BAHAYA SEKS BEBAS DI KALANGAN REMAJABahaya Seks

Bebas Di kalangan Remaja. Aneka tips kali ini akan membahas tentang Bahaya Seks Bebas Di kalangan Remaja. Kita semua tahu banyak kalangan remaja yang menghalalkan seks bebas di kehidupan mereka. Tapi apakah anda tahu bahaya dari seks bebas itu?. Anda harus tahu, jangan sampai ketika hal buruk sudah terjadi baru anda sadar, tentu saja ketika itu sudah terlambat untuk menyesali. Sahabat-sahabat aneka tips tentu saja tidak ingin bukan hal tersebut terjadi?, aneka tips akan memberikan penjelasan tentang bahaya dari seks bebas, silahkan dibaca. Bahaya Seks Bebas Di kalangan Remaja 1. Beberapa penyakit yang siap mendatangi seperti, herpes, HIV Aids, Raja singa, dan penyakit lainnya. Anda lihat beberapa penyakit yang tidak bisa disembuhkan bukan?. 2. Hamil di luar pernikahan akan menimbulkan permasalahan baru, apabila anda masih kuliah atau sekolah tentu saja orang tua anda akan sangat kesal kepada anda. Dan anda pun takut untuk jujur kepada orang tua anda dan pasangan anda, akhirnya anda memutuskan untuk melakukan dosa baru yaitu aborsi. 3. Apabila anda menikah di usia muda, permasalahan yang belum siap anda hadapi akan datang, seperti masalah keungan, masalah kebiasaan, masalah anak. 4. Nama baik keluarga akan tercoreng oleh sikap anda. Keluarga anda akan menghadapi masalah yang anda buat apabila anda mendapatkan efek buruk dari seks bebas ini. 5. Apabila anda hamil dan pasangan anda tidak mau bertanggung jawab, apa yang akan anda lakukan?. Akan banyak pikiran buruk yang akan mengganggu anda. Seperti ingin bunuh diri, berpikir tidak rasional yang mengakibatkan gangguan mental atau gila. Dari penjelasan di atas semoga anda menyadari dan menjauhi seks bebas ini. Salam aneka tips. Bahaya seks bebas (Free Sex Danger) Ditulis oleh Warda di/pada Oktober 13, 2008  Teriakan bertalu-talu timbul dari seorang wanita usia muda .. Disusul kemudian lengkingan suara remaja putri yang berteriak dengan suara yang .. Semuanya menuntut dengan suara yang satu dan permintaan yang sama: “Di manakah kebahagiaan dan kesenangan itu? Di manakah ketenangan jiwa dan ketetapan hati itu?” Kami terbawa oleh kesedihan dan tertimpa gundah gulana .. Tidur tak nyenyak disebabkan oleh banyaknya dosa yang menyelimuti langit-langit hati kami. Kami dikelilingi oleh syahwat yang membara, dan layar-

melepaskan cengkraman setan dan merobek tirai yang dipercantik oleh maksiat.akan menggapaimu untuk menyelamatkanmu dari siksaan yang pedih dan menjagamu dari kejatuhan ke dalam salah satu pintu di antara pintu-pintu kehancuran dan kebinasaan. Allah –Azza wa Jalla.R. Allah Ta’ala berfirman: . Menjauhkan kebahagiaan dan mendekatkan kesengsaraan. Di tengah-tengah lautan ganas dengan ombak yang menggulung itu seorang muslim merasa takut fitnah mengenai dirinya disebabkan oleh tersebarnya Syubuhat (hal-hal remang) dan banyaknya syahwat hawa nafsu. Duniapun menyuarakan peradaban materi yang memenuhi tempat-tempat hiburan dan kesenangan . maka teguklah air sungai yang jernih dan memancarkan cahaya dari firman Allah dan sabda Rasul-Nya SAW.” [H. tetapi bisa menggelincirkannya ke dalam perbuatan zina yang diharamkan itu. Tolonglah kami!! Ukhti Muslimah !! Kita hidup pada zaman di mana sarana informasi beraneka ragam banyaknya.. Iman Ahmad -Rahimahullah. Disebabkan oleh permulaan-permulaan yang dianggap remeh.berkata: “Saya tidak tahu adanya dosa besar setelah bunuh diri melebihi perbuatan zina..dan Rasul-Nya telah mengharamkan perbuatan zina karena kejinya perbuatan ini dan jeleknya sarana pengantarnya.. Abu Daud] Karena keinginan yang tinggi terhadap surga yang seluas langit dan bumi dan karena ketakutan tergelincir dalam kubang kehancuran. Sementara setitik iman masih tersisa dalam hati kami memanggil kalian .” Allah –Azza wa Jalla. itu akan menghilangkan kebengisan.layar TV membangkitakn rangsangan seks kami . seseorang menjadi mu’min di pagi hari dan menjadi kafir di sore hari. Rahmat Allah –Azza wa Jalla. Ukhti Muslimah !! Di antara bahaya terbesar yang mengancam seorang wanita muslimah adalah pengaruh nafsu seks dan terbukanya pintu syahwat di hadapan dan dalam gapaian mereka. Rasulullah SAW bersabda: (( ، )) ، ، Artinya : “Sesunggunya di hadapan kalian akan banyak fitnah bagaikan malam gelap gulita. menjadi mu’min di sore hari dan menjadi kafir di pagi hari.melarang mendekati sarana dan penyebab zina karena itu adalah langkah awal sebelum terperosok ke dalamnya.

dan termasuk …. niscaya dia mendapat (pembalasan dosa(nya) (yaitu) akan dilipat gandakan adzab untuknya pada hari kiamat dan dia akan kekal dalam adzab itu. dalam keadaan terhina.” (Q. barangsiapa yang melakukan demikian itu. Rasulullah SAW bersabda: (( )) Artinya : “Tidaklah suatu dosa setelah syirik yang lebih besar di sisi Allah dari setetes air mani yang diletakkan seorang lelaki pada rahim yang tidak dihalalkan baginya. Dan suatu jalan yang buruk. Al-Isra’: 32) Perbuatan zina termasuk dosa besar setelah syirik dan pembunuhan.S. Al-Furqon: 68-70) . beriman dan mengerjakan amal sholeh.S. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Kecuali orang-orang yang bertaubat. .dalam firman-Nya: } { Artinya : “Dan orang-orang yang tidak menyembah tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar dan tidak berzina.” Keharamannya dipertegas lagi oleh Allah –Azza wa Jalla.” Dalam hadits Muttafaqun ‘Alaihi: (( )) Artinya : “Tidaklah seorang penzina ketika berzina. sementara dia beriman. kekejian yang membinasakan dan kejahatan yang mematikan.} { Artinya : “Dan janganlah kamu mendekati zina. maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji.” (Q.

kecuali terhadap istri-istri mereka atau budak yang mereka miliki. dan itu dilakukan agar lebih sampai kepada tujuan dan hikmah ditegakkannya hukuman ini.menggandengkan perbuatan zina dengan perbuatan syirik dan bunuh diri. Allah melarang hamba-hamba-Nya merasa kasihan dan sayang kepada pelaku zina.S.berfirman: } {- -} { Artinya : “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman –hingga ayat. maka akan menutupi lebaran-lembaran kehidupannya yang putih dan pandangan matapun tidak melihat sesuatu kecuali yang hitam dan jelek. Selama seorang hamba belum mengangkat penyebabnya berupa taubat. Adapun hukumannya di dunia.” (Q. Allah –Azza wa Jalla. Bila keduanya belum berkeluarga. . maka mereka dicambuk sebanyak 100 kali dengan cambukan yang paling keras dan dibuang dari negeri asalnya selama satu tahun. menghitamkan wajah yang putih dan membisukan lisan yang tajam. Dan juga merupakan kotoran hitam yang bila menimpa suatu keluarga. Dan itu adalah kehinaan yang paling sanggup menanggalkan baju kehormatan bagaimanapun luasnya. 2.Dan orangorang yang menjaga kemaluannya. 3. maka keduanya dirajam dengan menggunakan batu-batu dari bangunan yang telah mereka hancurkan itu. Allah memerintahkan agar hukuman tersebut disaksikan oleh kaum mu’minin. serta menjadikan hukuman itu semua berupa kekalan di dalam azab yang berlipat-lipat.mensyaratkan keberuntungan dan keselamatan seorang hamba dengan menjaga kemaluan agar tidak tergelincir pada perbuatan zina. Keduanya dilempar dengan batu sebagai gambaran bahwa mereka telah menghancurkan suatu rumah tangga. Dibunuh dengan bentuk pembunuhan yang jelek dan siksaan yang keras. adalah dengan menegakkan hukuman bagi pelaku zina baik lakilaki maupun perempuan yang sudah menikah berupa rajam dengan lemparan batu hingga meninggal agar seluruh anggota tubuhnya merasakan siksaan itu sebagai hukuman bagi keduanya. Allah –Azza wa Jalla.Dalam ayat ini Allah –Azza wa Jalla. iman dan amal sholeh. menundukkan kepala yang tinggi. maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela. Al-Mu’minun: 1-6) Ukhti Muslimah !! Zina itu kehinaan yang akan menghancurkan bangunan yang megah. Dan tidak ada jalan menuju ke keselamatan kecuali dengan meninggalkannya. Hukuman Zina Allah SWT mengkhususkan perbuatan zina dengan tiga hukuman: 1.

Bila mendekat maka mereka akan terangkat hingga hampir saja mereka terlempar keluar. Ahmad dan Tabarani dengan sanad hasan] Dan di antara akibat tersebarnya perbuatan zina yang keji ini adalah timbulnya berbagai macam penyakit.” *H.R. dan bila apinya redup maka mereka kembali turun. kecuali wanita penzina yang menjual kehormatannya. seperti tungku yang atasannya sempit dan bawahannya luas lalu dinyalakan api. sebagaimana disinyalir dalam hadits: (( )) Artinya : “Tidaklah nampak suatu perbuatan fahisah (zina) pada suatu kaum hingga mereka mengumumkannya kecuali mereka akan ditimpa penyakit menular dan penyakit-penyakit lain yang belum pernah ada pada orang-orang dulu sebelum mereka. maka saya bertanya: . Ibnu Majah+ Dan hal itu dapat disaksikan sekarang ini pada umat-umat yang membiarkan dan membolehkan perbuatan kotor ini. Abdullah bin Mas’ud berkata: “Tidaklah nampak suatu riba dan zina pada suatu negeri kecuali Allah akan menghancurkan mereka.” *H. Di dalamnya terdapat golongan laki-laki dan perempuan yang telanjang.R.Di antara hukuman zina adalah seperti apa yang disabdakan Rasulullah SAW: (( ‫؟‬ )) ‫؟‬ : ‫؟‬ Artinya : “Pintu-pintu surga akan dibuka pada pertengahan malam lalu.” Dan di antara akibat perbuatan zina ini adalah seperti apa yang disabdakan Rasulullah SAW dalam hadits Ru’yah: ((… ، ‫؟‬ : (( )) : )) ، Artinya : “Maka kamipun menuju ke suatu lobang. lalu ada yang menyeru: “Adakah orang yang memohon lalu permohonannya dikabulkan? Adakah orang yang meminta lalu permintaannya dipenuhi? Adakah orang yang tertimpa sesuatu yang jelek lalu dibebaskan darinya? Maka tidak ada seorang muslimpun yang memohon dengan suatu permohonan kecuali dikabulkan oleh Allah.

Di antara akibat zina adalah: wajah yang hitam dan kelam. Keseraman yang meliputi wajahnya. Di antara jalan keselamatan adalah sebagai berikut: . orang yang baik-baik dan orang yang adil. tidak punya ghirah (rasa cemburu). jiwa yang penuh dengan kesedihan. Wanita-wanita Arab Jahiliyah dulu sangat membenci zina dan tidak redha menimpa orang-orang merdeka. Jalan keselamatan Ukhti Muslimah !! Semoga Allah menjagamu dan menghiasimu dengan taqwa! Jauhilah jalan keselamatan! Bangkitlah dari tidurmu ! Jauhilah apa yang dapat menggiringmu kepada kehancuran dan membawamu kehinaan. maka bagi keduanya di dalam kubur akan disiksa seperdua siksaan umat ini. Umur yang pendek. Dan di antara akibat zina yang paling besar adalah Su’ul Khotimah (akhir hidup yang jelek). dan jauh dari dari ketenangan.“Siapa mereka? Keduanya menjawab: “Mereka itu adalah tukang zina laki-laki dan perempuan. Ibnul Qoyyim berkata: “Bila anda melihat keadaan sebagian besar orang yang dzakaratul maut. menepati janji. sebagai akibat dari perbuatanperbuatan jelek yang pernah mereka lakukan. kekurangan agama. Hindun binti ‘Utbah berkata dengan penuh keheranan: “Apakah ada seorang wanita merdeka yang berzina wahai Rasulullah! Dalam salah satu pribahasa Arab mengatakan: “Seorang wanita merdeka meninggal dan tidak makan dari usaha menjual diri” Ukhti Muslimah !! Ingatlah! Bahwa Allah melihatmu. maka janganlah melanggar perintah-Nya dan terperosok ke dalam apa yang Ia murkai. kegundahan. kesempitan dan penyakit hati yang ia derita. kejujuran dalam perkataan.” Ukhti Muslimah !! Hati-hatilah! Jangan memberanikan diri untuk melakukan maksiat baik yang kecil maupun yang besar.” Di antara hukuman zina adalah: pelakunya mengumpulkan segala jenis kejelekan seperti. Jadi kita tidak akan menemukan seorang penzina yang memiliki wara’. penzina dan sebagai pengkhianat. berkah yang dicabut dan kefakiran yang akan menimpanya. tidak mencuri dan tidak berzina. sebaliknya akan menyandang nama jelek sebagai orang yang fasik. maka anda akan melihat adanya halangan antara dia dan husnul khotimah.” Di antara akibat lain dari zina adalah: pelakunya tidak lagi menyandang nama baik sebagai orang yang mulia. hati yang gelap karena cahayanya yang hilang. tidak punya wara’ (usaha menghindari dosa). Dalam salah satu atsar disebutkan: ( ) Artinya : “Sesungguhnya Allah membinasakan para thaghut dan menfakirkan para pelaku zina. Ketika Rasulullah SAW membaiat mereka untuk tidak mempersekutukan Allah dengan sesuatupun.” Dan di dalam hadits pula terdapat: “Sesungguhnya seorang laki-aki yang berzina dengan seorang wanita. tidak punya sopan santun. menjaga ikatan persahabatan dan tidak memiliki ghirah yang penuh terhadap keluarganya.

dengan mengikuti perintah Allah –Azza wa Jalla-: } ( { ) Artinya : “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu” (Q. maka sesungguhnya baginya penghidupan yang sempit. di mobil.dan Rasul-Nya.1.S. di toko. baik di rumah.S. Tidak terlalu sering keluar ke pasar sebatas kemampuan dan beribadah kepada Allah dengan tetap tinggal di rumah. bila lembara-lembaran itu penuh dengan ketaatan dan ibadah. Thaha: 124) 11. Sesungguhnya apa yang kalian cari dalam hubungan-hubungan yang diharamkan untuk mengisi waktu atau memenuhi rasa kasih sayang pada hakekatnya adalah akibat dari kekosongan rohani dan hati serta kesempitan dada yang bersumber dari jauhnya seseorang dari taat dan ibadah.Al-Ahzab:33) Abdullah ibnu Mas’ud berkata: Artinya : “isibukkan oleh kebatilan. Tidak berdua-duaan dengan laki-laki lain yang bukan muhrim selamanya. Ingatlah bahwa anda akan meninggalkan dunia ini dengan lembaran-lembaran yang anda tulis sepanjang hari-hari kehidupan anda. Maka janganlah dengan mudah melanggar perintah keduanya. Dan bila sebaliknya maka segeralah bertaubat sebelum meninggal. Rasulullah SAW bersabda: (( )) Artinya : “Tidaklah seorang laki-laki yang berdua-duaan dengan seorang wanita kecuali yang ketiga itu adalah setan. Karena hari kiamat itu adalah hari penyesalan.” (Q. Allah –Azza wa Jalla. 10. Jadilah satu umat yang taat kepada Allah –Azza wa Jalla.” 2. Allah berfirman: . maka bergembiralah.berfirman: } { “Dan barangsiapa berpaling dari peringatan-Ku. di pesawat dan sebagainya.

Ingatlah! Wahai yang mencari kebahagiaan dan berusaha menuju surga. Saya mengingatkan anda dengan hadits Rasulullah SAW: (( ، ، ، ، )) . An-Nahl: 97) Ingatlah bahwa meninggalkan maksiat lebih ringan dari pada meminta taubat. 12. bahwa itu semua dalam rangka taat kepada Allah dan menjalani perintah-perintah-Nya. Ingatlah wahai Ukhti Muslimah! hari di mana anda berbaring di dalam kubur sendirian.S. Bila anda diuji oleh seekor serigala berwajah manusia dan anda telah memulai hubungan yang diharamkan dengannya.S. maka hendaklah segera memutuskan hubungan itu sebelum berlanjut. Hari di mana seorang ibu yang menyusui melupakan anaknya yang sedang ia susui. Ukhti Muslimah! Telepon telah menjerumuskan banyak wanita.” (Q. maka janganlah menjadi salah seorang di antara mereka. } { “Barangsiapa yang mengerjakan amal sholeh. maka sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik. Dan ketahuilah bahwa Allah memberikan anda jalan keluar dan keselamatan dari padanya.} { “Dan berilah mereka peringatan tentang hari penyesalan. 13.” (Q. Maryam: 39) Yaitu hari dibukanya (segala hal yang tersembunyi) dan lembaran-lembaran yang beterbangan. baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman.

S.“Bila seorang wanita sholat lima waktu. televisi dan film-film ternyata mendorong para remaja untuk melakukan aktivitas seks secara sembarangan di usia muda. menjadikanmu wanita mulia. Eksploitasi seksual dalam video klip. dimana saja. puasa di bulan Ramadhan. Oleh karena itu. kejadian pergaulan bebas yang terjadi di kalangan remaja banyak berasal dari eksploitasi seksual pada media yang ada di sekeliling kita. B. tidak ada kekhawatiran terhadapmu dan tidak (pula) kamu bersedih hati. Dengan melihat tampilan atau tayangan seks di media.” Semoga Allah memberimu petunjuk yang dapat memberikan petunjuk kepada orng lain. Dan menghimbau kepada para remaja untuk tidak salah langkah dalam mengambil keputusan oleh karena perubahan seks yang terjadi pada dirinya. menjaga kemaluannya dan taat kepada suaminya maka ia akan memasuki pintu-pintu surga mana saja yang ia kehendaki. Al-A’raaf: 49) Pergaulan Bebas Remaja BAB I PENDAHULUAN A.” (Q. bertakwa dan suci. para remaja itu beranggapan bahwa seks adalah sesuatu yang bebas dilakukan oleh siapa saja. majalah. menghiasi dirimu dengan iman dan menjadikanmu wanita sholehah dan taat serta termasuk orang-orang yang diseru nanti pada peristiwa yang besar itu: ( { “Masuklah ke dalam surga. LATAR BELAKANG Dewasa ini. BAB II PEMBAHASAN . TUJUAN Makalah ini saya buat berdasarkan sumber-sumber yang jelas dan akurat dengan tujuan supaya para remaja dapat mengatasi libidonya sehingga para remaja dapat terhindar dari akibat-akibat negatif dari pergaulannya seperti pergaulan bebas. kami memilih tema Pergaulan Bebas Remaja untuk dikaji lebih lanjut sebagai informasi bagi kaum remaja yang sangat berkaitan erat dengan tema di atas.

(reuters/dni) A. Dengan mendapatkan temuan-temuan lain yang lebih konsisten.2 kali lebih tinggi ketimbang remaja lain yang lebih sedikit melihat eksploitasi seks dari media. Data statistik nasional mengenai penderita HIV/AIDS di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 75% terjangkit hilangnya kekebalan daya tubuh pada usia remaja. Hasil penelitian tersebut dipublikasikan dalam jurnal American Academy of Pediatrics. orang tua juga melakukan kesalahan dengan tidak memberikan pendidikan seks yang memadai di rumah.017 remaja berusia 12 sampai 14 tahun dari Negara bagian North Carolina. khususnya pada kelompok umur remaja. para remaja yang terlanjur mendapat informasi seks yang salah dari media cenderung menganggap bahwa teman-teman sebaya mereka juga sudah terbiasa melakukan seks bebas. Sebelumnya para peneliti ini telah menemukan hubungan antara tayangan seks di televisi dengan perilaku seks para remaja.Sekarang ini di kalangan remaja pergaulan bebas semakin meningkat terutama di kota-kota besar. mereka mendapatkan hasil yang sangat mengejutkan. PENYEBAB DAN DAMPAK PERGAULAN BEBAS Tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). musik. kelompok remaja yang paling banyak mendapat dorongan seksual dari media cenderung melakukan seks pada usia 14 hingga 16 tahun 2. dan majalah selama 2 tahun berturut-turut.4% mempunyai pengalaman hubungan seksual. Namun sayangnya. salah satu penyebabnya akibat pergaulan bebas. serta sebagian dalam Journal of Adolescent Health. Mereka terdiri atas putra 27% dan putri 18%. Di kota Denpasar dari 633 pelajar Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLTA) yang baru duduk di kelas II. Mereka akhirnya mengadopsi begitu saja norma-norma sosial "tak nyata" yang sengaja dibuat oleh media. dan membiarkan anak-anak mereka mendapat pemahaman seks yang salah dari media. sebagian besar menyerang usia produktif. televisi. Penderita tersebut terdiri atas usia 5-14 . Demikian pula masalah remaja terhadap penyalahgunaan narkoba semakin memprihatinkan. Secara umum. Parahnya lagi.Berdasarkan data penderita HIV/AIDS di Bali hingga Pebruari 2005 tercatat 623 orang. mungkin kita tak perlu menunggu lama untuk membuktikan bahwa media memiliki peranan penting dalam pembentukan norma seksual di kalangan remaja.Hasil penelitian di 12 kota di Indonesia termasuk Denpasar menunjukkan 1031% remaja yang belum menikah sudah pernah melakukan hubungan seksual. Hal ini terjadi karena kurangnya bimbingan dan perhatian dari orang tua. Maka tidak mengherankan kalau tingkat kehamilan di luar nikah di Amerika Serikat sepuluh kali lipat lebih tinggi dibanding negara-negara industri maju lainnya. Pada saat yang sama. hasil penelitian tersebut belum melihat bagaimana dampak informasi seks di internet pada perilaku seks remaja. menurut hasil penelitian tersebut. Akhirnya jangan heran kalau persepsi yang muncul tentang seks di kalangan remaja adalah sebagai sesuatu yang menyenangkan dan bebas dari resiko (kehamilan atau tertular penyakit kelamin). 155 orang atau 23. pertunjukan. AS yang disuguhi 264 tema seks dari film. Dengan mengambil sampel sebanyak 1. hingga penyakit menular seksual (PMS) kini menjadi ancaman kesehatan publik disana.

Belum lama ini ada berita seputar tentang keinginan sekelompok masyarakat agar aborsi dilegalkan. penyebabnya. dan tidak bisa menikmati hubungan seksual (59%). Ini adalah informasi yang sangat menyesatkan bagi setiap wanita. Kedua. Ini terjadi karena tiap tahunnya peningkatan kasus aborsi di Indonesia kian meningkat. Disengaja maksudnya adalah bahwa seorang wanita hamil sengaja menggugurkan kandungan/ janinnya baik dengan sendiri atau dengan bantuan orang lain karena tidak menginginkan kehadiran janin tersebut. Jika hal ini di legalkan sebgaimana yang terjadi di negara-negara Barat akan berakibat rusaknya tatanan agama. usia 30-39 tahun 185 orang. terutama mereka yang sedang kebingungan karena tidak menginginkan kehamilan yang sudah terjadi. Jika hal ini dilegal kan akan mendorong terhadap pergaulan bebas yang lebih jauh dalam masyarakat. Semakin memprihatinkan penderita HIV/AIDS memberikan gambaran bahwa. mimpi buruk berkali-kali mengenai bayi (63%). kurangnya daya tahan tubuh akibat aktivitas yang berlebihan. usia 15-19 tahun 21 orang. Orang tidak perlu menikah untuk melakukan hubungan seks. . Tidak benar jika dikatakan bahwa seseorang yang melakukan aborsi ia ” tidak merasakan apa-apa dan langsung boleh pulang “. Risiko Aborsi Aborsi memiliki risiko penderitaan yang berkepanjangan terhadap kesehatan maupun keselamatan hidup seorang wanita. Pelatihan Managemen tersebut diikuti 24 peserta utusan dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali berlangsung selama empat hari. kandungan lemah. Pada dasarnya seorang wanita yang melakukan aborsi akan mengalami .tahun satu orang. cukup banyak permasalahan kesehatan reproduksi yang timbul diantara remaja. usia 20-29 tahun 352 orang. Sedangkan pelepasan tanggung jawab kehamilan bisa diatasi dengan aborsi. Legalisasi aborsi bukan sekedar masalah-masalah kesehatan reproduksi lokal Indonesia. Abortus spontaneus yaitu abortus yang terjadi secara tidak sengaja. “Pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja menjadi model pemberdayaan masyarakat yang bertujuan menumbuhkan kesadaran dan peranserta individu memberikan solusi kepada teman sebaya yang mengalami masalah kesehatan reproduksi”. pola makan yang salah dan keracunan. Oleh sebab itu mengembangan model pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja melalui pendidik (konselor) sebaya menjadi sangat penting. penderitaan kehilangan harga diri (82%). Aborsi atau abortus berarti penguguran kandungan atau membuang janin dengan sengaja sebelum waktunya. terjerat obat-obat terlarang (41%). Pertama. budaya dan adat bangsa. Berarti telah hilang nilai-nilai moral serta norma yang telah lama mendarah daging dalam masyarakat. usia 40-49 tahun 52 orang dan 50 tahun ke atas satu orang. (sebelum dapat lahir secara alamiah). Abortus provocatus yaitu aborsi yang disengaja. Abortus terbagi dua. terbukti dengan pemberitaan di media massa atau TV setiap tayangan pasti ada terungkap kasus aborsi. ingin bunuh diri (28%). tapi sudah termasuk salah satu pemaksaan gaya hidup kapitalis sekuler yang dipropagandakan PBB melalui ICDP (International Conference on Development and Population) tahun 1994 di Kairo Mesir. dengan dalih menjunjung tinggi nilai hak azasi manusia. berteriak-teriak histeris (51%). Resiko kesehatan terhadap wanita yang melakukan aborsi berisiko kesehatan dan keselamatan secara fisik dan gangguan psikologis.

. Risiko kesehatan dan keselamatan fisik yang akan dihadapi seorang wanita pada saat melakukan aborsi dan setelah melakukan aborsi adalah .Dalam buku “Facts of Life” yang ditulis oleh Brian Clowes. NILAI PANCASILA Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan riset Internasional Synovate atas nama DKT Indonesia melakukan penelitian terhadap perilaku seksual remaja berusia 14-24 tahun.Kanker payudara (karena ketidakseimbangan hormon estrogen pada wanita).Rahim yang sobek (Uterine Perforation). . . Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 64% remaja mengakui secara sadar melakukan hubungan seks pranikah dan telah melanggar nilai-nilai dan norma agama. . . Phd.Menjadi mandul/tidak mampu memiliki keturunan lagi (Ectopic Pregnancy). pengarahan sex kepada anak. Oleh sebab itu yang sangat penting untuk diperhatikan dalam hal ini adanya perhatian khusus dari orang tua remaja tersebut untuk dapat memberikan pendidikan seks yang baik dan benar.Infeksi rongga panggul (Pelvic Inflammatory Disease). Informasi tentang seks (65%) mereka dapatkan melalui . jika mau berhubungan seksual. tetapi juga memiliki dampak yang sangat hebat terhadap keadaan mental seorang wanita.Kanker indung telur (Ovarian Cancer). Jakarta. Bandung dan Surabaya. . Hasil penelitian juga memaparkan para remaja tersebut tidak memiliki pengetahuan khusus serta komprehensif mengenai seks. B. masyarakat (orangtua) masih memandang tabu untuk memberikan pendidikan. Penelitian dilakukan terhadap 450 remaja dari Medan. Padahal hal ini akan berakibat remaja mencari informasi dari luar yang belum tentu kebenaran akan hal sex tersebut. Tetapi. kesadaran itu ternyata tidak mempengaruhi perbuatan dan prilaku seksual mereka. .Kanker leher rahim (Cervical Cancer).Infeksi pada lapisan rahim (Endometriosis) Proses aborsi bukan saja suatu proses yang memiliki resiko tinggi dari segi kesehatan dan keselamatan seorang wanita secara fisik.Kematian secara lambat akibat infeksi serius disekitar kandungan. Dan memberikan kepada remaja tersebut penekanan yang cukup berarti dengan cara meyampaikan.Kelainan pada placenta/ari-ari (Placenta Previa) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya dan pendarahan hebat pada saat kehamilan berikutnya. Namun disadari. . mereka harus siap menanggung segala risikonya yakni hamil dan penyakit kelamin. .Kematian mendadak karena pembiusan yang gagal.Kanker hati (Liver Cancer). . Alasan para remaja melakukan hubungan seksual tersebut adalah karena semua itu terjadi begitu saja tanpa direncanakan.Kematian mendadak karena pendarahan hebat. .Kerusakan leher rahim (Cervical Lacerations) yang akan menyebabkan cacat pada anak berikutnya. Gejala-gejala ini dicatat dalam ” Psychological Reactions Reported After Abortion ” di dalam penerbitan The Post-Abortion Review. Gejala ini dikenal dalam dunia psikologi sebagai “Post-Abortion Syndrome” (Sindrom Paska-Aborsi) atau PAS. . .

dan orangtua (5%). Pada zaman modren sekarang ini. Ayat (2) pasal 299 tersebut melanjutkan bahwa apabila yang bersalah dalam aborsi tersebut adalah pihak luar ( bukan ibu yang hamil ) dan perbuatan itu dilakukan untuk tujuan ekonomi. sekolah (19%). Kurang perhatian orangtua. Perubahan Zaman. Kedua. maka hukumannya dapat ditambah sepertiga hukuman pada ayat (1) dia atas. Keempat. Kemudian pada pasal 346 dikatakan bahwa wanita yang dengan sengaja menggugurkan kandungannya atau meyuruh orang lain untuk melakukan hal itu diancam hukuman penjara paling lama empat tahun. Oleh sebab itu aborsi adalah membunuh. kemudian ia merencanakan untuk menggugurkan kandungannya. Tuhan memberikan ganjaran dosa yang sangat besar terhadap pelaku aborsi. NILAI AGAMA Banyak calon ibu yang masih muda beralasan bahwa karena penghasilannya masih belum stabil atau tabungannya belum memadai. Film Porno (35%). NILAI YURIDIS/HUKUM Dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana Indonesia Bab XIV tentang kejahatan terhadap kesusilaan pasal 229 ayat (1) dikatakan bahwa perbuatan aborsi yang disengaja atas perbuatan sendiri atau meminta bantuan pada orang lain dianggap sebagai tindakan pidana yang diancam dengan hukuman paling lama 4 tahun penjara atau denda paling banyak tiga ribu rupiah. teman. Pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang berlebihan. Membunuh satu nyawa sama artinya dengan membunuh semua orang. Menyelamatkan satu nyawa sama artinya dengan menyelamatkan semua orang. Faktor Lingkungan seperti orangtua. C. Dari persentase ini dapat dilihat bahwa informasi dari teman lebih dominan dibandingkan orangtua dan guru. membunuh berarti melakukan tindakan kriminal dan melawan terhadap perintah Allah. tetangga dan media. Pertama. karena dia juga mentransformasi dari teman yang lainnya. Seorang wanita lebih cendrung berbuat nekat (pendek akal) jika menghadapi hal seperti ini. padahal teman sendiri tidak begitu mengerti dengan permasalahan seks ini. sebagai mata pencarian. Seperti model pakaian (fasion). Bebera faktor yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas dikalangan remaja yaitu. Apabila selama ini perbuatan itu dilakukan sebagai mata pencarian. maka dapat dicabut haknya untuk melakukan mata pencarian tersebut.teman. model pergaulan dan film-film yang begitu intensif remaja mengadopsi kedalam gaya pergaulan hidup mereka termasuk soal hubungan seks di luar nikah dianggap suatu kewajaran. kurangnya penanaman nilai-nilai agama berdampak pada pergaulan bebas dan berakibat remaja dengan gampang melakukan hubungan suami istri di luar nikah sehingga terjadi kehamilan dan pada kondisi ketidaksiapan berumah tangga dan untuk bertanggung jawab terjadilah aborsi. Faktor agama dan iman. D. remaja sedang dihadapkan pada kondisi sistem-sistem nilai. . Ketiga. dan kemudian sistem nilai tersebut terkikis oleh sistem nilai yang lain yang bertentangan dengan nilai moral dan agama.

jika dalam perbuatan itu menyebabkan wanita itu meninggal. maka pihak pelaku dikenakan hukuman penjara paling lama 15 tahun. dengan kondisi ini dokter ataupun bidan dengan leluasa memberikan patokan harga yang tinggi dalam sekali melakukan pengguguran. jika bertentangan tidak perlu diterima/dibentuk peraturan tersebut. maka pelaku diancam hukuman paling lama 17 tahun penjara. perbuatan aborsi di Indonesia termasuk tindakan kejahatan yang diancam dengan hukuman yang jelas dan tegas. Orang tidak perlu menikah untuk melakukan hubungan seks. BAB III PENUTUP A. Sedangkan pelepasan tanggung jawab kehamilan bisa diatasi dengan aborsi.-.Pada pasal 347 ayat (1) disebutkan orang yang menggugurkan atau mematikan kehamilan seorang wanita tanpa persetujuan wanita itu diancam hukuman paling lama 12 tahun penjara. berarti dalam satu harinya dokter ataupun bidan bisa meraup keuntungan sebesar Rp. Sedangkan dilarang saja masih banyak terjadi aborsi. Data statistik nasional mengenai penderita HIV/AIDS di Indonesia menunjukkan bahwa sekitar 75% terjangkit hilangnya kekebalan daya tubuh pada usia remaja. B. prostitusi karena jika hamil hanya tinggal datang ke dokter atau bidan beranak untuk menggugurkan. Dalam pasal 348 ayat (1) disebutkan bahwa orang yang dengan sengaja menggugurkan kandungan seorang wanita atas persetujuan wanita itu diancam hukuman paling lama 15 tahun penjara. bagaimana jika hal ini dilegalkan? Legalisasi akan berakibat orang tidak lagi takut untuk melakukan hubungan intim pranikah. cukup banyak permasalahan kesehatan reproduksi yang timbul diantara remaja. Agama dan Hukum yang berlaku. Dengan demikian. Oleh sebab itu mengembangan model pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja melalui pendidik (konselor) sebaya menjadi sangat penting. Jika perharinya yang melakukan aborsi 7 s/d 8 orang dan harga sekali aborsi sebesar Rp. Pusat informasi dan konsultasi kesehatan reproduksi remaja sebaiknya menjadi model pemberdayaan masyarakat yang bertujuan menumbuhkan kesadaran dan peranserta individu memberikan solusi kepada teman sebaya yang mengalami masalah kesehatan reproduksi. KESIMPULAN Telah jelas bagi kita tidak ada dasar bagi Rancangan pembentukan Undang-undang legalisasi aborsi karena hal itu bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila. 4. Yang terpenting sebenarnya adalah bagaimana remaja dapat menempatkan dirinya sebagai remaja yang baik dan benar sesuai dengan tuntutan agama dan norma yang berlaku di dalam . legalisasi tidak memberikan manfaat bagi masyarakat dan bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila dan Agama.000.000.-.000. KRITIK DAN SARAN Semakin memprihatinkan penderita HIV/AIDS memberikan gambaran bahwa. dan selanjutnya ayat (2) menyebutkan jika dalam menggugurkan kandungan tersebut berakibat pada hilangnya nyawa wanita yang mengandung itu. Jika di legalkan hal tersebut lebih berdampak negatif bagi pertumbuhan dan perkembangan remaja.000. dan ayat (2) melanjutkan. 32. Legalisasi aborsi akan mendorong pergaulan bebas lebih jauh dalam masyarakat.

pandangan bahwa seks adalah tabu untuk dibicarakan membuat remaja enggan untuk mendiskusikannya terutama dengan anggota keluarganya sendiri. pergaulan atau gaul merupakan sebuah keharusan. Merebaknya persoalan remaja berangkat dari pergaulan negatif. akses kepada pusat informasi dan konsultasi remaja juga masih terbatas. .1% dan pengetahuan perempuan hanya sekitar 43. 1999). sampai dengan internet yang memaparkan kenikmatan hubungan seks tanpa mengajarkan tanggung jawab dan risiko yang dihadapi. Namun informasi yang tersedia jauh dari cukup. Dari data lain diketahui hanya 55% remaja yang mengetahui proses kehamilan dengan benar. Pengetahuan remaja mengenai masalah kesehatan reproduksi masih relatif rendah. khususnya pada kelompok umur remaja. Kekurangfahaman remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) bukan semata-mata kegagalan mereka. HIV/AIDS. Tidak tersedianya informasi yang akurat dan benar tentang kesehatan reproduksi memaksa remaja bergerilya mencari akses dan melakukan eksplorasi sendiri melalui berbagai media. tak terkecuali di Indonesia. masyarakat justru berupaya keras menyembunyikan segala hal tentang seks. sampai hubungan seks pra nikah. PART II TERM OF REFERENCE LOMBA KARYA TULIS REMAJA MENYAMBUT HARI KELUARGA NASIONAL XIII. Dilain fihak. agar menjadi sebuah proritas dalam penanganannya agar tidak terjadi kematian disebabkan aborsi tersebut. majalah. mulai dari soal narkoba. Sehingga Tingginya kasus penyakit Human Immunodeficiany Virus/Acquired Immnune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). Jumlah remaja Indonesia mencapai 22 persen atau sekitar 44 juta jiwa. film. Untuk usia 15-24 tahun pengetahuan laki laki hanya 46. Sayangnya pergaulan yang dilakoni seringkali tidak diimbangi dan dibentengi dengan citra diri. Tidak mengherankan bila kemudian dampak dari kebuntuan dan minimnya informasi remaja tersebut menimbulkan berbagai persoalan dikalangan remaja.1% (SKRRI. Bagi sebagian remaja.masyarakat serta dituntut peran serta orangtua dalam memperhatikan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari anaknya. 2006 I. Oleh sebab itu permasalahan ini merupakan tugas seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. memberikan pendidikan agama. 42% mengetahui tentang HIV/ AIDS dan hanya 24% mengetahui tentng PMS (Baseline Survey. mulai dari buku. salah satu penyebabnya akibat pergaulan bebas. Sayangnya. LATAR BELAKANG Saat ini tengah terjadi pembengkakan jumlah remaja di berbagai belahan dunia. 2002-2003). memberikan pendidikan seks yang benar. pemahaman remaja tentang kesehatan reproduksi masih rendah.

dipandang perlu dilakukan Lomba Karya Tulis bagi remaja dalam rangka menyambut Hari Keluarga Nasional (HARGANAS XIII) 2006. . untuk mengetahui tingkat pemahaman para remaja tentang kesehatan reproduksi.Sehubungan dengan hal itu.

AIDS dan SEX BEBAS Tuesday. December 2. Ketiga. kesadaran itu ternyata tidak mempengaruhi perbuatan dan prilaku seksual mereka.490 orang. Survey membuktikan. Pengetahuan yang minim ditambah rasa ingin tahu yang berlebihan. Jakarta. Film Porno (35%).188 orang sedangkan kasus AIDS mencapai 2. sekolah (19%). Mengapa hal itu bisa terjadi? Bebera pa faktor yang menyebabkan terjadinya pergaulan bebas dikalangan remaja yaitu: kurangnya agama dan iman. Betapa juta orang meninggal tiap tahun gara-gara virus ini. data tentang AIDS ini memperlihatkan angka yang mengkhawatirkan. Keempat. lepas 4.300 views 20 comments AIDS sampai saat ini tetap menjadi momok bagi dunia. teman. tetangga dan media. Hasil penelitian juga memaparkan para remaja tersebut tidak memiliki pengetahuan khusus serta komprehensif mengenai seks. yang sampai saat ini belum ditemukan obatnya. Alasan para remaja melakukan hubungan seksual tersebut adalah karena semua itu terjadi begitu saja tanpa direncanakan. Faktor Lingkungan seperti orangtua. Sementara korban meninggal dunia mencapai 575 kasus. Menurut survey Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Jatim. Tetapi. dan orangtua (5%). Di tahun 2008 penderita HIV sebanyak 3. Bandung dan Surabaya. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan riset Internasional Synovate atas nama DKT Indonesia melakukan penelitian terhadap perilaku seksual remaja berusia 14-24 tahun. . 5:16 Catatanku. Walaupun secara medis tidak bisa disembuhkan tetapi sebenarnya AIDS bias dicegah. padahal teman sendiri tidak begitu mengerti dengan permasalahan seks ini. kebanyakan dari mereka yang menderita HIV/AIDS adalah murni kesalahan individu. Data diatas tentu mencengangkan. JIka beberapa waktu lalu HIV/AIDS paling banyak ditularkan melalui jarum suntik namun bberapa tahun ini bergeser penularannya melalui seks. 2008. Informasi tentang seks (65%) mereka dapatkan melalui teman. Hasil penelitian tersebut mengungkapkan bahwa 64% remaja mengakui secara sadar melakukan hubungan seks pranikah dan telah melanggar nilai-nilai dan norma agama. Di Jawa Timur penderita HIV/AIDS meningkat setiap tahunnya. karena dia juga mentransformasi dari teman yang lainnya. Dari persentase ini dapat dilihat bahwa informasi dari teman lebih dominan dibandingkan orangtua dan guru. Perubahan Zaman. Penelitian dilakukan terhadap 450 remaja dari Medan.

yang menjurus dengan HIV/AIDS. akan bahaya sex bebas. . seluruh elemen bangsa terutama kepada remaja dan orangtua. dengan memberikan pendidikan dan pemahaman seks yang tepat kepada anak-anak mereka. orang tua disini mempunyai peran yang sangat penting. harus dilakukan dari kacamata hukum positif ataupun agama. Disini dibutuhkan kesadaran bersama. Walaupun sebenarnya masyarakat (orangtua) masih memandang tabu untuk memberikan pendidikan.Oleh karena itulah. pendekatan pendekatan penting. oleh HIV/AIDS yang nyata-nyata menghancurkan. Padahal hal ini akan berakibat remaja mencari informasi dari luar yang belum tentu kebenaran akan hal sex tersebut dan bias-bisa menjerumuskan remaja kepada sex bebas. Jika tidak ingin generasi kita musnah. pengarahan sex kepada anak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful