FILSAFAT PANCASILA

OLEH KELOMPOK 1 : 1. Wahyu Prasetyo 2. M. Miftahul Arif 3. Dewi Rara W.S 4. Amalia Andyni

(091910301041) (091910301055) (091910301056) (091910301062)

dengan tujuan untuk mendapatkan pokok-pokok pengertiannya secara mendasar dan menyeluruh. . Ideologi Pancasila adalah keseluruhan prinsip normatif yang berlaku bagi negara Republik Indonesia dan bangsa Indonesia secara keseluruhan.PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT PENGERTIAN PANCASILA SECARA FILSAFAT Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila sebagai dasar negara dan kenyataan budaya bangsa.

Wawasan filsafat meliputi bidang penyelidikan ontologi. Sebagaimana dijelaskan bahwa kesatuan sila-sila Pancasila adalah bersifat hierarkhis dan mempunyai bentuk piramidal. axiologi.KESATUAN SILA-SILA PANCASILA SEBAGAI SUATU SISTEM FILSAFAT Kesatuan sila-sila Pancasila pada hakikatnya bukanlah hanya merupakan kesatuan yang bersifat formal logis saja namun juga meliputi kesatuan dasar ontologis. epistemologi. dasar epistemologis serta dasar axiologis dari sila-sila Pancasila. Ketiga bidang ini dapat dianggap mencakup kesemestaan. digunakan untuk menggambarkan hubungan urutan-urutan luas (kuantitas) dan dalam pengertian inilah hubungan kesatuan sila-sila Pancasila itu dalam arti formal logis. .

nilai-niliai dasar n keyakinan-keyakinan yang mau di junjung tinggi sebagai pedoman normatif. yaitu cara berfikir dan cara kerja perjuangan. Secara sederhana artinya suatau gagasan yang berdasarkan pemikiran yang sedalam-dalamnya dan merupakan pemikiran fislafat. . sementara pengertian ideologi dalam arti sempit ialah gagasan dan teori yang menyeluruh tentang makna hidup dan nilai-nilai yang menyeluruh tentang makna hidup serta nilai-nilai yang mau menentukan dengan mutlak bagaimana manusia harus hidup dan bertindak. Pancasila sebagai ideologi negara indonesia dapat diartikan sebagai suatu pemikiran yang memuat pandangan dasar dan cita-cita mengenai sejarah. Dalam arti kata luas adalah keseluruhan citacita.PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI BANGSA DAN NEGARA Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Ideologi adalah gabungan dari dua kata majemuk idea dan logos. hukum dan negara indonesia yang bersumber dari kebudayaan indonesia. manusia. masyarakat.nilai budaya bangsa indonesia. dalam arti ini disebut ideologi terbuka dan indonesia negara kita adalh penganut ideologi terbuka. Pancasila sebagai ideologi nasional mengandung nilai. yang berasal dari bahasa yunani eidos dan logos.

b) Kenyataan menunjukkan bahwa bangkrutnya ideologi yang tertutup dan beku cenderung meredupkan perkembangan diri. bukan atas keinginan dari segenap komponen masyarakat indonesia.FAKTOR PENDORONG KETERBUKAAN IDEOLOGI PANCASILA Faktor –faktor yang mendorong keterbukaan ideologi pancasila andalah sebagai berikut : a) Kenyataan dalam proses pembangunan nasional dan dinamika masyarakat yang berkembang secara cepat. seperti bagaimana komunisme ditinggalkan oleh sebagian besar negara-negara Eropa Timur dan Rusia. seperti dominasi pemerintah Orde Baru untuk melaksanakan penataran Pedoman Penghayatan Pengalaman Pancasila (P4). yang mana materi penataran P4 itu sesuatu yang dirumuskan oleh kemauan pemerintah. c) Pengalaman sejarah politik masa lampau. d) Tekad untuk memperkokoh kesadaran akan nilai-nilai dasar Pancasila yang bersifat abadi dan hasrat mengembangkan secara kreatif dan dinamis dalam rangka mencapai tujuan nasional. . sehingga hasilnya jauh dari harapan yang diinginkan.

Mencengah berkembanganya paham liberal. Larangan terhadap ideologi Marxisme. yaitu sebagai berikut : a) b) c) d) e) Stabilitas nasional yang dinamis. Larangan terhadap pandangan ekstrim yang menggelisahkan kehidupan masyarakat.BATAS-BATAS KETERBUKAAN IDEOLOGI PANCASILA Sekalipun Pancasila memiliki sifat keterbukaan. namun ada batas-batas keterbukaan itu yang tidak boleh dilanggar. Lennisme dan komunisme. Penciptaan norma-norma baru melalui konsensus. .

yakni sebagai dasar negara Republik Indonesia.PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA Inilah sifat dasar Pancasila yang pertama dan utama. Penetapan Pancasila sebagai dasar negara tak hendak menghapuskan perbedaan. . Pancasila yang terkandung dalam alinea keempat Pembukaan UUD 1945 tersebut ditetapkan sebagai dasar negara pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI yang dapat dianggap sebagai penjelmaan kehendak seluruh rakyat Indonesia yang merdeka. Maka Pancasila merupakan intelligent choice karena mengatasi keanekaragaman dalam masyarakat Indonesia dengan tetap toleran terhadap adanya perbedaan. tetapi merangkum semuanya dalam satu semboyan empiris khas Indonesia yang dinyatakan dalam seloka “Bhinneka Tunggal Ika”. Pancasila merupakan sebuah kompromi dan konsensus nasional karena memuat nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh semua golongan dan lapisan masyarakat Indonesia.

dipertahankan dan dikembangkan dengan tujuan untuk melindungi dan mengembangkan martabat dan hak-hak azasi semua warga bangsa Indonesia (kemanusiaan yang adil dan beradab). memajukan kesejahteraan umum. Hal itu mengandung arti bahwa negara harus tunduk kepadanya. dan mencerdaskan kehidupan bangsa (keadilan sosial). mengembangkan dirinya dan mewujudkan kesejahteraannya lahir batin selengkap mungkin.Penetapan Pancasila sebagai dasar negara itu memberikan pengertian bahwa negara Indonesia adalah Negara Pancasila. agar masing-masing dapat hidup layak sebagai manusia. yaitu kesejahteraan lahir batin seluruh rakyat. membela dan melaksanakannya dalam seluruh perundang-undangan.Negara Pancasila adalah suatu negara yang didirikan. .

karena itu dikembangkanlah sikap hormat dan bekerja sama dengan bangsa –bangsa lain. . maka bangsa Indonesia merasa dirinya sebagai bagian dari seluruh umat manusia. gemar melakukan kegiatan –kegiatan kemanusiaan.Pancasila sebagai dasar negara dapat disimpulkan berisi: A. Persatuan dikembangkan atas dasar Bhineka Tunggal Ika. C. manusia Indonesia menempatkan persatuan. dengan memajukan pergaulan demi kesatuan dan persatuan bangsa. Sila Persatuan Indonesia Dengan sila persatuan Indonesia. serta kepentingan dan keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Sadar bahwa manusia adalah sederajat. kesatuan. Sila Katuhanan Yang Maha Esa Bangsa Indonesia menyatakan kepercayaan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan oleh karenanya manuasia percaya dan taqwa terhadap Tuhan YME sesuai dengan agama dan kepercayaannya masing-masing menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab. Sila kemanusian Yang Adil dan Beradab Kemanusiaan yang adil dan beradab menunjang tinggi nilai-nilai kemanusiaan. dan berani membela kebenaran dan keadilan. B.

menjaga kesinambungan antara hak dan kewajiban serta menghormati hakhak orang lain. Keputusan-keputusan yang diambil harus dapat dipertanggung jawabkan secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa. menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia serta nilai-nilai kebenaran dan keadilan. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia Dengan sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. . manusia Indonesia menyadari hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam kehidupan masyarakat Indonesia.D. Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan Manusia Indonesia menghayati dan menjungjung tinggi setiap hasil keputusan musyawarah. Pembicaraan dalam musyawarah dilakukan dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani yang luhur. E. kepercayaan diberikan kepada wakil-wakil yang dipercayanya. Disini kepentingan bersamalah yang diutamakan di atas kepentingan pribadi atau golongan. Dalam melaksanakan permusyawaratan. Untuk itu dikembangkan sikap adil terhadap sesama. karena itu semua pihak yang bersangkutan harus menerimannya dan melaksanakannya dengan itikad baik dan penuh rasa tanggung jawab. Dalam rangka ini dikembangkan perbuatannya yang luhur yang mencerminkan sikap dan suasana kekeluargaan dan gotong royong.

pancasila sebagai ideologi bangsa dan negara serta pancasila sebagai dasar negara. Oleh karena itu. mengenai pancasila sebagai sistem filsafat. segala aspek yang ada di Indonesia harus sesuai dengan pancasila dan UUD 1945.SIMPULAN Seperti yang sudah dijelaskan. . dan kemakmuran. yang menopang kehidpan masyarakat agar terciptanya rasa keadilan. Maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa pancasila benar-benar seperti layaknya sebuah akar bagi negara Indonesia.

TERIMAKASIH .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful