BAB-1

BANGSA DAN NEGARA Oleh : Drs. HARY ANANTO WARDONO SMA NEGERI 2 WONOGIRI

Manusia

Masyarakat

Bangsa

NEGARA
Unsur-unsur Pembentuk Hakikat Asal Mula Bentuk Tujuan Fungsi

Faktual

Teoritis

Proses Perubahan

Nagara

Kenegaraan

Negara Kesatuan Republik Indonesia

Bangsa adalah sekumpulan komunitas manusia yang mendiami suatu wilayah tertentu, dimana mereka memiliki latar belakang sejarah yang sama, serta bertekad membangun masa depan bersama

Previous

Negara adalah organisasi masyarakat yang tertinggi yang didalamnya terdapat kekuasaan dan berdiam pada suatu wilayah tertentu yang bertekad mewujudkan cita-cita bersama Previous .

Rakyat Wilayah Pemerintah yang berdaulat Pengakuan dari negara lain . 4.UNSUR-UNSUR PEMBENTUK NEGARA 1. 3. 2.

Rakyat adalah semua orang yang ada dalam wilayah suatu negara dan tunduk serta patuh pada peraturan dalam negara tersebut. (Warga negara yang mempunyai ikatan hukum dengan pemerintahnya) Rakyat suatu negara dapat dibedakan menjadi : Previous .

WARGA NEGARA PENDUDUK RAKYAT BUKAN WARGA NEGARA BUKAN PENDUDUK Previous .

Penduduk adalah orang-orang yang berdomisili secara tetap dalam suatu wilayah negara untuk jangka waktu lama. Contoh : Penduduk yang mempunyai status kewarganegaraan (WNI/WNA)

Previous

Bukan Penduduk adalah mereka yang tinggal dalam suatu wilayah negara untuk sementara/tidak menetap. Contoh : Warga Negara Asing sebagai turis

Previous

Warga Negara adalah orang-orang yang secara sah menurut hukum menjadi annggota suatu negara, dengan status warga negara asli maupun warga negara keturunan asing.

Previous

Bukan Warga Negara adalah mereka yang menurut hukum tidak siakui atau bukan menjadi warga suatu negara . dimana status kewarganegaraan mereka adalah WNA. Previous .

Wilayah suatu negara secara umum dapat dibedakan menjadi : Previous .Wilayah adalah landasan material/fisik negara tempat rakyatnya berpijak. dimana didalamnya terdapat batas-batas negara untuk menjalankan yurisdiksi teritorial atas orang dan benda yang ada dalam wilayah itu.

DARATAN LAUTAN WILAYAH UDARA EKSTRA-TERITORIAL Previous .

Batas secara geografis : ditentukan berdasarkan garis lintang dan garis bujur Previous . pagar kawat berduri. Batas Alamiah : gunung. tugu perbatasan. hutan 2. Batas Buatan : pagar tembok. sungai.Batas wilayah daratan dapat berwujud : 1. pos penjagaan. jembatan 3.

sehingga tidak dapat diklaim dan dimiliki oleh setiap negara (Hugo de Groot 1608) Previous . Res Communis : Laut adalah milik masyarakat dunia.Terdapat 2 pandangan/konsepsi tentang laut : 1. Res Nullius : Laut dapat diambil dan dimiliki oleh SETIAP negara (John Sheldon 1584-1654) 2.

* Negara Kolong/negara bawah/subjacent state hanya mempunyai hak terhadap wilayah/zona teritorial 2. Teori Udara Shacter : Wilayah udara harus sampai pada suatu ketinggian. Teori Pengawasan Cooper : Kedaulatan suatu negara ditentukan oleh kemampuan negaa itu mengawasi ruang udara diatas wilayahnya secara fisik dan ilmiah c.Terdapat 2 teori tentang konsepsi wilayah Udara : 1. Teori Keamanan : Negara mempunyai kedaulatan atas wilayah udaranya sampai batas yang diperlukan untuk menjaga keamanan negara itu b. Teori Negara Berdaulat di Udara (The Air Souverignity) : a. Teori Udara Bebas (Air Freedom Theory). tidak ada negara yang mempunyai hak dan kedaulatan di ruang udara b. ada 2 aliran : a. Aliran Kebebasan Udara Terbatas : * Setiap negara berhak mengambil tindakan tertentu untuk memelihara keamanan dan keselamatannya. dimana udara masih cukup mampu mengapungkan/mengangkat balon dan pesawat udara Previous . Aliran Kebebasan Ruang Udara Tanpa Batas : Ruang udara itu bebas dan dapat digunakan oleh siapapun.

Contoh : Kantor/Kediaman Duta Besar suatu negara.Wilayah Ekstra-Teritorial : adalah wilayah suatu negara yang berada di wilayah negara itu. Kapal laut yang berlayar di laut bebas dengan berbendera suatu negara Previous .

Pemerintah yang berdaulat adalah pemerintah yang berkuasa atas seluruh wilayahnya dan segenap rakyatnya Previous .

LUAS PEMERINTAH SEMPIT Previous .

Pemerintah Dalam Arti Luas adalah keseluruhan alat kelengkapan negara yang memegang kekuasaan negara (meliputi semua lembaga-lembaga negara yang tersebut dalam konstitusi yang menjalankan fungsi Legislatif. Yudikatif) Previous . Eksekutif.

Pemerintah Dalam Arti Sempit adalah keseluruhan alat kelengkapan negara yang melaksanakan fungsi pemerintahan saja (hanya lembaga eksekutif saja) Previous .

Tidak Terbatas. Tunggal/Bulat. kekuasaan akan tetap ada selama negara itu berdiri 3. Menurut Jean Bodin. terdapat 4 sifat kedaulatan : 1. 2. Asli. pemerintah mempunyai kekuasaan mengatur organisasi negara sesuai peraturan perundangan yang berlaku. pemerintah berkuasa bebas. Kedaulatan Keluar. Permanen. merupakan satu-satunya kedaulatan tertinggi dan tidak terbagi-bagi 4. tidak berasal dari kekuasaan yang lebih tinggi 2. kekuasaan tidak dibatasioleh kekuasaan lain. Kedaulatan Kedalam. Previous . tidak tunduk pada kekuasaaan lain. Kedaulatan ada 2 macam : 1.Kedaulatan adalah kekuasan tertinggi dari suatu negara yang berlaku bagi seluruh wilayahnya maupun segenap rakyatnya.

1. Negara Bersifat Memaksa 2. Negara Bersifat Monopoli 3. Negara Bersifat Mencakup Semua Previous .

dan alat penegak hukum lainnya) untuk memaksa agar semua peraturan perundang-undangan yang berlaku ditaati sehingga kemanan dan ketertiban negara tercapai Previous . tentara.Negara mempunyai kewenangan menggunakan kekuatan fisik secara legal (polisi.

yaitu mengatur boleh/tidak. Previous . baik/buruk berkaitan dengan tujuan negara dan masyarakat.Negara memilki kewenangan menetapkan tujuan bersama masyarakat.

Segala peraturan perundang-undangan yang berlaku adalah untuk semua orang tanpa kecuali Previous .

Pengakuan dibedakan menjadi : Tetap De Facto Sementara PENGAKUAN Tetap De Yure Penuh Previous .PENGAKUAN merupakan unsur tambahan/pelengkap terbentuknya suatu negara. karena bersifat deklaratif dan bukan bersifat pokok/utama.

PENGAKUAN DE FACTO adalah pengakuan yang didasarkan pada kondisi kenyataan sesungguhnya bahwa negara itu benar-benar ada Previous .

PENGAKUAN DE YURE adalah pengakuan berdasarkan pernyataan resmi menurut Hukum Internasional Previous .

PENGAKUAN DE FACTO BERSIFAT TETAP adalah pengakuan dari suatu negara kepada negara lain yang hanya bisa menimbulkan hubungan di bidang perdagangan dan ekonomi Previous .

PENGAKUAN DE FACTO BERSIFAT SEMENTARA adalah pengakuan yang diberikan kepada negara lain tanpa memperhatikan perkembangan negara tersebut. maka negara tersebut akan menarik kembali pengakuannya. Previous . Apabila negara itu hancur.

PENGAKUAN DE YURE BERSIFAT TETAP adalah pengakuan dari negara lain yang berlaku untuk selamanya karena kenyataan yang menunjukkan adanya pemerintahan yang stabil Previous .

Negara yang mengakui berhak menempati konsulat atau membuka kedutaan di negara yang diakui.PENGAKUAN DE YURE BERSIFAT PENUH adalah terjadinya hubungan antar negara yang mengakui dan diakui dalam hubungan dagang. ekonomi. Previous . dan diplomatik.

Pendekatan Teoritis 3. yaitu : 1.Dapat dilihat dari 3 sudut pandang. Pendekatan Faktual 2. Berdasarkan Proses Pertumbuhan .

Pendekatan FAKTUAL ( Mengetahui terjadinya negara berdasarkan fakta sejarah lahirnya negara tersebut ) 1. 4. 2. Occupatie (Pendudukan) Cessie (Penyerahan) Accessie (Penaikan) Fusi (Peleburan) Proclamation Innovation (Pembentukan baru) Anexatie (Pencaplokan) Separatism (Pemisahan) Previous . 8. 6. 7. 3. 5.

Contoh : Liberia diduduki oleh budak-budak negro dan dimerdekakan pada tahun 1947 Previous .OCCUPATIE [Pendudukan] : adalah suatu daerah yang tidak bertuan dan belum didikuasai diduduki dan dikuasai oleh suku atau kelompok tertentu.

Previous . Austria adalah salah satu negara yang kalah dalam PD I.CESSIE [Penyerahan] : suatu wilayah diserahkan berdasarkan perjanjian tertentu. Contoh : Wilayah Sleeswijk diserahkan oleh Austria kepada Prusia (Jerman). karena ada perjanjian bahwa suatu negara yang kalah perang harus memberikan negara yang dikuasainya pada negara yang menang perang.

Contoh : Negara Mesir yang terbentuk dari delta sungai Nil Previous . yang kemudian dihuni sekelompok orang sehingga terbentuklah negara.ACESSIE (Penaikan) : terbentuknya suatu wilayah akibat penaikan lumpur sungai (delta).

FUSI [Peleburan] : beberapa negara mengadakan peleburan dan membentuk negara baru Contoh : bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur pada tahun 1990 Previous .

PROKLAMATION : terjadi ketika penduduk pribumi suatu wilayah yang diduduki bangsa lain mengadakan perlawanan/perjuangan sehingga berhasil merebut wilayahnya kembali dan menyatakan kemerdekaannya. Contoh : Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945 Previous .

INNOVATION [Pembentukan Baru] : munculnya negara baru diatas suatu wilayah negara yang pecah dan lenyap karena suatu hal. Contoh : setelah runtuhnya Uni Soviet, muncul negara baru seperti Usbekistan, Chechnya, Rusia

Previous

ANEXATIE [Pencaplokan/Penguasaan] : suatu negara berdiri diatas suatu wilayah yang dikuasai (dicaplok) oleh bangsa lain tanpa reaksi yang berarti. Contoh : negara Israel terbentuk dengan mencaplok daerah Palestina, Suriah, Yordania, dan Mesir

Previous

SEPARATISM [Pemisahan] : suatu negara terbentuk karena memisahkan diri dari kekuasaan negara lain dan menyatakan kemerdekaannya. Contoh : Timor Timur memisahkan diri dari kekuasaan RI menjadi negara merdeka bernama Republik Demokratik Timor Leste

Previous

Teori Ketuhanan Teori Kekuasaan Teori Perjanjian Masyarakat (Kontrak Sosial) Teori Hukum Alam Previous . 3. 2. 4.Pendekatan TEORITIS ( Mengetahui terjadinya negara berdasarkan kajian teori ) 1.

Tokoh : Thomas Aquinas. dimana negara terjadi karena kehendak Tuhan. Kranenburg Previous .TEORI KETUHANAN : Teori yang mendasarkan atas keyakinan kepada Tuhan. Zgustinus.

Laski. dan Karl Marx Previous . Tokoh : Leon Duguit.TEORI KEKUASAAN : Negara terbentuk atas dasar kekuasaaan. dimana kekuasaan adalah ciptaan manusia yang paling kuat dan berkuasa. Harold J.

TEORI PERJANJIAN MASYARAKAT [KONTRAK SOSIAL]: Negara terjadi karena adanya perjanjian masyarakat. Reausseau.J. J. dimana masyarakat mengikatkan diri dalam suatu perjanjian bersama untuk mendirikan organisasi yang bisa melindungi dan menjamin kelangsungan hidup bersama Tokoh : Thomas Hobes. Montesquieaeu Previous . John Locke.

TEORI HUKUM ALAM : Negara terjadi karena hukum alam yang berlaku di setiap saat dan tempat. sehingga bersifat universal dan tidak berubah Previous .

Contoh : Karena revolusi di Uni Soviet. 3. Suku/Persekutuan Masyarakat (Genootschaft) Kerajaan (Rijk) Negara Nasional (Nation) Negara Demokrasi (Democratisce) Negara telah ada sebelumnya. 4. Usbekistan dan Chechnya menjadi negara merdeka. dan penaklukan. intervensi. Indonesia merdeka dari Jepang setelah Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 Previous . 2. namun karena adanya revolusi.Proses PERTUMBUHAN ( Mengetahui terjadinya negara berdasarkan tahap-tahap perkembangan negara ) 1. maka timbullah negara yang menggantikan negara yang telah ada tersebut.

BENTUK NEGARA KESATUAN [UNITARIS] SERIKAT [FEDERASI] SENTRALISASI DESENTRALISASI Previous .

BENTUK KENEGARAAN Koloni Trustee (Perwalian) Mandat Protektorat Dominion Uni .

Kedaulatan kedalam dan keluar ada pada pemerintah pusat 2.NEGARA KESATUAN [UNITARIS] : Negara yang hanya memiliki satu pemerintahan pusat yang mengendalikan seluruh daerah Ciri-ciri : 1. Hanya memiliki 1 UUD. 1 kabinet. Hanya ada 1 kebijakan menyangkut persoalan IPOLEKSOSBUD HANKAM Previous . dan 1 DPR 3.

Pemerintah pusat memperoleh kedaulatan dari negara-negara bagian untuk kedaulatan kedalam maupun keluar 4. namun kekasaan asli terletak pada negara bagian 2.NEGARA SERIKAT [FEDERASI] : Negara yang didalamnya terdapat beberapa negara bagian Ciri-ciri : 1. Negara bagian berwenang membuat UUD sendiri selama tidak bertentangan dengan pemerintah pusat 5. Negara Bagian bersifat tidak berdaulat. Kepala negara memiliki hak veto (pembatalan keputusan) yangdiajukan oleh parlemen (senat dan kongres) Previous . Kepala negara dipilih oleh rakyatdan bertanggung jawab kepada rakyat 3.

SISTEM SENTRALISASI : Sistem pemerintahan dimana segala hal diurus oleh pemerintah pusat. dimana pemerintahdaerah hanya tinggal melaksanakan saja Previous .

SISTEM DESENTRALISASI : Sistem pemerintahan dimana pemerintah daerah mendapat kesempatan mengatur dan mengurus rumah tangga daerahnya sendiri. Sistem inilah yang kemudian disebut dengan OTONOMI DAERAH Previous .

Koloni Perwalian (Trustee) Mandat BENTUK KENEGARAAN Protektorat Protektorat Kolonial Protektorat Internasional Dominion Uni Personil Uni Uni Politik Uni Riil .

KOLONI : Negara yang menjadi jajahan negara lain Previous .

dan berada dalam naungan Dewan Perwalian PBB yang menang perang Contoh : papua Nugini merupakan bekas jajahan Inggris berada dibawah naungan PBB sampai tahun 1975 Previous .PERWALIAN [TRUSTEE] : Wilayah jajahan dari negara-negara yang kalah perang dalam PD II.

dan diletakkan pada negara-negara yang menang perang dibawah Dewan Mandat LBB Conoth : Kamerun yang merupakan bekas jajahan Jerman manjadi mandat Perancis Previous .MANDAT : Negara yang sebelumnya merupakan jajahan dari negara-negara yang kalah perang dalam PD I.

PROTEKTORAT : Negara yang berada dibawah perlindungan negara lain yang kuat Previous .

PROTEKTORAT KOLONIAL : Negara protektorat yangg menyerahkan urusan hubungan luar negeri. dan Hankam kepada negara pelindungnya Previous . dalam negeri.

PROTEKTORAT INTERNASIONAL : Negara protektorat yang masih tetap memperhatikan ketentuan-ketentuan Hukum Internasional Previous .

dan Selandia Baru Previous . Kanada. dimana mereka mengakui Raja/ratu Inggris sebagai Raja/Ratunya (lambang persatuan) Mereka tergabung dalam The British Commonwealth of Nation (Negara-negara Persemakmuran Inggris) Contoh : Australia.DOMINION : Merupakan bentuk kenegaraan khusus dalam lingkungan kerajaan Inggris. India. Afrika Selatan. Malaysia.

UNI POLITIK/POLITICAL UNION : Negara yang dibentuk oleh negara-negara yang lebih kecil 3. UNI PERSONIL/PERSONAL UNION : Gabungan 2 negara atau lebih ysng memiliki kepala negara yang sama. UNI RIIL/REAL UNION : Gabungan 2 negara atau lebih dimana terdapat pembagian terhadap beberapa lembaga negara Previous .UNI : Gabungan dua negara merdeka atau lebih dan berdaulat dengan kepala negara yang sama Dapat dibedakan menjadi 3 macam : 1. dimana kedaulatan kedalam dan keluar diurus masing-masing negara 2.

TUJUAN NEGARA Tujuan menunjukkan apa yang secara ideal hendak dicapai suatu negara Previous .

Teori Kekuasaan 2.TUJUAN NEGARA 1. Teori Perdamaian Dunia 3. Teori Jaminan Atas Hak Dan Kebebasan Previous .

bodoh. Previous . dan lemah. Rakyat harus dijauhkan dari hal-hal yang dapat melembutkan dan melemahkan hati.Mencapai Kekuasaan 1. meski untuk mencapainya raja harus bertindak kejam dan licik (Mencapai kemakmuran bersama) 2. Shang Hyang : Tujuan negara adalah memperoleh kekuasaan yang sebesarbesarnya dgn cara menjadikan rakyatnya miskin. (Semata-mata mencapai kekuasaan) Machiavelli : Tujuan negara adalah kekuasaaan. tapi kekuasaan tersebut digunakan untuk mencapai kebesaran dan kehormatan negara.

Perdamaian Dunia Dante Aliegerie : Tujuan Negara adalah untuk mencapai perdamaian dunia. yang dapat dicapai apabila seluruh negara berada dalam satu kerajaan dunia (imperium) dengan undangundang yang seragam bagi semua negara Previous .

artinya selain menjaga kemanan dan ketertibanmasyarakat. artinya hanya bertugas menjaga keamanan dan ketertiban.Jaminan Atas Hak Dan Kebebasan Immanuel Kant : Negara dibentuk sebagai penjaga malam. negara tidak berkewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya (Teori Negara Hukum Dalam Arti Sempit / Nachtwakerstaats) Kranenburg : Negara dibentuk sebagai negara hukum modern. negara berkewajiban pula untuk mewujudkan dan memperjuangkan kesejahteraan rakyatnya (Teori Negara Hukum Dalam Arti Luas / Modern / Welfarestaats) Previous .

FUNGSI NEGARA Fungsi adalah pelaksanaan cita-cita dalam kehidupan nyata Previous .

Lipman Menurut R.M.FUNGSI NEGARA 1. Menurut G. 3. 6. 2.A. Jacobsen dan M.H. Mac Iver Menurut Loyd Vernon Ballard Menurut Van Vollenhoven Menurut John Locke Montesquieu Previous . 5. 4.

seperti : mengentaskan fakir miskin. 3.H. Fungsi Perniagaan : fungsi ini dpt dilakukan oleh individu untk meraih keuntungan. rumah sakit. pembangunan jalan-jalan.G. penyelenggaraan pos dan telekomuikasi Previous . Lipman 1. Fungsi Esensial : fungsi yang diperlukan untuk kelanjutan negara : • • • • • Memelihara angkatan perang untuk mempertahankan serangan dari luar atau pergolakan dari dalam Memelihara angkatan kepolisian untuk memberantas kejahatan Memelihara pengadilan untuk mengadili pelanggar hukum Mengadakan hubungan luar negeri Mengadakan pungutan pajak 2. maupun oleh negara untuk memenuhi jaminan sosial. Jacobsen dan M. dsb. seperti : pencegahan pengangguran. Fungsi Jasa : aktifitas yang tidak mungkin ada apabila tidak dilakukan oleh negara. perlindungan deposito di bank.A.

R. sungai. Fungsi Konservasi (Penyelamatan) dan Perkembangan : negara dengan seluruh alat-alat kelengkapannya dapat menjalankan fungsi yang dapat dinikmati oleh generasi mendatang. hasil pertanian. Fungsi Memelihara Ketertiban (Order) dalam batas-batas negara : ketertiban dipelihara untuk melindungi warga negara yang lemah.M. Mac Iver 1. pengembangan industri Previous . seperti : memelihara hutan. 2.

seperti : meniadakan kemiskinan dan memelihara orang cacat. dsb. menyesuaiakan. Social Control : Mendamaikan. 2. penelitian ilmiah. pemajuan kesenian. Previous . Social Conservation : penanaman nilai-nilai yang sangat pentingdalam suatu tertib politik dan sosial. 4. seperti : penggiatan tata tertib intern dalam menyelesaiakan konflik antar warga negara. seperti : perluasan pendidikan. Social Improvement : perluasan bidang kehidupan segenap kelompok. 3. mengkoordinir sikap kelompok-kelompok yang sedang berselisih. Social Amelioration : memelihara kelompok-kelompok yang dirugikan. seperti : menyelenggarakan keadilan sosial. pengadaan pelatihan.Loyd Vernond Ballard 1.

Van Vollenhoven 1. 3. Bestuur : fungsi menyelenggarakan pemerintahan umum Rechtspraak : Fungsi mengadili Regelling : fungsi membuat peraturan Politie : fungsi menciptakan ketertiban dan keamanan Inilah yang kemudian dikenal dengan TEORI CATUR PRAJA Previous . 2. 4.

perang dan damai Previous . Federatif : mengurus urusan luar negeri.John Locke 1. Eksekutif : membuat peraturan dan mengadili 3. Legislatif : membuat undang-undang 2.

Montesquieu 1. Legislatif : membuat undang-undang 2. Yudikatif : mengadili dan dan mengawasi agar setiap peraturan ditaati Previous . Eksekutif : melaksanakan undang-undang 3.

HAKIKAT CITA-CITA TUJUAN VISI Dimiliki oleh bangsa Indonesia Diwujudkan dalam sikap N. Konstruktif . Buta P. Agama P. Romantik N. Kewarganegaraan N. Budaya N. Kenegaraan N. Etnis N.

dan golongannya Previous . ras. yaitu negara yang terbentuk berdasarkan semangat kebangsaan (Nasionalisme) Artinya : masyarakat yang bertekad membangun masa depan bersama dibawah satu negara yang sama walaupun rakyatnya berbeda agama. etnik.Hakikat NKRI : Negara Kebangsaan Modern.

Cita-Cita NKRI : Terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 UNTUK KITA RENUNGKAN : BAGAIMANA DENGAN INDONESIA SEKARANG ??? KLIK VIDEO DISINI ! Previous .

4.( Terdapat dalam Alenia-4 Pembukaan UUD 1945 ) 1. 2. Melindungi segenap bangsa Indonesia Memajukan kesejahteraan umum Mencerdaskan kehidupan bangsa Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Tujuan NKRI : 3. perdamaian abadi dan keadilan sosial Previous .

3. dan negara yang aman. 2. bangsa. bersatu. rukun. kesetaraan dan hak asasi manusia Terwujudnya perekonomian yang mampu menyediakan kesepatan kerja dan penhidupan yang layak serta memberikan pondasi yang kokoh bagi kehidupan berkelanjutan Previous . dan negara yang menjunjung tinggi hukum. Terwujudnya kehidupan masyarakat. dan damai Terwujudnya kehidupan masyarakat. bangsa.(berdasarkan Rencana Pembanguanan Jangka Menengah/RPJM 2004-2009) Visi 1.

dibutuhkan suatu PANDANGAN/PRINSIP yang RASIONAL terhadap penentuan nasib sendiri yang dapat menumbuhkan partisipasi warga negara untuk berbuat nyata mewujudkan cita-cita atas nama sebuah bangsa Previous .Paham yang menciptakan dan mempertahankan kedaulatan negara dengan mewujudkan suatu identitas bersama untuk sekelompok manusia ( = PAHAM KEBANGSAAN ) Dalam situasi perjuangan merebut kemerdekaan.

Sikap yang berani. pantang menyerah. dan rela berkorban demi bangsa dan negara sebagai perwujudan semangat Nasionalisme Previous .

Nasionalisme Kewarganegaraan (Nasionalisme Sipil) Nasionalisme yang memperoleh kebenaran politik dari partisipasi rakyatnya Previous .

Nasionalisme Etnis (Etnonasionalisme) Nasionalisme yang memperoleh kebenaran politik dari budaya asal atau etnis sebuah masyarakat Previous .

Nasionalisme Romantik (Nasionalisme Organik/Identitas) Nasionalisme yang memperoleh kebenaran politik sebagai suatu yang alamiah yang merupakan ekspresi dari sebuah bangsa atau ras. Previous .

misalnya : warna kulit (ras) ataupun bahasa. Previous .Nasionalisme Budaya Nasionalisme yang memperoleh kebenaran politik dari budaya dan tidak bersifat turun temurun.

Tak Ada satupun Yang Menentang Negara Previous . Tak Ada Satupun Diluar Negara.Nasionalisme Kenegaraan Nasionalisme yang merupakan variasi nasionalisme kewarganegaraan yang dikombinasikan dengan nasionalisme etnis. Contohnya : Ideologi Fasisme Italia yang mempunyai semboyan Semua Didalam Negara.

Contoh : Semangat nasionalisme Irlandia berasal dari kesamaan agama mereka.Nasionalisme Agama Nasionalisme dimana negara memperoleh legitimasi politik dari persamaan agama. Previous . yaitu Katholik.

Patriotisme Buta Keterikatan kepada bangsa dan negara tanpa mengenal toleran terhadap kritik “Right or Wrong is My Country” Artinya :Benar atau Salah. apapun yang dilakukan bangsa saya harus didukung sepenuhnya Previous .

Didalamnya terdapat 2 faktor penting. yaitu menjunjung tinggi cinta dan nilai-nilai kemanusiaan Previous . sehingga dapat membawa perubahan positif bagi kesejahteraan bersama.Patriotisme Konstruktif Keterikatan kepada bangsa dan negara dengan tetap menjunjung tinggi toleran terhadap kritik.

Previous .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful