P. 1
Pengertian apresiasi

Pengertian apresiasi

|Views: 1,861|Likes:
Published by RIo KibOo

More info:

Published by: RIo KibOo on Mar 25, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/29/2013

pdf

text

original

PENGERTIAN APRESIASI

Di susun Oleh: Sesario .W 15797/2010

UNIVERSITAS NEGERI PADANG FAKULTAS BAHASA DAN SENI 2010

Value adalah kegiatan menilai suatu keindahan seni. Pada kegiatan persepsi kita dapat mengarahkan dan meningkatkan kemampuandengan mengidentifikasi bentuk seni. e. Sementara feeling . Value ( nilai ). Analisis Pada tahap ini.E.Pengertian apresiasi Secara leksikografis. understand or enjoy fully in the right way. kepekaanuntuk mencermati kelebihan dan kekurangan terhadap karya. f.berdasarkan pengalaman. dalam kemampuannya dalam merasakan musik. sehingga dapat merasakankesenangan pada karya seni .staff. (http://tjahjo-prabowo. sehingga mampumenikmati dan memaknai karya-karya tersebut dengan semestinya. Menurut Soedarso ( 1987) ada tigapendekatan dalam melakukan apresiasi yakni : 1). dan menurut kamus webstern adalah to estimate the quality of to estimate rightly tobe sensitevely aware of. menghayati dan merasakan suatu objek atau karya seni lebih tepat lagi denganmencermati karya seni dengan mengerti dan peka terhadap segi-segi estetiknya. Persepsi Kegiatan ini mengenalkan pada anak didik akan bentuk-bentuk karya seni di Indonesia. 2).fkip. danmenghargai. menafsir objek yang diapresiasi. b. misalnya. Effendi mengungkapkan bahwaapresiasi adalah mengenali karya sehingga menumbuhkan pengertian. lebih pada menghayati karya seni. Pendekatan problematik. musik.mengenalkan taritarian. pendekatan aplikatif. kita mulai mendeskripsikan salah satu bentuk seni yang sedang dipelajari. rupa.id/apresiasi-seni/) Pengertian Apresiasi Seni September 26th. penghargaan. dan teater yang berkembang di Indonesia. lebih ditekankan pada penilaian tehadap karya-karya seni yang diapresiasi. empathy dan feeling. Penilaian Pada tahap ini. c. diharapkan dapat membantu menerjemahkan tema ke dalam berbagai wujud seni. pengalamanestetis dan makna / fungsi seni dalam masyarakat. pendekatankesejarahan. Seni Musik Tradisi. Sejalan dengan rumusan di atas S.Seni Rupa. Pendekatan aplikatif. Seni Teater Menikmati. maupun istilah-istilah yang biasa digunakan di masing-masing bidang seni.ac. Pengetahuan Pada tahap ini pengetahuan sebagai dasar dalam mengapresiasi baik tentang sejarah seni yangdiperkenalkan. baik tradisi. kata apresiasi berasal dari bahasa Inggris apreciation. SeniTari Kreatif. yang berasal dari kata kerja to Apreciate.maupun moderen. adalah pendekatan dengan caramelakukan sendiri macam-macam . 3). sehingga mampu menilai secara semestinya.uns. Pengertian Pada tingkat ini. d. Sedangkan empathy. kegiatan memahami. yang menurut kamus Oxford berarti to judge value of. 2010 · Buku Sekolah Gratis · Seni budaya 1 No comments.Tags: Seni Musik Klasik. Apresiasi Apresiasi merupakan bagian dari tujuan pendidikan seni di sekolah yang terdiri dari tiga hal. Kegiatan apresiasi meliputi : a. baiksecara subyektif maupun obyektif. Jadi secara umum me-apresiasi adalah mengerti serta menyadari sepenuhnya.

artikata. dengan caramenganalisis dari sisi periodisasi dan asal usulnya. seorang penghayat sebenarnya sedang mencari pengalaman estetis. itulah sebabnya maka dalam proses tersebut penghayat seni seolah kehilangan jati dirinya karena seluruh kehidupan perasaannya larut ke dalam obyek seni. Sehingga motivasi utama yang muncul dari diri penghayat seni adalah motivasi untuk mencari pengalaman estetis. dan inilah yang disebut dengan empati. ber·a·pre·si·a·si v mempunyai apresiasi. indera dan intuisi manusia dengan lingkungan (benda seni) (2000. dan penghargaan (msl thd karya seni) (http://www. 161). 3kenaikan nilai barang krn harga pasarnya naik atau permintaan akan barang itu bertambah.. Jadi secara umum me-apresiasi adalah mengerti serta menyadari sepenuhnya.. understand or enjoy fully in the right way. sehingga mampu menilai secara semestinya. yang menurut kamus Oxford berarti to judge value of. ada apresiasi. emosi. Secara leksikografis. Dalam proses pengalaman estetis unsur perasaan daintuisi lebih menonjol dibandingkan nalar. 2 penilaian (penghargaan) thd sesuatu. kata apresiasi berasal dari bahasa Inggris apreciation. Sedangkan Yakob Sumardjo menjelaskan pengalaman seni adalah keterlibatan aktif dengan kesadaran yang melibatkan kecendekiaan. penilaian. meng·ap·re·si·a·si v melakukan pengamatan. Artinya subyektif karena penghayat menemukan kepuasan atau kesenangan dari obyek seninya dan obyektif karena proyeksi perasaan itu berdasarkan nilai-nilai yang melekat pada benda seni tersebut.com/doc/46995641/Pengertian-Apresiasi-Seni) Definisi 'apresiasi' Indonesian to Indonesian noun 1 kesadaran thd nilai seni dan budaya. apresiasi berarti kegiatan meng-artikan dan menyadari sepenuhnya seluk beluk karya seni serta menjadi sensitif terhadap gejala estetis dan artistik sehingga mampu menikmati dan menilai karya tersebut secara semestinya.html) PENGERTIAN APRESIASI. dan menurut kamus webstern adalah to estimate the quality of to estimate rightly tobe sensitevely aware of. Dalam apresiasi. Proyeksi perasaan tersebut bersifat subyektif dan sekaligus obyektif. Pengalaman estetis menurut Albert R.com/arti-319466-apresiasi. Sedangkan.scribd. (http://www.kegiatan seni. Dalam kaitannya dengan kesenian.. Pendekatan kesejarahan adalah. Candler adalah kepuasan kontemplatif atau kepuasan intuitif. Kualitas seni yang ada dalam karya tersebut mengalirkan . yang berasal dari kata kerja to Apreciate.

contrast dan discord. (http://setyahermawan. para pendidik seni beranggapan Pendidikan Seni di sekolah bukan sekadar meningkatkan kemahiran dan teknik menghasilkan karya seni sahaja. valuing and explaining” Pendidikan seni harus dilihat dalam skop yang lebih luas. point of interest. tradisi dan nilai sesuatu masyarakat. Dalam seni rupa struktur tersebut ada pada rasa unity. proportion. Dalam konteks ini pengetahuan mengenai seni serta perbendaharaan kata yang cukup mengenai seni yang diperlukan. Menurut Smith (1966). Ia boleh dikatakan sebagai pembentukan sikap. apresiasi seni ini memerlukan “logical operation such as defining. pelajarpelajar dapat memahami adat. rythm.com/p/apresiasi-seni. harmony.pengalaman secara dinamis dan akhirnya mendatangkan kepuasan. cara mereka bekerja.html) . we deny its value and character” Kebanyakan pendidik seni percaya bahawa melalui apresiasi karya seni. balance. Kualitas suatu karya biasanya muncul karena adanya pola yang jelas yang terjalin pada unsur/elemen seni sehingga membentuk sebuah struktur.. Umumya. lukisan. cetakan dipandang sementara acra dan binaan disentuh. Apresiasi seni secara aktif melibatkan penggunaan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain apa yang difikirkan dan dirasakan. DEFINISI APRESIASI. minat dan kebolehan membuat pilihan dan ini berkait rapat dengan aspek-aspek afektif.blogspot. Macfee (1961) menegaskan bahawa “…every culture. faktor yang mempengaruhi mereka. differences in value and belief are expressed through language an art forms such as dress. Karya seni seperti catan. Menurut Chapman (1978) “if treatart ifit were only a matter of learning acts an mastering technique. Ianya juga sebagai satu penghargaan terhadap penilaian dan perasaan terhadap sesuatu hasil seni itu. bagaimana mereka memilih tema dan „subject matter‟ serta gaya dan stail mereka .Semua ini berkait rapat dengan aspek pemahaman mereka dari aspekaspek kognitif.. Seorang apresian dalam melakukan penghayatan dan penilaian terhadap sebuah karya tidak bisa dilepaskan dari persoalan persepsi yang muncul ketika berhadapan dengan karya tersebut. Apresiasi bolehlah didefinisikan sebagai kajian mengenai pelukis-pelukis atau pandai tukang mengenai hasil-hasil seni mereka. architecture an decoration…” Apresiasi seni melibatkan sepenuhnya deria rasa/sentuh dan deria pandang.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->