P. 1
Penggolongan Air

Penggolongan Air

|Views: 658|Likes:
Published by Rheza Dipo Listyono

More info:

Published by: Rheza Dipo Listyono on Mar 24, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

AIR

Arti dan Sumber Air

Arti air bagi kita Menjaga ekosistem bumi Sumber kehidupan makhluk hidup Kebutuhan Industri .

Sumber – Sumber Air Air Air Air Air Air Laut Tanah ( sumur) Sungai Hujan sumber (mata air) .

PENGGOLONGAN AIR Berdasarkan PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 1990 TENTANG PENGENDALIAN PENCEMARAN AIR penggolongan air menurut peruntukkannya ditetapkan sebagai berikut : .

Golongan C : Air yang dapat digunakan untuk keperluan perikanan dan peternakan Golongan D : Air yang dapat digunakan untuk keperluan pertanian. Golongan B : Air yang dapat digunakan sebagai air baku air minum. industri. . pembangkit listrik tenaga air.Golongan A : Air yang dapat digunakan sebagai air minum secara langsung tanpa pengolahan terlebih dahulu. dan dapat dimanfaatkan untuk usaha perkotaan.

Golongan B antara 51-100/100 mililiter. Untuk air golongan A.Mengacu kepada Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No 416 tahun 1990 tentang Pencemaran Air. Golongan D antara 1001-2400/100 mililiter. kadar bakteri harus kurang dari 50/100 mililiter. 1001- . Golongan C antara 5110011001-1000/100 mililiter.

empang dan air dari saluran irigasi. syarat-syarat air syaratminum adalah tidak berasa. Sumber air permukaan dapat berupa sungai.Air minum adalah air yang digunakan untuk konsumsi manusia. mata air. waduk. Menurut departemen kesehatan. tidak berwarna. berat. danau. dan tidak mengandung logam berat. . Air permukaan merupakan air baku utama bagi produksi air minum di kota-kota kotabesar. tidak berbau.

dan zat radio aktif. kimia. bau. mikrobiologi. rasa.Dari daftar kriteria kualitas air golongan B. dan warna pada umumnya mempengaruhi sifat estetika dari air. . C.dan D ada beberapa parameter yang harus diperhatikan yaitu : parameter fisik. Parameter kimia dan mikrobiologi akan berbahaya bagi kesehatan manusia. sehingga perlu dihilangkan / dikurangi pada proses pengolahan air minum. Parameter fisik seperti kekeruhan.

AIR LAYAK MINUM .

Perusahaan Daerah Air Minum .(Tempat penyaringan air minum di instalasi produksi I.

TAMBAK IKAN .

DAERAH IRIGASI WAWOTOBI .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->