PENGERTIAN PARAMETER ALAT UKUR Alat ukur listrik merupakan peralatan yang diperlukan olehmanusia.

Karena besaran listrik seperti : tegangan, arus, daya,frekuensi dan sebagainya tidak dapat secara langsung ditanggapi oleh panca indera. Untukmengukur besaran listrik tersebut,diperlukan alat pengubah. Atau besaran ditransformasikan kedalam besaran mekanis yangberupa gerak dengan menggunakan alat ukur. Perlu disadari bahwa untuk dapatmenggunakan berbagai macamalat ukur listrik perlu pemahanan pengetahuan yang memadaitentang konsep – konsepteoritisnya. Dalam mempelajari pengukuran dikenal beberapa istilah, antara lain : Instrumen : adalah alat ukur untuk menentukan nilai atau besaran suatu kuantitas atau variabel. Ketelitian : harga terdekat dengan mana suatu pembacaan instrumen mendekati harga sebenarnya dari variabel yang diukur. Ketepatan : suatu ukuran kemampuan untuk hasil pengukuran yang serupa Sensitivitas : perbandingan antara sinyal keluaran atau respons instrumen terhadap perubahan masukan atau variabel yang diukur. Resolusi : :perubahan terkecil dalam nilai yang diukur yang mana instrumen akan memberi respon atau tanggapan. Kesalahan : penyimpangan variabel yang diukur dari harga (nilai) yang sebenarnya. Alat ukur listrik dikelompokkan menjadi dua, yaitu : Alat ukur standar/absolut, Alat ukur absolut maksudnya adalah alat ukur yang menunjukkan besaran dari komponen listrik yang diukur dengan batas-batas pada konstanta dan penyimpangan pada alat itu sendiri. Ini menunjukkan bahwa alat tersebut tidak perlu dikalibrasi atau dibandingkan dengan alat ukur lainnya lebih dahulu. Contoh dari alat ukur ini adalah galvanometer.

LabVIEW juga membantu teknisi untuk semakin mudah dalam mengaplikasikan sistem programmable logic controlller dengan cara penggabungan PC pada aplikasi mereka dengan bantuan perlengkapan HMI. Karena fleksibilitasnya siffat yang modular. Ini hanya dimaksudkan sebagai sebuah pengantar dan anda dianjurkan untuk mengeksplorasi fitur lain dari program ini kuat secara independen. Dalam LabVIEW. Sisanya tutorial ini merupakan pengenalan dasar LabVIEW dan fitur yang tersedia. Sebuah perkembangan pada permrograman grafik dimana teknisi dapat menggunakannya untuk mendisain suatu sistem menyerupai bentuk sistem aslinya. LabVIEW adalah program yang digunakan untuk mengotomatisasi pengujian dan pengumpulan data. Jika bahasa pemrograman text based mengksekusi instruksi sesuai dengan urutan yang ditulis.Pengertian LabVIEW National Instruments LabVIEW adalah sebuah graphical programming environment terbuka yang di tetapkan oleh standar industri untuk aplikasi aplikasi pengujian pengukuran dan otomasi. LabVIEW adalah suatu bahasa pemrograman yang menggunakan berbagai macam ikon yang merepresentasika suatu instruksi. dan kemudian programmnya. atau SCADA. dapat melakukan pengamatan dengan hasil yang maksimal dan dapat mengontrol suatu aplikasi dengan programmable autonomation controllers. LabVIEW adalah sebuah sistem pemrograman yang terbuka dan fleksibel sehingga teknisi dapat menghubungkannya dengan alat lainnya seperti PLC dan PAC mengunakan satu paket software. VI adalah program yang menyerupai instrumen yang sesungguhnya. Dengan LabVIEW teknisi dapat memrogram HMI dan logic pada daerah yang sama sehingga dapa meminimalkan biaya pembuatan dan waktu pembelajaran dan dapat memaksimalkan ketrampilan permrograman. Hal ini pada dasarnya bahasa pemrograman grafis di mana pengguna dapat mengatur program untuk memanipulasi dan menyimpan data. Transmisi data lewat chanel dapat berbentuk: . LabVIEW menggunakan metode dataflow programming dimana alur data melalui berbagai ikon akan menentukan urutan eksekusi dari setiap instruksi.

1. masing masing bit dari suatu karakter dikirimkan secara berurutan yaitu bit per bit. sedangkan serial. MANOMETER KONEKTOR RS 232 PC . Serial Untuk parallel semua bit dari karakter yang diwakili oleh suatu kode ditransmisikan secara serenak satu karakter tiap saat. Parallel 2.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful