PENERAPAN GERBANG LOGIKA PADA SAKELAR LAMPU

MAKALAH Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Logika Informatika Dosen Pengampu : Swahesti Puspita Rahayu, S.Kom, MT

Oleh : 1. Ariny Dwi Utami Putri 2. Sharfina Febbi Handayani 3. Nurman Basyir 4. Edwin Suryana H1L010003 H1L010051 H1L0100?? H1L010063

PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS SAINS DAN TEKNIK UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN 2010

Desember 2010 Penulis . Oleh karena itu dalam kesempatan ini penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu Swahesti Puspita Rahayu. Penulis menyadari bahwa penulisan makalah ini masih jauh dari sempurna. Makalah ini disusun berdasarkan hasil telaah pustaka terhadap sumbersumber dari internet dan buku. S.Kom. Mulai dari perencanaan sampai dengan penyelesaian tulisan ini. MT selaku dosen pengampu Mata Kuliah Logika Informatika dan pihak-pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan penulisan makalah ini. penulis telah banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah sebagai tugas Mata Kuliah Logika Informatika. untuk itu kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis harapkan. Penulis berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat. Purwokerto.PRAKATA Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul ”PENERAPAN GERBANG LOGIKA PADA SAKELAR LAMPU”.

DAFTAR ISI Halaman Judul Kata Pengantar Daftar Isi BAB I PENDAHULUAN BAB II PERMASALAHAN BAB III PEMBAHASAN BAB IV KESIMPULAN Daftar Pustaka i ii iii 4 5 6 9 10 BAB I PENDAHULUAN .

yaitu logos/logike yang berarti hasil pertimbangan akal pikiran yang diutarakan lewat kata dan dinyatakan dalam bahasa. meningkatkan kemampuan berpikir secara cermat. diantaranya adalah membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secara rasional. metodis dan koheren. Kegunaan logika sangatlah banyak. menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri. Masing – masing masukan (input) atau keluaran (output) hanya mengenal dua keadaan logika. Output suatu rangkaian logika dapat dianalisa menggunakan aljabar Boole dengan mengacu pada persamaan logika. proposisi yang benar menunjukkan angka 1 sedangkan proposisi yang bernilai salah menunjukkan angka 0. Dalam logika matematika dikenal proposisi yang merupakan pernyataan yang mempunyai nilai benar atau salah.Logika merupakan dasar semua penalaran. Gerbang dalam rangkaian logika merupakan fungsi yang menggambarkan hubungan antara masukan dan keluaran. Logika berasal dari bahasa Yunani kuno. Adapun arti logika menurut bahasan logika modern adalah ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan prinsip – prinsip dari penalaran argumen yang valid. Adapun dalam logika digital. memaksa dan mendorong orang untuk berpikir sendiri dengan menggunakan asas – asas sistematis serta mampu melakukan analisa terhadap suatu kejadian. BAB II PERMASALAHAN . yaitu logika 0 (rendah) atau logika 1 (tinggi) yang oleh perangkat logika. tetap. kritis. abstrak dan objektif. Rangkaian digital dibangun dari gerbang logika. Ilmu di sini mengacu pada kemampuan rasional untuk mengetahui dan kecakapan mengacu pada kesanggupan akal budi untuk mewujudkan pengetahuan ke dalam tindakan.

apa yang dimaksud dengan gerbang logika ? 2. bagaimanakah penerapan gerbang logika pada saklar lampu ? BAB III PEMBAHASAN . Rangkaian digital membutuhkan pengkodean terhadap ukuran – ukuran variabel dan informasi menjadi bentuk digital. Sinyal – sinyal digital sebenarnya hanya mempunyai dua tingkat keadaan tegangan dalam sebuah kawat. sinyal input dan sinyal output yang dikenakan hanya dua harga (disebut logika 0 dan logika 1).Berdasarkan pemaparan pada bab sebelumnya telah dapat diketahui bahwa penggunaan logika dapat diterapkan dalam berbagai bidang salah satunya pada perancangan rangkaian digital. Adapun contoh rangkaian digital yang akan dibahas dalam makalah ini adalah penerapan gerbang logika pada saklar lampu. Dalam rangkaian digital. Sehingga beberapa hal yang akan penulis bahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut : 1. Kedua keadaan itu dikenal sebagai keadaan tinggi atau (1) dan keeadaan rendah (0).

. Sekilas Tentang Gerbang Logika Gerbang logika adalah piranti dua keadaan keluaran dengan nol volt yang menyatakan logika 0 (rendah) dan keluaran dengan tegangan tetap yang menyatakan logika 1 (tinggi). Dalam bahasa matematika diungkapkan sebagai operasi NOT. Gambar berikut memperlihatkan simbol AND gate untuk 2 input beserta tabel kebenarannya. PERKALIAN. gerbang AND dan gerbang OR. • Gerbang AND (AND Gate) Gerbang AND adalah suatu rangkaian logika dimana outputnya akan mempunyai logika ”1” bila semua inputnya diberi logika ”1”.A.B • Gerbang OR (OR Gate) OR Gate adalah suatu rangkaian logika dasar yang menyatakan bahwa outputnya akan mempunyai logika ”1” jika salah satu inputnya mempunyai logika ”1” atau semuanya mempunyai logika ”1”. dan PENJUMLAHAN. Gambar berikut menunjukkan simbol dari OR GATE dua input beserta tabel kebenarannya. Ada tiga gerbang utama dalam sistem digital yaitu inverter. Jika salah satu inputnya diberi logika ”0” walaupun input lainnya ”1” maka outputnya akan mempunyai logika ”0”. Tabel Kebenaran gerbang AND dua input A 0 0 1 1 B 0 1 0 1 Q 0 0 0 1 Persamaan Boole untuk 2 input dari AND Gate dapat ditulis sebagai berikut : Q=A.

Berikut ini adalah penerapan gerbang OR pada skema pensaklaran : Saklar dalam hubungan SERI: logika AND . maka keluarannya rendah dan sebaliknya.Selain dengan simbol gerbang OR dapat pula dinyatakan dengan persamaam logika (persamaan Boole). B 0 1 0 1 Q 0 1 1 1 Tabel Kebenaran gerbang OR dua input A Q 0 1 1 0 Menurut persamaan Boole operasi matematikanya dapat ditulis sebagai berikut : Q = A (dibaca : NOT A) __ B. Persamaan Boole dari gerbang OR dengan 2 input adalah : Q = A + B (dibaca : A OR B) Tabel Kebenaran gerbang OR dua input A 0 0 1 1 • Gerbang NOT (NOT Gate) Gerbang NOT merupakan gerbang satu masukan yang berfungsi sebagai pembalik (inverter). Gambar berikut menunjukkan simbol dari gerbang NOT beserta tabel kebenarannya. Jika masukannya tinggi. khususnya pada jaringan pensaklaran. Penerapan Gerbang Logika Pada Saklar Lampu Aplikasi gerbang logika khususnya aljabar boole dapat diterapkan dalam bidang digital.

Saklar dalam hubungan PARALEL: logika OR Contoh Tiga Bentuk gate paling sederhana : Output b hanya ada jika dan hanya jika x tertutup ⇒ x Output b hanya ada jika dan hanya jika x dan y tertutup ⇒ xy Output c hanya ada jika dan hanya jika x atau y tertutup ⇒ x + y BAB IV KESIMPULAN .

www.Dari Penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa gerbang Logika dalam Logika Informatika memiliki banyak fungsi diantaranya dalam gerbang OR. Dari sakelar lampu tersebut menjadi awal dari terbentuknya sebuah perancangan digital pada era modern seperti : Transistor.teknokrat. yaitu teknik mengambil langsung dari Internet sebagai bahan untuk pertimbangan dan pengisian makalah kami. www. Ketiga Gerbang ini dapat membantu kita dalam membuat Jaringan Pensaklaran atau yang biasa kita sebut sakelar pada lampu.doc . And.pdf. DAFTAR PUSTAKA Teknik yang kami gunakan adalah Studi Pustaka. Dioda. dan Not..org/~rinaldi/Matdis/Aljabar%20Boolean./Rangkaian%20Digital/Rangkaian_Digital2.ac.informatika..id/. dll.

.www.id/new/elearning/files..doc.mercubuana../14044-4141777018660.ac. pksm.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful