MAKALAH KIMIA TERAPAN

INDUSTRI MINYAK BUMI

DISUSUN OLEH KELOMPOK 6 : SHERLY (H311 09 273) NURUL WAHYUNINGSIH (H311 09 274) NURHAJRAH (H311 09 275)

JURUSAN KIMIA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2012

analisis sedimen. coklat gelap. dan minyak bakar. tapi dalam penggunaan seharihari ternyata juga digunakan dalam bentuk hidrokarbon padat. dari bahasa latin yaitu petrus yaitu karang dan oleum yaitu minyak. premium. Ada beberapa jenis BBM yang dikenal di Indonesia. atau kehijauan yang mudah terbakar. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon. Jika dilihat kasar. Persentase hidrokarbon ringan didalam minyak mentah sangat bervariasi yaitu 97% dari berat kotor. solar industri. Minyak bumi diambil dari sumur minyak di pertambangan-pertambangan minyak. dan kemurniannya. Minyak bumi akan diproses ditempat pengilangan minyak dan dipisah-pisahkan hasilnya berdasarkan titik didihnya sehingga menghasilkan berbagai macam bahan bakar. pertamax plus. diantaranya adalah minyak tanah rumah tangga.BAB I PENDAHULUAN Minyak bumi dalam bahasa inggris yaitu Petroleum. pertamax. solar transportasi. dan berbagai macam studi lainnya. cair. komposisi. . dan gas lainnya. tetapi bervariasi dalam penampilan. Lokasi sumur-sumur minyak ini didapatkan setelah melalui proses studi geologi. adalah cairan kental. minyak bumi hanya berisi minyak mentah saja. karakter dan struktur sumber. sebagian besar seri alkana. Minyak bumi juga dijuluki sebagai emas hitam. Minyak bumi digunakan untuk memproduksi berbagai macam barang dan material yang dibutuhkan manusia. minyak tanah indutri. pertamax racing. yang berada dilapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. minyak diesel. bio premium. bio solar. mulai dari bensin dan minyak tanah sampai aspal dan berbagai reagen kimia yang dibutuhkan untuk membuat plastik dan obat-obatan.

Karena tekanan dipermukaan bumi lebih rendah daripada di bawah tanah.Sumur minyak sebagian besar menghasilkan minyak mentah. dan terkadang ada juga kandungan gas alam di dalamnya. beberapa gas akan keluar dalam bentuk campuran. .

Mandeleyev (1877) mengemukakan bahwa minyak bumi terbentuk akibat adanya pengaruh kerja uap pada karbida-karbida logam dalam bumi. kemudian ditutupi oleh lumpur. atau kehijauan yang mudah terbakar. 2. coklat gelap. Berdasarkan teori anorganik (abiogenesis) beberapa ahli bependapat mengenai minyak bumi. Lapisan lumpur tersebut lambat laun berubah menjadi batuan karena pengaruh tekanan lapisan di atasnya. Barthelot (1866) mengemukakan bahwa di dalam minyak bumi terdapat logam alkali. Minyak dan gas dapat pula bermigrasi dari suatu daerah ke daerah lain. Minyak bumi dan gas alam berasal dari jasad renik lautan. bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa jasad renik tersebut dan mengubahnya menjadi minyak dan gas. dengan meningkatnya tekanan dan suhu. yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. tumbuhan. kemudian terkonsentrasi jika terhalang oleh lapisan yang kedap. dijuluki juga sebagai emas hitam adalah cairan kental. Sisa-sisa organisme tersebut mengendap di dasar lautan. yaitu : 1. dan hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu. Proses pembuatan minyak bumi dan gas ini memakan waktu jutaan tahun. . dari bahasa latin: petrus yaitu karang dan oleum yaitu minyak).BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2. Minyak dan gas yang terbentuk meresap dalam batuan yang berpori seperti air dalam batu karang. Sementara itu.1 Pengertian Minyak Bumi Minyak bumi (bahasa inggris: petroleum. yang dalam keadaan bebas dengan temperatur tinggi akan bersentuhan dengan CO2 membentuk asitilena.

Yang lebih ekstrim lagi adalah pernyataan beberapa ahli lain yang mengemukakan bahwa minyak bumi mulai terbentuk sejak zaman prasejarah. yaitu : 1. Minyak mentah (cude oil) berbentuk cairan kental hitam dan berbau kurang sedap. Acetylena akan berubah menjadi benzene karena suhu tinggi. 2. Kelemahan logam ini adalah logam alkali tidak terdapat bebas di kerak bumi. Minyak mentah belum dapat digunakan sebagai bahan bakar maupun untuk keperluan lainnya. 2. kelemahannya tidak cukup banyak karbida yang terdapat di alam. jauh sebelum bumi terbentuk dan bersamaan dengan proses terbentuknya bumi. tetapi harus . Teori alkalisasi panas dengan CO2 (Berthelot) Reaksi yang terjadi : Alkali metal + CO2 Karbida + H2O C2H2 C6H6 karbida acetylena komponen-komponen lain Dengan kata lain bahwa di dalam minyak bumi terdapat logam alkali dalam keadaan bebas dan bersuhu tinggi. Pembentukan minyak bumi didasarkan pada proses kimia.2 Proses Pengolahan Minyak Bumi Minyak bumi biasanya berada 3-4 km di bawah permukaan laut. Minyak bumi diperoleh dengan membuat sumur bor. Pernyataan tersebut berdasarkan fakta ditemukannya material hidrokarbon dalam beberapa batuan meteor dan di atmosfir beberapa planet lain. Bila CO2 dari udara bersentuhan dengan alkali panas tadi maka akan terbentuk acetylena. Minyak mentah yang diperoleh dan ditampung dalam kapal tanker atau dialirkan melalui pipa ke stasiun tangki atau ke kilang minyak. Teori karbida panas dengan air (Mendeleyev) Asumsi yang dipakai adalah ada karbida besi di dalam kerak bumi yang kemudian bersentuhan dengan air membentuk hidrokarbon.

di mana minyak mentah dipisahkan ke dalam kelompok-kelompok (fraksi) dengan titik didih yang mirip. Oleh karena itu. Titik didih hidrokarbon meningkat seiring bertambahnya jumlah atom C yang berada di dalam molekulnya. Secara umum proses pengolahan minyak bumi digambarkan sebagai berikut : 1. pengolahan minyak bumi dilakukan melalui destilasi bertingkat. Minyak . Untuk menjaga suhu dan tekanan dalam kolom maka dibantu pemanasan dengan steam (uap air panas dan tekanan tinggi). Mula-mula minyak mentah dipanaskan dalam aliran pipa dalam furnace (tanur) sampai dengan suhu ± 370 oC.diolah terlebih dahulu. minyak mentah yang sudah dipanaskan tersebut kemudian masuk kedalam kolom fraksinasi pada bagian flash chamber (biasanya berada pada sepertiga bagian bawah kolom fraksinasi). Minyak mentah mengandung sekitar 500 jenis hidrokarbon dengan jumlah atom C 1 sampai 50. Destilasi Destilasi adalah pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan perbedaan titik didihnya.

Residu-residu ini memiliki rantai karbon sejumlah lebih dari 20. Terdapat 3 cara proses cracking. Proses ini terutama ditujukan untuk memperbaiki kualitas dan perolehan fraksi gasolin (bensin). Residu minyak bumi meliputi parafin. minyak berat. Cara panas (thermal cracking). Komponen yang titik didihnya lebih rendah akan menguap dan naik ke bagian atas melalui sungkup-sungkup yang disebut sungkup gelembung. Gasolin yang diuji akan dibandingkan dengan campuran isooktana dan n-heptana. Bilangan oktan 100 diberikan pada isooktan (2. Contoh cracking ini adalah pengolahan minyak solar atau minyak tanah menjadi bensin. Bilangan oktan dipengaruhi oleh beberapa struktur molekul hidrokarbon. Reaksi dari perengkahan katalitik melalui . gasoline (bensin).2. lilin. Cracking Cracking adalah penguraian molekul-molekul senyawa hidrokarbon yang besar menjadi molekul-molekul senyawa hidrokarbon yang kecil. yaitu dengan penggunaan katalis. solar.4-trimetil pentana) yang mempunyai sifat anti knocking yang istimewa. dan bilangan oktan 0 diberikan pada n-heptana yang mempunyai sifat anti knock yang buruk. yaitu : a. Katalis yang digunakan biasanya SiO2 atau Al2O3 bauksit. 2. Fraksi minyak bumi yang dihasilkan adalah gas. yaitu dengan penggunaan suhu tinggi dan tekanan yang rendah. dan aspal. residu. Contoh reaksi-reaksi pada proses cracking adalah sebagai berikut : b. Cara katalis (catalytic cracking). Fraksi minyak mentah yang tidak menguap menjadi residu.menyah yang menguap pada proses destilasi ini naik ke bagian atas kolom dan selanjutnya terkondensasi pada suhu yang berbeda-beda. Kualitas gasolin sangat ditentukan oleh sifat anti knock (ketukan) yang dinyatakan dalam bilangan oktan. kerosin (minyak tanah).

Pada proses ini digunakan katalis molibdenum oksida dalam Al2O3 atau platina dalam lempung. Contoh reforming adalah sebagai berikut : Reforming juga dapat merupakan pengubahan struktur molekul dari hidrokarbon parafin menjadi senyawa aromatik dengan bilangan oktan tinggi. Hidrocracking Hidrocracking merupakan kombinasi antara perengkahan dan hidrogenasi untuk menghasilkan senyawa yang jenuh. Mula-mula katalis karena bersifat asam menambahkna proton ke molekul olevin atau menarik ion hidrida dari alkana sehingga menyebabkan terbentuknya ion karbonium : c. Keuntungan lain dari Hidrocracking ini adalah bahwa belerang yang terkandung dalam minyak diubah menjadi hidrogen sulfida yang kemudian dipisahkan.mekanisme perengkahan ion karbonium. Reforming Reforming adalah perubahan dari bentuk molekul bensin yang bermutu kurang baik (rantai karbon lurus) menjadi bensin yang bermutu lebih baik (rantai karbon bercabang). Contoh reaksinya : . Kedua jenis bensin ini memiliki rumus molekul yang sama bentuk strukturnya yang berbeda. 3. Reforming dilakukan dengan menggunakan katalis dan pemanasan. Oleh karena itu. proses ini juga disebut isomerisasi. Reaksi tersebut dilakukan pada tekanan tinggi.

yaitu proses penghilangan pengotor yang dapat menimbulkan bau yang tidak sedap.  Deasphalting yaitu penghilangan aspal dari fraksi yang digunakan untuk minyak pelumas.4. Dalam proses ini menggunakan katalis asam kuat seperti H2SO4. HCl. Treating Treating adalah pemurnian minyak bumi dengan cara menghilangkan pengotorpengotornya. yaitu proses penghilangan lumpur dan perbaikan warna. AlCl3 (suatu asam kuat Lewis). Dewaxing yaitu proses penghilangan wax (n parafin) dengan berat molekul tinggi dari fraksi minyak pelumas untuk menghasilkan minyak pelumas dengan pour point yang rendah. Alkilasi dan Polimerisasi Alkilasi merupakan penambahan jumlah atom dalam molekul menjadi molekul yang lebih panjang dan bercabang.   Acid treatment. Cara-cara proses treating adalah sebagai berikut :  Copper sweetening dan doctor treating. . Reaksi umumnya adalah sebagai berikut : M CnH2n Cm+nH2(m+n) Contoh polimerisasi yaitu penggabungan senyawa isobutena dengan senyawa isobutana menghasilkan bensin berkualitas tinggi. Reaksi secara umum adalah sebagai berikut: RH + CH2=CR’R’’ R-CH2-CHR’R” Polimerisasi adalah proses penggabungan molekul-molekul kecil menjadi molekul besar. 5. yaitu isooktana.

 Sifat sulfur biologis yang hidrofilik menghilangkan resiko penyumbatan (plugging atau blocking) pada pipa  Bio-katalis yang digunakan bersifat self-sustaining dan mampu beradaptasi pada berbagai kondisi proses.  Menghilangkan potensi bahaya dari penanganan solvent yang biasa digunakan untuk melarutkan hidrogen sulfida dalam proses ekstraksi. Hal ini membuat proses ini ideal untuk lokasi-lokasi di mana proses yang memerlukan pembakaran (misalnya flare atau incinerator) tidak dimungkinkan. gas buang regenerator amine.gas buang (flash gas/vent gas) dari proses ini tidak mengandung gas berbahaya.  Konfigurasi proses yang sederhana. synthesis gas.8%) hingga menyisakan kandungan hidrogen sulfida yang sangat rendah dalam aliran gas (kurang dari 4 ppm-volume)  Pemurnian gas dan pengambilan kembali (recovery) sulfur terintegrasi dalam 1 proses.  Proses Shell-Paques ini dapat diterapkan pada gas alam. Shell-Paques untuk Bio-Desulfurisasi aliran gas. . proses ini dapat Proses menyingkirkan sulfur dari aliran gas dan mengahsilkan hidrogen sulfide dengan kapasitas mulai dari 100 kg/hari sampai dengan 50 ton/hari menggunakan mikroorganisme Thiobacillus yang sekaligus bertindak sebagai katalis proses Bio-desulfurisasi. Keunggulan dari proses Shell-Paques adalah :  Dapat menyingkirkan sulfur dalam jumlah besar (efisiensi penyingkiran hidrogen sulfida dapat mencapai 99. handal dan aman (antara lain beroperasi pada suhu dan tekanan rendah) sehingga mudah untuk dioperasikan. serta aliran oksigen yang mengandung gas limbah yang tidak dapat diproses dengan pelarut. sehingga sebelum dilepas ke lingkungan tidak perlu dibakar di flare. yaitu proses penghilangan unsur belerang. Desulfurizing (desulfurisasi). fuel gas.

Komponen hidrokarbon adalah komponen yang paling banyak terkandung di dalam minyak bumi. Blending Proses blending adalah penambahan bahan-bahan aditif kedalam fraksi minyak bumi dalam rangka untuk meningkatkan kualitas produk tersebut. Demikian pula halnya dengan pelumas. TEL berfungsi menaikkan bilangan oktan bensin. Penambahan TEL dapat meningkatkan bilangan oktan. dan sikloalkana. Alkana (parafin) CnH2n + 2. 2. oksigen. Bensin yang memiliki berbagai persyaratan kualitas merupakan contoh hasil minyak bumi yang paling banyak digunakan di barbagai negara dengan berbagai variasi cuaca. sikloalkana ada yang memiliki cincin 5 yaitu siklopentana ataupun cincin 6 yaitu sikloheksana. Sikloalkana (napten) CnH2n. besi. senyawa lain yang terkandung di dalam minyak bumi diantaranya adalah sulfur. dan tembaga.6. Fraksi ini merupakan yang terbesar di dalam minyak mentah. tetapi dapat menimbulkan pencemaran udara. dan senyawa-senyawa yang mengandung konstituen logam terutama nikel. 2. terdapat sekitar 22 bahan pencampur yang dapat ditambahkan pada proses pengolahannya. Di antara bahan-bahan pencampur yang terkenal adalah tetra ethyl lead (TEL). agar diperoleh kualitas yang baik maka pada proses pengolahan diperlukan penambahan zat aditif. Hidrokarbon yang terkandung dalam minyak bumi terutama adalah alkana. Struktur hidrokarbon yang ditemukan dalam minyak mentah adalah : 1. alkana ini memiliki rantai lurus dan bercabang. Untuk memenuhi kualitas bensin yang baik. . nitrogen.3 Komposisi Penyusun Minyak Bumi Minyak bumi adalah campuran kompleks hidrokarbon dan senyawa-senyawa organik lain.

perekonomian.4 Produk Pengolahan Minyak Bumi dan Manfaatnya Keberadaan minyak bumi dan berbagai macam produk olahannya memiliki manfaat yang sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Senyawa nitrogen 4. dan aspek-aspek lainnya tidak dapat berjalan lancar. gas. Senyawa metalik 2. Senyawa oksigen 3.siklopentana sikloheksana 3. pertanian. tetapi sangat diperlukan dalam bensin. Aromatik CnH2n – 6 Aromatik memiliki cincin 6 Aromatik hanya terdapat dalam jumlah kecil. Zat-zat pengotor yang sering terdapat dalam minyak bumi adalah : 1. Tanpa ketiga produk hasil olahan minyak bumi tersebut kegiatan pendidikan. karena memiliki harga anti knock yang tinggi dan kegunaannya yang lain sebagai bahan bakar. dan bensin. Di bawah ini adalah beberapa produk hasil olahan minyak bumi beserta pemanfaatannya : . Senyawa sulfur 2. sebagai contoh penggunaan minyak tanah.

biasa digunakan sebagai pelarut dalam industri. . gas berubah menjadi cair. Bahaya elpiji adalah terjadinya kebocoran pada tabung atau instalasi gas sehingga bila tekanan api dapat menyebabkan kebakaran. 3. Bahan bakar gas biasanya digunakan untuk keperluan rumah tangga dan industri. Dengan menambahkan tekanan dan menurunkan suhunya. Bahan bakar gas Bahan bakar gas terdiri dari LNG (Liquified Natural Gas) dan LGP (Liquified Petroleum Gas). Elpiji. LPG (Liquified Petroleum Gas.1. biasa digunakan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. harfiah : gas minak bumi yang dicairkan). adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. Gasolin (bensin). Naptha atau Petroleum eter. 2.

lilin batik. 5. kosmetika.  Aspal. truk. . Kerosin (minyak tanah). 7. biasanya digunakan untuk lubrikasi mesin-mesin. Minyak pelumas. korek api. Selain itu. 6. biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk mesin diesel pada kendaraan seperti bus. dan trakto. kereta api. digunakan sebagai pengeras jalan raya. Residu minyak bumi yang terdiri dari :  Parafin. digunakan dalam proses pembuatan obat-obatan. industri tenun. dan masih banyak lagi. tutup botol. minyak solar juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bensin melalui proses cracking.4. biasanya digunakan sebagai bahan bakar untuk keperluan rumah tangga. Minyak solar atau minyak diesel. Selain itu. kerosin juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan bensin melalui proses cracking.

. produk akhir minyak alkalisasi dan polomerisasi. Minyak bumi berasal dari jasad renik lautan. minyak pelumas. Produk olahan minyak bumi adalah bahan bakar gas. hewan yang mati sekitar 150 juta tahun yang lalu.BAB III KESIMPULAN Minyak bumi dijuluki sebagai emas hitam yaitu caian kental. gasolin (bensin). tumbuhan. yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. naptha atau petroleum eter. dan residu.reformasi. pemurnian. Proses minyak bumi adalah minyak mentah destilasi fraksinasi fraksi berat dan ringan penyimpanan penghilangan garam proses hidrokarbon (Cracking. dan blending) bumi. atau kehijauan yang mudah terbakar. coklat gelap. minyak solar atau minyak diesel. kerosin (minyak tanah). pencampuran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful