KESETIMBANGAN

(Gaya)

Hukum Newton I
“Sebuah benda tetap dalam keadaan diam, atau bergerak sepanjang garis lurus dengan laju tetap, kecuali bila dipaksa untuk mengubah keadaan tersebut oleh gaya-gaya yang diberikan kepadanya.” Kecenderungan dari sebuah benda untuk tetap bergerak begitu benda tersebut mulai bergerak terjadi akibat suatu sifat yang dinamakan inersia.

Ferianto Raharjo - Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya)

1

Hukum Newton III “Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang berlawanan yang sama: atau.” Kesetimbangan Pada saat sebuah dikenai beberapa vektornya sama benda tersebut (equilibrium).Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya) 2 . aksi silang dari satu benda pada benda lain selalu sama. dikatakan bahwa berada dalam kesetimbangan berada dalam Syarat pertama benda kesetimbangan adalah ΣF=0 atau Σ Fx = 0 dan Σ Fy = 0 Ferianto Raharjo . benda tidak dikenai gaya. atau gaya yang hasil penjumlahan dengan nol. dan arahnya berlawanan.

Contoh 1: Benda dengan berat 50N menggantung pada ujung seutas tali. Berapakah tegangan dalam tali? Penyelesaian: Contoh 2: Balok yang beratnya w tergantung pada seutas tali.Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya) 3 . Hitung tegangan pada ketiga tali tersebut! Penyelesaian: T2 60° T3 O T1 Ferianto Raharjo . yang disambung dengan dua tali lain di O .

dan diikatkan pada balok B yang beratnya wB. jika benda yang digantung beratnya 600 N. di mana sistem diam atau bergerak ke atas atau ke bawah dengan laju tetap. hitunglah wB agar sistem dalam keadaan setimbang.Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya) 4 . melalui sebuah katrol yang licin. yaitu. T5 70° T4 70° T6 T2 30°30° T3 T1 600 N Penyelesaian: Contoh 4: Balok A yang beratnya wA diam di atas bidang miring yang licin dengan sudut A kemiringan α. Bila wA dan α diketahui. Seutas tali yang lentur diikatkan pada permukaan balok sebelah B α kanan.Contoh 3: Hitung tegangan pada semua tali. Penyelesaian: Ferianto Raharjo .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful