Pembacaan Budaya Visual Paper Untuk memenuhi tugas matakuliah Kapita Selekta Budaya yang dibina oleh Ibu

PrantiSayekti, S. Sn, M.Si

Oleh

Kautsar Riina Arifin/100253400549

UNIVERSITAS NEGERI MALANG FAKULTAS SASTRA JURUSAN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL Maret 2012

dan motif-motif sulaman indah pada bantalan duduknya. Disini terlihat bahwa kursi perancis diperuntukkan untuk menghormati dan meninggikan seseorang.Kursi Perancis A. Fungsional Sebagai tempat duduk B. kursi perancis ini mempunyai banyak ukiran-ukiran rumit pada badan kayunya. Pemaknaan Dalam pemaknaan terhadap kursi ini. . C.  Nilai Estetik Ditinjau dari nilai estetik. kursi ini khusus ditujukan untuk orang yang mempunyai kedudukan saja atau orang yang terhormat. Kursi ini juga biasa digunakan dalam upacara pernikahan untuk digunakan mempelai. Hanya orang-orang tertentu yang bisa menduduki kursi berukir indah dan beralas bantalan empuk. Nilai-nilai yang terkandung  Nilai Budaya Nilai budaya yang terkandung disini adalah kursi perancis merupakan suatu penghormatan atas kedudukan yang tinggi. Jadi orang yang dapat duduk di kursi indah berukir rumit ini hanya orang-orang tertentu saja. sehingga tentu nilai estetik dari kursi perancis ini sangat tinggi. Pembuatan kursi ini tentu membutuhkan teknik tinggi yang tidak sembarangan orang dapat membuatnya.

PatungLoroBlonyo A. Kesuburan disini berarti kesuburan dalam pertanian dan juga kesuburan dalam rumah tangga. B. Fungsional Patung loroblonyo pada awalnya digunakan sebagai lambang dari dewi padi dan sebagai lambang kesuburan. Nilai-nilai Yang Terkandung  Nilai Sakral Patung atau boneka ini dipercaya dapat memberi kebahagiaan dalam kehidupan rumah tangga. anak raja misalnya peletakkan di balik. dan pengantin laki-laki di sebelah kanan. Masyarakat jawa meyakini bahwa patung loroblonyo membawa kesuburan. Dimana patung pengantin perempuan berada di sebelah kiri. keharmonisan rumah tangga bagi rumah yang memiliki patung tersebut. Namun untuk lambang pengantin yang kedudukan pengantin perempuan lebih tinggi derajatnya. Penempatan patung loroblonyo yaitu di sentong tengah rumah joglo.  Nilaiestetik . Makna simbolik yang terkandung dalam patung sepasang pengantin jawa tersebut sangat dalam bagi suku jawa.

yang banyak berada di Kota Jakarta.Unsurunsur yang ditampilkan baik bentuk. C. ekspresiwajah. dan dalam perkembangannya bentuk patung ini mengalami banyak inovasi. tampak pandangannya yang bijaksana dengan sikap penuh hormat yang mencerminkan kesantunan. kesan bahan dan sikap anggota badan. Pemaknaan Dalam pandangan hidup orang Jawa patung tersebut dimaknai sebagai simbol ajaran sangkan paraning dumadi. warna. suatu ajaran tentang asal muasal dan tujuan akhir suatu kehidupan manusia. Bajaj berasal dari India. menyerupai struktur dan bentuk manusia layaknya. Dari segi ekspresi kedua patung menyiratkan sinar kepribadian sepasang penganten khasJawa. Dengandemikian. Ukuran bajaj di Indonesia lebih kecil daripada bajaj yang ada di India. B. Beberapa masyarakat Indonesia khususnya di Ibukota bermatapencaharian sebagai . Bentuk kriya dan aksesoris yang beraneka ragam yang dikenakan kedua patung. Bajaj A. berupa harapan kedua pasangan setelah menjalani peristiwa sakral yaitu ritual panggih.Nilai estetik dari boneka atau patung ini dapat digunakan sebagai asesoris untuk memperindah ruangan dikarenakan bentuknya yang unik. jenisaksesoris. Fungsional Merupakan alat transportasi umum yang terjangkau oleh masyarakat kecil. memiliki makna-makna simbolis yang sifatnya untuk tujuan yang mulia. figur sepasang patung loroblonyo mencerminkan tampilan realis. secara keseluruhan menggambarkan pesan simbolis kemewahandan kemegahan seperti tercermin pada dominan warna keemasan di sana-sini. Nilai-nilai yang terkandung  Nilai Ekonomi Bajaj merupakan alat transportasi yang murah dan terjangkau oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

. sehingga Jakarta identik dengan bajaj dan menjadi salah satu ciri khasnya. Pemaknaan Bentuk Bajaj yang kecil dan minimalis merupakan keunggulan bajaj sehingga dapat melaju dengan lancar dalam kemacetan yang sering melanda di Kota Jakarta. karena banyaknya bajaj di ibukota Jakarta.  Nilai Budaya Nilai budaya dari alat transportasi bajaj ini adalah. Bajaj telah membantu masyarakat Jakarta dalam menembus kemacetan sehingga masyarakat merasa familiar.supir bajaj. C.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful