B. Bagaimana sistem perdagangan atau transaksi saham di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) dilakukan?

Pasca digabungkannya Bursa Efek Jakarta (BEJ) dengan Bursa Efek Surabaya (BES) menjadi BEI maka diterapkan sistem perdagangan baru dengan nama JATS—NextG(eneration) yang menggantikan sistem teknologi Jakarta Automated Trading System (JATS) yang telah dioperasikan sejak 1995. Dengan sistem baru itu diberlakukan fasilitas perdagangan terpadu (multiproduct single platform), termasuk single operation, single price dissemination, dan single market supervision. Dengan begitu, diharapkan akan tercipta sistem perdagangan yang teratur, wajar, dan efisien. Di sisi lain, dengan sistem tersebut jumlah transaksi di BEI juga bisa lebih besar, yakni hingga 500 transaksi per hari.

C.Bagaimana pembagian pasar di BEI? Segmen pasar di bursa efek ada tiga, yakni pasar reguler, pasar negosiasi, dan pasar tunai. Penjelasan masing-masing pasar tersebut adalah sebagai berikut : 1. Pasar reguler, yakni segmen pasar di bursa efek yang pembentukan harganya dilakukan dengan cara tawar menawar secara lelang dan terus menerus (continue auction market) berdasarkan kekuatan pasar. Perdagangan efek atau transaksi di pasar reguler harus menggunakan satuan perdagangan (round lot) efek atau kelipatannya atau ada batas minimal saham yang diperdagangkan, yakni 500 efek atau saham. 2. Pasar negosiasi, yakni segmen pasar di bursa efek yang pembentukan harganya dilakukan dengan cara negosiasi langsung (negotiated market) antara perusahaan pialang atau AB jual dan perusahaan pialang atau AB bell. Perdagangan saham di pasar ini tidak menggunakan satuan perdagangan (non-round lot). 3. Pasar tunai, yakni segmen pasar di bursa efek yang pembentukan harganya sama dengan pasar reguler, demikian juga proses transaksinya menggunakan satuan perdagangan. Pasar tunai biasanya digunakan oleh perusahaan pialang yang tidak dapat memenuhi

5

4. 6 . Investor memberikan order pembelian atau penjualan saham kepada broker. Investor menjadi nasabah perusahaan pialang yang menjadi AB dengan membuka rekening di bank yang ditunjuk perusahaan pialang bersangkutan.Proses Transaksi Saham Di Bursa Efek Investor atau pemodal bisa melakukan transaksi melalui perusahaan pialang atau broker. Jika broker sudah ditetapkan. broker atau perusahaan pialang tersebut akan menunjuk WPPE untuk melaksanakan order investor ke bursa efek. 5. Namun. Bagi investor pemula. Broker memberikan konfirmasi kepada investor bahwa order bisa terlaksana atau tidak. Pada pasar tunai digunakan sistem pembayaran uang dan penyerahan uang seketika (cash and carry). 3. 1. D. disarankan bagi investor pemula untuk masuk ke pasar reguler. 2.Jika order bisa terlaksana maka bursa efek akan mencatat transaksi itu untuk kemudian diteruskan kepada KPEI.kewajibannya dalam penyelesaian transaksi di pasar reguler dan negosiasi pada hari bursa yang ditetapkan. Iangkah selanjutnya yang dilakukan investor agar bisa bertransaksi saham adalah sebagai berikut. Selanjutnya. pada prinsipnya bisa bertransaksi di semua segmen pasar.

broker akan meminta WPPE untuk melaksanakan order tersebut ke bursa efek. Broker melakukan proses administrasi. apabila dana mencukupi. 9. Broker memberikan konfirmasi atas order transaksi kepada investor. Broker akan menolak order tersebut apabila dana di rekening efek tak mencukupi. KPEI melakukan kliring atau mencocokkan order jual atau bell. Sebaliknya. kode saham. baik order bell maupun jual.Bagaimana investor melakukan order transaksi kepada perusahaan pialang? 1. 8. dan hasilnya dikirim ke KSEI. 2. Broker akan mengecek kecukupan dana di rekening efek investor. 9. dan harga bell atau jual. 7 . Investor mengambil slip order di perusahaan pialang atau broker. Jika order transaksi berhasil dilakukan maka WPPE akan memberikan konfirmasi bahwa order telah dilaksanakan. Order investor diverifikasi broker. broker akan mengonfrmasi order tersebut dan melanjutkan ke proses back office. 7. KSEI memberikan konfirmasi ke perusahaan pialang bahwa transaksi telah dilakukan pemindahbukuan. 10. terutama menyangkut seluruh order selama satu bulan. Mengisi slip oder. dengan memasukkan data jumlah saham (lot). 3. Broker memberikan laporan bulanan kepada investor. 8. E. 4. 7. Jika verifikasi selesai.6. KPEI memberikan konfirmasi kepada broker bahwa order transaksi telah diproses. 6. KSEI melakukan pemindahbukuan rekening investor. 5.

Sumber: Erdhika Elit Sekuritas. yakni dengan menghubungi broker melalui telepon atau media komunikasi lainnya. Contoh bukti konfirmasi penjualan saham. 8 .Contoh bukti konfirmasi pembelian saham. Investor juga bisa melakukan order pembelian atau penjualan saham tanpa harus pergi ke kantor perusahaan pialang.

9 . Bursa Efek Indonesia (IDX) mulai menggunakan sistem perdagangan terbaru yang tentunya lebih sophisticated. Aplikasi sistem baru ini tidak dilaksanakan secara serta merta melainkan secara bertahap dan diharapkan dapat dioperasikan secara penuh dalam waktu 2 tahun. IDX menyampaikan bahwa dengan digunakannya sistem yang baru maka tingkat transaksi harian yang dapat diadopsi dalam sistem meningkat. Sesuai dengan press release-nya. JATS. Sebenarnya ini adalah pengembangan dari sistem yang sebelumnya sudah digunakan selama 14 tahun.F Bursa Efek Indonesia Punya Sistem Perdagangan Baru Pada awal bulan ini. Nama sistem tersebut adalah JATS-NextG. Awalnya sistem ini akan diaplikasikan bagi perdagangan saham.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful