P. 1
FUNGSI BOOLEAN

FUNGSI BOOLEAN

|Views: 15|Likes:
Published by dudutooncoy
Aljabar boolean merupakan aljabar yang berhubungan dengan variabel-variabel biner danoperasi-operasi logik. Variabel-variabel diperlihatkan dengan huruf-huruf alfabet, dan tigaoperasi dasar dengan
AND
,
OR
dan
NOT
(komplemen).
Aljabar boolean merupakan aljabar yang berhubungan dengan variabel-variabel biner danoperasi-operasi logik. Variabel-variabel diperlihatkan dengan huruf-huruf alfabet, dan tigaoperasi dasar dengan
AND
,
OR
dan
NOT
(komplemen).

More info:

Published by: dudutooncoy on Mar 23, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/14/2013

pdf

text

original

FUNGSI BOOLEAN

2.1 Aljabar Boole Aljabar boolean merupakan aljabar yang berhubungan dengan variabel-variabel biner dan operasi-operasi logik. Variabel-variabel diperlihatkan dengan huruf-huruf alfabet, dan tiga operasi dasar dengan AND, OR dan NOT (komplemen). Fungsi boolean terdiri dari variabelvariabel biner yang menunjukkan fungsi, suatu tanda sama dengan, dan suatu ekspresi aljabar yang dibentuk dengan menggunakan variabel-variabel biner, konstanta-konstanta 0 dan 1, simbol-simbol operasi logik, dan tanda kurung.

2.2

Fungsi Boolean

Suatu fungsi boolean bisa dinyatakan dalam tabel kebenaran. Suatu tabel kebenaran untuk fungsi boolean merupakan daftar semua kombinasi angka-angka biner 0 dan 1 yang diberikan ke variabel-variabel biner dan daftar yang memperlihatkan nilai fungsi untuk masing-masing kombinasi biner.

2.3 Gerbang Logika Gerbang logika atau gerbang logik adalah suatu entitas dalam elektronika dan matematika Boolean yang mengubah satu atau beberapa masukan logik menjadi sebuah sinyal keluaran logik. Gerbang logika terutama diimplementasikan secara elektronis menggunakan dioda atau transistor, akan tetapi dapat pula dibangun menggunakan susunan komponen-komponen yang memanfaatkan sifat-sifat elektromagnetik (relay), cairan, optik dan bahkan mekanik. Pengertian Gerbang (Gate) :
  

Rangkaian satu atau lebih sinyal masukan tetapi hanya menghasilkan satu sinyal keluaran. Rangkaian digital (dua keadaan), karena sinyal masukan atau keluaran hanya berupa tegangan tinggi atau rendah (1 atau 0). Setiap keluarannya tergantung sepenuhnya pada sinyal yang diberikan pada masukanmasukannya.

2.3.1 Operasi Logika NOT (Invers)

Gerbang NOT hanya memiliki satu saluran masukan dan satu saluran keluaran. Keadaan keluaran gerbang NOT selalu berlawanan (kebalikan atau komplemen) dari keadaan masukannya. Operasi merubah logika 1 ke 0 dan sebaliknya: x = x’

Tabel 2.1 Tabel kebenaran gerbang NOT x 1 0 x’ 0 1

Gambar 2.1 Simbol rangkaian gerbang NOT 2.3.2 Operasi Logika AND Gerbang AND memiliki dua atau lebih saluran masukan dan satu saluran keluaran. Keadaan keluaran gerbang AND akan 1 (tinggi) bila dan hanya bila semua masukannya dalam keadaan 1 (tinggi). Operasi logika AND yaitu:
 

Operasi antara dua variabel (A,B) Operasi ini akan menghasilkan logika 1, jika kedua variabel tersebut berlogika 1

Tabel 2.2 Tabel kebenaran gerbang AND A 0 0 1 1 B 0 1 0 1 A+B 0 0 0 1

Gambar 2.2 Simbol rangkaian gerbang AND

2.3.3 Operasi Logika OR Gerbang OR memiliki dua atau lebih saluran masukan dan satu saluran keluaran. Keadaan keluaran gerbang OR akan 1 (tinggi) bila satu atau lebih masukannya dalam keadaan 1 (tinggi). Operasi logika OR yaitu:
 

Operasi antara 2 variabel (A,B). Operasi ini akan menghasilkan logika 0, jika kedua variabel tersebut berlogika 0.

Tabel 2.3 Tabel kebenaran gerbang OR A 0 0 1 1 B 0 1 0 1 A+B 0 1 1 1

Gambar 2.3 Simbol rangkaian gerbang OR

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->