BAB II KERANGKA TEORI

Konsep Dasar Sistem Menurut Gordon B. Davis Sistem adalah suatu atau beberapa elemen yang saling bekerja sama satu sama lain untuk mencapai suatu tujuan tertentu, satu elemen dan elemen yang lainnya saling berkaitan dan membutuhkan (simbiosis mutualisme). Jika salah satu elemen rusak atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka sistem tersebut pun akan terganggu fungsinya. Jadi dengan kata lain, jika suatu elemen bermasalah maka elemen lain yang terhubung dengannya juga akan bermasalah dan juga sistemnya. Di bawah ini akan dijelaskan definisi sistem menurut para ahli : DEFINISI SISTEM System menurut Raymond Mc. Leod (1996,7) adalah kumpulan dari elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Contoh : • • Sistem Komputer terdiri dari Software, Hardware, dan Brainware

Sistem Akuntansi Menurut Jerry Fitzgerald, Ardra F. Fitzgerald dan Warren D. Stallings, Jr.,

mendefinisikan prosedur sebagai berikut : Suatu prosedur adalah urut-urutan yang tepat dari tahapan-tahapan instruksi yang menerangkan Apa (What) yang dikerjakan harus dikerjakan, dan Siapa Bagaimana (Who) yang (How)

mengerjakannya,Kapan(when) mengerjakannya. 2.1.1 KLASIFIKASI SISTEM

karena merupakan man-machine menyangkut penggunaan komputer yang berinteraksi dengan manusia. Sistem system diklasifikasikan tak sebagai sistem tentu tertentu (deterministic system) dan (probabilistic system) Sistem tertentu beroperasi dengan tingkah laku yang sudah dapat diprediksi. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem abstrak (abstract system) dan sistem fisik (physical system) sistem abstrak adalah sistem yang berupa pemikiran atau ide-ide yang tidak tampak secara fisik. tidak dibuat manusia. . Sistem buatan manusia yang melibatkan interaksi antara manusia dengan mesin disebut dengan humanmachine Sistem system informasi atau ada yang menyebut contoh dengan man-machine system. yaitu sistem yang berupa demikianpemikiran hubungan antara manusia dengan Tuhan. Misalnya sistem teologia. Sistem komputer adalah contoh dari sistem tertentu yang yang tingkah dijalankan. lakunya Sistem dapat tak tentu dipastikan adalah berdasarkan sistem yang programprogram kondisi masa depannya tidak dapat diprediksi karena mengandung unsur probabilitas. sistem produksi dan lain sebagainya. 3. Sistem fisik merupakan sistem yang ada secara fisik. Misalnya sistem perputaran bumi. system. Sistem buatan manusia adalah sistem yang dirancang oleh manusia. 2.1. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem alamiah (natural system) dan sistem buatan manusia (human made system) Sistem alamiah adalah sistem yang terjadi melalui proses alam. Misalnya sistem komputer. system akuntansi. sehingga keluaran dari sistem dapat diramalkan. Interaksi diantara bagian-bagiannya dapat dideteksi dengan pasti.

Main objection ( tujuan utama ) Pemusatan tujuan yang sama dari masing-masing subsistem. d. Secara teoritis sistem tertutup ini ada. sistem Sistem yang ini berhubungan terpengaruh dengan lingkungan menerima masukan dan menghasilkan keluaran untuk lingkungan luar atau subsistem yang lainnya. c. Sistem diklasifikasikan sebagai sistem tertutup (closed system) dan sistem terbuka (opensystem) Sistem tertutup merupakan sistem yang tidak berhubungan dan tidak terpengaruh dengan lingkungan luarnya. Interaksi Saling keterhubungan antara bagian yang satu dengan lainnya. yang ada hanyalah relatively closed system (secara relatif tertutup.4. e. Sistem terbuka adalah luarnya. Organisasi Mencakup struktur dan fungsi organisasi b. tidak benar-benar dan tertutup).1. Sistem ini bekerja secara otomatis tanpa adanya turut campur tangan dari pihak diluarnya. Interdependensi Bagian yang satu mempunyai ketergantungan dengan bagian yang lainnya. tetapi kenyataannya tidak ada sistem yang benarbenar tertutup. Integritas Suatu keterpaduan antara subsistem-subsistem untuk mencapai tujuan.2 Karakteristik Sistem a. . 2.

DFD ini merupakan alat perancangan sistem yang berorientasi pada alur data dengan konsep dekomposisi dapat digunakan untuk penggambaran analisa maupun rancangan sistem yang mudah dikomunikasikan oleh profesional sistem kepada pemakai maupun pembuat program. diagram alur kerja. kecepatan informasi atau efisiensi waktu sangat menentukan berhasil atau tidaknya strategi dan rencana-rencana yang telah disusun untuk meraih kesempatan-kesempatan yang ada.2 Peralatan Pendukung Sistem (Tools System) Untuk membantu pengembangan system para professional system perlu menggunakan alat bantu system. model proses. DFD sebagai suatu jaringan proses fungsional yang dihubungkan satu sama ini sering disebut juga dengan nama Bubble chart. maka kesempatan-kesempatan akan jatuh ke tangan pesaing. Hal-hal yang termasuk dalam alat bantu system adalah Data Flow Diagram (DAD).1 Data Flow Diagram / Diagram Alir Data Data Flow Diagram (DFD) adalah alat pembuatan model yang memungkinkan professional sistem untuk menggambarkan system lain dengan alur data. Bila pesaing dapat memanfaatkan teknologi ini. pelayanan yang meningkat kepada langganan dan lain sebagainya. Dalam keadaaan pasar bersaing. Pertumbuhan Organisasi. Sistem yang lama perlu diperbaiki atau diganti disebabkan karena beberapa hal. Bubble diagram. Untuk meraih kesempatan. 2.1. Kesempatan-kesempatan ini dapat berupa peluang-peluang pasar. atau model fungsi. yaitu Adanya permasalahan-permasalahan (problems) yang timbul di sistem yang lama yang dapat berupa: Ketidakberesan. . dan Kamus Data.2. 2. baik secara manual maupun komputerisasi.2.3 Pengembangan Sistem Pengembangan sistem (systems development) dapat berarti menyusun suatu sistem yang baru untuk menggantikan sistem yang lama secara keseluruhan atau memperbaiki sistem yang telah ada.

yaitu: a. misalnya dosen. Symbol external entity: b. arsip foto. Simbol Data Store: . Komponen Data Store Komponen ini digunakan untuk membuat model sekumpulan paket data dan diberi nama dengan kata benda jamak. Entitas luar / External Entity. membuat nota. organisasi. bagian penjualan kasir. seperti file. departemen di dalam organisasi. Pemberian nama proses dilakukan dengan menggunakan kata kerja transitif (kata kerja yang memerlukan objek) seperti menghitung gaji.dll Simbol Proses: c. dsb. Komponen DAD Diagram Alur Data memiliki beberapa komponen.1. atau perusahaan yang sama tetapi di luar kendali sistem yang sedang dibuat modelnya. external entity dapat berupa orang. sekelompok orang. Data store biasanya berhubungan dengan penyimpanan-penyimpanan. database. Komponen ini perlu diberi nama sesuai dengan dunia luar yang sedang berkomunikasi dengan system yang sedang dibuat modelnya. Dan biasanya menggunakan kata benda. Komponen Proses. Proses diberi nama untuk menjelaskan proses atau kegiatan apa yg sedang dilakukan. misalnya arsip mahasiswa. Komponen proses menggambarkan bagian dari sistem yang mentransformasikan input menjadi output.

Setiap proses harus ada data yang masuk dengan data yang keluar. Diagram Nol Diagram ini menggambarkan hubungan tiap-tiap system secara terperinci. Alur data ini digunakan untuk menerangkan perpindahan data dari satu bagian ke bagian lain. b. Setiap external entity tidak boleh dihubungkan secara langsung dangan external entity lainnya. Setiap data yang masuk dengan keluar digambarkan dengan rinci di diagram ini. Dalam diagram ini hanya ditampilkan sumber serta tujuan data yang akan diproses. . c. Aturan Dalam Membuat DAD / DFD Dalam membuat DAD ada beberapa peraturan yang harus diikuti antaralain: a. 3. Diagram Konteks Diagram ini digunakan untuk menggambarkan jalannya system secara keseluruhan. Biasanya data flow digambarkan dengan anak panah. Komponen Data Flow ( alur data) Suatu data flow digunakan untuk menggambarkan arah menuju ke dan keluar dari suatu proses. Alur data perlu diberi nama sesuai dengan data/informasi yang dimaksud. biasanya pemberian alur data sesuai dengan dokumen yang dimaksud dan menggunakan kata kerja. Antara data store tidak boleh dihubungkan secara langsung. Tidak boleh menghubungkan external entity dengan data store secara langsung. Tahapan Diagram Alir Data Diagram alir data memiliki beberapa tahapan (levelisasi) yaitu: a. d. b. misalnya laporan penjualan.d. Simbol Data Flow: 2.

c. sehingga antara user dengan pembuat system memiliki pemahaman yang sama tentang input. dan komponen data store. Dan kamus dataharus dapat mencerminkan keterangan yang jelas tentang data yang dicatatnya. Kamus data ini sangat berguna bagi analis system dalam mendefinisakan data yang mengalir di dalam system.2. output. Diagram Detail. Fungsi dari DAD yaitu: 1. laporan dan database. membantu pengembangan system secara efektif. Pembentukan kamus data didasarkan atas alur data yang terdapat dalam DAD. Mengetahui hubungan-hubungan antar sub-sub system. 2. Diagram ini bersifat optional jika ada proses yang perlu dijelaskan lebih lanjut lagi. Kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir di DAD sehingga mereka yang membaca DAD dan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang arus data dapat mencarinya dengan mudah di kamus data. 2. Kamus data dapat juga didefinisikan dengan catalog fakta tentang data dan kebutuhan-kebutuhan informasi dari suatu system informasi. Kamus data dapat juga berguna sebagai alat komunikasi antara user dan analis system. sehingga pendefinisian data tersebut dapat dilakukan dengan lengkap dan terstruktur. Diagram ini merupakan pengembangan dari diagram nol. DAD berfungsi sebagai alat komunkasi antara pengguna dengan pembuat sistem. sementara dalam tahap perancangan system kamus data digunakan untuk merancang input.2 Kamus Data Kamus Data adalah daftar data elemen yang sesuai dengan system. Sebuah kamus data harus memiliki hal-hal berikut ini: . Dalam arti hanya menunjukan nama alur datanya tanpa menunjukan struktur dari alur data itu. Dimana salahsatu proses diperjelas lagi dengan lebih rinci.

8. dokumen hasil cetakan. Alias Alias atau perlu ditulis jika ada data yang sama mempunyai nama yang berbeda.1. Arus data Arus data menunjukan dari mana dan kemana data tersebut mengalir. 5. 6. tampilan di layar monitor. Penjelasan Berisi tentang keterangan-keterangan arus data tersebut. Periode dapat digunakan untuk mengidentifikasikan kapan input data harus dimasukkan kedalam system. kapan proses harus dilakukan dan kapan laporan-laporan harus dihasilkan. Bentuk data Bentuk data yang mengalir dapat berupa dokumen dasar. Didalam kamus data terdapat notasi-notasi yang dapat digunakan sebagai penjelasan . parameter. 2. Struktur data Berisi field apa saja didalam arus data yang mengalir. penamaan ini perlu dilakukan agar mereka yang membaca DAD dan memerlukan penjelasan lebih lanjut tentang suatu arus data tertentu dapat langsung mencarinya dengan mudah di kamus data. variable. 7. 3. Volume Volume yang perlu dicatat adalah volume rata-rata dan volume puncak. computer. Nama Arus data kamus data dibuat berdasarkan arus data yang mengalir dalam DAD. Periode Menunjukan kapan terjadinya arus data. fields 4. formulir. kapasitas dan jumlah alat input alat proses dan alat output. Volume ini digunakan untuk mengidentifikasikan besarnya simpanan luar yang akan digunakan.

sebagai pemisah pecahan Hypen.1 Notasi Type Data NOTASI X 9 A Z . sebagai tanda penghubung Slash. Tabel II. . yaitu: 1. ῀ / KETERANGAN Setiap Karakter Angka numeric Karakter Alphabet Angka nol ditampilkan sebagai spasi kosong Titik digunakan sebagai pemisah ribuan Koma.oleh karena itu bakosurtanal membuat peta untuk membantu orang agar mudah mendapatkanya.2 Notasi Struktur Data NOTASI = + () {} [] * @ KETERANGAN Terdiri dari And (dan) Pilihan (ya atau tidak) Iterasi / Pengulangan Proses Pilih salahsatu pilihan Keterangan atau catatan Petunjuk (key field) BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN umum Pada dasarnya manusia memerlukan peta sebagai alat bantu untuk mengetahui letak suatu daerah yang mereka tinggali maupun tempat yang mereka akan tuju. Visi “data dan informasi geosfasial terintegrasi secara nasional dan mudah diakses 2025” . Notasi Type Data Notasi ini digunakan untuk membuat spesifikasi format masukan dan keluaran suatu data. Notasi Struktur Data Notasi ini digunakan untuk membuat spesifikasi elemen data. sebagai tanda pembagi 2.informasi-informasi tambahan. Tabel II.

4.pertimbangan pembentukan bakosurtanal: 1.ketatausahan organisasi dan tata laksana.mewujudkan jaringan informasi geosfasial antar simpul jaringan yang andal.meningkatkan kapasitas sumber daya manusia . Sejarah perusahaan Bakosurtanal(badan koordinasi survei dan pemetaan nasional) didirikan pada tanggal 17 oktober 1969 berdasarkan keppress no. 2.perlu adanya koordinasi dalam kegiatan dan tugas survei dan pemetaan sehingga dapat tercapai adanya efesiensi serta penghematan pengeluaran keuangan negara.membangun data dan informasi geosfasial dasar dan informasi tematik sesuai kebutuhan nasional yang dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses.hukum.kepegawaian.persandian dan rumah tangga.Misi 1.keuangan kearsipan. 3. Tinjuan perusahan Untuk peleksanaan kegiatan rutin di bakosurtanal terdapat aturan –aturan dan tugas-tugas yang telah ditentukan.kualitas penelitian dan pengembangan dalam penyelenggaraan data dan informasi geospasial.63 yang bertempat di jl raya jakarta bogor cibinong km 46.dalam rangka penertiban aparatur pemerintah dipandang perlu untuk meninjau kembali kedudukan tugas dan fungsi badan –badan yang melakukan survei dalam suatu badan koordinasi surta nasional.pemmantauan. STRUKTUR ORGANISASI .dalam hal ini dijelaskan struktur dan tugas bakosurtanal.mewujudkan penyelenggaran informasi geosfasial yang setandar 2.pelaksanaan pembinaan dan playanan administrasi umum dibidamg perencanaan umum . 3.pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dibidang survei dan pemetaan nasional 4.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.