Selasa, 08 Juni 2010

PERANAN SEKTOR INDUSTRI DALAM PEMBANGUNAN
Peran sector industri dalam pembangunan adalah untuk memberikan nilai tambah faktorfaktor produksi. Pada dasarnya peranan sector industry dalam pembangunan ini dikembangkan menjadi strategi industrialisasi yang meliputi strstegi industry subtitusi impor ( SISI ) atau import subtituion dan strategi industry promosi ekspor ( SIPE )atau eksport promotion. SISI dikenal pula dengan istilah strategi orientasi kedalam inward lookin strategy yaitu strategi orientasi yang mengutamakan pengembangan berbagai jenis industry yang menghasilkan barang-barang untuk menggantikan kebutuhan akan barang-barang untuk menggantikan kebutuhan akan barang impor produk-produk sejenis. Sedangkan SIPE atau sering disebut dengan istilah strategi orientasi keluar yang mengutamakan pengembangan berbagai jenis industry yang menghasilkan produk-produk untuk ekspor. Sektor industri merupakan sektor utama dalam perekonomian Indonesia setelah sector pertanian. Sektor ini sebagai penyumbang terbesar dalam pembentukan PDB Indonesia sampai tahun 1999. Bahkan sejak tahun 1991 peran sektor industri mampu menjadi sektor utama dengan mengalahkan sector pertanian. Di Indonesia industry dibagi menjadi empat kelompok, yaitu industry besar , industry sedang, industry kecil dan industry rumah tangga. Pengelompokan ini didasarkan pada banyaknya tenaga kerja yang terlibat didalamnya, tanpa memperhatikan industry yang digunakan.

PERANAN SEKTOR PERTANIAN DAN SEKTOR INDUSTRI TERHADAP PEREKONOMIAN DI INDONESIA
March 31st, 2011 • Related • Filed Under

Indonesia merupakan merupakan Negara kepulauan yang memiliki kekayaan dari sumber daya alam seperti kesuburan tanah,keadaan iklim,hasil hutan,tambang dan hasil laut. Semua kekayaan itu sangat mempengaruhi pertumbuhan industri di suatu Negara,maka diperlukan sumber daya manusia yang memiliki keahlian untuk mengolah bahan mentah dari alam tersebut menjadi sesuatu yang memiliki nilai tinggi. Selain itu diperlukan juga sumber daya modal sebagai penunjang dalam proses pengolahan bahan mentah tersebut. Sumber daya manusia memiliki peran dalam pembangunan nasional melalui jumlah dan kualitas penduduk. Dimana jumlah penduduk yang besar merupakan pasar potensial untuk memasarkan hasil-hasil produksi, sementara kualitas penduduk menentukan besarnya produktivitas yang ada. Sementara itu, sumber daya modal dibutuhkan manusia untuk mengolah bahan mentah tersebut. Pembentukan modal dan investasi ditujukan untuk menggali dan mengolah kekayaan. Sumber daya modal berupa barang-barang modal sangat penting bagi

c) Sebagai suatu sumber modal untuk investasi di sektor-sektor ekonomi lainnya. dan Sebagai sumber penting bagi surplus perdagangan (sumber devisa). Terjadinya krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada pertengahan 1997 menunjukkan bahwa sektor pertanian dapat bertahan dari sektor yang dibangga-banggakan pada tahun tersebut yaitu sektor industri.yang penjelasannya secara singkat sebagai berikut. Padahal perekonomian Indonesia pada saat itu mengalami penurunan pertumbuhan sekitar 13. PEMBAHASAN Peranan Sektor Pertanian Pertanian merupakan sektor primer dalam perekonomian Indonesia. Pertanian juga memiliki peran nyata sebagai penghasil devisa negara melalui ekspor. Artinya pertanian merupakan sektor utama yang menyumbang hampir dari setengah perekonomian.68%. maka nilai agrowisatanya akan memberikan devisa yang cukup tinggi bagi negara. Bahkan sejak tahun 1991 peran sektor industri mampu menjadi sektor utama dengan mengalahkan sector pertanian. Kekayaan Indonesia berupa lahan pertanian juga merupakan aset penting untuk agrowisata. Pertanian dapat dilihat sebagai suatu yang sangat potensial dalam empat bentuk kontribusinya terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional yaitu sebagai berikut: a) Ekspansi dari sektor-sektor ekonomi lainnya sangat tergantung pada pertumbuhan output di bidang pertanian.22%. Bahkan sektor pertanian mengalami pertumbuhan sebesar 0. Oleh karena itu perlu diadakannya pembangunan di dalam sektor pertanian sehingga dapat bersaing di pasar dalam negeri maupun di luar negeri. Adapun beberapa sektor yang berperan dalam perekonomian indonesia diantaranya adalah sektor pertanian dan sektor industri. Sektor ini sebagai penyumbang terbesar dalam pembentukan PDB Indonesia sampai tahun 1999.perkembangan dan kelancaran pembangunan ekonomi karena barang-barang modal juga dapat meningkatkan produktivitas. Dengan pengolahan yang baik hasil perkebunan ini dan pemeliharaan terhadap kebersihan dan keindahannya. b) Pertanian berperan sebagai sumber penting bagi pertumbuhan permintaan domestik bagi produk-produk dari sektor-sektor lainnya. baik dari sisi permintaan maupun penawaran sebagai sumber bahan baku bagi keperluan produksi di sektor-sektor lain seperti industri manufaktur dan perdagangan. Peranan Sektor Industri Sektor industri merupakan sektor utama dalam perekonomian Indonesia setelah sektor pertanian. .

Hasil-hasil pertanian tersebut dapat diolah menjadi bahan baku.ipb. banyak pengamat ekonomi mengindikasikan terjadinya “deindustrialisasi”. industri kecil dan industri rumah tangga. China. Jika antara pertanian dan industri dapat berjalan beriring tentunya dapat menambah pendapatan negara.Namun perindustrian yang telah maju tersebut tampaknya malah menjadi malapetaka bagi sektor pertanian.shvoong. tanpa memperhatikan industri yang digunakan.ac. Perindustrian di Indonesia telah berkembang pesat.id/2010/06/19/pengembangan-sektor-industri-dan-pertaniandalam-membangun-perekonomian-indonesia/ Perekonomian Indonesia http://id. . sehingga dapat mengurangi impor Indonesia. menjadi pemicu menurunnya perekonomian Indonesia.34%. Saat ini Indonesia mengekspor bahan-bahan mentah hasil pertanian untuk diolah di luar negeri. KESIMPULAN Industri dan pertanian merupakan elemen yang dapat saling melengkapi dan jika diseimbangkan akan mendatangkan devisa yang cukup besar bagi negara. Deindustrialisasi salah satunya diawali oleh ACFTA. yaitu dengan mengembangkan industri pertanian. Tidak hanya itu.1% menjadi 27.3% menjadi 28. kemudian secara bertahap terus dilakukan hingga puncaknya bertambah sebanyak 1696 pos tarif di tahun 2010.blogspot. industry sedang. Keseimbangan yang tidak terjaga antara sektor industri dan sektor pertanian.student. Peranan sektor industri terhadap PDB meningkat dari 7. Dengan semakin banyaknya pabrik yang berdiri di setiap daerah bahkan daerah pedesaan telah menggusur lahan-lahan pertanian produktif yang jika tetap digunakan dapat menghasilkan komoditas pertanian yang unggul.Di Indonesia industry dibagi menjadi empat kelompok. sektor industri semakin menunjukkan pertumbuhan minus. dan 5 negara ASEAN lainnya di tahun 2004.1%. Selain itu dapat mengatasi masalah ketenagakerjaan. kontribusi sektor industri terhadap PDB semakin menunjukkan tren penurunan.com/2010/05/peran-pertanian-dalam-perekonomian. Dimulai dengan pembebasan 8626 pos tarif perdagangan antara Indonesia. yaitu industry besar . Namun sejak 2004 hingga 2009.shvoong. Pengelompokan ini didasarkan pada banyaknya tenaga kerja yang terlibat didalamnya. http://aldorahman. perekonomian Indonesia mengalami perubahan struktur yang sangat signifikan. Melihat kenyataan ini.com/writing-and-speaking/presenting/2052540perekonomian-indonesia/#ixzz1IAWKkeNk http://id.com/writing-and-speaking/presenting/2052540-perekonomian-indonesia/ Sejak tahun 1967 hingga 2004.Departemen Perindustrian RI melaporkan bahwa kontribusi sektor industri terhadap PDB terus menurun dari 28. Selain itu hujan asam yang timbul akibat adanya pencemaran dari gas-gas beracun yang tersebar di udara oleh pabrik-pabrik tersebut dapat merusak tanaman dan tanah sehingga hasil yang didapat sangat tidak bagus bahkan kurang baik jika dikonsumsi oleh manusia. Yang menarik adalah bahan-bahan mentah itu akan diolah diluar negeri untuk kemudian dijual (diimpor) kembali ke Indonesia.html http://dwid08.

50% berbanding 24. United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) melaporkan bahwa China menduduki posisi pertama dalam kinerja industri di Asia Timur dan Tenggara. Baik kegiatan di bidang penyusunan regulasi yang diperkirakan dapat mendorong laju perkembangan perindustrian. Sasaran pembangunan sektor industri dan perdagangan pada tahun 2008 adalah sebagai berikut : a. pertumbuhan nilai ekspor dan impor Indonesia dalam lima tahun terakhir tercatat 11. serta terjaminnya perlindungan konsumen sehingga tercipta pemahaman konsumen akan hak dan kewajibannya dalam upaya tertib mutu. Tidak hanya itu. f. dan proteksi nontarif menjadi halhal yang terpenting. b. tapi sektor produksi. Meskipun terkesan terlambat. maupun kebijakan riil melalui pemberdayaan departemen yang terkait. Terselenggaranya pengembangan Ware House Receipt System (WRS) yang mendukung peningkatan efisiensi distribusi nasional dan memperlancar pembiayaan dalam perdagangan komoditi (trade financing). Adalah suatu angin segar bagi industri nasional ketika muncul kebijakan MP3EI di bulan Mei 2011. Terwujudnya iklim usaha yang kondusif dengan menerapkan mekanisme pasar tanpa distorsi. Terwujudnya pengembangan industri yang mempunyai keunggulan kompetitif berdasarkan keunggulan komparatif dengan mengacu kepada pengembangan klaster industri. sehingga mampu meningkatkan kinerja sektor industri dan perdagangan. Tersedianya kebutuhan masyarakat luas dengan harga yang wajar dan mutu yang bersaing melalui kelancaran distribusi barang dan peningkatan pelayanan informasi pasar yang terintegrasi. Terselenggaranya kegiatan Bursa Berjangka sebagai tempat lindung nilai (hedging) dan tempat pembentukan harga (price discovery) secara efisien dan memiliki daya saing yang kuat. Terwujudnya peningkatan daya saing nasional melalui peningkatan kemampuan profesionalisme sumber daya manusia. sehingga kegiatan perdagangan barang dan jasa di dalam negeri semakin berkembang. i. sedangkan Indonesia pada urutan ke-38. penguasaan penggunaan teknologi dan inovasi. h. Terciptanya profesionalisme pelaku usaha dan kelembagaan perdagangan. cukup kerepotan. harapannya buah dari kebijakan ini akan meningkatkan daya saing industri nasional kita ke depannya. sehingga tercipta struktur industri yang kokoh dan seimbang. walaupun hanya 26% produk lokal yang secara head to head berhadapan dengan China. 2. di bidang industri kita kalah total. penguatan ekspor. kesehatan. Permasalahan yang cukup besar salah satunya adalah infrastruktur kita yang belum siap bersaing dengan China.Faktanya. d. Upaya Pemerintah Dalam Meningkatkan Perindustrian Di Indonesia Berbagai kebijakan telah dilakukan oleh pemerintah dalam upayanya mendorong laju perkembangan perindustrian di Indonesia. dimana 57% pelaku usaha UMKM bergerak di bidang tersebut. Terciptanya peningkatan utilisasi kapasitas produksi. Terciptanya perluasan lapangan usaha dan kesempatan kerja secara merata di sektor industri dan perdagangan. tertib usaha dan tertib ukur. Banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh pemerintah maupun kalangan industri untuk membenahi masalah tersebut.47%. Mungkin sektor jasa dan perdagangan malah diuntungkan oleh ACFTA. dan lingkungan baik nasional maupun internasional. Daya saing industri. g. serta pemenuhan ketentuan standar keamanan. e. Terselenggaranya sistem Pasar Lelang Lokal (PLL) melalui mekanisme pasar yang transparan dan . j. c.

Terwujudnya peningkatan penyediaan dan penyebarluasan informasi pasar mengenai peluang pasar internasional dan hasil-hasil kerjasama industri dan perdagangan kepada dunia usaha. Kerjasama Komoditi Internasional. m. khususnya usaha kecil menengah. Terwujudnya peningkatan sinergi dalam pemanfaatan sumber daya serta peningkatan kinerja pelayanan sesuai dengan aspirasi masyarakat dalam era otonomi daerah. [6]. dan pengembangan dalam arti yang seluasluasnya tatanan dan seluruh kegiatan industri. Eksploitasi tenaga kerja Pekerja harus meninggalkan keluarga agar bisa bekerja dimana industri itu berada. p. Terwujudnya budaya organisasi yang lebih berorientasi kepada pencapaian sasaran.efisien yang memungkinkan produsen/petani memperoleh pendapatan yang proporsional dengan harga yang terjadi di tingkat nasional atau internasional. regional maupun multilateral yaitu dalam forum negosiasi persetujuan-persetujuan WTO. Terwujudnya peningkatan penggunaan bahan baku dalam negeri. 3. Di bidang regulasi. l. optimalisasi atas pemberdayaan departemen-departemen yang terkait sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan perkembangan perindustrian sebagaimana yang telah digariskan dalam cita-cita pembangunan nasional. Dalam rangka kebutuhan inilah sudah saatnya untuk melakukan pembaharuan Undang-Undang Perindustrian yang berlaku. Perubahan pada struktur keluarga Perubahan struktur sosial berdasarkan pada pola pra industrialisasi dimana suatu keluarga besar cenderung menetap di suatu daerah. Terwujudnya keterpaduan peran pemerintah di sektor industri dan perdagangan. dan pengembangan industri selama ini dirasakan kurang mencukupi kebutuhan karena hanya mengatur beberapa segi tertentu saja dalam tatanan dan kegiatan industri. terutama apabila dikaitkan dengan kenyataan yang ada hingga saat ini bahwa peraturan-peraturan yang digunakan bagi pengaturan. pemangkasan birokrasi dalam perijinan usaha dan lain sebagainya yang tujuan utamanya ad Dampak Sosial dan Lingkungan 1. k. diperlukan perangkat hukum yang secara jelas mampu melandasi upaya pengaturan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan SDM. baik dalam kegiatan kerjasama bilateral. n. Urbanisasi Terpusatnya tenaga kerja pada pabrik – pabrik di suatu daerah. untuk mewujudkan sasaran di atas. dan itupun seringkali tidak berkaitan satu dengan yang lain. 2. dimana Undang-Undang tersebut sudah sangat dirasakan tidak sesuai lagi dengan perkembangan perekonomian dan perindustrian yang ada pada saat ini. ASEAN. Selanjutnya di bidang birokrasi. Terwujudnya peningkatan partisipasi Indonesia melalui peningkatan diplomasi perdagangan. APEC. sehingga daerah tersebut berkembang menjadi kota besar. Setelah industrialisasi keluarga biasanya . Masalah ini menjadi semakin terasa penting. o. pembinaan. serta kerjasama Badan-Badan Dunia lainnya. pembinaan.

tetapi lebih kepada penyerapan barang hasil produksi industri dalam negeri. [sunting] Faktor-faktor pembangkit Industri Indonesia Adapun faktor-faktor pembangkit industri di Indonesia. Kemunduran ini bukanlah berarti Indonesia tidak memiliki modal untuk melakukan investasi pada industri dalam negeri. alat alat berbahaya. 3. budaya dan juga patogen[7] (mikroorganisme penyebab penyakit) [sunting] Industrialisasi di Indonesia Industrialisasi di Indonesia semakin menurun semenjak krisis ekonomi tahun 1998. 2.mengubah.techno-globalism. 4. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan kepercayaan pasar dalam negeri maupun luar negeri. antara lain:[9]: 1. Membuka pasar dalam negeri adalah kunci penting bagi industri Indonesia untuk bisa bangkit lagi karena saat ini pasar Indonesia dikuasai oleh produk produk asing[8]. Keluarga dan anak – anak yang memasuki kedewasaan akan semakin aktif berpindah pindah sesuai tempat dimana pekerjaan itu berada. air. Sebagai pihak yang membawa. Masalah kesehatan di Negara industri disebabkan oleh faktor ekonomi. Mulai polusi udara. Lingkungan hidup Industrialisasi menimbulkan banyak masalah penyakit. sosial politik. dan suara. Keterbatasan teknologi . kekurangan gizi. Ideologi Perlu sikap dalam menentukan pilihan untuk mengembangkan suatu teknologi apakah menganut tecno-nasionalism. atau techno-hybrids[10]. masalah kemiskinan. [sunting] Faktor penghambat Industri Indonesia: Faktor-faktor yang menjadi penghambat industri di Indonesia meliputi[11]: 1. Kepemimpinan Pemimpin dan elit politik Indonesia harus tegas dan cermat dalam mengambil keputusan. Struktur organisasi Dilakukan inovasi dalam jaringan institusi pemerintah dan swasta yang melakukan impor. mengembangkan dan menyebarluaskan teknologi.berpindah pindah tempat dan hanya terdiri dari keluarga inti (orang tua dan anak – anak).

Jakarta.html 4. Keterbatasan dana pemerintah Terbatasnya dana pengembangan teknologi oleh pemerintah untuk mengembangkan infrastruktur dalam bidang riset dan teknologi [sunting] Dampak Industrialisasi di Indonesia Teknologi memungkinkan negara tropis seperti Indonesia untuk memanfaatkan kekayaan hutan untuk meningkatkan devisa negara dan pembangunan infrastruktur. makanan. dan budaya. 2. ^ http://articles. ^ Lewis F. Dibalik kesuksesan Indonesia dalam pembangunan sebenarnya ada kemerosotan dalam cadangan sumber daya alam dan peningkatan pencemaran lingkungan. 3. dan sosial. revised 2nd edition. Pengelompokan menurut sifat sumber menghasilkan pencemaran dalam bentuk primer dan sekunder. 2. 3.pdf 2. Abbott.org/intellect/lecture17a. Pengelompokan menurut medium lingkungan menghasilkan bentuk pencemaran udara.faculty. tanah. bahkan hampir seluruh kota kota di pulau Jawa sudah mengalami peningkatan suhu udara. Theories Of Industrial Modernization & Enterprise Development: A Review.com/1990-07-30/news/mn-749_1_jean-fourastie 5. Walaupun daerah tersebut tidak pesat perkembangan industrinya. Bandung. ^ http://www. ^ http://history-world. Surabaya.in/SoE/images/Industrialisation. kimiawi. Lhoksumawe. Hilangnya hutan di Indonesia berarti hilang juga tanaman .environment.org/Industrial%20Intro. air.historyguide. [sunting] Referensi 1. Pada kota kota yang sedang berkembang seperti Gresik. fisik. Kualitas sumber daya manusia Terbatasnya tenaga profesional di Indonesia menjadi penghambat untuk mendapatkan dan mengoperasikan alat alat dengan teknologi terbaru. 3.fairfield.nic.tanaman yang memiliki khasiat sebagai obat dan juga fauna langka yang hidup di ekosistem hutan tersebut.tn. ^ a b http://www. Bahan pencemar yang menghasilkan bentuk pencemaran biologis. Pencemaran dapat diklasifikasikan dalam bermacam-macam bentuk menurut pola pengelompokannya. ISM/Google Books. 2003.Kurangnya perluasan dan penelitian dalam bidang teknologi menghambat efektifitas dan kemampuan produksi.htm 6.edu/faculty/hodgson/Courses/so11/population/urbanization. Medan.ht m . ^ a b http://www.latimes. mengelompokkan pecemaran atas dasar[12]: 1.

ac. 10.its.scribd.students.imperial.php?nomer=1890 ^ http://workspace.7. 9.ac. ^ http://ekoarianto.uii. ^ http://www.html 12. ^ http://ivanlipio.com/doc/33842974/STRATEGI-INDUSTRIALIASASI-INDUSTRI ^ http://ww.com/2011/03/industrialisasi.blogspot.pdf 11.medterms.asp?articlekey=6383 ^ http://www.id/berita.uk/humanities/Public/files/Edgerton%20Files/edgerton_contr adictions_of_technoglobalism.ac. 8.id/2009/03/25/dampak-industrialisasi-di-indonesia/ .com/script/main/art.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful