prokariotik dan Eukariotik. kami banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bias teratasi. Makalah ini di ajukan guna memenuhi tugas matakuliah Mikrobiologi. Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua. Makalah ini masihjauh dari sempurna.KATA PENGANTAR Puji syukur penyusun panjatkan kehadirat Allah Subhanahuwata΄ala karena berkat rahmat-Nya makalah inidapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya.Maret 2012 Penyusun . olehkarenaitu kami mengharapkankritikdan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.

Selanjutnya beberapa sistem sistem organ membentuk suatu organisme yang berupa tumbuhan atau hewan. . Setiap makhluk hidup terdiri dari susunan yang memiliki ukaran yang terkecil. hewan dan tumbuhan juga memiliki sel yang menyusun bagian dari hewan dan tumbuhan tersebut. Organisasi kehidupan dikemukakan oleh Sunarto. Begitu juga seperti pada tubuh makluk hidup. Sehingga suatu organisme atau makhluk hidup yang kompleks memiliki suatu organisasi kehidupan. Selain manusia. Sedangkan beberapa macam organ akan terangkai dan membentuk suatu sistem organ. Sel terbagi menjadi dua yaitu sel prokariotik dan sel eukariotik.BAB I PENDAHULUAN 1. Daroji dan Haryati (1994:27) berikut ini: Bagian terkecil dari makhluk hidup berupa sel.1 Latar Belakang Kehidupan kita dimulai dari yang terkecil. Untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan yang terdapat pada sel prokariotik dan sel eukariotik maka dibuatlah makalah yang membahas tentang perbedaan antara sel prokariotik dan sel eukariotik. Beberapa macam jaringan yang bekerja sama membentuk suatu organ atau alat tubuh. Adapun gambaran organisasi kehidupan tersebut dapat dilihat sebagai berikut: sel -> Jaringan -> organ -> sistem organ -> Organisme Kita ketahui sel merupakan bagian yang terkecil dari makhluk hidup. Sel prokariotik memiliki perebedaan dengan sel eukariotik. Antara sistem organ yang terdapat makhluk hidup bekerja saling berkaitan. Sekelompok sel yang bentuk dan fungsinya sama membentuk jaringan. yang kemudian akan membentuk suatu koloni atau kumpulan yang saling berkaitan dan bekerja sama.

cellula yang berarti rongga/ruangan. Selain itu. sel merupakan penyusunan makhluk hidup. Sembiring dan Trijoko (2006:9) berikut ini : Hal ini berarti bahwa sel secara struktural. Schleiden dan Schwan serta didukung oleh Max Schultze (yang dikutip oleh Purnomo (2006:9)) mengatakan “sel meruapakan unit struktural terkecil dan merupakan kesatuan fungsional kehidupan”. baik makhluk bersel satu maupun bersel banyak.2 Tujuan  Mengetahui dan Memahami tentang Sel Prokariotik dan eukarotik  Mengetahui Perbedaan Sel Prokariotik dan Eukariotik . pada setiap sel dapat melakukan aktivitas kehidupan. Setiap sel mempunyai struktur dan fungsi yang jelas yang dapat menjaga kelangsungan aktivitasnya 1. Kata sel berasal dari kata bahasa Latin. Sudjino. Pada awalnya sel digambarkan pada tahun 1665 oleh seorang ilmuwan Inggris Robert Hooke yang telah meneliti irisan tipis gabus melalui mikroskop yang dirancangnya sendiri.Pada penjelasan di atas bahwa sel merupakan bagian yang terkecil dari makhluk hidup. Struktural sel dan fungsi bagian-bagian sel dikemukakan oleh Purnomo.

dan tidak dapat melakukan metabolism maupun biositesis. karena sel organisme inang tersebut yang melakukan proses metabolism yang diperlukan oleh virus untuk . sedangkan protozoa mempunyai sifat-sifat lebih menyerupai hewan daripada tanaman. (1) tanaman. Virus tidak digolongkan ke dalam salah satu kelompok di atas karena tidak mempunyai cirri-ciri yang dapat di kategorikan sebagai sel pada umumnya. Suatu partikel virus merupakan struktur yang bersifat statis. mikoplasma. stabil. protozoa.Sel Prokariotik dan Eukariotik Makhluk hidup dapat dibedakan atas tiga kategori yaitu. ganggang biru-hijau (2) Protista tinggi (eukariot) : Fungi (kapang. rickettsia dan Chlamydia. Kebanyakan ganggang mempunyai sifat-sifat lebih menyerupai tanaman daripada hewan. jamur): ganggang. dan (3) protista.(2) hewan. (1) protista tingkat rendah atau prokariot. Virus baru dapat dikatakan sebagai makhluk hidup jika terdapat di dalam sel organism lainnya. Pada tanaman dan hewan.BAB II PEMBAHASAN Sel Prokariot dan Eukariot 1. Yang termasuk dalam kategori protista adalah semua makhluk hidup yang tidak tergolong hewan atau tanaman. yang dapat dibedakan atas dua kelompok yaitu. dan (2) Protista tingkat tinggi atau eukariot. setiap sel tidak dapat berfungsi secara terpisah tetapi merupakan unit terkecil dari suatu organisme multiseluler. khamir. Organisme yang tergolong dalam prokariot dan eukariot adalah sebagai berikut: (1) Protista rendah (prokariot): bakteri.

tumbuhtumbuhan dan hewan. Sedangkan organisme yang di dalam selnya terdapat inti yang diselubungi oleh membran inti dikenal sebagai organisme eukariotik. pembahasan jasad renik di dalam buku ini di tekankan pada ketiga kelompok jasad renik tersebut.memperbanyak diri. . dan khamir. Jasad renik yang penting dalam mikrobiologi pangan adalah yang tergolong dalam bakteri. misalnya ganggang (selain ganggang biru). Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik berdasarkan inti selnya dikemukakan Syamsuri (2004:57) berikut ini: Ada organisme yang intinya selnya tidak memiliki membran inti (prokarion). 2. yaitu bakteri dan ganggang biru. Dalam keadaan ini virus digolongkan dalam kelompok protista. kapang. Oleh karena itu bakteri dan ganggang biru disebut organisme prokariotik. Oleh karena itu.Struktur dan Fungsi Bagian – Bagian Sel Prokariotik dan Eukariotik Kita ketahui bahwa sel memiliki struktur yang dibagi menjadi dua yaitu struktur sel prokariotik dan sel eukariotik. Setiap organisme tersusun dari salah satu sel prokariotik dan sel eukariotik. jamur. Kedua sel ini memiliki perbedaan berdasarkan inti selnya.

Adapun penejelasan struktur sel prokariotik dan struktur sel eukariotik adalah sebagai berikut : a. Maka materi genetik sel prokariotik tidak dibungkus oleh selaput. Sel prokariotik juga tidak memiliki sistem endomembran (membran dalam). serta sitoplasma yang mengandung ribosom. Adapun bagianbagian sel bakteri dan fungsinya adalah sebagai berikut: . tetapi mempunyai struktur yang berfungsi sama dengan keduanya. sel prokariotik juga tidak memiliki mitokondria dan kloroplas. seperti retikulum endoplasma dan kompleks Golgi. Sel prokariotik uniseluler ini mampu membentuk koloni. neklueoid berupa DNA dan RNA. Kebanyakan sel prokariotik adalah uniseluler. sehingga bahan inti yang berada dalam sel mengadakan kontak langsung dengan protoplasma. yaitu mesosom dan kromator. walaupun ada pula beberapa yang multiseluler. Contoh sel prokariotik adalah bakteri (Bacteria) dan Sianobakteri (Cyanobacteria). Sel prokariotik tidak memiliki membran inti. Selain itu.Struktur Sel Prokariotik Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti. Semua sel prokariotik mempunyai membran sel plasma.

protein. lipid. Sudjino. 5). 7). 2). RNA berfungsi membawa kode-kode gentika sesuai pesanan DNA. Sembiring dan Trijoko (2006:9). RNA (Asam Ribonukleat). 4). yaitu sifat-sifat yang harus diwariskan kepada keturunannya. Fungsinya sebagai pengahasil energi. Tetapi seluruh bagian tersebut harus bekerja sama membentuk satu kesatuaan. Pada dinding sel terdapat pori-pori sebagai jalan keluar masuknya molekulmolekul. Membran Plasma yang tersusun atas molekul lipid dan protein dan berfungsi sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan di sekirnya. .1). Mesosom yaitu membran plasma yang melekuk ke dalam membentuk bangunan. “Setiap bagian sel ini mempunyai peranan yang penting bagi kelangsungan hidup sebuah sel. mineral dan enzim yang berfungsi untuk mencerna makanan secara ekstraselular untuk melakukan metabolisme sel. Ternyata sel prokariotik terdiri atau tersusun dari berbagai bagian. Setiap bagian bagian sel memiliki fungsi yang berbeda. Sitoplasma yang tersusun dari air. Namun bagian-bagian sel itu tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi sel. berfungsi sebagai pembawa informasi genteika. Dinding sel berfungsi sebagai pelindung dan memberi bentuk yang tetap. DNA (Asam Deoksiribonukleat). lipid dan protein. melainkan membentuk satu kesatuan” (Purnomo. dengan jalan mengatur lalu lintas molekul dan ion-ion dari dalam 3). Dinding Sel yang tersusun dari atas peptidoglikan. Ribosom merupakan tempat berlangsungnya sintesis protein 6).

materi genetiknya tidak tersebar melainkan dibungkus selaput.Ciri umum sel prokariotik 1. b. Maka. Material genetic tdak terbungkus dalm membrane inti bgtu juga dg kompleks DNA nya. 4. Reproduksi seksual nya tdakb melalui meiosis atau mitosis. membaran internal. 5. 3. Jenis-jenis sel .gambaran umum sel hewan Sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti. System respirasinya langsung berhubungan dengan membrane plasma. sitoplasma dan semua organelnya terakhir adalh nucleoid. Mempunyai organisasi intelnal minimal 2.Gambaran umum sel tumbuhan b. Struktur sel prokariot dari luar kedalam yaitu tersusun atas dinding sel. Tidk memiliki histon yang merupakn protein base yang mengandung arginin atau lisin. membrane plasma. 6. Komponen organel tdak terbungkus oleh system membrane.Sel Eukariotik a.

fosforilasi oksidatif dan sistem elektron. mikrotubulus dan filamen intermediar. 9). Mitokondria berfungsi dalam oksidasi makanan. Ribosom yaitu bagian terkecil dari sel dan berfungsi sebagai tempat sintesis potein. 5). 4). 8). 12). Badan Mikro yaitu berisi enzim katalase. 6). Sentriol . Sitoplasma adalah materi yang mengisi antara inti dan selaput plasma. Kloroplas berfungsi sebagai tempat berlangsungnya fotosintesis. Retikulum Endoplasma merupakan organl yang tersusunoleh membran yang terbentuk seperti jala dan berfungsi sebagai saluran penghubung antara nukleus dengan bagian luar sel. asam amino. sel tumbuhan. 10). 7). Membran Sel (selaput Plasma) yaitu selaput selektif permeabel. sel hewan. 11). Sitoskleton atau rangka sel tersusun atas tiga jenis serabut yaitu mikrofilamen. Nukleus merupakan organel terbesar di dalam sel yang berperan penting pada sel sebagai pengendali kegiatan sel. respirasi sel. 2). Lisosom merupakan hidrolitik (lisozom). seperti glukosa. dan sel fungi. Kompleks golgi yaitu mempunyai hubungan erat dalam sekresi protei sel. artinya hanya dapat dilaui molekul-molekul tertentu.eukariotik meliputi: sel protista. Adapun bagian-bagian dari sel eukariotik adalah sebagai berikut : 1). Gliserol dan berbagai ion. membran kantong kecil yang berisi enzim dehidrogenasi. 3).

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti. Adapun perbedaan lainnya adalah sebagai berikut : No Organel 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Membran Plasma Sitoplasma Ribosom Dinding Sel Mesosom Nukleus Retikulum Endoplasma Sentriol Lisosom Kompleks Golgi Mitokondria Badan Mikro Prokariotik Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Eukariotik . Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti.3 Perbedaan Sel Prokariotik Dan Sel Eukaritok Perbedaan sel prokariotik dan sel eukariotik terletak pada inti selnya.

bersifat osmotrofik. Ganggang. 2. misalnya membrane sitoplasma. beberapa organ sel. mengandung pigmen fotosintesis dan melakukan fotosintesis . Struktur tetap. tidak melakukan fotosintesis. 3. uniseluler bergerak menggunakan silia. . Susunan sel protista terdiri dari komponen atau beberapa struktur yang dapat dibedakan dalam dua kelompok yaitu.Perbedaan yang penting antara sel prokariot dan eukariot adalah dalam struktur inti selnya. dan jamur (mushroom). sebaliknya sel prokariot tidak mempunyai inti sejati. yang dipunyai oleh beberapa tetapi tidak semua sel. flagella atau pergerakan sitoplasma. dinding sel mengadung sterol dan kitin. 2. yaitu suatu struktur yang dikelilingioleh membran inti di mana di dalamnya terdapat kromosom yang mengandung komponen keturunan. uniseluler sampai multiseluler. terdiri dari khamir (uniseluler). vakuola gas dan spora. yang dipunyai oleh semua sel dan mungkin penting untuk kelangsungan hidupnya. dan mungkin mempunyai fungsi tertentu. komponen genetik yaitu DNA. yang berarti sejati. Kata eukariot berasal dari kata Latin “eu”. dan ribosoma. dan komponen keturunannya terdapat di dalam molekul DNA tunggal atau kromoson yang letaknya bebas di dalam sitoplasma Jasad renik yang tergolong eukarior dapat dibedakan atas beberapa grup dengan cirri-ciri spesifik sebagai berikut: 1. pili/silia. misalnya dinding sel. Protozoa bersifat pagotrofik (mengambil hara dengan cara menelan mengunakan bagian dari sitoplasmanya) kebanyakan tidak melakukan fotosintesis. Fungi. 1. sel yang tergolong eukariot mempunyai inti sel (nukleus) sejati. flagella. Oleh karena itu. dan “karyo” yaitu keseluruhan inti sel. Struktur tidak tetap. bersifat osmotrofik (menyerap hara). reproduksi secara seksual dan aseksual. kapang (soenositik/membentuk miselia). kapsul. lapisan lender.

Selain itu. Perbedaan antara membrane sitoplasma pada sel prokariot dan eukariot adalah dalam hal jenis fosfolipid dan protein yang menyusun membrane. komposisi membrane kira-kira terdiri dari 60 % proteindan 40% lipid fosfolipid. sedangkan membrane prokariot tidak mengandung sterol kecuali pada mikoplasma. mungkin karena mempengaruhi susunan dan fungsi membran eukariot.Membran sitoplasma Membran sitoplasma terletak di antara sitoplasma dan dinding sel. . Membran sitoplasma mempunyai pori-pori yang mungkin dapat terbuka dan tertutup karena adanya grup asam lemak pada fosfolipidnya. tersebut. membran ini mempunyai susunan dasar yang sama yaitu terdiri dari fosfolipid dan protein sehingga membentuk membran berlapis ganda yang mengandung grup hidrofobik dan grup hidrofilik atau ionik. Fungsi sterol pada membrane sitoplasma belum diketahui dengan jelas. Protein pada membran kebanyakan bersifat hidrofobik. Padas el prokariot yang tidak mengandung sterol. tetapi diduga mempengaruhi stabilitas membran.0075 Bm). Pada sel prokariot dan eukariot. Membran juga mempunyai mekanisme spesifik untuk keluar masuknya senyawa atau zat hara dari atau ke dalam sel. Beberapa antibiotic yang dapat bereaksi dengan sterol bersifat aktif terhadap sel eukariot. membrane eukariot mengandung sterol. Membran sitoplasma mempunyai ketebalan kira-kira 75A (0. sedangkan bagian lainnya berikatan dengan grup ionic dari fosfolipid. tatapi tidak terhadap sel prokariot.

Adapun perbedaan lainnya adalah sebagai berikut : No 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 Organel Membran Plasma Sitoplasma Ribosom Dinding Sel Mesosom Nukleus Retikulum Endoplasma Sentriol Lisosom Kompleks Golgi Mitokondria Badan Mikro Prokariotik Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Ada Eukariotik . Sedangkan sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti. Kesimpulan Adapun kesimpulan dari pembahasan makalah ini sebagai berikut :    Sel merupakan bagaian terkecil dari penyusun suatu oraganimse yang sangat penting dalam menjaga serta melakukan aktivitas kehidupan. Sel prokariotik dan sel eukariotik memiliki perbedaan yaitu sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki selaput inti.4. Sruktur sel dibagi menjadi dua yaitu struktur sel prokariotik dan struktur sel eukariotik.

wordpress. http://juwilda. . http://ingo1.A.2010.2008.com/sejarah-mikrobilogi/babI/selprokariotik-dan. dkk. Anonim.com/2010/10/09/Perbedaan-selprokariotik-dan-sel-eukariotik/ Anonim.sel-eukariotik.com/2011/07/09/sel-prokariotik-dan-seleukariotik-serta-perbedaannya/ Pratiwi.Biologi SMA.2010 http://ebookbrowse.wordpress.2011.DAFTAR PUSTAKA Anonim. Dra. D.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->