.

.Theory of Human Caring Watson (1979) mempertegas bahwa caring sebagai jenis hubungan dan transaksi yang diperlukan antara pemberi dan penerima asuhan untuk meningkatkan dan melindungi pasien sebagai manusia. dengan demikian mempengaruhi kesanggupan paien untuk sembuh.

Dalam keperawatan. dimana perawat bekerja untuk lebih meningkatkan kepeduliaannya kepada klien. .Caring Adalah suatu cara pendekatan yang dinamis. caring merupakan bagian inti yang penting terutama dalam praktik keperawatan.

Watson mengemukakan bahwa caring merupakan inti dari keperawatan. Kemudian caring juga menekankna harga diri individu. Dalam hal ini caring merupakan perwujudan dari semua faktor yang digunakan perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan pada klien. artinya dalam melakukan praktik keperawatan. perawat senantiasa selalu menghargai klien dengan menerima kelebihan maupun kekurangan klien. .

Grand Theory 1. • Keyakinan pada harapan. . Carrative Factor Elemen-elemen dalam carrative factor : • Nilai-nilai kemanusiaan dan altruistik. • Membantu menumbuhkan kepercayaan. • Pengekspresian perasaan positif dan negatif. • Peka kepada diri sendiri dan orang lain. membuat hubungan dalam perawatan secara manusiawi.

mental.  Pembelajaran secara transpersonal. perlindungan. perbaikan fisik. sosial dan spiritual.  Bantuan kepada kebutuhan manusia. Proses pemecahan masalah perawatan secara kreatif. .  Dukungan.  Eksistesi fenomena kekuatan spiritual.

.2. transpersonal caring relationship berkarakteristikan hubungan khusus manusia yang tergantung pada moral perawat yang berkomitmen. Transpersonal Caring Relationship Menurut Watson (1999). dan meningkatkan martabat manusia seperti dirinya atau lebih tinggi dari dirinya. melindungi.

3. Caring Occation Moment kesempatan (mengenai tempat dan waktu) pada saat perawat dan orang lain datang pada saat human caring dilaksanakan. . dan dari keduanya dengan fenomena tempat yang unik mempunyai kesempatan secara bersama datang dalam moment interaksi human to human.

3. Caring dapat didemonstrasikan dan dipraktekkan dengan efektif hanya secara interpersonal. Caring terdiri dari carative factors yang menghasilkan kepuasan terhadap kebutuhan manusia tertentu. 4.Asumsi Dasar Science of Caring 1. tetapi juga menerima akan jadi apa dia dikemudian. Espon caring menerima seseorang tidak hanya sebagai dia saat ini. Efektif caring meningkatkan dan pertumbuhan individu dan keluarga. . 2.

Caring lebih “healthogenic” daripada curing. Lingkungan caring adalah sesuatu yang menawarkan perkembagan dari potensi yang ada. 6. Praktik caring merupakan sentral bagi keperawatan. dan disaat yang sama membiarkan seseorang untuk memilih tindakan yang terbaik bagi dirinya saat itu. . 7.5.

Paradigma Keperawatan  Keperawatan  Klien  Kesehatan  Lingkungan .

Proses keperawatan  Pengkajian  Perencanaan  Implementasi  Evaluasi .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.