P. 1
Jenis Koperasi

Jenis Koperasi

|Views: 253|Likes:
Published by atrinadecy

More info:

Published by: atrinadecy on Mar 22, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/16/2014

pdf

text

original

BAB II DASAR TEORI

II. 1 Pengertian Koperasi

Kata koperasi secara etimologi berasal dari bahasa asing, yakni: Bahasa Inggris Cooperatives Gabungan 2 kata:   Co : Bersama Operation Melakukan pekerjaan (Kerja) Bahasa Belanda Cooperatie Arti : Kerja Bersama :

Menurut UU No. 25 Tahun 1992, pengertian Koperasi adalah: Badan usaha yang beranggotakan orang-seorang atau badan hukum Koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip Koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasar atas asas kekeluargaan.

Menurut para ahli: 1. Dr. Fay ( 1980 ) Koperasi adalah suatu perserikatan dengan tujuan berusaha bersama yang terdiri atas mereka yang lemah dan diusahakan selalu dengan semangat tidak memikirkan dari sendiri sedemikian rupa, sehingga masing-masing sanggup menjalankan kewajibannya sebagai anggota dan mendapat imbalan sebanding dengan pemanfaatan mereka terhadap organisasi.

2. R.M Margono Djojohadikoesoemo Koperasi adalah perkumpulan manusia seorang-seoarang yang dengan sukanya sendiri hendak bekerja sama untuk memajukan ekonominya.

3. Margaret Digby Koperasi adalah kerja sama dan siap untuk menolong.

Dari pengertian secara etimologi.” Penjelasan pasal 33 UUD 1945: “Dalam pasal 33 tercantum dasar demokrasi. II. 2. Undang-undang. 2 Landasan Koperasi Untuk mendirikan sesuatu. begitupun juga koperasi. Yang dimaksud landasan strukturil koperasi adalah tempat berpijak koperasi dalam susunan hidup bermasyarakat. serta para ahli. yakni memajukan ekonomi berdasarkan asas kekeluargaan. yakni: 1. dibutuhkan suatu landasan atau dasar yang kokoh agar tidak goyah. Oleh karena itu. Ada 3 macam landasan yang dapat dikemukaan terkait dengan koperasi. tujuan tersebut sama dengan apa yang dicita-citakan oleh seluruh bangsa Indonesia. Telah diketahui bahwa factor utama yang menentukan koperasi adalah adanya sekelompok orang yang telah seiya sekata untuk mengadakan kerja sama. Dengan perkataan lain landasan idiil Koperasi adalah Pancasila. Landasan Strukturiil Strukturil dalam bahasa Inggris berarti susunan. Dalam rangka mencapai cita-cita tersebut Koperasi berlandaskan Pancasila. maka landasan strukturil koperasi di Indonesia tidak lain adalah UUD 1945. Sehingga. landasan koperasi terletak pada orang-orang yang tergabung di dalamnya. karena koperasi merupakan salah satu bentuk susunan ekonomi di masyarakat. Tata kehidupan masyarakat di dalam suatu Negara diatur dalam Undang-undang Dasar (UUD). untuk semua dibawah pimpinan atau penilikan anggota-anggota . Koperasi bertujuan untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur. yang berbunyi: “Perekonomian diatur sebagai usaha bersama didasarkan azas kekeluargaan. Yang dimaksud landasan idiil koperasi adalah dasar atau landasan yang digunakan dalam usaha mencapai cita-cita koperasi. ekonomi produksi dikerjakan oleh semua. Landasan idiil Ideal dalam bahasa Inggris berarti gagasan atau cita-cita. Pancasila adalah falsafah Negara Indonesia. hal ini diatur dalam pasal 33 ayat 1. Di dalam UUD 1945. Di Indonesia berlaku UUD 1945. dapat disimpulkan bahwa koperasi berarti bekerja sama. Koperasi merupakan suatu perkumpulan subyek hukum (orang atau badan hukum) yang memiliki tujuan bersama.

. agar koperasi bersifat dinamis. Tanpa mengurangi sifat-sifat yang baik tersebut. Kemakmuran masyarakatlah yang diutamakan. Landasan Mental Mental yang baik dapat dilihat dari sikap atau tingkah laku yang mencerminkan isi hati dan buah fikiran seseorang. Landasan mental setia kawan harus disertai dengan landasan berpribadi. Setia kawan merupakan landasan untuk bekerja sama berdasarkan azas kekeluargaan. rajin ramah tamah. seseorang dapat dikatakan jujur. atah menghndari sebab-sebab lain yang dapat merusak koperasi.” 3. Sebab itu perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan. sabar dan sebagainya.masyarakat. bukan kemakmuran orang-seorang. Bangun perusahaan yang sesuai dengan itu ialah koperasi. Dari sikap atau tingkah lakunya. yang menjadi landasan mental koperasi adalah setia kawan dan kesadaran berpribadi. Landasan ini sudah tertanam dalam masyarakat Indonesia dan tercermin dalam kehidupan secara gotong royong. teliti. Mental setia kawan akan menjadi landasan untuk menjaga jangan samapai fikiran orang mudah goyah.

Ia berisi rumus yang disepakati oleh seluruh anggota tentang cara-cara bekerja bagi saatu koperasi komsunsi. Pengertian kepentiangan disini maksudnya adalah kepentingan orang-orang maupun masyarakat. keadilan.2.” Pengertian koperasi sebagai landasan-landasannya dan kegiatannya sebagai kumpulan orang-orang yang melakukan kerja sama untuk menyelenggarakan dan mencapai kepentiangan bersama. Prinsip Prinsip-prinsip koperasi adalah solidaritas. adil. . dan dengan menggunakan timbangan yang benar.BAB III PEMBAHASAN Hakikat III. harus asli.Jadi koperasi itu merupakan bentuk kerjasama orang-seorang atau badan yangbersamaan kepentingan.dan bukanlah kumpulan modal yang bertujuan memajukan kesejahteraan material anggotanya dengan memberi pelayanan kepada anggota seadilnya III. dan peningkatkan kesejeterahan bersama.25 tahun 1992 tentang perkoperasian ” Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju. Berdasarkan pasal 3 UU NO. Kesimpulannya pada dasarnya tujuan koperasi sama dengan apa yang dicitacitakan oleh seluruh bangsa Indonesia. Adapun tujuan koperasi lainnya sebagai membantu terselenggaranya kepentingan orang seorang baik selaku anggota koperasi maupun selaku anggotam masyarakat. demokrasi. keadaan perekonomian negara. dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.1 Tujuan Koperasi adalah lembaga ekonomi rakyat yang menggerakkan perekonomian rakyat dalam memacu kesejahteraan masyarakat. Dimana gerakan koperasi dijamin UUD 45 sebagai organisasi ekonomi rakyat yang hak hidupnya bertujuan mencapai masyarakat adil dan makmur. yaitu Menjual barang murni. Prinsip Rochdale adalah prinsip koperasi pertama kali dikenal dan dirintis oleh Koperasi prinsip Rochdale dibentuk pada tahun 1844. sikap memperhatikan kepentingan orang selain kepentingan diri sendiri. kemerdekaan.

Menjual sesuai dengan harga pasar. kerjasama yang erat diantara koperasi-koprasi baik tingkat ditingkat regional. nasional dan internasional. maka koperasi melaksanakan pula prinsip Koperasi sebagai berikut : a.pelatihan dan informasi. pasal 5 UU No. e. Berdasarkan Kongres ICA tahun 1995 di Manchester. c. Pengawasan dilakukan secara demokratis. keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka pengelolaan dilakukan secara demokratis pembagian sisa hasil usaha dilakukan secara adil sebanding dengan besarnya jasa d. b.25 tahun 1992 1) Koperasi melaksanakan prinsip Koperasi sebagai berikut : a. Tidak membeda-bedakan aliran politik dan agama anggota.partisipasi oleh berikut keanggotaan bersifat sukarela dan terbuka. Pembagian sisa hasil usaha sebanding dengan jasa dan pembelian masing-masing anggota.Menjual secara tunai. Inggris tahun 1995. kebebasan. Pengaturan prinsip koperasi di Indonesia diatur dalam UU No. Di Indonesia sendiri dalam menerapkan prinsi-prinsip koperasi tidak sematamata mengadopsi langsung prinsip-prinsip tersebut. ICA berhasil merumuskan pernyataan tentang jati diri koperasi (Identity Cooperative ICA Statement/ICIS) sebagai pengendalian suara. pendidikan perkoperasian kerja sama antarkoperasi . pendidikan. otonomi satu dan orang satu anggota-anggota anggota ekonomi koperasi. secara demokratis. usaha masing-masing anggota pemberian balas jasa yang terbatas terhadap modal kemandirian (2) Dalam mengembangkan Koperasi. Bunga atas modal dibatasi. Menyelenggarakan pelatihan kepada anggota dengan prinsip-prinsip anggota ICA sebagai organisasi puncak perkoperasian dunia juga telah merumuskan secara umum tentang prinsip-prinsip koperasi yang sekarang menjadi prasyarat bagi badan-badan koperasi tingkat nasional untuk dapat diterima menjadi anggota ICA. 25 tahun 1992 Prinsip Koperasi. dikembalikan lagi kepada norma dan nilai yang ada di Indonesia sebelum diterapkan. kepedulian terhadap komunitas. b. Seorang anggota berhak memiliki satu suara. Keanggotaan bersifat terbuka.

25 tahun 1992. berperan serta secara aktif dalam upaya mempertinggi kualitas kehidupan manusia dan masyarakat. Hanya saja dalam peralisasiannya dibutuhkan lingkungan dan peran aktif masyarakat sekitar. d. Potensi-potensi dan kemampuan ekonomi yang memiliki kemampuan yang kecil dapat disalurkan oleh koperasi. untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan sosialnya. Jadi diharapkan koperasi dapat membangun dan membantu semua pihak dalam bidang perekonomian. berusaha untuk mewujudkan dan mengembangkan perekonomian nasional yang merupakan usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Koperasi memiliki peluang untuk membangun pihak-pihaknya dalam bidang kesejahteraan baik perekonomian dan social. Koperasi diharapkan mampu membangun dan mengembangakn potensi dan kemampuan ekonomi beberapa pihak. membangun dan mengembangkan potensi dan kemampuan ekonomi anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. kemudian dihimpun dan dapat dijadikan kekuatan perekonomian yang besar. Fungsi dan peran Koperasi adalah : a. baik anggota maupun masyarakat luas yang sebagian besar umunya relatif kecil.3. c. memperkokoh perekonomian rakyat sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional dengan Koperasi sebagai sokogurunya. Selain itu koperasi dapat menajadi acuan untuk meningktakan kesejahteraan ekonomi para anggotanya. b.prinsip koperasi sendiri merupakan garis-garis penuntun dan pemandu yang digunakan oleh koperasi untuk melaksanakan nilai-nilai koperasi dalam praktik kerjanya. . Koperasi dapat juga menajadi wadah kerjasama ekonomi untuk meningkatkan masyarakat. III.Fungsi dan Peran Fungsi dan peran koperasi adalah suatu pedoman dalam organisasi koperasi tersebut Berdasarkan pasal 4 uu No.

Koperasi Konsumsi Koperasi konsumsi adalah usaha atau kegiatan yang dilakukan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari para anggotanya.III. . Jenis koperasi dapat digolongkan menjadi empat golongan ditinjau dari segi fungsi atau kegiatannya. Contohnya adalah KUD di desa-desa. Jenis koperasi ini bertindak sebagai penyalur suatu produksi dari beberapa produsen yang anggota-anggotanya terdiri dari tiap-tiap orang yang mempunyai kepentingan langsung dalam lapangan konsumsi. Koperasi Sekunder dapat bemanfaat dalam memperoleh barang-barang murah yang berasal langsung dari sumber aslinya. Selain berfungsi sebagai penyalur tunggal barang-barang kebutuhan rakyat. Tujuan Koperasi Konsumsi ialah agar anggota-anggotanya dapat membeli barang-barang konsumsi dengan kualitas yang baik dan harga yang layak dengan memperpendek jarak antara produsen dan konsumen. Menurut T. dengan membentuk gabungan Koperasikoperasi primer. yaitu Koperasi Primer dan Koperasi Sekunder. Gabungan Koperasi-koperasi Primer dapat dengan membeli langsung dari produsen atau mengimpor sendiri. Sedangkan koperasi Sekunder adalah suatu perkumpulan koperasi yang beranggotakan badan-badan hukum koperasi karena kesamaan kepentingan ekonomis mereka bergabung untuk tujuan efisiensi dan kelayakan ekonomis dalam rangka melayani para anggotanya. Jenis Koperasi Di dalam Koperasi. Jenjang penggabungan ini dapat bertingkat-tingkat atau hanya setingkat saja. Contohnya adalah Pusat dan Induk KUD. koperasi konsumsi juga berfungsi agar harga barang yang sampai di tangan pemakai dapat menjadi lebih murah sehingga ongkos-ongkos penjualan maupun ongkos pembelian dapat dihemat. Hal ini didasarkan kepada pertimbangan-pertimbangan kelayakan dan efisiensi usaha dan pelayanan kepada para anggotanya.4. yakni: 1. lalu menyalurkan ke koperasikoperasi primer. Soeyanto dalam bukunya yang berjudul Koperasi. dikenal dengan pembagian Koperasi menurut jenjang hierarki organisasinya. Koperasi Primer adalah suatu perkumpulan koperasi yang beranggotakan orang atau manusia yang memiliki kesamaan kepentingan ekonomi dan melakukan kegiatan usaha yang langsung melayani para anggotanya tersebut.

Namun. murah. Dengan adanya Koperasi kredit. Fungsi pinjaman di dalam Koperasi adalah untuk memperbaiki kehidupan para anggotanya. Koperasi Kredit dapat pula mendidik anggota hidup berhemat. buruh atau karyawan dan anggota-anggotanya ABRI yang berusaha memperoleh barang-barang kebutuhan sehari-harinya dengan mudah dan murah. 2. Umumnya koperasi-koperasi tersebut berdiri sendiri-sendiri dan tak mempunyai hubungan dengan satu sama lain. Koperasi Konsumsi membeli barang-barang dalam jumlah besar sesuai dengan kebutuhan anggota. Untuk mendapatkan harga barang yang murah dan ekonomis. para anggota yang membutuhkan bantuan dapat terbantu dengan mengangsur pinjaman tersebut tiap bulan. maka Koperasi Konsumsi sering pula disebut Koperasi Pemakaian. supaya giat menyimpan secara teratur sehingga membentuk modal sendiri. Yang mendirikan Koperasi Konsumsi biasanya para konsumen atau pemakai barang-barang seperti para pegawai negeri. Namun ongkos atau bunga ditetapkan serendah mungkin agar dirasa ringan oleh para anggotanya. Jenis barang yang dibeli oleh Koperasi harus sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anggotanya agar barang-barang tersebut terjual dan tidak terjadi penimbunan. cepat dan tepat untuk tujuan produktif dan kesejahteraan. Koperasi Kredit atau Koperasi Simpan Pinjam Koperasi Kredit atau Koperasi Simpan pinjam ialah koperasi yang bergerak dalam usaha pembentukan modal melalui tabungan-tabungan para anggota secara teratur dan terus-menerus untuk kemudian dipinjamkan secara anggota dengan mudah. Koperasi kredit didirikan untuk memberikan kesempatan kepada anggota-anggotanya memperoleh pinjaman dengan mudah dan dengan ongkos atau bunga yang ringan. Oleh karena itu. Anggota-anggota Koperasi Konsumsi ini biasanya terdiri dari konsumen atau pemakai barang-barang. maka koperasi Konsumsi berusaha memperoleh serta membeli barang-barang yang dibutuhkan dari pedagang-pedagang besar (grosir_ atau langsung dari importir dan pabrik.Untuk melayani kebutuhan anggota-anggotanya. . yang sangat membutuhkan dengan syarat-syarat yang ringan serta mendidik kepada para anggota. dapat membantu keperluan kredit para anggota. dengan menyisihkan sebagian dari pendapat mereka dan menambah pengetahuan tentang perkoperasian. Dengan uang pinjaman tersebut.

Misalnya ia Koperasi Simpan Pinjam. Koperasi Campuran Koperasi Campuran mempunyai bentuk tertentu dari salah satu jenis di atas. dimana bidang kegiatannya kadang-kadang menjalankan kegiatan jenis koperasi lain. Sedangkan dari masing-masing jenis atau golongan koperasi di atas terdiri bermacammacam koperasi. Berbeda dengan T. Koperasi Pertanian dan lain-lain. yaitu Koperasi produksi Kaum Buruh dan Koperasi Produksi Kaum Produsen. 4. tidak mengklasifikasikan Koperasi Campuran dalam golongan menurut fungsi dan kegiatannya. Koperasi Kerajinan.H. Koperasi Pembuatan Sepatu. buruh tersebut juga merupakan pemilik perusahaan itu.W. kita mengenal dua macam Koperasi Produksi. Sebagai contoh Koperasi Produksi Pertanian yang anggotaanggotanya adalah para petani produsen pertanian. Koperasi Tahu Tempe. Koperasi Produksi Kaum Buruh memiliki anggota yang berasal dari orangorang tidak mempunyai perusahaan sendiri.pengurus koperasi harus memperhatikan pula agar supaya pinjaman tersebut benarbenar dipergunakan untuk hal yang bermanfaat. Mereka umumnya adalah kaum produsen kecil. Koperasi Produksi Kaum Produsen mempunyai anggota yaitu orangorang yang masing-masing mempunyai perusahaan sendiri. Selain bertindak sebagai anggota. Dra Ninik Widiyanti dan Y. S. Anggota-anggota dari Koperasi ini terdiri dari kaum buruh yang masing-masing memiliki keterampilan tertentu. Koperasi produksi terdiri dari kaum buruh atau pengusaha kecil yang mampu menghasilkan sesuatu barang atau jasa. Sunindhia. tetapi pada suatu saat guna mencukupi keperluan anggotanya. Oleh sebab itu. yang kegiatannya berdiri sendiri. Koperasi Batik. dan dalam rapat anggota mereka berusaha mengambil keputusan-keputusan bersama. Koperasi Produksi Koperasi produksi adalah usaha yang bergerak dalam bidang ekonomi pembuatan dan penjualan barang-barang baik yang dilakukan oleh Koperasi sebagai organisasi maupun orang-orang anggota koperasi. Sementara itu. Soeyanto. . Melainkan memasukkan Koperasi Jasa dan Koperasi Serba Usaha atau Koperasi Unit Desa. 3. Contoh Koperasi Produksi adalah Koperasi Peternak Sapi Perah. ia salurkan barang-barang umpamanya tekstil dan lain-lain.

. Dengan harapan KUD mampu menjadi pusat pelayanan kegiatan perekonomian pedesaan yang berdaya guna dan berhasil guna. Dengan adanya Koperasi Jasa. KUD bertujuan untuk mengembangkan ideology dan kehidupan perkoperasian. menurut sifat kegiatan usahanya. menurut Drs. Sedangkan Koperasi Serba Usaha atau Koperasi Unit Desa dikhususkan dalam rangka mengingkatkan produksi dan kehidupan rakyat di daerah pedesaan. Djabaruddin Djohan dalam Buku materi Pokok Perkoperasian menyatakan. Koperasi Perencanaan dan Konstruksi Bangunan. Di samping itu juga untuk menyediakan barang-barang kebutuhan sehari-hari mereka. Koperasi Asuransi memberikan jasa jaminan kepada para anggota seperti Asuransi Jiwa. Sementara itu. selain itu untuk mensejahterakan anggota dan meningkatkan kemampuan produksi dan daya kreasi usaha anggota. yaitu Koperasi Tunggal Usaha dan Koperasi Serba Usaha. dapat menghindarkan persaingan dan permusuhan diantara para nggotanya serta mempermudah untuk memperoleh alat-alat atau barang-barang yang dibutuhkan profesi mereka. KUD sebagai pusat pelayanan dalam kegiatan perkoperasiaan pedesaan memiliki dan melaksanakan fungsi perkreditan.Koperasi Jasa adalah koperasi yang berusaha di bidang penyediaan jasa tertentu bagi para anggota maupun masyarakat umum. Satu Unit Desa terdiri dari beberapa desa dalam satu Kecamatan yang merupakan satu kesatuan potensial ekonomi. Asuransi Pinjaman dan Asuransi Kebakaran. Yang menjadi anggota KUD tersebut adalah orang-orang yang bertempat tinggal atau yang menjalankan usahanya di wilayah Unit Desa tersebut. dan memberikan pelayanan kepada anggota dan masyarakat. Parjiman Nurzain dan Drs. Untuk satu wilayah potensial ekonomi ini dianjurkan membentuk satu Koperasi Unit Desa atau KUD. Koperasi dapat dibagi ke dalam dua jenis. penyediaan dan penyaluran sarana produksi pertanian dan keperluan sehari-hari. pengolahan serta pemasaran hasil pertanian. Koperasi Perumahan memberikan jasa dengan cara menyewakan rumah-rumah sehat dengan harga sewa yang cukup rendah atau menjualnya dengan harga ringan. Macam atau jenis Koperasi ini adalah Koperasi Angkutan. Koperasi Jasa Audit. Koperasi Asuransi Indonesia dan lain-lain. Namun apabila potensi ekonomi dalam satu kecamatan memungkinkannya dibentuk lebih dari satu KUD. Koperasi pengangkutan misalnya memberi jasa angkutan barang atau orang.

Koperasi Tunggal Usaha adalah Koperasi yang mengusahakan hanya satu macam kegiatan usaha. . melainkan makin luas karena kebutuhan anggota yang makin berkembang dan kesempatan usaha yang terbuka. Contoh dari Koperasi jenis ini adalah KUD. Sedangkan Koperasi Serba Usaha adalah Koperasi yang menyelenggarakan usaha lebih dari satu macam kebutuhan ekonomi atau kepentingan ekonomi para anggotanya. Koperasi demikian biasanya tidak dibentuk sekaligus untuk melakukan bermacam-macam usaha. meskipun kebutuhan para anggota dan kesempatan untuk memperluas usaha masih ada. KSU dan Koperasi di lingkungan karyawan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->