Pengertian, Ruang Lingkup, dan Manfaat ilmu Akhlak. A.Pengertian.

Secara tata bahasa : Kalimat Aklak berasal dari bahasa Arab yaitu Akhlaqa-yuhkliku-iklaakan yang berarti prilaku, tabiat,dan prilaku seseorang.1 Dalam bahasa arab sendiri, kata Akhlak memilkilima arti yaitu: As Sajiah, ( perangai), Al’adah (kebiasaan, kelaziman), Al Maruah (peradaban yang baik), Ad Din (Agama). Dalam Al Quran juga terdapat kalimat khulukun pada surah Al Qalam ayat 4 yang berbunyi: 2

Secara istilah :3 1. Ahklak adalah sifat tertanam dalam jiwa yang dengan lahirnya macam-maxam perbuatan baik atau buruk tanpa membutuhkan pertimbangan. 2. Aklak adalah sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan mudah, tanpa memerlukan pemikiran dam permintaan. 3. Ahklak adala sifat tang tertanam dalam jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan tanpa memerlukan pertimbangan. B. Ciri-ciri Ahklak. 1 Perbuatan akhlak adalah perbuatan yang dilakukan dengan sesungguhnya. 2.Perbuatan aklak adalah perbuatan yang dilakukan dengan mudah dan tanpa pemikiran menjadi kepribadiannya. 3. Perbuatan ahklak adalah perbatan yang tela tertanam kuat dlam jiwa seseorang, telah menjadi kepribadiannya. 4.Perbuatan ahkalk adalah perbuatan yang timbul dari dalam diri orang yang mengerjkannya, tanpa ada paksaan atau tekanan dari luar ( lillahi ta’ala ). 5. Perbuatan ahklak adalah perbuatan yang dilakukan dengan ikhlas semata-mata karena Allah.
1 2

.Kamus Mahmud yunus. Al quran Al kariem. 3 Http/: Pengertian Ahklak secara Istilahiyyah

Aklak yang islamy juga disebut sebagai ahklak yang selalu sesuai dan tidak keluar dari kebenaran yang terkandung dalam Al Quran daN Hadits yang bersifat Universal ataupun umum. Ahmad Amin. seperti : sabar. Prof.Dr. disengaja. jika seseorang selalu melakukan perbuatannya dengan baik maka orang tersebut memilki ahklak yang mamuudah. D. Ilmu Aklak4 Ilmu akhlak adala ilmu yang mempelajari dan membahas tetntang nilai-nilai yang disifatkan kepada seorang manusia baik itu sifat yang baik dan yang buruk. 1.C. Jakarta. Jakarta 6 Etika Ilmu Ahklak. Ahklak yangb tercela: ahklak yang stidak dalam control Illahiya. Ahklak yang terpuji: akhlak yang senantiasa berada dalam control Illahi. 2. yang membawa nilainilai negative. jujur. Sedangakan ahklak itu berasal dari Allah yang bersifat Absolut dan permanen. serta menghancurkan bagi kemaslahatan umat . Dr. 4 5 Http/. Abudiddin Nata. PT. seperti: bohong. Definisi Ilmu Ahklak Ahklak Tasawuf . Prof. 1995.6 E. dan berubah-ubah. Ahklak Islamy. dan membangun kepada kemaslahatan umat. Ahkalak isalamy 5merupakan ahklak ataupun tabiat serta kebiasaan yang selalu manusia lakukan dalam hidupnya dengan dasar agama islam dan mengitu konsep Aqidah Islaamiyyah. Ahklak dengan moral maupun etika itu berbeda. Ahklak terbagi dalam dua macam yaitu ahklak yang terpuji dan ahklak yang tercela. . Persada. karena etika dan moral merupakan hasil dari pemikiran manusia yang bersikap lokal. yang dapat membawa nilai-nilai positf. fitnah dan lain-lain. ilmu Aklak islamy disebut juga perbuatan yang dilakukan dengan mudah. mendarah daging. Jadi. Bulan Bintang. Tapi ada satu hal yang penting dalam memahami artia dari ahklak tersebut. dan sesungguhnya yang di dasarkan dalam agama islam. 2002. Raja Grafindo. dikatakan Universal karena ajaran agama islam bersifat Universal dan dalam menjabarkan aklak yang islamy butuh pemikiran akal manusia dan perilaku social yang terkandung dalam ajaran etika dan moral. Ruang lungkup. dan jika seseorang tersebut selalu melakukan perbuatan yang tercela maka dia memilki ahklak yang mazmuumah. bersyukur dan lain-lain.

Menjaga kebersihan lingkungan dari pencemaran. Memelihara keturunan. Amanah. Dr Aminuddin. Fakulatas Ekonomi dan Bisnis. Bermusyawarah. . Jujur.Kedudukan Ahlak. F. Adil. 2. Iffah. 3. Bertaqwa kepadanya.Akhlak dalam lingkungan masyarakat luas:      Tolong menolong. 7 Akhlak Tasawuf. Memanfaatkan sumberdaya Alam untuk kesejahteraan bersama.Dari segi sasarannya : Ahklak kepada Allah dan Allah kepada Mahluk hidup ( ahklak kepada sesame manusia dengan aklak kepada alam sekitar )7 1. Qanaah. Istri wajib menghormati suami.Ahklak kepada Allah:       Mentauhidkan dan menyembah hanya kepada Allah. Anak wajib menghoramati dan berbuat baik terhadap kedua orang tua Orang tua wajib mendidik anaknya.dan sebaliknya. Orang tua menghargai anak-anaknya Suami wajib memenui nafkah bagi keluarganya. 4.Ahklak dalam lingkunagan keluarga:        Ahlak suami sebagai kepala keluarga. Aklak terhadap alam sekitar :    Melestarikan lingkungan. Menjaga persaudaraan. Menepati janji.

9     Menetapkan perbuatan sebagai perbuatan yang baik maupun perbuatan yang buruk.8 Karena dalam Hadits Rasulullah bersabda : G. Membersihkan hati dari awa nafsu. Dr Aminuddin. jadi jika ahklak sesorang baik maka Aqidah dan Syaria’hnya pun baik baik karena Aqidah adala fondasi yang pokok dari ajaran agama islam serta Syari’ah merupakan sebagai Implementasinya. Memilki pengetahuan bagaimana cara memilih criteria yang baik. 8 Aqidah.Dalam ajaran agama islam. Fakulatas Ekonomi dan Bisnis. H. ahklak yang baik merupakan muara maupun hasilmyang baiak pula. sehingga hati menjadi suci dan bersih.Pembinaan ahklak dalam kehidupan sehari-hari. Ahklak dalam keidupan kita merupakan sesuatau yang sangat penting apalagi jika ahlak seseorang tersebuta memilii ahklak yang mulia itu menyatakan bahwa seseorang uyang memilii aklak yang mulia berarti selalu beribadah dan mendekatkan kepada Allah karena dia memiliki Aqidah dan Syariah yang baik pula. . Al I’ffa. I. sebab diantara kedua ilmu tersebut ada proses pencapaiaan tujuan bertasawuf harus terlebih dahulu berahklak mulia. dan Al A’dlu. Hubungan ahklak dengan Tasawuf. Ilmu Tasaawuf sangat dekat dengan ilmu Aklak. amarah. Induk dari Ahklak adalah Al Hikmatu.Manfaat mempelajari ilmu ahklak. Membersihkan diri dari perbuatan dosa dan maksiat. As Saja’ah.

Fakulatas Ekonomi dan Bisnis. 6.Http/. Bulan Bintang.Dr.Http/: Pengertian Ahklak secara Istilahiyyah. Persada. Prof. Dr Aminuddin. 7.DAFTAR PUSTAKA 1.Ahklak Tasawuf . 4. Abudiddin Nata. Raja Grafindo.Al quran Al kariem.Etika Ilmu Ahklak. Prof.Kamus Mahmud yunus. 1995. . Ahmad Amin. 2. Dr Aminuddin. 5.Aqidah. 8. 3. Fakulatas Ekonomi dan Bisnis. PT. Dr. Jakarta. Definisi Ilmu Ahklak.Akhlak Tasawuf. 2002. Jakarta.

dan Manfaat Ilmu Ahklak.ag UIN Syarif Hidayatullah Jakarta FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS Jurusan AKUNTANSI II A . NamA: Irfan Ardiyansah Kelas: ii AKUNTANSI a Matkul: Ahklak Tasawuf Dosen: Dr. Aminuddin M. Ruang lingkup.Pengertian.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful