P. 1
Belanda vs Indonesia

Belanda vs Indonesia

|Views: 31|Likes:
Published by Estu Rahmat Ikhtiar

More info:

Published by: Estu Rahmat Ikhtiar on Mar 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/22/2012

pdf

text

original

Perbandingan Pendidikan di Indonesia dengan Negara Maju

By teddy, November 25, 2010 10:43 pm 1. 2. 3. 4. 5. 6. matematika biologi kimia bahasa inggris history dunia dan history china fisika.

Pada tingkat ini sebanding dengan SMP dan SMA di Negara kita yang kita tempuh semuanya dalam waktu 6 tahun. Coba bandingkan dengan banyak materi yang diajarkan kita ketika kita SMA. Ada 1. matematika 2. bahasa inggris 3. bahasa Indonesia 4. biologi 5. kimia 6. fisika 7. sosiologi 8. ekonomi 9. sejarah Indonesia dan dunia 10. PPKN 11. agama 12. penjaskes betapa berat beban yang ditanggung para pelajar kita. Dan saya jadi teringat dengan obrolan saya bersama seorang ilmuwan solo yang telah pension yang berkata jikalau materi yang diajarkan di SMA sangat bagus seperti fisika yang tingkatnya sama dengan fisika di universitas. Dan para pelajar di eropa itu beliau lihat santai santai saj. Hal ini karena pembuat system mempunyai tujuan agar para pemuda mereka disimpan energinya untuk menempuh pendidikan di universitas sehingga pada umur 23 tahun pemuda eropa sudah menjadi dokter. Coba dibandingkan dengan pelajar di Negara kita ketika masuk kuliah banyak sekali mereka yang seperti lepas dari kungkungan dan kemudian seperti balas dendam untuk berhura-hura, bersantai-santai (termasuk saya sendiri jujur saja) hal ini terjadi karena beban yang besar pada otak kita dengan begitu banyak sekali beban yang ditanggung otak kita selama 3 tahun. Pergi pagi pulang menjelang sore ditambah malam kursus lagi sampai jam 9 malam, kemudian kapan otak kita istirahat?? Dan menjadi hal yang wajar jika banyak pelajar kita yang memenangkan olimpiade-olinpiade science tapi yang menikmati otak-otak encer pemuda Indonesia adalah Negaranegara maju karena Negara kita tidak menghargai yang namanya ilmuwan. Lalu sampai kapan Negara kita maju kalau begini terus ??? dah ah cape mikir negar ini terus….. dan nikmatnya lagi untuk mengerjakan riset di hongkong mahasiswa tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun karena yang menanggung biaya adalah pihak universitas. Betapa beruntungnya mereka. Seperti teman saya ini untuk keperluan risetnya dibidang biologi khususnya penelitian tentang karang tidak mengeluarkan uang sepser pun. Untuk diving, untuk boat dan biaya lab lainnya. Betapa beruntungnya mereka ini.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->