soal dan pembahasan : vektor

Posted on November 7, 2010. Filed under: contoh soal | Contoh soal dan pembahasan fisika SMA kelas 10 (X), materi Vektor; jumlah dan selisih vektor, penguraian gaya dan beberapa variasi soal terapan vektor.

Soal No. 1 Diberikan dua buah vektor gaya yang sama besar masing-masing 10 Newton seperti gambar berikut.

Jika sudut yang terbentuk antara kedua vektor adalah 60°, tentukan nilai resultan kedua vektor!

Pembahasan

Soal No.2 Perhatikan gambar berikut!

Jika satu kotak mewakili 10 Newton, tentukan resultan antara kedua vektor! Pembahasan Cari jumlah resultan pada sumbu x dan sumbu y, cukup dengan menghitung kotak dari masing-masing vektor, kemudian masukkan rumus resultan:

Soal No.3 Diberikan 3 buah vektor F1=10 N, F2=25 N dan F3=15 N seperti gambar berikut.

Uraikan semua vektor ke sumbu x dan sumbu y (kecuali vektor yang sudah lurus pada sumbu x atau y seperti F2). kiri -) 3. Resultan ketiga vektor b. Ikuti langkah-langkah berikut: 1. Sin 53° = (4/5)] Pembahasan a. Cari jumlah vektor pada sumbu x ( kanan +. tentukan besar sudut yang dibentuk oleh kedua vektor! (Sumber Soal : SPMB) Pembahasan Jumlah dan selisih kedua vektor masing-masing adalah Perbandingan jumlah dan selisihnya adalah √3 sehingga . bawah -) 4. Bila perbandingan antara besar jumlah dan besar selisih kedua vektor sama dengan √3. 4 Ditentukan 2 buah vektor F yang sama besarnya.Tentukan: a. Cari jumlah vektor pada sumbu y (atas +. Lihat gambar di bawah! 2. Masukkan rumus resultan b. Mencari sudut yang terbentuk antara resultan vektor R dengan sumbu x Soal No. Arah resultan terhadap sumbu X [Sin 37° = (3/5).

Bila perahu diarahkan menyilang tegak lurus dengan kecepatan 3 m/s. . Dengan membandingkan sisi-sisi segitiga ABC dan ADE : Tips “Untuk dua buah vektor dengan besar yang sama dan membentuk sudut 120o maka resultan kedua vektor besarnya akan sama dengan besar salah satu vektor” Berikut ilustrasinya: Dua buah vektor dengan besar yang sama yaitu 10 N membentuk sudut 120o maka nilai resultan kedua vektor juga 10 N.5 Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 180 m dan kecepatan airnya 4 m/s.Kuadratkan ruas kiri dan kanan Soal No. tentukan panjang lintasan yang ditempuh perahu hingga sampai ke seberang sungai! (Sumber Soal : UMPTN) Pembahasan Asumsikan bahwa perahu bergerak lurus beraturan menempuh lintasan AD dan resultan kecepatan perahu dan air adalah 5 m/s (gunakan aturan Phytagoras).

2. Perhatikan gambar gaya-gaya di bawah ini! Besar resultan ketiga gaya tersebut adalah…. A. zaman kakak-kakak kita) tahun 2000. c seperti gambar di bawah. 3 √3 N E.0 N B. Sehingga dengan mudah soal ini bisa dijawab resultan ketiga gaya adalah 6 N dikurangi 3 N hasilnya adalah 3 N. Soal No. 4√3 N Pada soal di atas 2 buah vektor (gaya) 3 N membentuk sudut 120o. 2 √3 N C.Berikut contoh soal diambil dari soal EBTANAS (UN tempo dulu.0 N D. dan kemiringan sudut antara resultan dan sumbu X Pembahasan Data: Soal No. namun berlawanan arah. 6 Diberikan 3 buah vektor : a = 2i + 3j satuan b = 4i + 5j satuan c = 6i + 7j satuan Tentukan besar resultan ketiga vektor. sehingga resultan kedua gaya juga 3 N. 7 Diberikan 3 buah vektor a. 3. b. Resultan kedua gaya ini akan segaris dengan gaya 6 N. .

Dengan metode poligon tunjukkan : (i) d = a + b + c (ii) d = a + b − c (iii) d = a − b + c Pembahasan Dengan metode poligon : (i) d = a + b + c (ii) d = a + b − c (iii) d = a − b + c .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful