P. 1
. Tugas 3 (Nilai Karakter, Identifikasi Hubungan Dengan Tuhan, Manusia,Dan Lingkungan Sesuai Dengan Materi)

. Tugas 3 (Nilai Karakter, Identifikasi Hubungan Dengan Tuhan, Manusia,Dan Lingkungan Sesuai Dengan Materi)

|Views: 150|Likes:
Published by Reyna Stubern

More info:

Published by: Reyna Stubern on Mar 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/11/2012

pdf

text

original

Tugas Individu

FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2011/2012

Jari-jari panjang burung itu dimekarkan sehingga berat badannya menyebar. Menyelidiki tekanan pada benda padat. mengurangi tekanannya pada daun yang diinjak.D. Ternyata tekanan berbanding lurus dengan gaya tekan dan berbanding terbalik dengan luas bidang tekan. Ketika kita mencoba untuk menyelam ke dasar kolam. yang satu menggunakan paku yang ujungnya runcing dan yang lain menggunakan paku yang ujungnya tumpul. paku yang ujungnya runcingakan menancap lebih dalam daripada paku yang ujungnya tumpul. . Hal ini membuat burung tidak tenggelam atau tidak terperosok. cair. dengan: p = tekanan (N/m2) F = gaya tekan (N) A = luas bidang (m2) Untuk memudahkan usaha (kerja). Ternyata semakin dalam posisi zat yang diam maka semakin besar tekanannya berarti tekanan hidrostatis sebanding dengan kedalaman (h). kita harus membuat pengiris bawang (pisau) atau jarum lebih runcing. semakin dalam kita menyelam maka kita akan merasa gaya yang menekan ke tubuh semakin besar. dan gas serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari A. Oleh sebab itu. Burung ini berjalan dari satu daun tumbuhan air ke daun tumbuhan air yang lain. Tekanan pada Zat Padat Dua orang yang kekuatan ototnya sama memasang paku pada sebuah kayu. Secara matematis.K. Ternyata. B. besaran tekanan dapat dituliskan dalam persamaan sebagai berikut. dengan memperkecil luas bidang tekan merupakan upaya untuk memperbesar tekanan. Tekanan Pada Zat Cair .

sehingga: h dengan p = tekanan (N/m2) = massa jenis zat cair (kg/m3) g h = percepatan gravitasi (m/s2) = tinggi zat cair (m) a) Hukum Pascal Hukum Pascal menyatakan bahwa tekanan yang diberikan pada zat cair di ruang tertutup akan diteruskan ke segala arah dengan sama rata. tidak dipengaruhi oleh bentuk permukaan dasarnya atau bentuk tabungnya. b) Bejana berhubungan Permukaan air selalu rata. Jembatan ini disebut jembatan ponton. seperti rem hidrolik pada kendaraan bermotor dan alat berat untuk mengeruk tanah atau pasir.jenis zat cair memengaruhi tekanan hidrostatis sedangkan yang membedakan suatu jenis zat tertentu adalah massa jenis ( ). Hukum Pascal pun banyak digunakan pada alat-alat teknologi yang lain. dengan syarat tempat air . Drum-drum itu biasanya terbuat dari besi dan di dalamnya diisi dengan udara sehingga massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis zat cair. Di pelabuhan kita dapat melihat jembatan yang terbuat dari drumdrum besar yang mengapung di atas air. tekanan suatu zat cair sebanding dengan besarnya massa jenis Tekanan hidrostatis disebabkan oleh berat zat cair.

baik sebagian atau seluruhnya. Benda melayang jika massa jenis benda sama besar dengan massa jenis zat cair. Secara matematis ditulis sebagai berikut. melayang. Alat-alat yang menggunakan prinsip bejana berhubungan di antaranya Cerek. atau danau tidak rata. dan sumur. dan ada pula yang curam seperti palung laut. Namun Tuhan menciptakan permukaan air selalu rata.tersebut berhubungan. dasar kolam. c) Hukum Archimedes Hukum Archimedes menyatakan bahwa apabila suatu benda dicelupkan ke dalam zat cair. dan tenggelam. . Ada bagian yang dalam. laut. Air sumur tidak pernah kering walaupun setiap saat dipompa airnya. Benda tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis zat cair. ada yang dangkal. Penyipat datar. yaitu mengapung. benda akan mendapat gaya apung (gaya ke atas) yang besarnya sama dengan berat zat cair yang didesaknya (dipindahkan) oleh benda tersebut. Benda terapung jika massa jenis benda lebih kecil dari massa jenis zat cair. Karena dengan: g dan = gaya apung (N) = massa jenis zat cair (kg/m3) V = volume zat cair yang didesak atau volume benda yang tercelup (m3) g = konstanta gravitasi atau percepatan gravitasi (m/s2) benda di dalam zat cair dapat berada pada tiga keadaan.

Sebenarnya Tekanan atmosfer dapat menjaga keseimbangan tubuhmu karena dari dalam tubuh pun terdapat tekanan. Barometer terdiri atas barometer Torriceli. barometer Fortin. Balon Udara. Setiap kenaikan 100 m. Oleh karena itu. dan barometer logam atau barometer aneroid . Tekanan udara dipermukaan laut sama dengan satu atmosfer (1 atm = 76 cmHg). Bahkan apabila air kolam sudah sampai kepala. supaya tidak terjadi sesuatu yang bisa keluar dari dalam tubuh maka diseimbangkan oleh tekanan atmosfer. semakin penuh air kolam tersebut maka akan terasa seolah-olah badan semakin ringan. Hidrometer. tekanan udara berkurang sebesar 1 cmHg a) Alat ukur tekanan Alat untuk mengukur tekanan udara disebut Barometer. maka dapat terapung. Contoh penerapan prinsip Archimedes dalam kehidupan seharihari yaitu : Kapal Selam. C. Tekanan Udara Seorang pendaki gunung bisa keluar darah dari hidungnya apabila naik ke gunung yang sangat tinggi.Apabila seseorang berdiri di dalam kolam renang yang sedang diisi air. a) Ketinggian mempengaruhi tekanan udara semakin tinggi permukaan bumi akan semakin rendah tekanan udaranya.

: Konseptual : Metakognisis : Prosedural : Faktual : materi yang mengandung tujuan pendidikan (pribadi) : materi yang mengandung tujuan pendidikan (alam) : materi yang mengandung tujuan pendidikan (sesama) : materi yang mengandung tujuan pendidikan (Tuhan) .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->