http://Salimhimafi.blogspot.

com
Sejarah Teleskop Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi pengamatan pada lima abad lalu membawa manusia untuk memahami benda-benda langit terbebas dari selubung mitologi. Galileo Galilei (1564-1642) dengan teleskop refraktornya mampu menjadikan mata manusia "lebih tajam" dalam mengamati benda langit yang tidak bisa diamati melalui mata bugil. Karena teleskop Galileo bisa mengamati lebih tajam, ia bisa melihat berbagai perubahan bentuk penampakan Venus, seperti Venus Sabit atau Venus Purnama sebagai akibat perubahan posisi Venus terhadap Matahari. Teleskop Galileo terus disempurnakan oleh ilmuwan lain seperti Christian Huygens (1629-1695) yang menemukan Titan, satelit Saturnus, yang berada hampir 2 kali jarak orbit Bumi-Yupiter. Perkembangan teleskop juga diimbangi pula dengan perkembangan perhitungan gerak benda-benda langit dan hubungan satu dengan yang lain melalui Johannes Kepler (15711630) dengan Hukum Kepler. Dan puncaknya, Sir Isaac Newton (1642-1727) dengan hukum gravitasi. Dengan dua teori perhitungan inilah yang memungkinkan pencarian dan perhitungan benda-benda langit selanjutnya .

Teleskop Teleskop atau teropong adalah instrumen pengamatan yang berfungsi mengumpulkan radiasi elektromagnetik dan sekaligus membentuk citra dari benda yang diamati. Teleskop merupakan alat paling penting dalam pengamatan astronomi. Jenis teleskop (biasanya optik) yang dipakai untuk maksud bukan astronomis antara lain adalah transit, monokular, binokular, lensa kamera, atau keker. Teleskop memperbesar ukuran sudut benda, dan juga kecerahannya. Galileo diakui menjadi yang pertama dalam menggunakan teleskop untuk maksud astronomis. Pada awalnya teleskop dibuat hanya dalam rentang panjang gelombang tampak

http://Virtuallabphysics.blogspot.com

Walaupun kata “teleskop” dapat http://Virtuallabphysics.http://Salimhimafi. Meinel. kemudian berkembang ke panjang gelombang radio setelah tahun 1945. Newton. Penemuan atau prediksi akan adanya pembawa informasi lain (gelombang gravitasi dan neutrino) membuka spekulasi untuk membangun sistem deteksi bentuk energi tersebut dengan peranan yang sama dengan teleskop klasik. Kini sudah umum untuk menyebut teleskop gelombang gravitasi atau pun teleskop partikel berenergi tinggi. Hale. Bagian-Bagian Teleskop Prinsip Kerja Teleskop Sebuah teleskop pada intinya adalah alat untuk mengumpulkan cahaya.com saja (seperti yang dibuat oleh Galileo.blogspot. dan kini teleskop meliput seluruh spektrum elektromagnetik setelah makin majunya penjelajahan angkasa setelah tahun 1960.com .blogspot. menguatkannya. dan lainnya). dan mengumpulkannya pada satu tempat. Foucault.

com dipecah menjadi “tele” yang berarti “jauh” dan “scope” berarti “melihat”. namun lebih dari itu teleskop tidak digunakan untuk “melihat jauh” dalam arti harfiahnya. Pengamatan planet tentu saja sangat berbeda apabila menggunakan teleskop. karena cahaya yang sampai dikumpulkan dan dikuatkan. tak terlihat oleh mata biasa. Sebuah objek yang sangat redup. Dalam beberapa kasus teleskop memang memiliki keuntungan penglihatan. Fungsi kedua sebuah teleskop adalah menghasilkan citra dengan ketajaman yang lebih besar sehingga posisi sebuah objek dapat ditentukan dengan lebih akurat.com . Oleh karena itu teleskop digunakan sebagai pengumpul (kolektor) cahaya. dapat terlihat apabila dilihat dengan teleskop.blogspot.http://Salimhimafi. tentu lebih jelas lagi) dan lapisanlapisan atmosfer Jupiter. bintang ganda juga dapat dipastikan karena dilihat dengan mata biasa bintang ganda akan terlihat seperti satu bintang saja (buat dua titik yang terpisah sejauh 1 cm pada selembar kertas. Dengan menggunakan teleskop portabel pun Planet Saturnus dapat dilihat (apalagi planet-planet yang lebih dekat. Kedua fungsi ini dapat ditingkatkan http://Virtuallabphysics.blogspot. tapi fungsi utama sebuah teleskop astronomi bukanlah untuk melihat hingga kejauhan. seperti planet dalam tata surya kita. Lain halnya apabila teleskop diarahkan ke objek-objek yang jauh lebih dekat. Tempel kertas pada dinding dan pandang kertas tersebut dari jarak 20 m. misalnya. dapat dibedakan. atau kurang lebih maknanya adalah “melihat [objek-ojek] jauh”. Berapa titik yang bisa Anda lihat?).

Kedua fungsi ini dapat ditingkatkan dengan meningkatkan diameter kolektor teleskop. Semakin besar diameter teleskop semakin banyak cahaya bintang yang dapat dikumpulkan teleskop sehingga objek menjadi lebih terang dan tajam. atau disebut juga dengan bukaan atau aperture. Pengumpulan cahaya oleh teleskop dilakukan dengan memfokus. Semakin besar diameter teleskop semakin banyak cahaya bintang yang dapat dikumpulkan teleskop sehingga objek yang sangat redup pun dapat tampak. dan bentuknya tidak seperti teleskop optik. yang akan menentukan besar medan pandang teleskop.com dengan meningkatkan diameter teleskop. dan daerah yang dapat ditangkap mata disebut daerah visual. Kesemuanya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing dan bekerja pada daerah panjang gelombang visual. Cahaya yang sampai ke teleskop dikumpulkan menuju satu titik yang disebut titik fokus atau titik api atau titik bakar.blogspot.blogspot. Bukaan (Aperture) dan Panjang Fokus Seperti yang sudah digambarkan di atas. Misalnya kita memiliki dua teleskop http://Virtuallabphysics. contohnya.com . berbentuk seperti antena parabola yang biasa dipakai untuk menangkap siaran televisi mancanegara. Misalnya kita mengamati sebuah rumah. Kita dapat menganggap cahaya sebagai sinyal gelombang elektromagnetik yang dapat dipecah ke dalam berbagai panjang gelombang. Teleskop radio. seperti teleskop radio yang berfungsi menangkap sinyal-sinyal radio yang dipancarkan objek-objek astronomi. Alat pemfokus ini secara garis besar dapat dibagi menjadi dua: lensa (refraktor) dan cermin (reflektor). Medan pandang adalah luas daerah yang dapat kita amati. Daerah panjang gelombang lain memiliki teleskop yang sama sekali berbeda.http://Salimhimafi. fungsi teleskop adalah untuk mengumpulkan cahaya sehingga nampak lebih terang dan dapat diperbesar. Komponen kedua yang menentukan kemampuan teleskop adalah panjang fokus kolektor. maka medan pandang luas berarti kita dapat mengamati keseluruhan rumah sementara medan pandang sempit berarti kita hanya dapat mengamati pintunya saja.

dan formulasinya Teropong Bintang Teleskop pembias terdiri dari dua lensa konvergen (lensa cembung) yang berada pada ujung-ujung berlawanan dari http://Virtuallabphysics.blogspot. yaitu : • Teropong bias : terdiri dari beberapa lensa 4 macam teropong bias : 1.blogspot.http://Salimhimafi. Teropong Bintang (Teropong Astronomi) Teropong Bumi Teropong Prisma (Binokuler) Teropong Panggung (Galileo) • Teropong pantul : terdiri atas beberapa cermin dan lensa Jenis-jenis Teropong. lukisan bayangan.com . Dengan demikian teleskop bermedan pandang sempit memiliki tingkat perbesaran yang lebih tinggi. Pembagian antara panjang fokus dengan diameter kolektor akan menghasilkan bilangan yang disebut dengan nisbah fokal atau f/ratio. Jenis-jenis Teleskop Teleskop atau teropong memiliki 2 jenis. 3. namun memiliki dua panjang fokus yang berbeda. maka teleskop dengan panjang fokus yang lebih panjang akan memiliki medan yang lebih sempit. Teleskop dengan nisbah fokal yang besar berarti medannya sempit sementara teleskop dengan nisbah fokal rendah berarti medannya luas.com dengan diameter kolektor yang sama. 4. 2.

Lensa yang paling dekat dengan objek disebut lensa objektif dan akan membentuk bayangan nyata I1 dari benda yang jatuh pada bidang titik fokusnya Fob (atau di dekatnya jika benda tidak berada pada tak berhingga).blogspot. yang berfungsi sebagai pembesar.com . L e n sa O b y e k t if L e n sa O k u le r d = f ob + f ok f ob = f ok f ob f ok Panjang teropong Perbesaran teropong d = fob + sok M Sifat bayangan : maya. Dengan demikian.com tabung yang panjang. Walaupun bayangan I1 lebih kecil dari benda aslinya.blogspot. Jika benda-benda yang diamati adalah benda-benda langit (seperti bintang dan bulan).13.http://Salimhimafi. Akan tetapi. terbalik. yang bersifat maya dan terbalik. lensa okuler memperbesar bayangan yang dihasilkan oleh lensa objektif untuk menghasilkan bayangan kedua yang jauh lebih besar I2. seperti diilustrasikan pada Gambar 5. bayangan terbalik tidaklah menjadi masalah. jika kita mengamati http://Virtuallabphysics. diperbesar Teropong Bumi Bayangan akhir yang dihasilkan oleh lensa okuler pada teropong bintang terhadap arah benda semula. ia membentuk sudut yang lebih besar dan sangat dekat ke lensa okuler.

oleh karena itu lensa ketiga ini disebut lensa pembalik.com benda-benda di bumi.com . maka bayangan akhir harus tegak terhadap benda semula. diperbesar Teropong Prisma Disebut juga teropong binokuler http://Virtuallabphysics. tegak.blogspot.blogspot. Hal ini bias didapat dengan 2 cara.http://Salimhimafi. Menggunakan lensa cembung ketiga yang disisipkan diantara lensa objektif dan lensa okuler 2. Menggunkan pasangan lensa cembung sebagai lensa objektif dan lensa cekung asangan sebagai lensa okuler Teropong bumi menggunakan cara 1 untuk menghasilkan bayangan akhir yang tegak terhadap arah benda semula. Di sini lensa cembung ketiga hanya berfungsi membalikkan bayangan dan tidak memperbesar bayangan. yaitu : 1. Panjang teropong d = fob + 4fb + sok Teropong bumi untuk mata tidak berakomodasi Perbesaran teropong M Sifat bayangan : maya.

blogspot. Tabungnya pendek. dan berfungsi untuk membentuk bayangan tegak maya. lensa pembalik diganti dengan dua prisma sama kaki yang akan memantulkan bayangan secara sempurna Bayangan akhir tegak.com . diperbesar Pemantulan pada prisma Teropong Panggung (Teropong Galilei) Teropong Galilean ditunjukkan pada Gambar 5.com Untuk memperpendek teropong.blogspot.http://Salimhimafi. maya. Okuler f ob http://Virtuallabphysics. memiliki lensa divergen (lensa cekung) sebagai okuler yang memotong berkas yang mengumpul dari lensa objektif sebelum mencapai fokus. tetapi medan pandang kecil. Obyektif L.17. Rancangan ini sering digunakan pada kacamata opera. d = f ob + f ok T f ok f ob = f ok L. yang digunakan Galileo untuk penemuan-penemuan astronominya yang terkenal.

cahaya dipantulkan dahulu oleh cermin datar menuju lensa okuler (lensa cembung).blogspot. Teropong pantul astronomi terdiri atas satu cermin cekung besar. sebagai benda maya lensa okuler • Sinar sejajar yang keluar dari lensa okuler menuju mata bersifat tegak di titik tak terhingga Perbesaran teropong M Teropong Pantul Disebut teropong pantul karena sebagai objektif digunakan cermin cekung besar yang berfungsi sebagai pemantul cahaya.com • Sinar datang sejajar dari lensa obyektif membentuk bayangan tepat di fokusnya.http://Salimhimafi. Soal dan Pembahasan 1 Sebuah teropong bintang dipakai untuk mengamati bintang dengan perbesaran 9 kali untuk mata tidak berakomodasi. satu cermin datar kecil yang diletakkan sedikit di depan titik focus F dan satu lensa cembung untuk mengamati benda. Akan tetapi.blogspot.com . Jika jarak lensa objektif dengan lensa okuler http://Virtuallabphysics. Cermin cekung besar akan mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin. sebelum cahaya dikumpulkan di titik focus F cermin cekung.

6 cm. lensa pembalik.com sama dengan 50 cm.blogspot. Jarak fokus lensa objektif. d = fob +4fpb + fok = 58 cm + 4(6 cm) + 8 cm = 90 cm http://Virtuallabphysics.http://Salimhimafi. maka fob = 9 x 5 cm = 45 cm 2 Sebuah teleskop astronomi mempunyai lensa objektif dengan jarak fokus 28 cm. fok = 8 cm. tentukan jarak fokus okuler dan jarak fokus objektifnya! Jawab: Ma = 9. fpb = 6 cm. perbesaran teleskop untuk mata tidak berakomodasi adalah 7 kali . dan 7 cm. maka M a = f ob f atau 9 = ob → f ob = 9 f ok f ok f ok Dengan d = 50 cm didapat d = fob + fok = 9 fok + fok = 10 fok 50 = 10 fok fok = 5 cm karena fob = 9 fok.com . dan lensa okulernya berturut-turut : 58 cm. tentukan panjang teropong tersebut jika mata tidak berakomodasi! Jawab: Data yang diperoleh : fob = 58 cm. tentukan panjang teropong tersebut! Jawab: Perbesaran untuk mata tidak berakomodasi Ma = f ob 28 →7= → f ok = 4 cm f ok f ok Panjang teropong adalah d = fob + fok = 28 + 4 = 32 cm 3 Sebuah teropong bumi digunakan untuk mengamati benda di tak terhingga.blogspot.

http://Virtuallabphysics. Edwin Hubble yang juga merupakan penemu hukum Hubble. jarak fokus lensa objektif lebih besar daripada jarak fokus lensa okulernya. apa yang membedakan teropong dan mikroskop? Jawab: Pada teropong. Sebagian besar dari benda-benda angkasa yang telah berhasil diidentifikasi.blogspot.blogspot. Nama Hubble diambil dari nama ilmuwan terkenal Amerika. yaitu lensa objektif dan lensa okuler. Tentukanlah tinggi pemain yang tampak dengan memakai teropong! Jawab: Perbesaran untuk mata tidak berakomodasi Ma = f ob 25 = = 5 kali f ok −5 Maka. Akademi Sains Nasional Amerika merekomendasikan untuk membangun sebuah teleskop angkasa raksasa. Pada tahun yang sama pula.com . tepatnya pada tahun 1977. adalah merupakan jasa teleskop Hubble. h’ = Ma.40 cm = 200 cm 5 Berdasarkan ukuran jarak fokus masing-masing lensa. Pemain sepak bola yang terlihat rata-rata setinggi 40 cm dengna mata telanjang. Pada tahun 1962. Tiga tahun kemudian. Sedangkan mikroskop sebaliknya.h = 5. pembuatan teleskop angkasa Hubble segera dimulai.com 4 Sebuah teropong panggung dengan focus lensa objektif 25 cm dan focus okuler -5 cm digunakan untuk mengamati pertandingan sepak bola.http://Salimhimafi. kongres mulai mengumpulkan dana untuk proyek tersebut. Info Teknologi Teleskop luar angkasa Hubble Teleskop angkasa Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi.

blogspot. dan beratnya mencapai 826 kilogram.com . Tetapi. berdiameter 4. Ukuran Hubble hampir sama dengan sebuah bus sekolah. Tabung oranye yang ada pada teleskop adalah sumber tenaga Hubble.com Konstruksi teleskop Hubble. pengoperasiannya ditunda sementara karena bencana Pesawat Angkasa Challenger. http://Virtuallabphysics. gambar tersebut akan diubah menjadi kode digital dan diradiasikan ke bumi dengan menggunakan antena yang memiliki kemampuan mengirimkan data 1 juta bit per detik.4 m (8 kaki).http://Salimhimafi. Padahal.blogspot. Hubble di'angkasakan' untuk pertama kalinya pada tanggal 25 April 1990.5 kaki). Cara kerja Pertama-tama. Ukuran Teleskop: Ketebalan mencapai 13. pesawat ulang-alik Endeavor dikirim untuk memodifikasi Hubble dengan menambahkan kamera baru untuk memperbaiki kesalahan pada lensa primernya. kode itu akan diubah menjadi foto dan spektrograf (sebuah instrumen yang digunakan untuk mencatat spektrum astronomikal). Beberapa tahun setelah dioperasikan. Pada akhirnya NASA menemukan bahwa lensa pada teleskop tersebut bergeser sebanyak 1/50 ketebalan rambut manusia! Pada bulan Desember 1993.27 meter (14. Setelah diterima oleh teleskop. Lensa Lensa primer teleskop Hubble. Setelah kode digital diterima oleh stasiun di bumi.1 meter (43. Hubble mengirim gambar yang buram dan tidak jelas. Hubble direncanakan untuk mulai dioperasikan pada tahun 1986. Hubble menangkap gambar. Selain lapisan aluminum. berdiameter 2. lensanya juga memiliki lapisan magnesium fluorida yang berguna untuk mencegah oksidasi dan sinar ultraviolet (UV) dari matahari agar lensa tidak cepat rusak.000 kilogram. Lensa ini terbuat dari kaca silika yang dilapisi oleh lapisan tipis aluminum murni untuk merefleksikan cahaya.0 kaki) dan memiliki berat 11. berhasil diselesaikan pada tahun 1985.

pada bulan Oktober 1997. Galaksi Messier 101 (M-101) adalah salah satunya. Md. astronot mengganti sebagian instrumen Hubble dan juga menambahkan selimut baru untuk menjaga Hubble agar tetap hangat.blogspot. Setelah itu. Wide Field Camera 3 dan Cosmic Origins Spectrograph dipasang pada tahun 2003. http://Virtuallabphysics. Kamera ini dapat mempertajam gambar dan memperlebar sudut pandang kamera. bintang). Advance Camera dipasang pada tahun 2001. Hubble dapat berkeliling lebih dari 150 juta mil per tahun (± 241 juta kilometer). satelitnya. mengobservasi dan memahami tentang jagad raya. Gambar sebuah galaksi raksasa tidak dikumpulkan dalam sehari saja. Gambar galaksi ini merupakan gambar terbesar dan terdetail dari sebuah galaksi spiral yang pernah dihasilkan oleh Hubble. Tetapi. galaksi. Gambar galaksi ini terdiri dari 51 bagian.blogspot.com .com Teleskop ini dapat berjalan 5 mil per detik. objek luar angkasa (lubang hitam/black hole. teleskop ini dikendalikan dari Goddard Space Flight Center di Greenbelt. Pengendalian Hubble Sejak pertama kali dioperasikan. Hubble akan digantikan oleh teleskop James Webb. Hubble seharusnya akan di nonaktifkan pada akhir tahun 2005. Hubble juga bayak mengirimkan gambar-gambar yang menakjubkan tentang kejadian-kejadian di luar angkasa seperti supernova. lahirnya bintang. Dua misi Hubble yang terakhir adalah pada tahun 2001 dan 2003.http://Salimhimafi. Selain itu. NASA memutuskan untuk memperpanjang pengoperasian Hubble dari tahun 2005 ke 2010. Pada misi kedua di bulan Februari 1997. Yang telah dilakukan Hubble Hubble sangat banyak membantu para ilmuwan dalam mempelajari. dan tabrakan bintang. planet ke-10 beserta Gabrielle. dll. Hubble adalah teleskop angkasa yang berhasil menemukan Xena.

http://Salimhimafi.blogspot.blogspot.org/wiki/Teleskop http://id.com/2009/05/s08/teropong-atau-teleskop/#more-1752 http://Virtuallabphysics.html http://id.com .com/2010/11/alat-alat-ukur-i.wordpress.com/2007/11/26/menuju-titik-api-bag-3-teleskop-reflektor/ http://nanpunya.wikipedia.blogspot.com/2007/11/20/menuju-titik-api-bagian-1/ http://langitselatan.com DAFTAR PUSTAKA http://einsteinfisika.wikipedia.org/wiki/Teleskop_luar_angkasa_Hubble http://langitselatan.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.