Makalah Bahasa Indonesia “Artikel & opini 

Disusun oleh: Amelia Indri Hapsari Binti Durotun N.A Rachmanur K.J
3/23/12 Click to edit Master subtitle style

Artikel dalam ARTIKEL  bahasa Inggris ditulis “article”. Drs. menurut 3/23/12 Kamus Umum Bahasa Indonesia terbitan . Poerwodarminto. Menurut kamus lengkap InggrisIndonesia Wojowasito article karangan dan W. Sedangkan berarti “karangan”. S.J. “artikel” dalam bahasa Indonesia.S Prof.

dan sebagainya) dan bertujuan menyampaikan gagasan dan fakta yang dapat meyakinkan. 3/23/12 dan menghibur . majalah. buletin. mendidik. Artikel adalah karangan faktual secara lengkap dengan panjang tertentu yang dibuat untuk dipublikasikan (melalui koran.

JENIS ARTIKEL   Artikel eksploratif adalah artikel yang mengungkapkan fakta-fakta berdasarkan kajian dari penulisnya  Artikel eksplanatif adalah artikel yang isinya menerangkan sesuatu untuk dapat dipahami pembaca.  Deskriptif adalah artikel yang 3/23/12 menggambarkan suatu permasalahan yang .

.  Artikel prediktif adalah artikel yang berisi perhitungan atau ramalan apa yang bakal terjadi di kemudian hari berdasarkan perhitungan penulisnya.  Artikel untuk preskriptif melakukan adalah sesuatu artikel sehingga yang tidak memberikan tuntunan kepada pembacanya 3/23/12 mengalami kekeliruan atau kesalahan.

yang dipakai ukuran untuk menerima tulisan atau artikel dari pembacanya. yaitu penulisnya dan materi tulisannya.Syarat Menulis Artikel  Pada umumnya masing-masing penerbitan surat kabar atau majalah. Tetapi secara umum persyaratan itu dapat dilihat dari dua sisi. mempunyai standar dan persyaratan tersendiri. 3/23/12 .

biasanya harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:  Tulisan harus orisinil. agama. belum pernah dimuat di media lain. redaktur surat kabar Materi tulisan yang sering diminati atau majalah.  Bersifat aktual dan faktual. ras dan . Tidak mengandung sesuatu yang dapat menyinggung 3/23/12  atau menghina salah satu suku.

Jika orang lain. harus disebutkan narasumbernya  Tidak menyerang pribadi orang lain atau 3/23/12 memojokkan pihak-pihak tertentu. bukan merangkum pendapat pernyataan atau itu pernyataan milik orang lain. bukan sekedar pernyataan-pernyataan lepas   Utamakan gagasan sendiri. bukan ilmiah teknis. . Mengandung unsur ilmiah populer.  Mengandung gagasan sentral yang jelas.

Kecuali atas permintaan redaktur yang 3/23/12 menginginkan artikel secara bersambung. Jangan mengirimkan naskah yang sama atau mirip kepada lebih dari satu penerbitan media massa. Sebaiknya masalah dikupas tuntas. hindari menulis artikel secara bersambung.Etika Dalam Menulis Artikel  Pahami siapa khalayak sasaran media incaran anda itu dan bagaimana kecenderungan psikologisnya. Dalam menulis artikel.aliran atau individu) Kalau tidak sangat penting.     . jangan menyerang pihak lain (lembaga. Sebaiknya satu artikel untuk satu media massa.

atau 3/23/12 lembaga informasi yang bisa membantu menambah ketajaman dan . Memelihara dan terus meningkatkan kerangka pemikiran (frame of reference)  • • Membuat file pribadi yang efisien dan mudah diupgrade ataupun digunakan.Ada enam langkah yang perlu dilakukan penulis ketika akan menulis tulisannya. disesuaikan dengan minatnya • Mengembangkan kemampuan memori/ingatan yang kuat. sebagai pengganti komputer /file dokumentasi • Membina kerjasama dengan banyak tokoh pemilik perpustakaan. • Memilih dan menetapkan (spesialisasi) pengetahuan.

yaitu masalah dikupas secara mendalam. yaitu penulisan persoalan.Dalam penulisan artikel di butuhkan beberapa syarat yang harus di penuhi oleh penulis yaitu:  Lugas.   langsung menuju Logis.  Tuntas. memiliki dasar dan alasan yang logis (masuk akal) dan dapat diuji kebenarannya. yaitu keterangan yang disajikan sesuai . yaitu segala keterangan yang dipaparkan.  3/23/12 Obyektif.

Terbuka dan tidak egois. Jelas dan padat. yaitu berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun. Cermat. benci atau kagum yang diungkapkan secara berlebihan.   Memperhatikan bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang diakui. 3/23/12 . marah. yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri paling benar.    Tidak melibatkan emosi berlebihan. yaitu keterangan yang dikemukakan dapat dipahami pembaca dan tidak bertele-tele. seperti rasa haru.

. fakta. dan kejadian berdasarkan analisis subjektif 3/23/12 penulis sendiri. pendapat. ide.OPINI  Opini diidentifikasi sebagai tulisan yang menyajikan pemikiran. dan opini penulisnya tentang berbagai fakta dan kejadian. Opini adalah sebuah tulisan yang menekankan pada pendapat seseorang penulis atas suatu data.

dan kadang tidak jelas. Struktur terorganisasi secara jelas 3/23/12  .  Mempertimbangkan isi opini. aspirasi. opini dari masyarakat itu beragam. ada sentimen.  Perlu dipahami opini bukan pendapat yang bulat dan utuh.Menulis Opini   Opini adalah tulisan dalam media cetak atau internet yang memasukkan pendapat penulis di dalamnya.

 TERIMA KASIH 3/23/12 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful