a. Tulang Pipa Tulang ini memiliki bentuk sesuai namanya, berbentuk pipa.

Tulang ini memiliki bentuk memanjang dan tengahnya berlubang.

Tulang Pipa terbagi menjadi 3 bagian yaitu : Bagian ujung yang disebut EPIFISE. Bagian tengah yang disebut DIAFISE. Di pusatnya terdapat rongga yang berisi sumsum tulang. Rongga terbentuk karena aktivitas OSTEOKLAS (perombak tulang). Di antara epifise dan diafise terdapat CAKRAM EPIFISE (DISCUS EPIPHYSEALIS). Cakram ini kaya akan osteoblas dan menentukan pertumbuhan tinggi.

Contohnya adalah tulang paha, tulang betis, dan tulang lengan. b. Tulang Pendek Tulang pendek memiliki bentuk sesuai dengan namanya berbentuk pendek. Tulang ini bersifat ringan dan kuat. Meskipun tulang ini pendek, tulang ini mampu menahan beban yang cukup berat. Contohnya adalah tulang pergelangan tangan, telapak tangan, dan telapak kaki. c. Tulang Pipih Tulang ini memiliki bentuk pipih seperti pelat. Contoh dari tulang pipih adalah tulang penyusun tengkorak, tulang rusuk, dan tulang dada. d. Tulang tidak Beraturan Tulang jenis ini merupakan gabungan dari berbagai bentuk tulang. Contohnya adalah tulang wajah dan tulang yang terdapat

Tulang pendek

C. Tulang pipa . tulang ini mampu menahan beban yang cukup berat. Contohnya adalah tulang rusuk (costa). dan tulang tengkorak. pangkal lengan. umumnya dapat kita temukan pada pangkal kaki. Tulang ini mempunyai inti tulang spongiosa yang dikelilingi tulang berat. didalamnya terdapat sumsum tulang. Tulang ini dapat bergerak bebas. Meskipun tulang ini pendek. dan ruas-ruas tulang belakang. tulang belikat (scapula). B.Tulang Pipih (Flat Bone) Bentuk tulang yang kedua yaitu tulang pipih. Tulang ini bersifat ringan dan kuat. Tulang pipih tersusun atas dua lempengan tulang kompak dan tulang spons. tulang dada (sternum). Kebanyakan tulang pipih menyusun dinding rongga. sehingga tulang pipih ini sering berfungsi sebagai pelindung atau memperkuat.Tulang Pendek (Short Bone) Dinamakan tulang pendek karena ukurannya yang pendek dan berbentuk kubus.

Tulang pipih tlang dada Tulang tak beraturan tulang punggung .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful