Nama : Uli Arta Hutapea Nim : 0807132559

RESUME SECONDS FROM DISASTER OF “HOTEL NEW WORLD COLLAPSE”

I. Pengantar Seconds From Disaster adalah sebuah program dokumenter yang membuat investigasi terhadap bencana buatan manusia terburuk dan beberapa bencana alam pada sejarah modern, dan menganalisa sebab dan peristiwa yang berkaitan dengan bencana tersebut. Dokumenter tersebut menayangkan rekonstruksi ulang, wawancara, kesaksian, dan CGI untuk merekonstruksi ulang urutan peristiwa detik demi detik kepada penonton. Segmen CGI ditayangkan dengan kata pengantar oleh narator dengan kata-kata "Advanced computer simulation will take us where no camera can: into the heart of the disaster zone".Yang berarti: "Menggunakan simulasi komputer akan membawa kita ke tempat dimana kamera tak bisa capai: Ke tengah bencana" Tuliusan ini berisi tentang resume dari tayangan dokumenter sebuah keruntuhan Hotel yang bernama “ New World “ di Singapore.

II. RESUME DATA II.1 Data –data dokumenter 1. Judul 2. Objek Bencana 3. Tanggal Bencana 4. Lokasi Bencana 5. Korban Bencana 6. Prediksi Sebab Bencana : Hotel Runtuh di Singapura : Hotel New World : 15 Maret 1986 : Singapura, daerah Little India : 17 orang selamat , 33 orang tewas : Kesalahan perhitungan dan desain

Angkatan Bersenjata Singapura (SAF) dan ahli asing berlangsung selama empat hari. Hotel ini juga dikenal sebagai Gedung Lian Yak. Pada gedung ini terdapat cabang Bank Industri & Komersial di lantai dasar dan sebuah klub malam di lantai dua. Bangunan ini juga memiliki parkir mobil di ruang bawah tanah dan atap datar yang terdapat sebuah tangki air. karbon monoksida pada 19 Agustus 1975 yang mengakibatkan 35 tamu hotel tidak sadarkan diri . dan tim penyelamat mengeluarkan 17 korban yang selamat dari reruntuhan. yang berlangsung kurang dari satu menit itu tidak meninggalkan dinding tunggal atau kolom dan seluruh bangunan menjadi puing- . Pada awalnya keruntuhan ini diprediksi karena kesalahan struktural dan konstruksi yang berkualitas rendah. Dinas Api. terjadi pada tanggal 15 Maret 1986 sekitar pukul 11:25 waktu Singapore. Keruntuhan mengakibatkan korban meninggal 33 orang dan dianggap salah satu bencana terburuk pasca perang Singapura. Hotel ini dimiliki oleh Lian Perusahaan Realty Yak Sebelum runtuh. III.2 Profil Objek Bencana Hotel New World adalah sebuah gedung berlantai enam yang terletak di persimpangan Serangoon Road dan Owen Road dan dibangun antara 1969 dan 1971. Lantai yang tersisa diambil oleh sebuah hotel 67 kamar yang disebut Hotel New World. gedung ini pernah menjadi berita utama ketika terjadi peristiwa kebocoran bahan beracun. RESUME KEJADIAN Keruntuhan New World Hotel. Sebuah operasi penyelamatan yang melibatkan lebih dari 500 personil dari Singapura Civil Defence Force (SCDF).II. Bangunan ini kemudian dikenal sebagai New Serangoon Hotel. menara pendingin dan empat unit kondensasi sistem AC. dua penyimpanas pemanas air. Runtuhnya.

Para penyelamat menggunakan detektor hidup untuk mencari korban yang selamat. sebelum terowongan digali agar anggota tim penyelamat dapat masuk. Namun cirri-ciri terjadinya suatu ledakan yaitu pecahnya jendela dan dinding tidak ditemukan para penyidik. dua pemadam kebakaran diberangkatkan dari Stasiun Api Tengah di Hill Street tiba di lokasi. Proses keseluruhan. Presiden Wee Kim Wee menunjuk komisi penyelidikan untuk menyelidiki penyebab keruntuhan. operasi penyelamatan terhambat oleh kenyataan bahwa personil penyelamatan tidak dilatih atau dilengkapi untuk menangani situasi seperti itu. Pemerintah kemudian memanggil para ahli dari Inggris. Pada awalnya para penyidik memprediksi bahwa penyebab keruntuhan adalah terjadi sebuah kebocoran gas yang menyebabkan ledakan. yang kemudian ditempatkan di Singapura. dilakukan dengan sangat hati. IV. Penyidik mengambil lebih sampel bangunan gedung untuk diteliti di laboratorium kelayakannya. Hasil laboratorium-pun sangat mengejutkan para penyidik yang tadinya memperkirakan bahwa keruntuhan diakibatkan oleh ketidaklayakan . Selanjutnya para penyidik menganalisa kelayakan material bangunan.hati. pengunjung tetap dan relawan dari SCDF bersama-sama dengan tenaga medis dari SAF itu juga di lokasi. ANALISA PENYEBAB BENCANA Pada tanggal 22 Maret 1986. Dalam waktu setengah jam. Namun. Mereka diikuti segera oleh polisi. Irlandia dan Jepang. aqua-jet serta alat mekanik lain untuk memotong puing-puing. Upaya awal untuk membersihkan puing-puing menimbulkan masalah bagi petugas pemadam kebakaran karena ada terowongan kereta bawah tanah Mass Rapid Transit (MRT). khususnya untu terowongan. Ketika operasi penyelamatan berakhir empat hari kemudian pada tanggal 19 Maret 1986. pemerintah menteri dan anggota kabinet serta keluarga korban juga mendatangi lokasi. Usaha penyelamatan di lokasi terdiri beberapa tahap. Delapan menit setelah keruntuhan. tim penyelamat telah mengeluarkan 17 korban yang selamat dari reruntuhan dan mengambil mayat dari 33 yang tewas. Menjelang sore. Puing besar dan balok pertama kali dibersihkan.puing.

Mereka menduga keruntuhan hotel ini akibat getaran yang disebabkan oleh pembangunan terowongan tersebut. Karena setelah dilakukan pengujian beton yang ada pada bangunan . dimana pada saat pengeboran oleh tim penyelamat mereka seperti mengebor tumpukan mentega. Usaha penyidik-pun tidak berhenti sampai di sana. Namun para ahli akhirnya menyimpulkan bahwa itu karena keruntuhan bangunan yang terjadi hebat. yaitu karena tanah ini sebelumnya adalah rawa yang dikeringkan (reklamasi rawa). Namun para tim ahli yang bergabung pada tim penyidik . Waktu yang cukup lama pun diperlukan untuk melakukan penyelidikan penyebab keruntuhan hotel ini. Merereka tetap melakukan penelidikan. Penyelidikanpun dilakukan pada kekutan pondasi. Karena para ahli menyimpulkan tanah ini dalam kondisi yang layak untuk didirikan sebuah gedung. Kali ini mereka berusaha menyelidiki terowongan yang ada di bawah tanah dekat hotel. Pembangunan terowongan tersebut menyebabkan melemahnya pondasi. Walaupun terjadi pergeseran pada pondasi namun kekuatan pondasi ini sudah layak untuk bangunan 6 lantai. Dan lagi-lagi ini bukan penyebab keruntuhan. semua rasio campuran semen air dan material lainnya sesuai dan kekuatanya memenuhi internasional. maka penyidik mengalihkan penyebab keruntuhan pada tanah. Bahkan mereka juga menganalisa jenis dan komposisi tanah hingga mengambil sampel untuk diteliti di laboratorium. maka penyidik melakukan penyelidikan pada pondasi. Namun ternyata jarak terowongan ini beratus.ahli teknik dinamika bangunan .Mereka memprediksi ini penyebabnya. karena belum standar . Mereka mencoba meragukan kekuatan pondasi bangunan 6 lantai ini. Para ahli ini cukup heran . seorang ahli teknik rancangan bangunan di singapura dan Prof. Tokoh ahli yang terlibat adalah “Terry Hulme” . Setelah tanah . Karena tidak menemukan jawaban juga. Dan ternyata pondasi bangunan ini cukup kuat.material bangunan. Selama 2 bulan mereka melakuakn analisa-analisa mengenai akibat keruntuhan gedung. tempat gedung berdiri. mengatakan bahwa bila jarak gedung dan terowongan dua kali diameter terowongan barulah ini menjadi ancaman pada gedung. Jonathan Wood .ratus dari diameternya.

Semua tiang dirancang untuk menahan beban hidup dan beban mati. 16 jam sebelum gedung runtuh salah satu tiang di klub malam tiba-tiba retak. Pada tahun 1978 . Tiang ini melemah dan menyebarkan bebannya ke tiang lain.juga menemukan akibat keruntuhan bangunan 6 lantai yang menggunakan beton bertulang ini. pemilik gedung membangun 2 menara pendingin ruangan Pada tahun 1982. Inilah tambahan beban yang tidak termasuk pada rancangan semula. ini adalah tiang no 26. Pada tahun 1986. Ternyata selama 15 tahun gedung berdiri pemilik gedung menambah beban tambahan yang tidak termasuk pada rancangan awal . maka sesungguhnya runtuhnya gedung ini sudah didahului retakan sebelumnya.Beban hidupnya adalah berat beban gedung itu sendiri. Kenyataan lainya juga diungkapkan oleh beberapa saksi sebelum kejadian. dan beban hidupnya adalah manusia. Pada gambar diperlihatkan bahwa bangunan ini sudah tidak sesuai dengan gambar aslinya.  13 jam sebelum runtuh. pemilik memasang ubin keramik yang berat ke dinding luar gedung . Hasil analisa penyidik. Dan setelah diurutkan. para ahli pun kembali kepada blue print . yakni :     Pada tahun 1975 bank yang menempati salah satu lantai pada gedung ini.00 waktu singapura. Ini terungkap dari lantai klub malam. yang beratnya lebih dari 50 ton. pada blue print yang dianalisa para penyidik. perancangan bangunan ini. sebelum gedung runtuh pemilik memasang 1 lagi menara pendingin ruangan di atap. termasuk tambahan berat lainya pada gedung. Adapun urutan kejadian sebelum keruntuhan adalah :  pada pukul 19. . Karena secara analisis fisik bangunan tidak cukup memberikan jawaban . Tambahan beban terlalu berat untuk di topang oleh tiang-tiang gedung. tiang nomor 32 tak mampu menahan tambahan beban dan mulai retak. membangun ruang besi tebal dengan berat 22 ton di bawah tanah.

ternyata Perhitungan beban mati-nya tidak ada. termasuk inspeksi mendadak lebih pada bangunan dan undang-undang untuk menegakkan pemeliharaan memeriksa setiap lima tahun. dinding dan lantai minggu sebelum keruntuhan. Masalah itu semakin diperparah dengan instalasi baru di atap dan terkena dengan munculnya retakan terus-menerus dalam kolom. para ahli merekomendasikan agar pemerintah mengambil peran lebih aktif dalam industri bangunan untuk mencegah potensi bencana seperti ini. pengujian bahan struktural dan pekerjaan struktur. setelah perhitungan perancang bangunan ini diteliti lebih mendalam oleh para ahli. Mereka hanya memperkirakan beban hidup. Menanggapi rekomendasi. Komisi itu juga menemukan bahwa rencana arsitek untuk bangunan disusun oleh Lung. Dalam laporan terakhir yang dirilis pada 16 Februari 1987. Lebih mengejutkan lagi.  Bahkan 4 menit sebelum kejadian para pekerja sempat terlihat sedang meng-gips tiang yang berada di area parker tersebut. pemerintah memberdayakan Pengembangan dan Divisi Pengendalian Bangunan di Kementerian Pembangunan . komisi mencatat bahwa Ng Khoon Lim. Dari kejadian ini. Leong juga direkomendasikan arsitek bangunan Ee Hoong Khoon kepada perusahaan Yak Lian. Hal inilah yang mengakibatkan runtuhnya gedung yang terlihat kokoh ini. adalah "sangat bertanggung jawab atas pembangunan gedung dan melakukan pengawasan itu sendiri". 1 jam sebelum runtuh beban dari 2 tiang di klub malam tersebut dipindahkan ke tiang nomor 30 dan tiang yang berada di area parkir bawah itupun retak. Perancang melewatkan perhitungan beban mati gedung ini. direktur Lian Yak yang meninggal dalam keruntuhan. panel menyimpulkan bahwa keruntuhan tersebut disebabkan oleh desain struktural tidak memadai bangunan. Kurangnya kepedulian pemilik terhadap pemeliharaan keamanan gedungpun terlihat sangat kurang. Pada bulan Maret 1987. wajar tanpa pengecualian juru Leong Shui. Hukum revisi juga mendorong pemilik bangunan untuk memenuhi standar yang lebih ketat dalam meninjau rencana pembangunan.

.Nasional sebagai agen untuk melakukan pemeriksaan struktural pada semua bangunan baru.