PROGRAM KERJA BIMBINGAN KONSELING

SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

TAHUN PELAJARAN 2009/2010

DISUSUN OLEH

STAF BIMBINGAN KONSELING

SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

DINAS PENDIDIKAN KOTA BANDAR LAMPUNG 2009 .

HALAMAN PENGESAHAN .

PROGRAM KERJA BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG TP. 2009-2010 DISUSUN OLEH .

STAF BIMBINGAN KONSELING SMA NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG .

Bandar Lampung. S. SUDARYADI NIP. 19i311231979031001 NIP. 17 Juli 2009 Mengetahui Kepala Sekolah. 196210211988021001 . JALALUDDIN SYARIF. Y.Pd DRS. Koordinator BK Hi.

.

KATA PENGANTAR .

Buku Program ini berisi tentang gambaran yang dapat dijadikan acuan untuk pelksanaan Layanan BK di SMA Negeri 12. Oleh sebab itu Program yang telah disusun ini dapat dilaksanakan dengan baik demi tercapainya Layanan Bimbingan Konseling yang optimal. dan pengembangan sehingga Potensi yang dimiliki siswa yang berkembang optimal Program Bimbingan Konseling ini dibuat sebagai pedoman bagi pelaksanaan Bimbingan Konseling yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kondisi sekolah. Bandar Lampung. 17 Juli 2009 Penyusun. pemahaman.Bimbingan Konseling sebagai bagian integral dari pendidikan di sekolah yang dilaksanakan oleh guru pembimbing untuk memberikan berbagai layanan bimbingan Yang berfungsi sebagai pencegahan. . sehingga diharapkan program ini dapat membantu mengoptimalkan Tujuan Pendidikan.

196210211988021001 . Sudaryadi NIP.Staf Bimbingan Konseling Koordinatr Drs. Y.

.

.

.................. ii KATA PENGANTAR ....................................................DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL ..................................................... Kondisi Sekolah ....................... Latar Belakang .................................................................................................... VISI DAN MISI BIMBINGAN KONSELING ................... i HALAMAN PENGESHAN ............................ iii PENDAHULUAN 1.................................................................... 2.......................... 3................................ Cita-cita Sekolah ..................

......................................................................................................................................................... AKTIVITAS DAN IMPLEMENTASI ............... Tujuan ..... MEDIA DAN INSTRUMENTASI ............................................. E...................................................... Sasaran ........... Visi Bimbingan Konseling ............................... H........................................ Misi Bimbingan Konseling ..................... F.................................. STRATEGI PELAYANAN ...................................... D......................................................................... MATERI ... ...... 2................... 2........ G....1................ TUJUAN DAN SASARAN 1..... TARGET ............................................

............. POLA MANAGERIAL .............................. M........... SARANA DAN PRASARANA .....I.... N........................... LAPORAN DAN EVALUASI ........................................................ L........... K............................................... ............................................................. EVALUASI PROGRAM ........................ J.............................. O...................................... WAKTU DAN BIAYA ........................... TINDAK LANJUT ................................................. STAF PELAKSANA ....

.

tetapi ada juga yang apatis menghadapi lajunya IPTEK. Latar Belakang Berkembangnya Ilmu Pengetahuan akan berdampak semakin manjunya teknologi maka timbulah reaksi yang beragam ada terus berusaha mengikuti dan mengejar ketinggalan.1 A. PENDAHULUAN 1. .

1 butir 6 yang mengemukakan konselor adalah Pendidik. dan mengembangkan kreatifitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasrkan landasan UU No 20 diatas bimbingan konseling di sekolah perlu menyiapkan Pesrta didik agar menjadi manusia yang berpotensi sesuai dengan perkembangan zaman Yang mengacu pada Visi dan Misi Sekolah. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ps. 2. pasal 4 ayat 4 bahwa pendidikan diselenggarakan dengan memberikan keteladanan. pasal 12 ayat (1. pasal 3 bahwa Pendidkan Nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi pesertaa didik.b) yang men Yatakan bahwa setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat. membangun kemauan. Berdasarkan landasan Undang-undang No. minat dan kemampuannya.Melalui Pendidikan peserta didik dibina untuk menjadi dirinya sendiri yaitu siswa dapat menyadari potensi yang ada dalam dirinya. Kondisi sekolah .

Memiliki Laboratorium Fisika. Biologi. f.Kondisi sekolah SMA Negeri 12 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2009/2010 sebagai berikut : Sekolah berada di lingkungan belajar yang kondusip Sarana dan prasarana yang dimiliki dapat memenuhi tuntunan pelayanan yang dapat mengikuti perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat sebagai berikut : a. Tenaga Guru Pembimbing mencukupi sesuai dengan jumlah kelas. Bahasa dan Laboratorium Komputer yang memenuhi standar pembelajaran minimum. Pendidik dan Tenaga Kependidikan 90 % memenuhi standar kwalifikasi yang ditetapkan UU Sistem Pendidikan Nasional b. Ruang Kelas standar dapat menunjang KBM yang baik d. Ruang Kelas dengan standar 40 siswa c. g. Akses internet tersedia sehingga memudahkan guru dan siswa mengakses bahan ajar dan materi yang diperlukan siswa. e. . Mempunyai ruang Multimedia. Kimia.

Menjuarai lomba-lomba akademik dan non akademik yang berskala Nasional. Cita – cita Sekolah a. Memiliki siswa yang taqwa. Ruang BK menunjang. patuh dan toleransi kepada sesama warga sekolah. Berdasarkan kondisi sekolah yang baik Proses Belajar Mengajar yang berkwalitas dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan kepada siswa. lembaga.PKAB).h. dapat melakukan kegiatan konseling baik individu maupun kelompok. Membantu kelancaran dan proses peserta didik yang berminat dalam program mahasiswa undangan seperti (PSSB. d. b. 3. . maupun masyarakat. c.

e. mengikuti Olimpiade mata pelajaran tertentu. Siswa terbaik yang masuk dalam sepuluh besar diadakan pembinaan. VISI DAN MISI BIMBINGAN KONSELING . 2 B.

berbudi pekerti luhur. 2. beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pengambilan keputusan dan pengarahan diri. berkembang dan bahagia. . pemahaman lingkungan. Mengacu pada kehidupan manusia yang membahagiakan b. merencanakan masa depan.1. berkenaan dengan pengembangan diri. Misi Bimbingan Konseling a. b. Memberikan Layanan bantuan agar peserta didik berkehidupan sehari hari yang efektif dan mandiri berkembang secara optimal melalui potensi yang dimilikinya berbagai kompetensi. Bimbingan Konseling membantu individu untuk mandiri. Visi Bimbingan Konseling a.

Terciptanya hubungan yang harmonis sesama warga sekolah. Tersalurkannya pengembangan bakat dan potensi yang ada pada diri Siswa secara optimal. 2.Semua Peserta dididk khususnya dan warga sekolah umumnya yang terkait dengan Layanan bimbingan konseling.C. Terciptanya prestasi akademik dan non akademik yang berskala Nasional c. terpenuhi pembelajaran dan bimbingan secara efektif b. TUJUAN DAN SASARAN 1. d. . Sasaran . Tujuan a.

Semua peserta didik dapat terlayani.D. TARGET YANG INGIN DICAPAI 1. minat dan potensi diri sehingga Dapat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi atau masuk ke dunia kerja. Semua peserta didik dapat secara efektif memanfaatkan layanan BK 4. kebutuhan akan Bimbingan dan Konseling 2. Semua peserta didik dapat memahami keadaan dirinya 3. E. Semua peserta didik dapat mengembangkan bakat. AKTIFITAS DAN INPLEMENTASI .

1.Menyelenggarakan Layanan Bimbingan baik untuk individu dan kelompok 3. .Berkolaborasi dengan instansi terkait. dunia usaha dan dunia industri. 4. 2. Membangun kerjasama pada semua pihak yang berkaitan dengan penyelenggaraan Layanan BK.Berkoordinasi dengan guru Bidang Studi agar layanan BK dapat terintegrasi dengan Kegiatan pembelajaran dikelas.

3 F. MATERI Materi Layanan Bimbingan Konseling : Pemahaman diri peserta didik .

Keterampilan dan Kecakapan Pengembangan potensi. G. MEDIA DAN INTRUMENTASI Media Bimbingan Konseling berupa : . Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan pendidikan maupun masalah pribadi peserta didik. bakat dan minat peserta didik Melaksanakan Bimbingan Karier untuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi Maupun dunia kerja Melakukan kerjasama dengan instansi terkait (lembaga pendidikan) untuk Meningkatkan hasil belajar siswa.

Format Pembinaan Siswa/ kartu konseling f. CC TV. Angket penjurusan f. Home Visit g. kotak masalah) Instrumentasi Bimbingan Konseling : Format-format Bimbingan Konseling yang terdiri : c. Media elektronik ( Komputer. koran. brosur. Media tertulis ( Tabloid pendidikan . dokter. Tipe Recorder. Panggilan Orang Tua d. psikholog) . Televisi ) b. famplet.a. Internet. Referal Kerjasama dengan pihak lain ( kepolisian. Panggilan Sswa e. papan bimbingan. Konferensi kasus h. puskemas.

Materi Layanan yang bersifat Umum dilaksanakan secara klasikal maupun Individual. WAKTU DAN BIAYA NO URAIAN KEGIATAN . I.H. Materi layanan yang bersifat pemahaman diri dilaksanakan dalam layanan Konseling secara individu maupun kelompok. seperti : Informasi Lembaga Pendidikan Tinggi dan kursus-kursus Informasi dunia usaha dan industri Pemberian materi tentang motivasi belajar 2. STRATEGI PELAYANAN 1.

000. penggandaan format BK Minggu ke 2 – 3 Rp 1. Layanan Penempatan dan Penyaluran (Test Psikhologi kelas X.15.000.- .000.WAKTU JLH BIAYA 1 Penyusunan Program BK Minggu ke 2 Rp 150.- 3.000. Test bakat dan Minat kelas XII Awal tahun ajaran Rp.- 2 Layanan Orientasi dan Informasi Buku data pribadi.000.

- 4 Kunjungan Rumah (home visit) Insidentil 2 x 25 x100.000.- 4 .000 Rp 5.000.Rp 5.000.000.

SARANA DAN PRASARANA Ruang Bimbingan Konseling dan sarana pendukung terdiri dari : .J. K. STAF PELAKSANA Koordinator BK : membantu Kepala sekolah dalam bidang layanan BK Guru Pembimbing bertanggung jawab pada pelaksanaan layanan BK Guru Mata Pelajaran memberikan bantuan dalam mengumpulkan data siswa Dalam kegiatan sehari-hari Wali Kelas bekerjasama dengan Guru Pembimbingdalam pengelolaan kelas Staf TU membantu guru pembimbing untuk kelancaran pelaksanaan Prog BK.

bahwa program BK sebagai bagian terpadu dari keseluruhan Program sekolah Keterlibatan komite sekolah atau pihak lain disamping personil sekolah dengan . perpustakaan BK. brosur. Media (panflet. POLA MANAGERIAL Kesepakatan meyakinkan dan mengembangkan komitmen semua pihak di Lingkungan sekolah.Ruang Konsultasi Ruang Bimbingan Kelompok Ruang Tamu Lemari Data Instrumen BK.dll) L.

EVALUASI PROGRAM 1. Konselor sekolah hendak memiliki data siswa yang lengkap. tertata dan dikelola Dengan baik untuk kepentingan memonitor kemajuan siswa akan menjamin Seluruh siswa menerima apa yang mereka perlukan untuk keberhasilan sekolah. Evaluasi Program Mengevaluasi program yang dapat dilaksanakan dan yang belum dapat dilaksana .Representasi masyarakat memerlukan penyadaran dan pemahaman akan Keberadaan dan pentingnya layanan BK di sekolah. Guru Pembimbing tercukupi sesuai dengan jumlah siswa binaan Sarana dan prasarana guru pembimbing sudah memadai sehingga seluruh siswa Dapat terlayani M.

Evaluasi Hasil Mengevaluasi hasil/ perubahan tingkah laku Konslee setelah mendapatkan layanan Bimbingan Konseling.Kan serta kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan Program. 2. . Evaluasi Proses Memberikan evaluasi kepada setiap pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling Yang dilakukan oleh guru Pembimbing/ konselor sekolah.

maka perlu Diadakan perbaikan. TINDAK LANJUT Setelah diketahui kendala-kendala dalam pelaksanaan Program BK.5 N. .

O. Laporan evaluasi program bulanan yaitu program pelayanan BK meliputi seluruh Kegiatan selama satu bulan yang merupakan jabaran program semesteran. . LAPORAN EVALUASI PROGRAM Laporan Evaluasi program tahunan yaitu program pelayanan BK meliputi seluruh Kegiatan selama satu tahun untuk masing-masing kelas binaan di sekolah Laporan Evaluasi Program Semesteran yaitu program pelayanan BK meliputi Seluruh kegiatan selama satu semester yang merupakan jabaran dari program tahunan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful