P. 1
Proposal Penelitian

Proposal Penelitian

|Views: 147|Likes:
Published by Unie Ariesandi

More info:

Published by: Unie Ariesandi on Mar 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/18/2012

pdf

text

original

PROPOSAL PENELITIAN EFEKTIVITAS PEMANFAATAN INTERNET DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA X KELAS XI CIREBON Oleh

: Arief zuhud r (0608594)

PENDIDIKAN ILMU KOMPUTER FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN 2009

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Dewasa ini berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat baik di negaranegara maju maupun negara yang sedang berkembang seperti di Indonesia. Salah satu teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang pesat diabad ini adalah internet. Kehadiran internet telah memberikan perubahan secara revolusioner terhadap cara hidup dan aktivitas manusia sehari-hari. Internet hadir sebagai media yang mengintegrasikan segala media komunikasi dan informasi konvensional yang telah ada. Melalui internet, setiap orang dapat mengakses ke dunia global untuk memperoleh berbagai informasi yang mereka butuhkan dalam segala kebutuhan sehari-harinya. Penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih sangat jauh dari harapan. Perlu perhatian dari berbagai pihak terutama pemerintah dan tenaga kependidikan untuk membenahi diri dalam rangka penguasaan produk teknologi dalam upaya mencerdaskan anak bangsa. Salah satu pemanfaatan internet bagi pendidikan adalah e-learning. Dengan menggunakan elearning, proses belajar mengajar tidak hanya dilakukan dikelas saja, bisa juga dilakukan melalui internet. Penggunaan Internet sebagai sarana belajar dapat menjadikan salah satu cara untuk meningkatkan dampak positif penggunaan Internet. Hal ini tentu saja membutuhkan peran serta para pendidik dalam pengelolaannya agar penggunaannya dapat terarah dengan baik serta sesuai dengan proses pembelajaran.

2. 1. Mempermudah guru dan siswa dalam mencari informasi dengan menggunakan internet.Melihat penggunaan internet dalam dunia pendidikan masih jauh dari harapan. Menstimulus guru dan siswa agar memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan. Untuk mengetahui tanggapan siswa dalam pemanfaatan teknologi seperti internet dalam proses pembelajaran. Pembelajaran yang akan dilaksanakan dalam penelitian ini dibatasi pada mata pelajaran TIK SMA X kelas XI (sebelas) di Kota Cirebon. Membiasakan siswa menggunakan internet. 3.2 Rumusan Masalah Berdasarkan latar belakang tersebut.5 Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah : 1. 2.3 Batasan Masalah Agar proses penelitian ini lebih terarah dan tidak terlalu meluas. maka rumusan masalah yang akan diangkat adalah : 1. Mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Bagaimana pendapat siswa tentang pemanfaatan internet dalam pembelajaran ? 1. 1. 5. 4. seperti internet. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. BAB II . 1. maka kita dapat meneliti sejauh mana pemanfaatan internet pada proses belajar menagajar dalam meningkatkan prestasi siswa pada suatu kelas. Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pemenfaatan internet dalam proses belajar mengajar.4 Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Sejauh mana pemanfaatan internet dalam pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA X Kelas XI Kota Cirebon ? 2. maka penulis membatasi pembelajaran pada penelitian ini.

sehingga mereka dapat berkomunikasi. Memang itulah fungsinya. e) Mengatur komunikasi secara teratur. Internet dalam Pembelajaran Beberapa manfaat internet untuk kepentingan pembelajaran adalah : 1) Pengembangan Profesional a) Meningkatkan pengetahuan. c) Akses informasi IPTEK. f) Berpatisipasi dalam forum dengan rekan sejawat baik local maupun internasional. b) Berbagi sumber informasi diantara rekan sejawat/ sedepartemen. INTERNET menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa. c) Berkomunikasi keseluruh belahan dunia. Pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.1 Landasan Teori a. INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan “bahasa” yang sama oleh semua jaringan dalam pengiriman data. definisi INTERNET ialah hubungan antar berbagai jenis komputer dan jaringan di dunia yang berbeda sistem operasi maupun aplikasinya di mana hubungan tersebut memanfaatkan kemajuan media komunikasi (telepon dan satelit) yang menggunakan protokol standar dalam berkomunikasi yaitu protokol TCP/IP. 2) Sumber Belajar/Pusat Informasi a) Informasi media dan metodologi pembelajaran. b. .KAJIAN PUSTAKA 2. d) Kesempatan untuk menerbitkan /mengumumkan secara langsung. apakah sistem DOS atau UNIX. Sementara jaringan lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau UNIX). yang berarti “antara”. Dengan demikian. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah. Secara kata per kata INTERNET berarti jaringan antara atau penghubung. Internet Istilah INTERNET berasal dari bahasa Latin inter. b) Bahan baku & bahan ajar untuk segala bidang pelajaran.

d) Bahan Pustaka/referensi. tetapi menjadi partner peserta didik dalam proses penemuan berbagai informasi dan makna-makna dari informasi yang diperolehnya dalam pelajaran yang mereka bahas dan kaji bersama. pelatihan. Siswa Siswa adalah merupakan objek utama dalam penelitian ini. agar mereka mampu bereksplorasi untuk membentuk kompetensi dengan menggali potensi dan kebenaran secara ilmiah. peserta didik harus aktif menemukan informasi-informasi tersebut dan guru bukan mengontrol stimulasi. emosi dan faktor-faktor lain berdasarkan pengalaman-pengalaman sebelumnya. Pembelajaran Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar. e. b) Meningkatkan kepekaan akan permasalahan yang ada diseluruh dunia. pengolahan informasi. 4) Menambah wawasan. pengetahuan. d) Hiburan. Galloway dalam Toeti Soekamto (1992: 27) mengatakan belajar merupakan suatu proses internal yang mencakup ingatan. dsb. pergaulan. Belajar Menurut Gagne (1984: ) belajar didefinisikan sebagai suatu proses dimana suatu organisme berubah perilakunya akibat suatu pengalaman. pengajar dan bahan ajar. Belajar adalah mengembangkan berbagai strategi untuk mencatat dan memperoleh berbagai informasi. Menurut Undang-Undang nomor 3 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. c. c) Mengembangkan kemampuan di bidang penelitian. b) Belajar berinteraktif. lowongan pekerjaan. c) Informasi beasiswa. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Pembelajaran harus sebanyak mungkin melibatkan peseta didik. retensi. d. siswa atau peserta didik diartikan sebagai didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan . 3) Belajar sendiri secara cepat a) Meningkatkan pengetahuan. pengembangan karier a) Meningkatkan komunikasi dengan seluruh masyarakat lain.

BAB III METODOLOGI PENELITIAN 3. jenjang. pengelolaan. Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek. dan jenis pendidikan tertentu. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses. Teknologi Informasi dan Komunikasi Menurut Pusat Kurikulum Diknas Indonesia. penggunaan sebagai alat bantu. maka penelitian tersebut dinamakan penelitian eksperimen. 2008: 30) bahwa jika perlakuan dan kontrol diatur secara sengaja sehingga terdapat kondisi yang dimanipulasikan oleh peneliti atau petugas lain.potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada jalur. yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. manipulasi. . karena adanya kondisi yang dimanipulasi oleh peneliti. manipulasi. Jadi Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan.1 Desain Penelitian Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif dan metode eksperimen. f. dalam penelitian ini sampel didesain menjadi dua kelompok penelitian yaitu kelompok yang diberi perlakuan model pembelajaran menggunakan internet sebagai kelompok eksperimen dan kelompok yang diberi perlakuan model pembelajaran konvensional yang dilakukan di sekolah sebagai kelas kontrol. Hal ini sesuai dengan pendapat Ruseffendi (dalam Heryanto. dan transfer/pemindahan informasi antar media. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Group Design yang disajikan sebagai berikut: AOXO AOO Keterangan: A : pengelompokan objek secara acak O : pretest atau posttest X : perlakuan dengan menggunakan pembelajaran berbasis komputer Oleh karena itu. dan pengelolaan informasi.

tes yang digunakan terbagi ke dalam dua macam tes. c. Angket bertujuan untuk mengetahui kesan siswa dalam pembelajaran yang telah dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran dengan internet. Melakukan perizinan untuk penelitian. Angket diberikan setelah seluruh pembelajaran dilakukan (pertemuan terakhir). 2.3. adalah sebagai berikut: 1. Menentukan populasi dan memilih sampel. Tahap Persiapan Langkah-langkah yang dilakukan dalam tahap ini. Pada penelitian ini. Menyusun software pembelajaran. Tipe tes yang akan diberikan berupa tes objektif (bentuk pilihan ganda) karena bentuk pilihan ganda cocok untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa. dipilih dua kelas sebagai sampel yang akan dijadikan subjek dalam penelitian ini. alat evaluasi. dan strategi pembelajaran. Identifikasi permasalahan mengenai bahan ajar. Tes Tes diberikan untuk mengukur atau mengetahui kemampuan kognitif siswa terhadap materi yang diajarkan. Dari populasi di atas dan berdasarkan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini. maka jenis instrumen yang digunakan dalam penelitian ini. siswa dituntut untuk memahami materi yang akan diteskan sehingga dengan tes ini dapat diketahui kemampuan siswa sampai sejauh mana dalam penguasaan materi. Dalam menjawab tes. Menyusun komponen-komponen pembelajaran yang meliputi bahan ajar. Salah satu kelas dari sampel yang diambil tersebut akan dijadikan sebagai kelas eksperimen. 3. alat pembelajaran.4 Prosedur Penelitian Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap. b. serta alat dan bahan yang akan digunakan.3 Instrumen Penelitian Untuk mendapatkan data. Angket Angket digunakan untuk mengukur aspek afektif siswa. 3. 2) posttest yaitu tes yang dilakukan setelah perlakuan diberikan. d. e. merencanakan pembelajaran. yaitu: 1) pretest yaitu tes yang dilakukan sebelum perlakuan diberikan. sedangkan kelas yang satu lagi menjadi kelas kontrol. . adalah sebagai berikut: 1. 3.2 Populasi dan Sampel Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 6 Cirebon yang berada di Cirebon. yaitu sebagai berikut: a. Wawancara Wawancara dilakukan sebelum dan sesudah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan guru mengenai pembelajaran yang telah dilakukan dalam penelitian.

f.7pt.0001pt 56. text-ali . <p class=”MsoNormal” style=”margin: 0in 0in 0. Menyusun instrumen berupa tes.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->