Oregano, Si Daun Ajaib Aroma harumnya menyimpan segudang khasiat untuk kesehatan.

VIVAnews - Bumbu dapur Eropa ini mungkin sudah tidak asing lagi, terutama bagi Anda penikmat hidangan pasta atau pizza. Aroma khasnya dapat menggugah selera siapa saja. Kerabat daun mint ini, tak hanya dapat digunakan sebagai penyedap masakan saja. Tetapi dibalik wewangiannya, ia memiliki segudang manfaat terutama dalam bidangmedis. Berikut adalah manfaat variasi oregano seperti yang dilansir dalam Times Of India: 1. Daun oregano banyak mengandung sember mangan, besi dan vit A. Konsumsi secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh. 2. Timol dan senyawa carcavol yang ada pada tumbuhan ini dapat mengobati gangguan pencernaan dan perut. Caranya yaitu dengan mencampur air putih dengan beberapa tetes minyak oregano. 3. Daun mungil ini juga dapat meringankan rasa keram saat haid. Kunyahlah daun oregano sebanyak 2 atau 3 kali sehari. 4.Sesak napas karena pilek atau gangguan paru-paru juga dapat diredakan dengan minyak oregano. Dengan cara meneteskan ke dalam air putih, dan diminum rutin selama 5 hari. Minyak oregano mengandung antibakteri dan antivirus, serta dapat mengobati infeksi pada kulit. Minyak ini masih sulit dijumpai dibandingkan daun segarnya. Untuk penggunaan jangka panjang, belilah oregano kering dalam kemasan.
http://kosmo.vivanews.com/news/read/291583-oregano--si-daun-ajaib

Apa saja Khasiat daun Oregano ? Oregano merupakan tumbuhan yang berasal dari family daun mint. Aroma dan rasanya yang sangat khas. Masyarakat Italia sangat suka mencampur oregano dalam berbagai masakan. Karena aromanya yang kuat, Anda bisa menjadikan oregano sebagai pengganti daun kemangi. Bukan hanya memperlezat masakan, menurut Times of India, oregano juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apa saja itu? 1. Meningkatkan kekebalan tubuh Daun oregano merupakan sumber mangan, zat besi dan vitamin A. Mengonsumsinya secara teratur bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 2. Mengurangi nyeri haid Oregano juga diketahui bisa mengatasi nyeri haid. Cukup kunyah daunnya tiga kali sehari, bisa untuk mengurangi nyeri haid. 3. Mengatasi flu Flu dan tenggorokan tersumbat bisa juga diatasi dengan minyak oregano. Cukup tambahkan beberpa tetes minyak oregano pada segelas air hangat, dan minum sebanyak tiga hingga lima kali dalam sehari.

serta tonikum. Tanaman dengan panjang 20 . Selain itu. sakit perut. ocimene. Namun. Daun dan batang yang menyokong bunga pada tanaman ini bersifat antiseptik. Oregano mengandung senyawa karvakrol. kambing guling. maka daun ini jadi populer sebagai salah satu bumbu andalan di Eropa. Hampir semua masakan Italia menggunakan daun ini. karena aromanya yang khas dan bentuknya mirip dengan kemangi. salad. Di bali aromanya yang enak ternyata daun yang cantik ini juga sarat akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Tambahan oregano membuat hidangan sup hati. dan ayam panggang menjadi lebih wangi dan enak aromanya.kabarinews.80 cm. Antibakteri Minyak oregano juga mengandung zat antibakteri dan virus. Juga beberapa masakan Eropa yang memakai tomat. Tanaman yang berasal dari Mediterania. cholagogue. http://food. stimulan. daun oregano digunakan untuk bumbu pewangi. dan caryophyllene. Oregano bisa dimakan langsung guna mengatasi demam. Asia Tengah dan Selatan ini. gunakan saja minyak oregano dengan cara dioleskan. Gemar makan pizza atau sepagheti? Pasti sudah tak asing lagi dengan daun satu ini. Spanyol. pinen. Jika Anda mengalami luka atau infeksi pada kulit. timol. influenza. seperti pasta dan sup.4. limonen. biasanya dijadikan sebagai bumbu penting pada masakan Turki. http://www. Oregano kering aromanya lebih kuat dibandingkan dengan yang segar. Umumnya. Daun yang memiliki aroma khas ini jadi rempah andalan masakan Italia. Yunani. serta sakit akibat menstruasi. oregano juga memiliki khasiat yang dapat menenangkan dan membantu tubuh di saat tidur. karena aromanya yang wangi khas dan hangat. Wangi dan Sarat Nutrisi Jakarta . Daun dengan aroma yang harum ini juga kaya akan kandungan timol yang berfungsi antiseptik kuat bila digunakan sebagai obat luar. karminatif.detik. Digemari oleh orang Eropa terutama Italia. Oregano banyak dijual di pasar swalayan dalam bentuk daun segar atau yang sudah dipotong-potong dan dikeringkan serta dikemas dalam botol-botol kecil. Daun ini memiliki rasa yang cenderung pahit. biasa dikenal dengan sebutan Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare).Tanaman yang satu ini sering dijadikan rempah segar karena daunnya yang wangi semerbak. antispasmodik.com/read/2011/03/11/170730/1589759/900/oregano-wangi-dan-sarat-nutrisi . dan Italia.com/article/Berita_Indonesia/Kesehatan/Apa_saja_Khasiat_daun_Oregano/37 561 Oregano. ekspektoran.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful