P. 1
Rpp Kls Vii Smtr 1 (Membaca)

Rpp Kls Vii Smtr 1 (Membaca)

|Views: 394|Likes:
Published by Gina Fitriawati

More info:

Published by: Gina Fitriawati on Mar 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/28/2013

pdf

text

original

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester Tahun Pelajaran Standar Kompetensi : SMP Negeri

10 Banjarmasin : Bahasa Indonesia : VII/I : 2011-2012 : 3. Membaca (Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca) Kompetensi Dasar : 3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat Alokasi Waktu : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran 1. Peserta didik dapat memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara. 2. Peserta didik dapat membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat. 3. Peserta didik dapat menanggapi hasil bacaan temannya. Karakter peserta didik yang diharapkan: Dapat dipercaya (Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian (respect) Tekun (diligence) Tanggung jawab (responsibility) Berani (courage)

dan sumber belajar lain (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif. kerjasama). C. Metode Pembelajaran 1. kerja keras). Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 1. 3. b. 4. dan sumber belajar lainnya (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama. Peserta didik memaparkan apa saja yang mereka ketahui tentang upacara bendera. kreatif. Kegiatan Pendahuluan: (10 menit) Apersepsi: a. saling menghargai. Peserta didik menyebutkan perangkat teks upacara yang ada di sekolah. guru: 1. Peserta didik mengemukakan pengalamannya tentang upacara yang pernah mereka ikuti. c. Kegiatan Inti: (60 menit) Eksplorasi: Dalam kegiatan eksplorasi. Materi Pembelajaran Berbagai perangkat teks upacara. Memjelaskan tentang materi dan tugas yang diberikan pada peserta didik berupa suruhan untuk memberi tanda-tanda penjedaan pada teks perangkat upacara. Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber (contoh nilai yang ditanamkan: mandiri. 2.B. 2. dan membagikan beberapa perangkat teks upacara. Penugasan D. Pemodelan 2. Motivasi: Guru membagi siswa berkelompok (tiga orang satu kelompok). berfikir logis. Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran. Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru. peduli lingkungan). . Tanya jawab 3. media pembelajaran. lingkungan.

6. saling menghargai. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri. 7. dan bertindak tanpa rasa takut (contoh nilai yang ditanamkan: kreatif. . kritis. saling menghargai. 6. Memfasilitasi peserta didik dapat menanggapi penampilan peserta didik yang lain. disiplin. diskusi. menyelesaikan masalah. mandiri. Memberi kesempatan untuk berpikir. logis. Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik. mandiri). Elaborasi: Dalam kegiatan elaborasi. guru: 1. kerja keras. percaya diri. tulisan. 5. kerjasama). logis). santun. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan. menganalisis. maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik (contoh nilai yang ditanamkan: saling menghargai. Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok (contoh nilai yang ditanamkan: percaya diri. guru: 1. Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar (contoh nilai yang ditanamkan: jujur. Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif (contoh nilai yang ditanamkan: kerjasama. 4.5. tanggung jawab). Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas. isyarat. Mengatur peserta didik untuk maju ke depan kelas untuk membacakan perangkat teks upacara. Konfirmasi Dalam kegiatan konfirmasi. 3. kritis). dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis 2. kritis). menghargai). 2. Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran (contoh nilai yang ditanamkan: rasa percaya diri. percaya diri.

3. 4. Kegiatan Penutup: (10 menit) Dalam kegiatan penutup. Beberapa perangkat teks upacara.3. 3. Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram. guru: 1. 4. program pengayaan. Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. Buku pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. E. Beberapa materi dari berbagai sumber di internet. 2. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi. . Rekaman pembacaan teks upacara. Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan (contoh nilai yang ditanamkan: memahami kelebihan dan kekurangan). 2. layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik. 3. Sumber Belajar 1.

H. Penilaian Penilaian Teknik Penilaian Tes tulis Bentuk Penilaian Uraian Instrumen  Berilah tanda jeda pada berbagai teks perangkat upacara yang terdapat di sekolahmu!  Mampu membacakan berbagai teks untuk upacara dengan intonasi yang tepat.F. Hj. . Sri Sukadarini. MM. Bukhari.  Tes praktik Uji Petik Kerja produk  Bacakanlah teks perangkat upacara dengan intonasi yang tepat! Indikator Pencapaian  Mampu memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara. Berilah komentar terhadap pembacaan teks perangkat upacara temanmu! Mengetahui. Kepala Sekolah SMP Negeri 10 Banjarmasin Banjarmasin.Pd. S. 10 September 2011 Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Drs.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->