KESETIMBANGAN

(Gaya)

Hukum Newton I
“Sebuah benda tetap dalam keadaan diam, atau bergerak sepanjang garis lurus dengan laju tetap, kecuali bila dipaksa untuk mengubah keadaan tersebut oleh gaya-gaya yang diberikan kepadanya.” Kecenderungan dari sebuah benda untuk tetap bergerak begitu benda tersebut mulai bergerak terjadi akibat suatu sifat yang dinamakan inersia.

Ferianto Raharjo - Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya)

1

Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya) 2 . aksi silang dari satu benda pada benda lain selalu sama. atau gaya yang hasil penjumlahan dengan nol.Hukum Newton III “Untuk setiap aksi selalu ada reaksi yang berlawanan yang sama: atau.” Kesetimbangan Pada saat sebuah dikenai beberapa vektornya sama benda tersebut (equilibrium). dan arahnya berlawanan. dikatakan bahwa berada dalam kesetimbangan berada dalam Syarat pertama benda kesetimbangan adalah ΣF=0 atau Σ Fx = 0 dan Σ Fy = 0 Ferianto Raharjo . benda tidak dikenai gaya.

Berapakah tegangan dalam tali? Penyelesaian: Contoh 2: Balok yang beratnya w tergantung pada seutas tali.Contoh 1: Benda dengan berat 50N menggantung pada ujung seutas tali. yang disambung dengan dua tali lain di O . Hitung tegangan pada ketiga tali tersebut! Penyelesaian: T2 60° T3 O T1 Ferianto Raharjo .Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya) 3 .

di mana sistem diam atau bergerak ke atas atau ke bawah dengan laju tetap.Fisika Dasar Kesetimbangan (Gaya) 4 . dan diikatkan pada balok B yang beratnya wB. yaitu. hitunglah wB agar sistem dalam keadaan setimbang.Contoh 3: Hitung tegangan pada semua tali. Seutas tali yang lentur diikatkan pada permukaan balok sebelah B α kanan. melalui sebuah katrol yang licin. Penyelesaian: Ferianto Raharjo . Bila wA dan α diketahui. jika benda yang digantung beratnya 600 N. T5 70° T4 70° T6 T2 30°30° T3 T1 600 N Penyelesaian: Contoh 4: Balok A yang beratnya wA diam di atas bidang miring yang licin dengan sudut A kemiringan α.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful