1

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Penulisan Ilmu ekonomi Islam adalah sebuah sistem ekonomi yang menjelaskan segala fenomena tentang perilaku manusia dalam memilih dan mengambil keputusan dalam segala hal yang berkaitan dengan ekonomi dengan memasukkan tata aturan syariah sebagai pedoman yang mempengaruhi segala pengambilan keputusan ekonomi. Prinsip ekonomi Islam didasarkan atas lima nilai universal, yakni tauhid (keimanan), ‘adl (keadilan), nubuwwah (kenabian), khilafah (pemerintahan), dan ma’ad (hasil). Dari kelima nilai-nilai universal tersebut dibangunlah tiga prinsip derivative yaitu multitype ownership, freedom to act, dan social justice (Adiwarman: 2007). Dari sudut pandangan ilmu fiqih, kegiatan ekonomi bukanlah termasuk dalam bahasan tentang ibadah mahdah (ibadah secara vertikal dengan Allah SWT), melainkan termasuk dalam pembahasan muamalah (aturan agama yang mengatur hubungan antar sesama manusia). Dimana jika dalam pembahasan fiqih ibadah, setiap perkara pada dasarnya adalah haram untuk dilakukan kecuali jika ada dalil yang menghalalkan (dari sumber hukum Islam, yakni kitab dan sunah). Sedangkan dalam muamalah, setiap

1

Di sisi penyaluran dana akad yang biasa digunakan antara lain: akad bagi hasil (musyarakah. (Antonio: 2001). Serta jasa-jasa lainnya yaitu: gadai (rahn). Selain mempunyai cakupan luas dan fleksibel. akad perwakilan (wakalah). Bank syariah merupakan salah satu penggerak prinsip-prinsip syariah dalam kegiatan operasionalnya. kecuali ada dalil yang mengharamkan.2 perkara muamalah pada dasarnya adalah boleh / halal untuk dilaksanakan. ekonomi Islam merupakan bagian dalam agama Islam yang mengatur tentang muamalah/ hubungan antar sesama manusia. bai’ salam. Namun intinya ekonomi islam bukanlah konversi ekonomi konvensional kedalam ajaran Islam. transaksi valas (sharf). muamalah tidak membeda-bedakan antara muslim dan nonmuslim. akad pengalihan utang (hawalah). seperti yang sudah diketahui bahwa Islam adalah agama yang komprehensif dan universal. Dalam perbankan syariah pada umumnya terdapat beberapa bentuk akad dalam penghimpunan dana serta penyaluran dana. Tetapi. Sedangkan bentuk akad dalam penghimpunan dana antara lain: prinsip titipan (wadi’ah amanah dan wadi’ah dhamanah). . investasi khusus (mudharabah muqayyadah). dan jasa dengan fee (ju’alah) (Nadratuzzaman : 2008). investasi umum (mudharabah muthlaqah). mudharabah). dan qard al-hasan. Jadi. ini tampak jelas terutama pada bidang muamalah. Islam dapat diterapkan disetiap waktu dan tempat. Komprehensif berarti syariah Islam merangkum seluruh aspek kehidupan. Universalitas bermakna. Terdapat perbedaan pandangan mengenai perspektif ilmu ekonomi Islam. baik ritual (ibadah) maupun social (muamalah). ijarah dan ijarah wa iqtina). Sebagaimana telah diketahui bahwa sebuah bank merupakan lembaga intermediary dari unit surplus ke unit deficit melalui berbagai macam produknya. akad penjaminan (kafalah). akad jual beli (murabahah. bai’ istisna.

BTN (PERSERO) Tbk CABANG DEPOK. Hal ini akan memacu pertumbuhan industri perbankan syariah khususnya Unit Usaha Syariah Bank BTN. Dari paparan diatas. khususnya dalam penghimpunan dana. Dimana transaksi-transaksinya dapat dilakukan di cabang konvensional Bank BTN dengan layanan syariah atau office channeling. penulis tertarik untuk membahas lebih dalam lagi tentang sistem penerapan akad mudharabah muthlaqah pada Tabungan BTN Prima iB melalui Layanan Syariah pada Bank BTN Cabang Depok. 1. Produk Tabungan BTN Prima iB merupakan salah satu produk pendanaan dari Unit Usaha Syariah Bank BTN dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah. Hal ini merupakan salah satu grand strategi Bank Indonesia untuk meningkatkan produktivitas perbankan syariah di Indonesia. Bank Indonesia memasang target optimis terhadap market share perbankan syariah untuk beberapa tahun kedepan.2 Tujuan Penulisan Penulisan Laporan Tugas Akhir ini bertujuan untuk memberikan informasi tentang: .3 Berangkat dari survivenya bank syariah ketika krisis ekonomi beberapa tahun lalu memberikan nilai tambah tersendiri bagi image Bank Syariah. banyak upaya dalam peningkatan kinerja bank syariah salah satunya adalah Layanan Syariah (office channeling) pada bank konvensional yang memiliki unit usaha syariah. dengan memilih judul pada laporan tugas akhir PENERAPAN PRINSIP MUDHARABAH MUTHLAQAH TABUNGAN BTN PRIMA iB PADA LAYANAN SYARIAH PT. 8/3/PBI/2006 tentang kebijakan Office Channeling (pembukaan outlet unit syariah) pada bank konvensional. Maka diberlakukanlah Peraturan Bank Indonesia (PBI) No. Saat ini.

Produk BTN Syariah khususnya Tabungan BTN Prima iB dengan akad Mudharabah Muthlaqah 2. Bagi penulis dan mahasiswa pada umumnya. 2. sebagai media untuk mempelajari praktek perbankan syariah khususnya mengenai akad mudharabah muthlaqah dari produk Tabungan BTN Prima iB. laporan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan informasi dan menjadi referensi bagi mahasiswa lainnya yang menulis tugas akhir dengan topik yang berkaitan.BTN cabang Depok dalam melayani transaksi syariah khususnya Tabungan BTN Prima iB dengan akad Mudharabah Muthlaqah. Terdapat tiga bagian.3 Manfaat Penulisan Adapun manfaat penulisan Laporan Tugas Akhir ini adalah : 1. laporan tugas akhir ini diharapkan dapat memberikan informasi serta edukasi tentang produk bank syariah. Bagi jurusan akuntansi program studi keuangan dan perbankan.4 1.4 Sistematika Penulisan Penulisan laporan tugas akhir ini dibagi menjadi beberapa bagian agar mudah dipahami dan dipelajari bagi penulis serta pembaca sekalian. 3. Kendala dan solusi yang dihadapi oleh PT. 1. Bagi masyarakat. khususnya tentang mudharabah muthlaqah yang penerapannya sesuai prinsip ajaran Islam. antara lain : . Kajian mengenai perbandingan antara teori dan praktek dari Akad Mudharabah Muthlaqah serta perhitungan bagi hasilnya dalam produk Tabungan BTN Prima iB. 1. 3.

serta permasalahan dan solusi yang dihadapi dan diterapkan dalam penerapan prinsip akad mudharabah muthlaqah pada tabungan BTN Prima iB yang melalui layanan syariah pada PT BTN cabang Depok. dan pengertian layanan syariah (office channeling). rukun dan syarat sahnya akad mudharabah muthlaqah. dan produk-produk serta jasa yang ditawarkan PT. BTN Tbk. BAB III PENUTUP . ketentuan dan prosedur tabungan BTN Prima iB dengan akad mudharabah muthlaqah melalui layanan syariah/ Office Channeling. visi misi PT BTN Tbk. manfaat penulisan. perhitungan nisbah (bagi hasil) akad mudharabah muthlaqah. Bab ini terdiri dari tiga subbab.BTN Tbk.5 BAB I PENDAHULUAN Pada bab ini dijelaskan tentang latar belakang penulisan. BTN Cabang Depok. Subbab ketiga merupakan pembahasan mengenai penerapan prinsip mudharabah muthlaqah pada produk tabungan BTN Prima iB. pengertian akad mudharabah muthlaqah. BAB II PEMBAHASAN Bab ini berisi tentang Penerapan Prinsip Mudharabah Muthlaqah Tabungan BTN Prima iB pada UUS PT. struktur organisasi PT. yang membahas tentang syarat. tujuan penulisan. dan sistematika penulisan. Subbab kedua merupakan landasan teori dan konsep yang berisi tentang pengertian tabungan. kajian antara teori dan praktek dari produk Tabungan BTN Prima iB dengan akan Mudharabah Muthlaqah. Subbab pertama berisi tentang sejarah berdirinya PT BTN Tbk.

.6 Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari pembahasan penulisan tugas akhir yang telah dijelaskan oleh penulis.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful