P. 1
Contoh Proposal Kewirausahaan

Contoh Proposal Kewirausahaan

|Views: 10,753|Likes:
Published by Thridy Nabilla S

More info:

Published by: Thridy Nabilla S on Mar 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/01/2013

pdf

text

original

PENDAHULUAN BAB I

1.1 DASAR GAGASAN USAHA Bisnis online saat ini sedang marak di dunia perbisnisan dikarenakan akses yang lebih mudah dan lebih cepat. Kebanyakan pemuda saat ini sering melakukan browsing dalam pembelian suatu barang, semua ini dikarenakan perkembangan teknologi yang luar biasa sehingga orang‐orang akan dengan mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan hanya dengan menggunakan media yang sangat efisien dan mudah tanpa harus repot‐repot pergi ke tempat yang mereka ingin tuju.

Dengan kesempatan yang ada tadi dapat diambil peluang bisnis kaos secara online dengan menggunakan media website atau melakukan promosi menggunakan media jejaring social yang sangat memungkinkan untuk melakukan promosi dengan intens. Dengan itu tentu keuntungan yang sangat besar akan kita dapatkan karena pembeli itu nantinya akan mencakup seluruh wilayah yang terjangkau dengan internet. Oleh karena itu saya tertarik untuk menjalankan bisnis secara online di dunia clothing yaitu membuat kaos (t-shirt) untuk wanita.Bisnis ini didesain sendiri dan dapat di pesan (custom) oleh konsumen itu sendiri. Alasan saya memilih usaha tersebut karena sebagai berikut: 1. Anak muda saat ini menyukai t-shirt dengan model-model yang simple. Oleh karena itu kami menyediakan t-shirt tersebut tanpa gambar dengan beberapa variasi (kacing, hoody dan permainan warna dalam satu baju). 2. Karena Kaos merupakan pakaian yang sehari-hari digunakan secara umum bagi semua kalangan.

3. Karena usaha ini menawarkan kualitas yang hampir sama dengan brand-brand ternama namun dengan harga yang lebih terjangkau. Sehingga memiliki peluang usaha yang cukup baik di bidang clothing line 1.1.1 PROSPEK PASAR Peluang bisnis kaos sangat menjanjikan jika dikelola dengan manajemen yang baik. Karena Sekarang ini kebutuhan masyarakat akan kaos sangat tinggi. Lihat saja berapa banyak yang menggunakan kaos dalam kehidupan sehari‐hari. Tidak hanya anak muda saja yang menyukai jenis pakaian ini, hampir semua golongan umur kalau ditanya pasti akan menjawab suka dan memiliki kaos. Kesempatan untuk sukses di bisnis kaos online cukup kuat karena pada masa sekarang ini dan media online sangat erat dengan kehidupan masyarakat. Jadi kemungkinan kita bisa mendapat peluang sukses di dunia bisnis ini dengan cukup baik maka bisnis kaos mempunyai prospek yang baik di masa mendatang.

1.1.2 MANFAAT EKONOMI Dengan adanya bentuk usaha baru ini maka tentunya akan memberikan manfaat ekonomi pada negara. Sebagai bentuk usahaakan membayar pajak kepada negara, izin usaha dan kedepannya diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan terhadap negara, apabila vignette memiliki sebuah store nantinya. MANFAAT SOSIAL Seiring dengan perkembangannya akan memerlukan tambahan tenaga kerja baru untuk melancarkan proses produksi. Maka dengan ini akan memberikan manfaat sosial kepada masyarakat yaitu dengan membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat.

1. Sedangkan Misi yang harus dilakukan yaitu dengan mengubah image t-shirt dimata konsumen menjadi terlihat lebih elegan dan eksklusif dengan cara selalu menampilkan model-model terbaru yang mengikuti perkembangan jaman juga mampu membuka outlet-outlet di seluruh Indonesia. Tujuan 1. 17 Juni 1990 : Jalan cikutra gg sekajati 7 no.2 VISI.com : Perempuan : Belum Menikah : SMA. 3. Untuk memperoleh penghasilan yang dapat kami gunakan untuk menunjang kebutuhan hidup sehari-hari.3 DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENGELOLA Data Pemilik Nama Pemilik Tempat Tanggal Lahir Alamat Telepon Alamat E-mail Jenis Kelamin Status Perkawinan Pendidikan Terakhir Pendidikan Informal Pengalaman Kerja : Thridy Nabilla Suasono : Sukabumi. Mampu membuka bisinis yang kreatif dan membuka usaha baru dan lapangan kerjaserta mampu untuk mengembangkan usaha pribadi sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas 1.56. S1 manajemen (sedang berjalan) : : - . 2. Untuk belajar mengaplikan apa yang kami dapatkan dari perkuliahan kewirausahaan tentang bisnis dari usaha kecil ini. MISI DAN TUJUAN Visi dari “Vigneette clothing for woman” untuk 5 tahun ke depan ialah menjadi salah satu brand terkemuka di Indonesia. Bandung : 083818076623 : thridy_nabilla@yahoo.

Yang dapat dipesan dengan sesuai permintaan dan menyediakan jenis produk yang telah ada. twitter.3 PENAWARAN 2.Dengan melalui bisnis internet maka wilayahnya dapat mencangkup wilayah seluruh daerah sesuai dengan keinginan dari konsumen tersebut khususnya pulau jawa dan luar pulau jawa. 2. Bisa dari facebook.2 PERMINTAAN 2. 2.1 JUMLAH PRODUK SEJENIS DIPASAR Produk yang sejenis dipasar dimulai dari clothing line pendahulunya ialah “Top shop” dan “ZARA” dengan harganya tinggi sampai dengan clothing .1 JUMLAH PERMINTAAN TERHADAP PRODUK Ketertarikan konsumen terhadap kaos untuk saat ini masih merupakan kebutuhan masyarakat yang cukup tinggi.1. 2.BAB II 2.1 JENIS PRODUK YANG DIPASARKAN Jenis produk yang akan dipasarkan yaitu kaos polos (t-shirt) untuk wanita. Dapat dilihat saja berapa banyak yang menggunakan kaos dalam kehidupan sehari‐hari.2 WILAYAH PEMASARAN Melalui Iklan di internet.1. Tidak hanya anak muda saja yang menyukai jenis pakaian ini.3. Dan dengan melakukan pertanyaan-pertanyaan kepada rekan disekitar kampus mereka menyukai menggunakan jenis pakaian ini. hampir semua golongan umur kalau ditanya pasti akan menjawab suka dan memiliki kaos.1 GAMBARAN UMUM PASAR SASARAN 2. kaskus atau membuat blog tentang bisnis/usaha saya.2.

Fat boys yang harganya agak terjangkau. baik anak remaja. Lalu yang menjadi kekuatan yang . 2.“Vignette Clothing for Woman” mempunyai kualitas bahan katun combed 30s (berkualitas) dengan model yang bisa di sesuaikan dengan selera konsumen. Dengan menjual menggunakan akses internet mempermudah para konsumen ini untuk berbelanja dengan lebih praktis dan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja karena system untuk online saat ini bisa sampai 24 jam.4 PANGSA PASAR Sasaran dari “Vignette Clothing for woman” ialah khususnya untuk wanita. Serta sejauh ini para pesaing di luar pulau jawa dapat menghasilkan dan menjual produk lebih banyak dan murah .3 PROYEKSI PENAWARAN PESAING Penawaran dari pesaing untuk saat ini asih tinggi mereka menawarkan dalam bentuk produksi yang cukup besar dikarenakan terlebih dahulu mengeluarkan produk sejenis dan macam yang lebih banyak pula. 2.Big jill.5. 2. Strenghts Kekuatan yang “vignette clothing for woman” miliki ialah kualitas yang ditawarkan. mahasiswa. 2. Dengan kemudahan itu maka “Vignette Clothing for woman” memilih menggunakan akses internet sebagai target pemasaran dan penjualan dengan konsep yang praktis. dan wanita muda.5 RENCANA DAN STRATEGI PEMASARAN 2. Between poison and passion.2 KAPASITAS PRODUK PESAING Kapasitas produk pesaing tergantung pada kemampuan pesaing berapa banyak pesaing dapat memperoduksi produk pada waktu tertentu dan dengan jumlah tertentu.3.1 STATEGI PEMASARAN PESAING Untuk saat ini para pesaing menggunakan metode yang sama yaitu melalui media internet 2.2 ANALISIS SWOT a.5.3.

“Vignette Clothing for woman ” juga belum mempunyai store untuk transaksi jual beli. “Vignette Clothing for woman ” oleh karena itumasih butuh biaya promosi yang cukup besar untuk memperkenalkannya. “Vignette Clothing for woman” harus melalukan promosi yang terus menerus dan lebih menonjolkan . Adapun pesaing seperti “Big jill” dan “Between poison and passion”. biasanya denngan menggunakan media ini promosi akan lebih mudah diketahui oleh konsumen. Opportunity Peluang dari “Vignette Clothing for woman ” cukup menjanjikan karena bisnis ini di awali dengan promosi melalui media elektronik menggunakan internet.Selain itu pula diakui bahwa belum semua masyarakat diindonesia yang menggunakan internet. d. Threat Ancaman dari “Vignette Clothing for woman” ialah adanya para pendahulu dalam bisnis clothing line terutama di jenis t-shirt. c. e.berikutnya membelinya.Sehingga di perlukan promosi agar bisnis dari brand clothing line ini dapat segera diketahui oleh masyarakat luas. ialah harga terjangkau sehingga konsumen dapat b. Weaknesses Kelemahan dari “Vignette Clothingfor woman” ialah brand atau nama dari bisnis clothing ini belum di kenal banyak orang. Di jenis clothing line pendahulunya ialah “Top woman” dan “ZARA”. Solusi Terhadap Ancaman Untuk mengatasi ancaman yang berasal dari para pendahulu yang menjadi pesaing/kompetitor ialah.

1 PRODUK Bisnis yang saya rencanakan termasuk ke dalam bisnis mode (fashion) dalam bentuk clothing. dan lokasi gerai dari usaha bisnis saya. Diharapkan mereka akan menyebarkan kepada orang lain. BAB III 3. atau membuat blog tentang bisnis/usaha saya.keunggulan produk dengan lebih baik lagi agar masyarakat luas dapat mengetahui tentang keberadaan dan keunggulan dari “Vignette Clothing for woman ”. Bisa dari facebook. Lalu melakukan diferensiasi terhadap produk yang ditawarkan dengan memberikan ciri khusus yaitu bahwa di “Vignette Clothing for woman” pelanggan dapat merancang sendiri desain t-shirt sesuai keinginan dan ukuran.1. Yaitu dengan memberitahu teman-teman. twitter. 2. .1.  Dari mulut ke mulut.3 RENCANA STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN Cara memasarkan produk yang kan saya lakukan ialah dengan :  Membuat Brosur atau selebaran tentang produk-produk yang saya jajakan. bahan kaos yang bagus dari cotton combed.  Membuat Iklan di internet. harga dari produk.2 PROSES PRODUKSI  Memilih Bahan. Untuk bahan.1 PRODUK DAN PROSES PRODUKSI 3. Dalam bisnis mode (fashion) dalam clothing yang akan saya lakukan produknya berupa kaos (t-shirt). sahabat dan keluarga.5. Produk yang di jual pada usaha ini adalah t-shirt atau kaos polos untuk wanita 3.

Mulai dari All Size dulu atau L diperbanyak. dibuatlah packaging yang lucu. Tidak membuat produk secara massal. baru dijahit. Proses penyabolan untuk kaos (t-shirt) polos ini dilakukan hanya untuk label. karena menggunakan jasa pihak ke tiga dalam proses pembuatan kaos tersebut maka saya hanya tinggal memesan sesuai dengan keinginan saya setelah itu di buat dan di ambil ketempat produksi tersebut.    Penyablonan.2 RENCANA PRODUKSI Setiap satu kaos diberi harga pabrik (pihak ketiga) maka rencana awal untuk produksi sebagai berikut : Gambar produk keterangan Rencana produksi . Setelah bahan didapat. Penjahitan. Setelah dilakukan sablon. tetapi dengan limited edition. Packaging. bisanya yaitu S. Proses produksi diatas pada saat di konveksi. konsumen vigneette makloon 3. M atau L serta XL. Pemotongan. packaging yang unik untuk membantu pemasaran kaos. barulah dipotong sesuai dengan ukuran yang di inginkan.

biru. putih. 1. biru.000 Jenis : katun combed 20s Warna : merah. 28.000/psc = Rp.000/psc = Rp.Jenis : katun combed 30s Warna : merah.000/psc = Rp. 4 lusin (48) x Rp. 4 lusin (48) x Rp. Ukuran : SML 1 warna tersedia 1lusin baju dengan setiap ukuran tersedia 4psc. putih. putih. cokelat.000 Jenis : katun combed 20s Warna : merah. Ukuran : SML 1 warna tersedia 1lusin baju dengan setiap ukuran tersedia 4psc. kuning. putih. hitam. biru. Ukuran : SML 1 warna tersedia 1lusin baju dengan setiap ukuran tersedia 4psc. 1. Ukuran : SML 1 warna tersedia 1lusin baju dengan setiap ukuran tersedia 4psc.000/psc = Rp.000 .344. hitam. 28. 4 lusin (48) x Rp. 4 lusin (48) x Rp.440.000 Jenis : katun combed 30s Warna : merah.440. 30. 1.344. 30. 1. biru.

Dengan konsep perubahan model/design dan warna yang lebih bervariasi lagi.3 RENCANA KEBUTUHAN DAN PEMBELIAN BAHAN 3.064. rencana perubahan model/design tiap 1-2 bulan sekali.3. 30. Ukuran : SML 1 warna tersedia 1lusin baju dengan setiap ukuran tersedia 4psc. 3. 1. 4 lusin (48) x Rp.000/psc = Rp. putih. 28.3.440. Apabila permintaan pada bulan pertama terealisasikan dengan baik maka rencana produksi pun akan ditingkatakan.000/psc = Rp.Jenis : katun combed 20s Warna : merah.1 KEBUTUHAN BARANG Proses pemesan kembali ke pihak ke-3 akan dilakukan ketika stock dari produk yang dihasilkan telah menipis dan tergantung dari permintaan konsumen. biru.000 Total biaya produksi 24 lusin = Rp. produksi selanjutnya tergantung dari permintaan bulan pertama.000 Jenis : katun combed 30s Warna : merah. 4 lusin (48) x Rp. putih.2 RENCANA PEMBELIAN BARANG . biru. pink. 1.000 Rencana penjualan diatas akan dilaksanakan pada bulan pertama. hitam. Ukuran : SML 1 warna tersedia 1lusin baju dengan setiap ukuran tersedia 4psc.344. 3. 8.

Untuk saat ini tenaga kerjanya ada 2 orang. 1 orang yang bertanggung jawab dalam proses pemasaran sebagai operator dalam bidang pemasarannya mulai dari pemasaran produk sampai dengan proses penjualan. Untuk kebutuhan peralatan bisnis untuk saat ini mencangkup kebutuhan penjualan : . 3. Screen.5 KEBUTUHAN PERLENGKAPAN DAN PERALATAN              Mesin potong kain Mesin jahit high speed Mesin obras Mesin overdeck Mesin jahit rantai Setrika uap Mesin. 3.4 RENCANA KEBUTUHAN TENAGA KERJA LANGSUNG Untuk bisnis yang akan saya jalanin ini menggunakan dilakukan secara online dan usaha bersama maka untuk saat ini masih menggunakan tenaga kerja sendiri. Rakel Meja sablon plus Meja pembuatan Film Hot press Pasta Pewarna Obat emulsi Obat pembersih Kebutuhan barang dan peralatan yang disebut diatas merupakan kebutuhan peralatan pada saat proses pembuatan baju di pabrik (pihak ke 3).begitu pula dengan pembelian barang di sesuaikan dengan permintaan konsumen apabila rencana produksi awal terealisasikan dengan baik maka akan dilakukan penyetokan barang atau produk kemudian dilakukan perubahan design secara rutin. Sedangkan 1 orang lagi bertanggung jawab dibagian produksi mulai dari pemesanan hingga pengiriman produk kekonsumen yang menggunakan jasa JNE. Untuk saat ini kami saling membantu dalam proses bisnis ini.

1. Lokasi strategis yang menjadi target tempat usaha saya ialah di daerah yang dipadati wisatawan dan masyarakat di bandung. tidak memerlukan tanah sendiri ataupun bangunan yang besar. Laptop atau computer 2. Modem 3. Karena usaha yang saya akan lakukan berawal dari tempat saya tinggal dikarenakan proses penjualannyang menggunakan internet sehingga tidak memerlukan tempat yang begitu besar untuk saat ini. . Namun kedepannya setelah bisnis ini berjalan seingi dengan waktu saya pun berencana untuk mencari lahan lahan berusaha yang berasal dari lahan orang lain yang dapat saya sewa perbulan atau per tahun. Handphone 3.6 KEBUTUHAN TEMPAT Untuk Bisnis yang akan saya jalankan.

Karena perusahaan perseorangan adalah badan usaha kepemilikannya dimiliki oleh satu orang.tidak ada pajak.sulit mengatur roda perusahaan karena diatur sendiri .tanggung jawab tidak terbatas dan bisa melibatkan harta pribadi .keuntungan yang kecil yang terkadang harus mengorbankan penghasilan yang lebih besar . terbatasnya jenis serta jumlah produksi. memiliki tenagakerja / buruh yang sedikit dan penggunaan alat produksi teknologi sederhana. Semua orang bebas membuat bisnis personal tanpa adanya batasan untuk mendirikannya.jangka waktu badan usaha tidak terbatas atau seumur hidup .Pada umumnya perusahaan perseorangan bermodal kecil.sewaktu-waktu dapat dipindah tangankan 4.BAB IV 4.seluruh keuntungan dinikmati sendiri . Individu dapat membuat badan usaha perseorangan tanpa izin dan tata cara tententu.1 BENTUK KEPEMILIKAN Bentuk usaha yang saya akan lakukan ialah Badan Usaha / Perusahaan Perseorangan atau Individu.relatif mudah didirikan dan juga dibubarkan . yang ada adalah pungutan dan retribusi .2 STRUKTUR ORGANISASI owner marketing finance produksi .ciri dan sifat perusahaan perseorangan : .

4.000/bulan Rp. 100.000/bulan .3 RENCANA BIAYA UMUM Ada pula rencana biaya umum dalam bisnis ini adalah sebagai berikut : Biaya operasional : Biaya transportasi Biaya promosi Rp. 100.000/bulan Rp.Dalam organisasi ini kami menggunakan struktur organisasi standar pada umumnya dengan tujuan dibuat struktur organisasi ini agar terstruktur sesuai dengan tanggung jawabnya dan begitu pula dengan tanggung jawabnya. 200.

proses jual-beli dan pembuatan design produk. 5.000 . Handphone Rp. Total biaya investasi peralatan 3.000 Rp.064.5. Total biaya produksi 2.000 Keterangan Digunakan mendukung untuk proses pemasaran bisnis seperti .1 KEBUTUHAN DANA 5.1. 350.614.2 MODAL BIAYA 1. 1.000 5.BAB V 5. pemasaran produk. Total peralatan biaya investasi Rp.350. Modem Rp.350. Biaya umum Total Rp.000 Untuk mempermudah menjalankan bisnis t-shirt ini. 3.1.500.000 Untuk mengakses internet dimanapun dan kapanpun.500.000 Rp.1 MODAL INVESTASI Peralatan yang dibutuhkan dalam bisnis ini untuk modal investasi adalah sebagai berikut : Investasi peralatan : Alat yang dibutuhkan Netbook Anggaran Rp. 200.13.000 Rp. 8.

807. Namun Bank-bank tersebut hanya akan menambah kekurangan biaya yang kita perlukan.032. Sehingga setelah saya mendapatkan uang modal sendiri terlebih dahulu untuk sisanya akan saya usahakan melalui Sentra Kredit Kecil Bank BNI atau Bank Mandiri.000 . Alternatif lain.000.1 ANGGARAN PENJUALAN Jenis t-shirt katun combed 20s Katun combed 30s Harga Produksi Rp 30. 5.6.5. atau pada sahabat.032.614. untuk mencari modal usaha saya dan rekan saya akan berusaha meminjam orang terdekat seperti keluarga atau teman yang telah lebih dahulu melakukan bisnis ini.13.064.000 Rp 4.000 Total Rp 8.3 PROYEKSI PENJUALAN 5.000/psc Rp 28. Jadi saya harus mempunyai modal sendiri dahulu baru dapat mengajukan permohonan kredit.2 SUMBER DANA Cara untuk mendapatkan modal usaha agar “vigneetee for woman” dapat segera beroperasi ialah dengan Mengajukan permohonan kredit tambahan modal kerja ke sentra kredit kecil ke bank-bank yang mempunyai program tersebut. saudara. uang sisanya akan saya usahakan dengan meminjam pada orang tua. Setelah membuat daftar alat-alat apa saja yang dibutuhkan dihasilkan bahwa jumlah modal awal yang diperlukan untuk memulai bisnis ini ialah sebesar Rp. Sejauh ini yang saya ketahui ialah BNI Sentra Kredit Kecil dan pengajuan Kredit Ke Bank Mandiri.000/psc Banyak Produksi 12 lusin (144) 12 lusin (144) Total Rp 4.000 jika saya ingin mengajukan kredit ke Sentra Kredit Kecil Bank BNI atau ke Bank Mandiri saya harus mempunyai modal sendiri terlebih dahulu sekitar 50% dari modal yang dibutuhkan yaitu Rp.3.

= Rp.040.000 4.480.5.040.000 Total Rp. 9.000 5. 13. Proyeksi Penjualan dan Penerimaan Jenis t-shirt katun combed 20s Katun combed 30s Harga Jual Rp 50.000 100.000 Total Rp 14.2 ANGGARAN BIAYA PENJUALAN Pengeluaran Handphone Internet Produksi t-shirt period pertama Gaji untuk 2 karyawan Promosi Transportasi Rp.000/psc Banyak Produksi 12 lusin (144) 12 lusin (144) Total Rp 7.000) / profit (rp.000 Rp.5 bulan sudah dapat balik modal.464.000. 14. 4.464.000/bln . 100. Rp.614. 1.000/psc Rp 45. Rp. 8.200.4 PROYEKSI LABA/RUGI Penerimaan bulan pertama Pengeluaran bulan pertama Laba bersih bulan pertama  Perhitungan titik impas BEP = modal (Rp. Rp 9.000 100.000 Rp 6.064.576.576.000 *Total pengeluaran diatas merupakan pengeluaran awal mulai usaha untuk bulan selanjutnya pengeluaran bisa lebih naik atau menurun sesuai dengan permintaan produksi.000) = sekitar 2-2.000 Rp.3. 100.000 Biaya Rp.000 = Rp.

Rp.000 Rp. 1.000 Rp. 9. 100.040.0000 Rp.000 100. 14. Rp. Penerimaan Penerimaan penjualan Total penerimaan B. 4.5 PROYEKSI ARUS KAS RENCANA ARUS KAS VIGNEETTE FOR WOMAN A. 100.000 Rp.000 Rp.064.000.000 Rp.576.000 100.000 Rp.000 . Pengeluaran Pembelian produk (t-shirt) Transportasi Gaji karyawan Biaya handphone Biaya internet Biaya pemasaran Total pengeluaran Selisih kas Saldo kas awal Saldo kas akhir Rp. 14.5. 4.040.576. 8.464.000 Rp.

6. 13.000 Rp.5.614.000 Rp.6 PROYEKSI NERACA LAPORAN NERACA VIGNEETTE FOR WOMAN AKTIVA A. HUTANG JANGKA PENDEK D.576.000 Rp.614.000 Rp.807.000 Rp. PINJAMAN JANGKA PENDEK E. 6.000 . AKTIVA TETAP Peralatan Jumlah aktiva lancer JUMLAH AKTIVA PASIVA C.807.000 Rp. MODAL Rp. 4.8. 5. 13.350. AKTIVA LANCAR Kas Piutang Persediaan :  Barang jadi Rp.614. 5.350.000 Rp. 3.688.000 Jumlah modal JUMLAH PASIVA Rp.264. 13.000 Jumlah aktiva lancer B.

NET _ B / C  TotalPendapa tan PerTahun Rp 168. 14.912.48 sehingga usaha ini layak untuk dijalankan.464.568.480.00 0  = 1.000 = Rp. Net B/C menunjukkan perbandingan keuntungan dibandingkan biaya investasi. 168. 113. 9.7 ANALISIS KEUANGAN 5. Jika nilai Net B/C lebih besar dari 1.000 dalam satu tahun.7. .1 KRITERIA INVESTASI Estimasi laba rugi : Penerimaan per tahun (Rp. yaitu 1.040.000 Dari perhitungan estimasi tersebut dapat diketahui bahwa usaha ini akan menghasilkan laba sebesar Rp 54.000 x 12bln) Laba bersih per tahun = Rp.00 0 Nilai net B/C usaha t-shirt ini bernilai positif. 113. Karena bisnis kami berbasis e-commerce dan shoes custom maka produksi hanya dilakukan ketika ada pesanan jadi tidak ada DP (down payment) tapi harus lunas terlebih dahulu.912. maka kami tidak menanggung biaya produksi secara langsung.568.000 x 12bln) Pengeluaran per tahun (Rp.5. 54.000 Rp.480.0 maka usaha tersebut dinyatakan layak untuk dijalankan.48 TotalPengeluaranPerTahun Rp.

LAMPIRAN .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->