P. 1
perubahan sosial

perubahan sosial

|Views: 396|Likes:
Published by Ipoenk Mur Baut

More info:

Published by: Ipoenk Mur Baut on Mar 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/03/2013

pdf

text

original

A. PENGANTAR Pernahkah kamu mengamati perubahan pada dirimu sendiri ?

Lihatlah kembali foto-foto kamu pada saat kamu kecil! Adakah perubahan pada dirimu? Pernahkah pula kamu berfikir perubahan yang terjadi di lingkungan sekitarmu? Misalkan dahulu ada sesuatu yang ada sekarang tidak ada atau sebaliknya? Bagaimanakah dengan masyarakat di sekitarmu? Mengapa masyarakat bisa berubah? Perubahan masyarakat tidak akan lepas dari perubahan budaya yang terjadi masyarakat tersebut. Pada dasarnya manusia mempunyai sifat dasar selalu serba kekurangan dan berusaha memenuhi kekurangan tersebut. Sehingga masyarakat dengan manusia yang ada di dalamnya adalah makhluk yang dinamis, aktif, kreatif, inovatif dan agresif dan responsif terhadap perubahan. Adanya sifat masyarakat yang demikian mengakibatkan ketidaksesuaian di antara unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan sosial yang menyebabkan pola kehidupan baru. Anggota masyarakat berusaha memodifikasi struktur dan pola kebudayaan dalam masyarakat dalam rangka pemenuhan kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut disebut perubahan sosial. Menilik kepada sistem yang berlaku pada masyarakat, tidak semua anggota masyarakat sepaham dan seirama pandangannya. Terhadap kebudayaanya sendiri sering kita jumpai terjadi gesekan-gesekan ketidaksesuaian dengan budaya yang sudah ada. Misalnya adanya pengurus tandingan, pembaharu agama dan sebagainya. Hal ini menyebabkan perubahan dalam masyarakat. A. PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL Perubahan sosial berkembang sejak kurun waktu prasejarah sampai sekarang. Perubahan tersebut mencakup segala aspek kehidupan baik aspek sosial, ekonomi maupun politik. Berikut ini pengertian perubahan sosial yang dikemukakan oleh para ahli. A. 1. Selo Sumarjan Perubahan sosial adalah perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk nilai-nilai, sikap dan perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. A. 1. Samuel Koenig Perubahan sosialmenunjuk pada modifikasi-modifiikasi yang terjadi dalam pola-pola masyarakat A. 1. Kingsley Davis Perubahan sosial adalah perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. A. 1. Mac Iver

Biasanya perubahan ini meliputi rentetan perubahan yang relatif kecil yang terus menerus. 4. fungsi sosial. komposisi penduduk. 1. Perubahan sosial yang lambat dan perubahan sosial yang cepat a. Perubahan tersebut berkenaan dengan kehidupan masyarakat. yakni mengubah produksi dengan tenaga mesin. sistem lapisan masyarakat. Gillin and Gillin Perubahan sosial sebagai suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima baik karena kondisi geografi. 2. Perubahan sosial mempunyai ciri-ciri tertentu.Perubahan sosial merupakan perubahan-perubahan dalam interaksi sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (equilibrium) hubungan sosial. Di samping itu perubahan sosial initidak direncanakan. pola perilaku dan lembaga-lembaga sosial. Untuk mewujudkan perubahan dapat dilakukan dengan kekerasan maupun tanpa kekerasan. kebudayaan material. 1. termasuk di dalamnya perubahan sistem nilai. b. Dari berbagai pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian perubahan sosial adalah perubahan yang berkenaan dengan masyarakat. 5. struktur sosial. Perubahan ini sering disebut revolusi. mengubah produksi hasil pertanian menjadi berlipat-lipat. Proses perubahan sosial yang demikian sering disebut evolusi. Perubahan ini biasanya direncanakan lebih dahulu. 3. setiap masyarakat mengalami perubahan (masyarakat dinamis) perubahan sosial berlangsung secara terus-menerus perubahan sosial selalu diikuti perubahan-perubahan sosial lainnya perubahan sosial yang terlalu cepat menyebabkan adanya disintegrasi perubahan sosial dapat berlangsung bidang material dan immaterial A. proses-proses sosial. ideologi maupun adanya difusi atau penemuan baru di masyarakat. antara lain 1. A. Revolusi hijau. perubahan sosial yang lambat (evolusi) Perubahan sosial ini berlangsung sangat lambat dan lama. Contoh revolusi antara lain revolusi industri. sikap. BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL A. Contoh evolusi adalah perubahan mata pencaharian penduduk dari berburu dan meramu menuju pertanian menetap. perubahan sosial yang cepat (revolusi) Perubahan sosial ini berlangsung sangat cepat dan mencakup dasar atau pokok-pokok kehidupan dalam masyarakat. norma-norma sosial. .

b. Sedangkan perubahan proses adalah perubahan yang tidak mendasar. perubahan sosial yang pengaruhnya kecil Perubahan sosial ini membawa pengaruh yang kurang berarti bagi kehidupan masyarakat. Contoh pemukiman kumuh akibat industrialisasi. Perubahan yang direncanakan dan tidak direncanakan a. Sehingga terjadi perubahan yang yang tidak dikehendaki. Perubahan sosial ini menyebabkan masyarakat menerima dampak yang ditimbulkan.Syarat-syarat revolusi antara lain : 1) ada keinginan yang kuat dari masyarakat untuk berubah 2) adanya pimpinan baik perorangan maupun kelompok orang yang mampu memimpin arah perubahan 3) 4) 5) kemampuan pemimpin yang karismatik ada tujuan nyata yang akan dicapai disesuaikan dengan momentum (waktu) yang tepat dalam mengadakan perubahan A. . Contoh program KB. Perubahan sosial ini direncanakan dengan tujuan yang jelas. perubahan yang direncanakan (planned change) perubahan sosial ini telah direncanakan dan dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya. Perubahan ini membutuhkan agen perubahan (agent of change). Perubahan struktur dan perubahan proses Perubahan struktur meliputi seluruh komponen yang mendasar sehingga menimbulkan reorganisasi dalam masyarakat. tranmigrasi dan perumahan cluster. A. Contohnya mode gaya rambut yang berpengaruh pada segelintir orang saja. yaitu orang atau kelompok orang yang dipercaya mampu memimpin perubahan. 1. perubahan yang pengaruhnya besar perubahan sosial ini membawa penagruh kepada struktur dan aspek kehidupan masyarakat. 1. ekonomi dan politik masyarakat desa. Atau hanya mempengaruhi sebagian kecil anggota masyarakat saja. A. Perubahan sosial yang pengaruhnya kecil dan pengaruhnya besar a. hanya berupa penyempurnaan atau pembaharuan. perubahan yang tidak direncanakan (unplanned change) perubahan yang tidak direncanakan atau jauh dari perkiraan semula. b. Contoh industrialisasi pedesaan yang akan membawa pengaruh kepada aspek sosial. 1.

Hal lain akan berpengaruh kepada tata guna lahan serta kepemilikan lahan daerah tersebut. efek ini berawal di temukan sesuatu yang baru menyebabkan perubahan dalam beberapa aspek. Misalnya pembukaan lahan di daerah pinggiran kota untuk perumahan. A. Pada suatu saat orang akan menemukan sesuatu yang baru baik yang berupa ide maupun benda (teknologi). Bentuk pengaruh penemuan perubahan sosial dapat berupa efek menyebar. 1. yaitu adanya bermaacam-macam penemuan baru menyebabkan satu bentuk perubahan. yaitu penemuan baru menyebakan perubahan-perubahan yang menjalar dari lembaga kemasyarakatan satu ke lembaga kemasyarakatan lainnya. Ini berakibat produksi pertanian menurun. Hal ini akan mempengaruhi struktur penduduk dan tata guna lahan daerah tersebut. kemudian dengan adanya penyempurnaan jadilah mobil dengan bahan bakar biodiesel atau listrik lebih ramah lingkungan. Faktor Pendorong perubahan sosial Yang termasuk pendorong perubahan sosial dapat berasal dari dalam masyarakat (internal) dan faktor dari luar masyarakat (eksternal). Hasil temuan tersebut kemudian diakui dan mendapat pengakuan dari masyarakat. Jika temuan baru tersebut disempurnakan menjadi sesuatu yang baru disebut invention.A. Akan tetapi disebabkan oleh faktorfaktor tertentu. Awalnya sebagian penduduknya petani. Misalnya mobil pada awalnya hanya berbahan bakar bensin atau solar . Efek memusat. 2) Penemuan Baru Untuk memenuhi kebutuhannya. Faktor internal perubahan sosial disebabkan oleh perubahan-perubahan yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri. manusia berusaha untuk mencoba hal-hal yang baru. sekarang mata pencaharian bermacam-macam latar belakangnya. Ada faktor pendorong dan faktor penghambat yang mempengaruhi perubahan sosial. Penemuan sesuatu yang baru yang sebelumnya belum pernah ada dan menyebabkan perubahan disebut discovery. Efek ini dapat dilihat pada skema berikut  . Misalnya diketemukannya mesin uap oleh James Watt. efek karambol dan efek memusat.   Efek menyebar. Efek menjalar. a. Adapun faktor tersebut antara lain : 1) Faktor kependudukan Faktor ini berkaitan erat dengan bertambahnya dan berkurangnya jumlah penduduk. FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL Perubahan sosial tidak serta merta terjadi begitu saja. Desa yang ditinggalkan penduduknya ke kota mengakibatkan desa kekurangan tenaga kerja terdidik terutama dalam bidang pertanian. Penemuan baru sering berpengaruh terhadap bidang atau aspek lainnya.

4) Adanya pemberontakan atau revolusi Sebagai contoh adanya keinginan merdeka bangsa Indonesia pada tahun 1945 menyebabkan perubahan yang luar biasa. Pengaruh budaya asing dapat berlangsung melalui proses :  Akulturasi. individu dengan kelompok maupun antar kelompok sebenarnya didasari oleh perbedaan kepentingan. Sebagai contoh adalah perang di Iraq. Contohnya adalah model upacara perkawinan. angin topan. perubahan sosial juga disebabkan oleh faktor dari luar masyarakat. adanya sampah. Orang tua biasanya akan bertahan dengan adat yang memakan waktu lama dan ribet. Perubahan lingkungan menyebabkan perubahan sosial misalnya karena topan. Pertentangan antara individu. perubahan penggunaan lahan dan sebagaianya. banyak perahu nelayan yang hancur. Sehingga akan muncul kompromi di mana menggunakan adat lama tetapi yang lebih simpel. Dalam peperangan terdapat negara yang menang dan negara yang kalah. . Nelayan beralih menjadi petani untuk menyambung hidup. Pengaruh budaya asing dapat berlangsung dengan tanpa paksaan (penetration pasifique) dan dengan paksaan (penetration violente). Faktor tersebut antara lain : 1) perubahan lingkungan Lingkungan sangat berpengaruh kepada perubahan sosial dan budaya. 2) Terjadinya perang Peperangan menyebabkan banyak akibat. percampuran dua budaya atau lebih yang menghasilkan bentuk budaya baru tanpa meninggalkan budaya lama. di mana terjadi perubahan konstitusi dari negara kesatuan menjadi negara federal. Biasanya pihak yang menang akan menebarkan pengaruhnya terhadap pihak yang kalah. organisasi sosial. Dengan adanya pertentangan maka akan timbul peperangan maupun bentuk akomodasi yang dapat menimbulkan perubahan sosial. sedangkan anak muda berkeinginan upacara perkawinan yang singkat dan simpel. b. gempa bumi dan sebagainya. Faktor eksternal Selain dari dalam masyarakat. 3) Pengaruh budaya lain Adanya kontak dengan budaya asing dan sifat terbuka masyarakat sangat mendukung perubahan sosial di masyarakat. Perubahan tersebut antara lain bidang pemerintahan. Hal inilah yang menyebabkan perubahan sosial. politik dan sebagainya. Contohnya upacara kematian yang menggabungkan budaya Hindu dengan budaya Islam. organisasi ekonomi. Perubahan lingkungan dapat disebabkan oleh faktor alam seperti bencana alam. banjir. Sedangkan perubahan lingkungan disebabkan oleh aktifitas manusia antara adanya pencemaran.3) Konflik dalam masyarakat Adanya konflik yang terjadi di dalam masyarakat dapat menyebabkan perubahan sosial dan budaya.

Hal ini disebabkan oleh kontak dengan dunia luar yang kurang. dimungkinkan penguasan pengetahuan yang rendah menyebabkan masyarakat sukar berubah. Asimilasi. sehingga masyarakat sukar menerima budaya asing. adat istiadat sukar berubah. Ada faktor-faktor yang menghambat terjadinya perubahan sosial. perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lambat. Adanya ketakutan terhadap budaya luar masyarakat akan bersifat tertutup terhadap pengaruh asing 5. biasanya masyarakat terasing dan terisolir akan sukar berubah. 1. Hal ini disebakan keterbatasan pengetahuan masyarakat 3. KONSEKUENSI PERUBAHAN SOSIAL masyarakat tertutup (terisolir) skeptis terhadap budaya lain primordialisme yang berlebihan kurangnya pengetahuan perasaan takut terhadap budaya lain adanya kepentingan tertentu . Faktor penghambat perubahan sosial Perubahan sosial tidak selamanya berjalan dengan baik. adanya rasa ketakutan terhadap budaya lain. Ini disebabkan oleh mengagung-agungkan budaya sendiri. 4. masyarakat yang relatif tertutup. antara lain : 1. rasa primordialisme yang tinggi. Faktor-faktor yang mempermudah asimilasi antara lain : toleransi antar kebudayaan yang tinggi masayarakat bersikap terbuka persamaan unsur-unsur budaya adanya musush bersama adanya keseempatan yang sama dalam ekonomi perkawinan campuran Faktor-faktor yang menghambat proses asimilasi antara lain: A. 6. adanya kepentingan yang tertanam kuat (vested interest) A. 2. percampuran 2 budaya atau lebih yang menghasilkan kebudayaan baru yang memang berbeda dengan budaya lama.

Integrasi Adanya perubahan sosial. Oleh karena itu setiap terjadinya perubahan sosial yang mengarah kepada disintegrasi sosial harus segera mendapat perhatian. Dengan demikian akam timbul suatu kehidupan yang harmonis karena adanya keselarasan dalam hidup bermasyarakat. sebagian masyarakat tidak mematuhi aturan dan norma yang ada muncul silang pendapat di antara anggota masyarakat tentang tujuan yang akan dicapai wibawa dan karisma para pemimpin semakin pudar sanksi dan hukuman yang tidak dilaksanakan secara benar dan konsekuen Umumnya proses disintegrasi sosial dalam masyarakat mempunyai bermacam-macam bentuk. B. munculnya perubahan sosial yang tidak diikuti oleh sebagian masyarakat juga mengakibatkan disintegrasi sosial. Perubahan sosial dapat menjadikan kuatnya masyarakat (integrasi) dan terpecahnya masyarakat (disintegrasi).Perubahan sosial membawa konsekuensi yang bermacam-macam bagi kehidupan masyarakat. Dengan adanya tingkat perubahan yang cepat. Hal ini sering disebut Cultural lag (kesenjangan kebudayaan). d. apabila tidak diskapi secara arif dan bijaksana dapat menimbulkan ketidaksesuaian dan ketidakseimbangan dalam masyarakat. Sebagai contoh golongan tua dalam masyarakat masih berpegang teguh terhadap nilai dan norma yang berlaku berbenturan golongan muda yang sudah menghendaki perubahan. yang diawali dengan proses akomodasi (mengurangi terjadinya konflik). c. Apabila hal ini dibiarkahan akan menimbulkan keadaan masyarakat tanpa aturan (anomie) yang menjadi pegangan hidup masyarakat. b. Apabila perubahan sosial mampu menguatkan rasa identitas dan solidaritas masyarakat bukan tidak mungkin membawa rasa kebersamaan yang tinggi. kadang menimbulkan percampuran budaya (mestizo culture). Integrasi masyarakat melalui beberapa tahap. A. Sebagai contoh DI/TII yang . Secara umum gejala disintegrasi sosial ditandai oleh hal-hal berikut ini : a. Disintegrasi Sosial Perubahan sosial. Keadaan yang demikian akan mengakibatkan disorganisasi sosial yang merupakan cikal bakal disintegrasi sosial. tidak selamanya membawa pengaruh yang negatif. Perbedaan perkembangan kebudayaan yang berbeda-beda akan menimbulkan benturan-benturan. Pemberontakan atau pergolakan daerah Pemberontakan atau pergolakan darah adalah proses disintegrasi sosial yang ditandai dengan masyarakat daerah mempermasalahkan suatu persoalan tertentu. Sering anggota tidak menyadari apa yang dilakukan dengan meniru budaya asing tanpa tahu apa maknanya. Adapun bentuk-bentuk disintegrasi sosial antara lain: a. Selain proses di atas.

baik itu melalui proses imitasi. obat-obatan terlarang dan sebagainya. Prostitusi . atau karena keluarga tidak harmonis. b. Sebenarnya apa itu prostitusi? Prostitusi adalah suatu pekerjaan dengan menyerahkan diri atau badan kepada umum untuk melakukan perbuatan seksual untuk mendapatkan imbalan. Kejahatan yang demikian disebut White collar crime (penjahat kerah putih). Kenakalan remaja Sering kamu dengar. tetapi tidak pernah tersentuh oleh hukum. Biasanya kejahatan yang demikian berkaitan dengan wewenang dan peranan yang disalahgunakan. sedangkan demontrasi dilakukan secara bersama-sama. Hal ini disebabkan oleh kekuasaan dan keadaan ekonomi sang tersangka. Tindakan kriminal dilakukan seseorang baik direncanakan maupun yang tidak direncanakan. Organisasi Papua Merdeka yang ingin memisahkan diri dari NKRI yang akar permasalahannya masalah pembagian SDA di daerah. sehingga banyak waktu luang yang dimanfaatkan pada kegiatan yang menyimpang.mempermasalahkan ideologi bangsa. pencemaran nama baik. Kenakalan remaja merupakan fenomena sosial yang menggejala baik di pedesaan maupun perkotaan. Selain itu latar belakang orang tua yang tidak mampu menyekolahkan anaknya ke jenjang lebih tinggi. Untuk mengurangi tindakan kriminal dapat dilakukan dengan usaha pencegahan (preventif) dan penindakan (represif). perampokan. Kejahatan yang sering kalian lihat umumnya dilatarbelakangi oleh keadaan ekonomi yang serba kekurangan termasuk dalam penjahat kerah biru (Blue collar crime). perkosaan. Anak dibiarkan begitu saja karena orang tua sibuk bekerja. Sifat kriminal dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya. Aksi protes dan demontrasi Bentuk disintegrasi sosial ini disebakan oleh keadaan ketidakpuasan terhadapsuatu keputusan atau kebijakan. c. pemalsuan. Yang lebih menonjol kenakalan remaja di perkotaan. Adapun yang termasuk tindakan kriminal antara lain pencurian. Contoh yang lain adalah demontasi buruh menuntut kenaikan UMR. sakit hati. Kriminalitas Kriminalitas ditandai dengan pelanggaran terhadap norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. Sebagai contoh antara lain aksi jahit mulut memprotes SUTET. dapat berupa radikalisme adanya sikap acuh terhadap lingkungannya yang biasanya disertai dengan kekecewaan. antara pelajar sekolah A tawur dengan pelajar sekolah X. kekecewaan. pertentangan dan sebagainya. Umumnya kenakalan remaja ditandai oleh : 1) 2) e. pemerasan. Aksi protes dapat dilakukan secara individu maupun kelompok. Salah satu faktor utama adalah kurangnya perhatian keluarga bagi anak. Sering kita jumpai tindakan kriminal. d. Prostitusi Pernah kamu lihat di televisi polisi pamong praja sedang merazia pelacur jalanan. Sebenarnya mengapa kenakalan remaja dapat terjadi? Sebenarnya siapakah yang paling bertanggungjawab terhadap timbulnya kenakalan remaja. pembunuhan. adanya keinginan untuk melawan. korupsi.

. sifat malas dan keinginan untuk hidup mewah.disebabkan oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal meliputi tingkat libido yang tinggi (hiperseks). Sedangkan faktor eksternal antara lain latar belakang ekonomi. akibat urbanisasi dan keadaan perumahan yang tidak memenuhi syarat.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->