Cara Memasukkan Gambar Kedalam Teks (Huruf

)
Aplikasi: CorelDRAW X4 PowerClip adalah sebuah fasilitas dalam CorelDRAW X4 untuk memasukkan sebuah objek (Vektor atau Bitmap) ke dalam objek lainnya. Dalam tutorial berikut ini akan dibahas cara untuk memasukkan objek gambar kedalam teks atau huruf. Untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini. 1. Tulis sebuah teks.

2. Pastikan teks dalam keadaan terpilih kemudian tekan Ctrl+Q untuk mengkonversinya menjadi kurva. 3. Import sebuah gambar/foto. Usahakan agar ukuran gambar/foto lebih besar dari teks. 4. Pastikan gambar/foto dalam keadaan terpilih.

5. . Hasilnya. klik tepat di dalam teks. Setelah kursor berubah menjadi ikon “panah”. 6. 7. gambar/foto masuk ke dalam teks. Pilih menu Effects>PowerClip>Place Inside Container.

. Ikuti pengaturan seperti ilustrasi di bawah ini. Untuk mengeluarkan kembali gambar/foto tersebut dari dalam teks adalah dengan memilih menu Effects >PowerClip>Extract Contents. 9.8. Klik OK dan lihat hasilnya di bawah ini. Tekan F12 untuk memunculkan kotak dialog Outline Pen.

Selamat mencoba! .

Format vektor seperti kita ketahui sangat cocok untuk membuat karya desain grafis yang menuntut tidak adanya perubahan warna dan bentuk ketika diperbesar atu diperkecil ukurannya.Cara membuat logo dengan coreldraw ataupun membuat logo dengan illustrator dengan format vector sangat dianjurkan. Karena kita mencontoh atau membuat logo yang sudah ada sebelumnya maka saya kategorikan tutorial ini pada tutorial coreldraw tingkat dasar. Jika ukuran tidak sesuai dengan area kerja ubah pada property bar object size width dan height 100 mm 4. Berbeda dengan format bitmaps atau raster yang akan berubah titik warna dan kadang blur ketika proses tranformasi. 1. Warnai lingkaran tersebut dengan interactive fill tool ( G ) melalui klik dan drag. . 3. gradasi. marquee tool dan pemilihan warna gradasi multiple point. Ubah preferensi dengan cara tekan tombol keyboard CTRL + J atau tekan menu Tool > Options c. tekan OK. Posisikan lingkaran tersebut pada tengah-tengah area kerja dengan memilih lingkaran tersebut dan tekan tombol P pada keyboard. Pilih type gradasi adalah radial. Ubah opsi dengan setting berikut a. Untuk memunculkan opsi fountain fill gunakan tool fountain fill ( F11 ). tekan menu edit > view grid untuk menampilkan grid b. Buat dokumen baru dengan ukuran kertas 100 mm x 100 mm 2. Buat lingkaran dengan tool ellipse tool ( F7 ) pastikan anda menekan tombol CTRL pada keyboard agar ukuran menjadi simetris. Anda akan belajar bagaimana cara menggunakan tool shape. Pada documents > grid pilih opsi spacing dengan ukuran 5 mm.

6.5. Bila kedua lingkaran tidak sesuai maka pilih lingkaran baru dan pilih lingkaran pertama dengan menekan tombol CTRL + klik. setelah itu tekan tombol keyboard C kemudian tekan tombol keyboard B. Buat lingkaran lagi dengan opsi sebagai berikut. Buat lingkaran ketiga dengan opsi berikut . Untuk menghilangkan garis tekan klik kanan pada warna none ( ikon bintang paling atas pallete warna ).

Setelah lingkaran terakhir sesuai dengan gambar di atas. Copy dan paste lingkaran pertama yang kita buat dengan cara klik kanan copy dan klik kanan paste. copy lingkaran tersebut 9. Buat lagi satu lingkaran di atasnya dengan opsi sebagai berikut. Pilih dua lingkaran terakhir menggunakan CTRL + KLIK dan klik tombol combine ( CTRL + L) . 8.7.

10. Dengan pick tool ( tool paling atas ) double klik lingkaran yang sudah di combine sehingga tool berubah menjadi shape tool. Ubah lingkaran yang ada di tengah menjadi seperti gambar berikut. 11. Paste lingkaran yang sudah Anda copy sebelumnya ( no 8 ) dan lakukan combine seperti cara 9 .

.12. Hilangkan garis pada objek terakhir dengan cara klik kanan pada pallete warna none. Ubah lingkaran yang ada di tengah menjadi seperti gambar berikut. Warnai objek tersebut sesuai dengan aturan opsi sebagai berikut. 13. Dengan pick tool ( tool paling atas ) double klik lingkaran yang sudah di combine sehingga tool berubah menjadi shape tool.

Hasilnya . Putar ketiga lingkaran tersebut menjadi 45 derajad.14. Buat 3 lingkaran sesuai opsi dibawah dan beri warna putih. 15.

Selamat Mencoba .

nama jalan. Anda juga bisa memasukkan gambar tersebut melalui klik drag dari explorer ke coreldraw 2. nama gedung dan pelengkap penunjuk arah. 5. 8.Kunci letak gambar tersebut agar tidak pindah lokasi dengan cara klik kanan pada gambar dan pilih Lock Objek . 7. 1.Cara membuat peta 3 dimensi dengan coreldraw biasanya digunakan untuk undangan pernikahan. Masukkan image dari google maps yang sudah Anda print screen dengan cara klik menu File Import ( CTRL + I ) . 3. undangan walimahan. Anda bisa menggunakan peta yang sudah ada melalui google maps dan di print screen selanjutnya masukkan ke dalam coreldraw dengan cara mengimportnya ( CTRL + I ). dan lainnya sehingga tampilan lebih menarik dan terlihat beda dengan tampilan denah lokasi atau penunjuk arah jalan yang lainnya. 4. 6. Untuk mengakhiri import klik dimana Anda ingin meletakkan gamber tersebut. 2. Tutorial CorelDraw Tingkat Dasar ini ada tiga tahap utama yang kemudian Anda akan mempelajari beberapa hal seperti : 1. Transform objek Group / menggabungkan objek Membuat garis dengan bezier tool Merubah garis menjadi objek Merubah jenist titik point pada garis Mewarnai objek dan garis Merubah ukuran garis Membuat objek 3D ( tiga dimensi ) dengan coreldraw dll Yang harus Anda lakukan pertama kali adalah mngetahui bentuk kasar jalan.

Untuk mengubah jenis garis atau mengedit garis gunakan shape tool . dan atau Anda bisa melakukannya klik drag agar jalan path yang dihasilkan berupa kurva ( lekuk ). Gunakan bezier tool. Perbesar view (jarak pandang ) dengan cara menggeser scroll mouse Anda agar langkah menjiplak ini lebih mudah.3. Untuk pindah tool gunakan tombol spasi pada keyboard dan tekan sekali lagi tombol spasi sehingga tool berubah sesuai tool pertama ( dalam hal ini bezier tool ). Usahakan agar seluruh garis yang dibuat saling menutup / menimpa antara garis satu dengan lainnya. Untuk menggunakan tool ini Anda lakukan klik pada titik pertama dan klik pada titik kedua. Jika Anda tidak menjiplak buat langsung jalan yang dipakai pada peta menggunakan bezier tool. Selanjutnya kita akan melakukan langkah path ( menjiplak gambar dari google maps ).

Perbaiki sekali lagi pada garis-garis yang belum menutup sempurna.Jika Anda sudah selesai menjiplak peta selanjutnya hapus gambar dengan cara klik kanan pada gambar pilih Unlock dan delete. Perbesar ukuran garis dengan menyeleksi kesemua garis bisa dengan cara SHIFT+CLICK garis satu persatu atau menyorot semuanya dengan pick tool kemudian mengganti ukuran garis menjadi 16 pt . 4.

Ubah garis menjadi objek dengan cara menyeleksi semua garis dan klik Menu Arrange > Convert Outline to Objek 6. .5. Warnai objek shape tersebut dengan warna putih dengan cara klik warna putih dan klik kanan warna hitam pada pallete warna sehingga objek shape mempunyai garis berwarna hitam (palete warna ada pada sebelah kanan workpace) 8. Gabung semua objek dari garis menjadi satu bagian menggunakan Weld 7. Ketik jalan yang ada dengan text tool ( F8 ) dan putar sesuaikan dengan arah jalan ( usahakan ukuran font sama dan berada di dalam badan jalan ). Jika semua teks sudah pada tempatnya.

Seleksi semua objek ( jalan dan tulisan jalan ) dan gabung dengan cara klik kanan pada salah satu objek terseleksi pilih Group ( CTRL + G ) 10.ubah menjadi kurva dengan cara seleksi semua teks jalan dan klik Menu Arrange > Convert to Curve. Sesuaikan bentuk transformasi dengan view yang Anda inginkan 11. 9. . Jika sudah selesai dan sesuai dengan yang diinginkan klik Menu Arrange > Convert to Curve. Lakukan proses transformasi pada objek terseleksi diatas menggunakan Interactive Envelope Tool.

Posisikan jalan yang kedua ini berada di bawah jalan yang kedua dan ganti warna menjadi warna hitam. Lakukan double klik untuk menambah titik point. . usahakan jenis titik point pada pojok-pojok jalan berupa line ( garis lurus ). Pilih objek jalan saja menggunakan Pick Tool dan lakukan KLIK + DRAG diakhiri KLIK Kanan ( lakukan copy paste jika kesulitan pada teknik ini ) sehingga jalan menjadi dua. Letakkan objek jalan kedua tersebut berada di bawah objek jalan pertama ( menimpa ) menggunakan klik kanan > Order > To Back of Page ( SHIFT + Page Down ). Untuk menutup pojok jalan ini aktifkan dulu snap to objek sehingga titik yang akan kita pindah akan lengket pada objek paling dekat. 14.12. Menggunakan Shape tool tutup pojok-pojok jalan sehingga menyerupai objek 3 dimensi. Pecah lagi gabungan antara jalan dan teks dengan cara klik kanan pada objek jalan dan pilih UnGroup ( CTRL + U ) 13.

Tulis nama tempat. Copy dan paste pada tempat-tempat yang diinginkan. 17. nama gedung sesuai dengan namanya menggunakan text tool. Ulangi Membuat objek berbeda sesuai dengan cara 15 untuk gedung dan tempat lainnya. rumah. Selanjutnya buat gedung. Hasil yang bisa saya dapatkan adalah sebagai berikut . tempat penting dan sebagainya dengan Rectangle Tool (F6 ) kemudian ubah menjadi 3 dimensi menggunakan extrude 16. Letakkan objek tersebut pada tempat yang sesuai dengan peta Anda.15.

Selamat mencoba .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful