Cara Memasukkan Data Acak ke Dalam Database

Kali ini saya ingin berbagi pangalaman memasukkan sekian ribu data acak kedalam database mysql saat menempuh mata kuliah datawarehouse. nah, dapet tugas disuruh membuat sistem datawarehouse. tapi dapet dari mana database dengan minimal 5000 data (record)? untunglah saya menemukan aplikasi yang sangat ok untuk membuat data acak dan memasukkannya ke dalam dalam database. Nama aplikasi tersebut adalah Data Generator. Aplikasi tersebut berbasis web sehingga membutuhkan XAMPP untuk dapat dijalankan. Berikut ini saya coba jelaskan cara menggunakan Data Generator Tahap Instalasi 1. Download terlebih dahulu programnya, Klik Disini.

2. klik kanan --> Copy file yg tadi di download lalu Paste ke folder htdocs di XAMPP Anda, kalau di komputer saya di C:\xampp\htdocs. Setelah itu, klik extract lah file

tersebut. . 3. caranya klik kanan pada file tersebut --> extract here. Setelah itu ubah nama (rename) folder yg dihasilkan dari proses extract tadi menjadi nama acakdata 4. buka XAMPP Control Panel lalu aktifkan Apache dan MySQL.

sql yang ada di folder C:\xampp\htdocs\acakdata\install kalau ketemu langsung klik tombol open . klik tab import lalu cari file db_install. chrome.5. dll) lalu masuk ke alamat http://localhost/phpmyadmin 6. sekarang waktunya import database. buka browser Anda (seperti mozilla firefox. buat database baru dengan nama acakdata 7.

xml. excel. setelah itu tulis nama-nama kolom (field) sesuai dengan tabel di database kita. contohnya : seperti berikut ini. lalu aturlah konfigurasi sesuai dengan database Anda. jika tidak ada error berarti tahap instalasi sukses. Tahap Penggunaan 1. letaknya didalam folder C:\xampp\htdocs\acakdata\global. pilih mysql jika kita ingin data acak yg dihasilkan dapat langsung dimasukkan ke database mysql.php. csv dan mysql. pilih hasil pengacakan data yang diinginkan pada menu result type : html. sekarang waktunya testing. pilih jumlah data acak yg diinginkan pada number of result. . buka file library. 3.8. 2. 9. masuk ke alamat http://localhost/acakdata.

isi nama tabel. 7. agar tidak terjadi hang yg tidak diharapkan saya sarankan gunakan browser Opera saat memasukkan data acak yg jumlahnya banyak tersebut. lihat apakah record sudah masuk apa belum? . 5. lalu klik tombol Generate. jangan lupa pilih data type sesuai dengan tabel kita.4. misalnya name untuk nama lalu pilih example. 6. ulangi untuk field yang lain. copy script yg dihasilkan lalu paste di phpmyadmin.

Mudah kan sobat? demikian pengalaman saya... . semoga bermanfaat. seperti biasa saya selalu menunggu saran dan kritik dari sobat ^_^ Salam blogger madura.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful