Rangkuman IPA Bab 1 Kelas 6

Rangkuman IPA bab 1 kelas 6

1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Setiap makhluk hidup mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Penyesuaian diri ini bertujuan untuk mempertahankan hidup. Kelelawar memiliki penglihatan yang kurang baik. Ia menentukan arah geraknya bukan dengan mata melainkan dengan mengirimkan bunyi berfrekuensi tinggi (supersonik) Gelombang supersonik berfrekuensi diatas 20.000 Hz Gelombang supersonik tidak dapat didengar oleh manusia. Hanya bisa didengar oleh kelelawar dan lumba-lumba. Ekolokasi adalah kemampuan dalam memperkirakan jarak suatu benda dengan mendengarkan gema atau pantulan bunyi nya. Cara kerja sistem ekolokasi: saat terbang, kelelawar memancarkan bunyi berfrekuensi tinggi dari mulutnya, bunyi itu akan dipantulkan oleh benda sekitarnya, sehingga kelelawar dapat menghindari benda tersebut. Tumbuhan xerofit adalah tumbuhan yang dapat hidup di daerah kering seperti di padang pasir atau gurun. Contoh tumbuhan xerofit: kaktus Ketika turun hujan, tumbuhan kaktus menyimpan air di dalam batang yang menggembung. Kaktus mempunyai daun berbentuk duri untuk mengurangi penguapan. Akar yang panjang dan lebat untuk dapat mencari sumber air dan menyimpannya dalam batang.

8. 9. 10. 11. 12.

Secara generatif: memalui proses perkawinan. serta rambut-rambut halus di sekitar alat kelamin. Masa anak-anak Sejak umur 5-11 tahun e. Bertunas adalah tumbuhnya tunas kecil di bagian tubuh hewan. Cara perkembangbiakan pada hewan dibagi 2: a. Perubahan pada laki-laki: a. tumbuh jakun. Masa balita Sejak umur 1-4 tahun d. b. dada terlihat bidang. Perubahan primer: mulai diproduksi nya sel sperma ditandai dengan peristiwa mimpi basah. Masa janin Adalah masa dalam kandungan sampai lahir. serangga b. Berkembang biak artinya menghasilkan makhluk hidup baru dengan mewariskan sifatsifat yang dimilikinya. Perubahan pada wanita: a. Perubahan sekunder: tumbuhnya kumis.Bab 2 kelas 6 1. janggut. Janin tumbuh dalam rahim kurang lebih 9 bulan 10 hari. Perubahan primer: mulai diproduksinya sel telur oleh indung telur yang ditandai dengan menstruasi b. Perubaqhan sekunder: ditandai dengan membesarnya pinggul dan payudara. dan bertelur-melahirkan(ovovivipar). Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia dibagi menjadi beberapa tahap: a. Masa tua Dimulai sejak umur 30 tahun 3. Proses pembuahan ovum oleh sperma yang terjadi di luar tubuh induk betina disebut pembuahan eksternal. 5. Contoh: ikan dan katak . 2. serta munculnya rambut-rambut halus di sekita kemaluan. Contoh nya pada: anemon laut dan hydra 7. melahirkan (vivipar). organ kelamin membesar 4. Masa bayi Adalah masa sejak kelahiran sampai 1 tahun c. Masa remaja Sejak umur 12-20 tahun f. suara lebih berat. b. Secara vegetatif: tanpa melalui proses perkawinan. Contoh: unggas. 6. Ada 2 macam cara pembuahan telur: a. Proses pembuahan ovum oleh sperma yang terjadi di dalam tubuh induk betina disebut dengan pembuahan internal. Contohnya: membelah diri dan bertunas b. Contohnya: bertelur (ovipar). Masa dewasa Sejak umur 21-29 tahun g.

lalu serbuk sari masuk melalui tangkai putik menuju ke bakal buah dan terjadilah pembuahan. Tunas 10. Cangkok ii. Vegetatif alami: tidak dibantu oleh manusia i. Enten v. 11. Merunduk vi. Generatif (kawin) b. Umbi lapis v. Okulasi iv. Vegetatif (tidak kawin) 9. Geragih viii. Perkembangbiakan secara generatif adalah perkembangbiakan melalui perkawinan yang dialami oleh tumbuhan berbiji. Akar tinggal iv. Perkembangbiakan pada tumbuhan dibagi menjadi 2: a. Alat perkembangbiakannya adalah bunga.8. Setek iii. Spora iii. Vegetatif buatan: dibantu oleh manusia i. Umbi batang vi. Proses perkembangbiakan generatif: diawali dengan jatuhnya serbuk sari ke kepala putik. Perkembangbiakan secara vegetatif dibagi menjadi 2: a. . Kultur jaringan b. Membelah diri ii. Umbi akar vii.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful