P. 1
PERENCANAAN PEMASARAN

PERENCANAAN PEMASARAN

|Views: 437|Likes:
Published by bsatunya

More info:

Published by: bsatunya on Mar 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/17/2013

pdf

text

original

PERENCANAAN PEMASARAN OPERASIONAL RUMAH ICE CREAM PELANGI

OLEH: BRIAN PANDU PUTRA ANORAGA 07560393

TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2010/2011

yaitu memperkuat brand image dengan mengutamakan kualitas makanan yang disajikan dan strategi pemasaran yang general dengan area pemasangan iklan. sasaran pasar dari Rumah Ice cream Warna . · Brand Images. dengan warnar warni yang menarik dengan rasa yang lezat. Tujuan Jangka Panjang (dalam wakiu 3 tahun) • Busiiness Expansion.pusat perbelanjaan serta di kota . • Market Penetration. dan penyebaran brosur.kota lainnya. pada perkembangan selanjutnya Rumah Ice cream pelangi akan membuka cabang di pusat . Tujuan jangka pendek (dalam waktu I tahun) · Brand Awarness. tujuan dan sasaran pemasaran merupakan aspek yang sangat penting. kemudian pada tahun ke empat manajemen akan berkembang menjadi usaha franchise. yaitu memperkenalkan dan mempopulerkan Ice cream pelangi pada masyarakat Malang sebagai restoran yang menawarkan ice cream yang sehat.PERENCANAAN PEMASARAN Tujuan dan Sasaran Pemasaran Dalam operasional usaha. maka dari itu Rumah Ice cream pelangi membagi tujuan pemasarannya menjadi dua. b. menengah hingga menengah ke atas.Warni adalah dari segmen keluarga dan khususnya adalah keluarga muda yang berasal dari kalangan ekonomi bawah. yaitu : a. Ruma Ice cream pelangi mampu menembus pasar dengan menjadi rumah makan cepat saji yang terksnal dengan ice creamnya yang berwarna warni dan populer di masyarakat Malang dan sekitarnya Dan seperi yang telah penulis jelaskan sebelumnya. .

900. b.000. merah muda. Positioning. orange. Masyarakat yang suka mencoba hal – hal baru. c. mempertimbangkan bebarapa hal. d.0 c. b. Rumah Ice cream pelangi akan memposisikan usahanya sebagai restoran cepat saji yang menjual menu ice cream sehat dan tampilan ice cream yang menarik dengan 5 macam warna yang menarik (hijau. • Kelas sosial : Kalangan ekonomi menengah hingga menengnh ke atas. Segmentation a. Geographic · Daerah : Kota Malang. . hitam). · Gaya hidup : Suka mencoba hal . Psychographic. yaitu 1.Segi Pemasaran Untuk menmenuhi hasil yang maksimal Rumah Ice cream pelangi dalam menentukan strategi pemasarannya. Masyarakat yang makin sadar akan pentingnya untuk mengkonsumsi makanan sehat.1. Semua konsumen yang berbelanja maupun yang bekerja di daerah pusat perbelanjaan MOG. kuning. 2. 3. Demographic · Family life style : Keluarga muda. Keluarga muda dengan anak .anak yang masih kecil. dan mengikuti tren gaya hidup sehat. Targeting a. • Jumlah pengeluaran / bln : > Rp.hal baru.

yaitu ice cream yang memiliki 5 macam warna (hijau. adalah: . Process a. Physical Evidence f. People (p. Product b. dan kebijakan pemerintah. Daya tarik dari Rumah Ice cream pelangi adalah dari menu . Promotion d. manajamen mempertimbangkan beberapa faktor penting. Produk makanan dan minuman dari Rumah Ice cream pelangi akan dijual dengan harga yang relatif terjangkau. sesuai dengan rasa dan kualitas dari makanan tersebut. Dan merupakan suatu alat untuk mempengaruhi permintaan produk. dan akan diperkenalkan kepada konsumen dalam Jangka waktu periode 3 bulan sekali. Promotion Promotion merupakan bentuk komunikasi yang dilakukan untuk menghubungi calon pelanggan. merah muda. oranye. Restoran akan terus melakukan inovasi . manajemen melakukan beberapa usaha pmmosi dengan beberapa cara antara Iain. yaiiu: harga bahan dasar.l93) g. yaitu: a. Place e. Price c. kuning. Harga jual dari menu Rumah Ice cream pelangi adalah sebesar 300% dari basic food cost dan basic beverage cost. Untuk memperkenalkan Rumah Ice cream pelangi kepada konsumen. Menurut David ( 2004) terdapat 7 variabel penting yang dikenal dengan 7P`s. c.barang atau jasa yang dijual. b.menu sehat yang ditawarkan dan tampilan ice cream yang atraktif.inovasi baru dalam menu makanan. dan hitam) diproses dari sari tumbuh tumbuhan alami dan bebas bahan pengawet. harga pesaing. Product Product merupakan barang . Rumah Ice cream pelangi menawarkan produk makanan cepai saji dan minuman ringan dengan jasa pelayanan yang cepat dan ramah. konsumen.Bauran Pemasaran Bauran pemasaran adalah sekumpulan variabel pemasaran terkendali yang dipakai pada suatu perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang dinginkan dari pasar sasarannya. Price Price adalah harga yang ditawarkan kepada konsumen Dalam menentukan harga.

Sebelum restoran dibuka dan setelah restoran ditutup akan diberikan briefing kepada seluruh karyawan. Pemasangan iklan pada majalah yang dibagikan secara gratis yaitu Shopping at MOG yang terbit satu kali dalam sebulan sebanyak 6 edisi dan akan diulangi setiap tahunnya. Promosi melalui word of mouth. sehingga menarik konsumen untuk mencoba.menu yang atraktrf dan selau menciptakan inovasi baru dalam rasa. d. .Untuk memberikan service yang maksimal kepada konsumen. Untuk karyawan kitchen selain jenis . dan penggunaan alat . Rantai produksi dari Rumah Ice cream pelangi adalah secara Iangsung dari distributor kepada konsumen tanpa perantara atau dikenal dengan zero level. Rumah Ice cream pelangi akan selalu menyajikan konsep menu . proses rantai distribusi dari usaha.alat operasional yang digunakan oleh restoran.jenis training di atas juga akan diberikan training tentang standart recipe dan standar waktu penyajian. Place Place adalah. maka manaiemen akan memberikan training kepada karyawannya setelah perekrutan dan juga secara rutin tiap 3 bulan sekali. 3. Konsep dari outlet Rumah Ice cream pelangi akan mengikuti standar food rourt MOG dengan sentuhan etnik Cina modern minimalis. standart service. f. e. Seluruh karyawan akan diberikan training tentang menu knowledge. Physical Evidence Physical Evidance adalah bentuk fisik dari usaha tersebut dan konsep produk yang akan dijual.1. 4. Iklan melalui penyebaran brosur di area food court MOG sebanyak 6 rim dalam jangka waktu 6 bulan sekali. People People adalah karyawan yang bekerja pada restoran. Promosi melalni iklan koran dr harian Jawa pos sebanyak I kali pada periode waktu 1 minggu pertama setelah pembukaan outlet pertama Rumah Ice cream pelangi. 2.

Penggantian makanan Apabila konsumen mengalami ketidak puasan dari menu yang dipesan karena kelalaian dari karyawan Rumah Ice cream pelangi.menu yang ditawarknn Selain dengan pengawasan yang ketat mnnajemen juga menjalankan standart service dan standar waktu penyajian dalam opeiasional restoran. Proses penyampaian jasa kepada konsumen di Rumah Ice cream pelangidilakukan sesederhana mungkin tetapi dengan pengawasan yang ketat dari manajemen untuk menjaga kualitas servis dan rasa dari menu .wani. perusahaan akan menerima pembayaran dengan kartu kredit. Persyaratan Penjualan Rumah Ice cream pelangi saat ini menerima uang tunai. Delivery Rumah Ice cream pelangi menyediakan Jasa delivery (layanan hantar) untuk pemesanan yang berlokasi di dalam pusat perbelanjaan MOG Mall. dengan tujuan untuk memberikan kepuasan kepada setiap pelanggan dari Rumah Ice cream Warna . Process Proses adalah bagaimana jalannya penyampaian suatu produk hingga sampai kepada kcnsumen. Layanan konsumen yang diberikan antara lain. b. Seiring pertumbuhannya. Kedepannya akan melayani diluar area mall. . Layanan Konsumen Untuk memaksimalkan pelayanan kepada konsumen maka Rumah Ice cream pelangi memberikan jasa layanan konsumen.g. dan kartu debet pribadi dalam pembelian. maka manajemen akan mengganti pesanan tersebut dengan makanan yang baru. adalah : a.

Perencanaan ini merupakan urutan logis dan serangkaian aktivitas ke arah penetapan tujuan pemasaran dan perumusan rencana untuk mencapai tujuannya. dan struktur bagi pengembangan dan pengkoordinasian respon strategik dan taktikal perusahaan. Tujuan perencanaan pemasaran adalah identifikasi adn kreasi dari keunggulan kompetetif. Jelaskan fungsi dan hasil dari perencanaan pemasaran Jawaban Definisi dari perencanaan pemasaran strategis menurut Mc Donald adalah proses manajemen yang mengarah pada perencanaan pemasaran. Analisis keunggulan bersaing menunjukkan perbedaan dan keunikannya di antara para pesaing. Perencanaan pemasaran ini merupakan bentuk nyata dari perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis terhadap pola persaingan global yang berubah terdiri atas : 1) penyesuian ukuran bisnis. Manfaat rencana pemasaran : 1. mengidentifikasi perkembangan yang diharapkan 3. mencapai koordinasi aktivitas yang lebih baik 2. Bagi perusahaan yang ingin menikmati keunggulan bersaing di pasar. meningkatkan kesiapan organisasi untuk berubah 4. format bagi penyebarluasan informasi. antara produknya. memperluas penyesuaian sumber daya yang tersedia untuk mendapatkan peluang pilihan Hasil dari perencanaan pemasaran yang berfokus pada konsumen dapat menghasilkan sebuah keunggulan bersaing melalui 1) harga yang lebih rendah di bandingkan dengan para pesaing untuk manfaat yang sama atau 2) keunikan manfaat yang dapat menutupi harga tinggi. 2) perubahan lingkup produk dan/atau pasar atau 3) penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi-organisasi lain. Dengan demikian perencanaan pemasaran merupakan sebuah proses sistematis dalam merancang dan mengkoordinasi keputusan pemasaran. Perencanaan pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.Keunggulan bersaing diperoleh dengan mencari aspek-aspek . mengurangi konflik tentang ke mana seharusnya organisasi bergerak 6. meningkatkan komunikasi 7.Rencana pemasaran ini memberikan fokus bagi pengumpulan informasi.Pertanyaan 1. dan produk pesaing harus dapat di rasakan di pasaran. meminimalkan respon tak rasional samapi respon yang tak diharapkan 5. mendesak manajemen untuk berpikir ke depan secara sistematis 8.

diferensiasi yang akan di nilai superior oleh konsumen sasaran dan yang tidak mudah diduplikasikan oleh pesaingnya. Beberapa Elemen Keunggulan Bersaing Keunggulan posisi : • nilai konsumen yang superior • biaya yang relative rendah Sumber keunggulan • ketrampilan yang superior • sumber daya yang superior • pengendalian yang superior Prestasi hasil akhir • kepuasan • kesetiaan • pangsa pasar • kemampuan menghasilkan laba Investasi laba untuk mempertahankan keunggulan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->