P. 1
onsu

onsu

|Views: 113|Likes:
Published by Herib Frangki

More info:

Published by: Herib Frangki on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/09/2012

pdf

text

original

KAJIAN Materi Ciri-Ciri Gelombang Bunyi Dan Gejala-Gejala Gelombang Bunyi

Kajian buku 1 1. Buku Judul Pengarang Penerbit Tahuan Kurikulum 2. Pembukaan
a. Kompetensi dasar :

: : : : :

Cerdas belajar fisika untuk kelas XII kamajaya grafindo 2008 KTSP

Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.
b. Hubungan dengan lingkungan :

Di dalam materi ini dapat kita lihat hubungnya dengan lingkungan seperti perambatan gelombang bunyi lewat udara seperti garputala yang di getarkan bahkan rel kereta api yang dapat menghentarkan gelombang bunyi walau bahkan getaran bunyi yang di hasilkan oleh gitar.

c. Aspek matematis

Rumus yang diberikan terlalu singkat tanpa penurunan rumus seperti

Terlalu disingkat sehingga biasa mengakibatkan para siswa tidak mampuh mengerti.

1

serta aplikasi kehidupan sehari-hari seperti garputalan dan piston. 4. Penutup Pengembangan konsep Konsep dikembangkan dengan penalaran yang cukup tinggi sementara penjelasan rumus serta penurunanya kurang . dibalik semua itu terdapat gambar pembantu yang mampu menjelaskan mengenai gelombang 2 . Alokasi waktu Sesuai dengan silabus 4 jam pelajaran untuk materi Ciri-Ciri Gelombang Bunyi 6 jam pelajaran untuk materi Gejala-Gejala gelombang bunyi c. Materi Kurang baik karena materi yang ada banyak menekan aspek konteks namun penekanan matematisnya kurang seperti penjelasan di atas b. Sistematika materi Kurang baik karena pendalaman awal bab sedikit sementara perlu menguasai materi yang begitu rumit. Inti a. selain itu keterurutan materi seperti pengukuran cepat rambat bunyi pada beberapa medium tidak di kelompokan. d.3. Konteks materi Terdapat lembar kerja ilmiah.

uji pemahaman - Kesimpulan Bukuini dilengkapi dengan lembaran praktek namun penekanan aspek matematis kurang di jelaskan. Terdapat uji pemahaman di setiap akhir pokok bahasan Materi di dalam buku ini dilengkapi dengan full color Terdapat lensa fisika atau penemuan-penemuan yang perna ada.terdapat uji pemahaman konsep . Tidak adanya klasifikasi menenai gelombang bunyi Rumus di turunkan secara tidak jelas. 3 . - Silabus Ada dilampirkan - kelebihan dan kelemahan buku Kelebihan Terdapat ulasan flash back yang memiliki hubungan dengan materi yang sebelumnya Terdapat kompetensi dasar di setiap awal bab Terdapat uji materi prasyarat di setiap awal bab sehingga mampuh mengajak para siswa mempelajari bab tersebut Ada lembar kerja ilmia dimana di dalam lembar kerja ilmiah siswa akan melakukan praktek secara langsung berhubungan dengan materi yang sedang di bahas. Terdapat catatan dima diisi dengan data penting yang tidak di jelaskan pada materi Ada contoh soal dan tugas Terdapat solusi praktis atau soal-soalyang sering keluar pada tes-tes OSN ataupun seleksi mahasiswa. Kekurangan Dalam materi dalam buku ini tidak dijelaskan mengenai telinga dimana pada bab ini menjelaskan mengenai bunyi.- Aktifitas mandiri Terdapat uji prasyarat dimana setiap awal bab siswa ditantang melakukan penalaran tentang materi yang sedang di bahas. tugas.

b. Buku Judul Pengarang Penerbit Tahuan Kurikulum 2. Kompetensi dasar : Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.Kajian buku II 1. Pembukaan a. Hubungan dengan lingkungan : Di dalam materi ini dapat kita lihat hubungnya dengan lingkungan seperti perambatan gelombang bunyi lewat udara lewat medium udara dimana piston yang di beri tekan yang berbeda-beda. sehingga menyerupai gelombanga pada pegas. c. Aspek matematis Rumus yang diberikan sangat jelas serta dilengkapi dengan penurunannya seperti rumus : : : : : Fisika SMA untuk SMA kelas XII Marten Kanginan Erlagga 2006 KTSP 4 .

3. . Alokasi waktu Sesuai dengan silabus 4 jam pelajaran untuk materi Ciri-Ciri Gelombang Bunyi 6 jam pelajaran untuk materi Gejala-Gejala gelombang bunyi g. 4. uji kompetensi 5 . bahkan suara yang terjadi h. yang di bawanya terdapat air. Materi Materi sangat teratur mulai dari ciri-ciri gelombang sampai gejala-gejala gelombang f. karena setiap awal bab terdapat kegiatan yang membahas materi sebelumnya yang memiliki hubungan yang erat dengan materi yang sedang di bahas. Penutup Pengembangan konsep Konsep dikembangkan dengan baik karena bayak mendalmi konsep yang mudah di mengerti seperti telinga manusia . Aktifitas mandiri Terdapat pertanyaan diskusi . Konteks materi Terdapat pendalaman konteks yang baik karena langsung mengaplikasikan garputala yang digetarkan pada tabung. Sistematika materi Materi disusun dengan sistematika yang baik. Inti e.

Buku Judul Pengarang Penerbit Tahuan Kurikulum 2. serta mengambil bayak aplikasi kongkrit yang ada di sekitar kita dengan bahasa yang mudah di mengerti. - Silabus Ada dilampirkan - Kelebihan dan kelemahan buku Kelebihan Terdapat peta konsep di setiap awal bab Terdapat cek kemampuan dimana menguji pemahaman pendahuluan sebelum materi di jelaskan Aspek matematis di uraikan dengan sangat jelas Terdapat penjelasan mengenai indra pendegar dimana merupakan salasatu indara yang dapat merasakan gelombang bunyi Ada Tahukah anda yang berisi informasi yang sesuai dengan materi yang di jelaskan Ada pertanyaan diskusi di setiap akhir pokok bahasan Kekurangan Warna dari setiap gambar Nampak monoton Tidak terdapat lembar pengamatan Penerapan konteks terlihat kurang.- Kesimpulan Buku ini dilengkapi dengan aspek matematik yang lengkap dan jelas semua penurunan rumus ditulis dengan pemahaman yang mudah dimengerti. Kompetensi dasar : : : : : : Asas-asas Fisika SMA kelas XII Bambang Ruwanto Yudistira 2008 KTSP 6 . Pembukaan a. Kajian buku III 1.

Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi serta menerapkanya dalam teknologi. seperti gelombang ultrasonic pada paus maupun pada alat music. Hubungan dengan lingkungan : Di dalam materi ini dapat kita lihat hubungnya dengan lingkungan seperti perambatan gelombang bunyi lewat udara lewat suatu sumber bunyi seperti mebaran (pada music gendang) dan segala jenis gelombang bunyi yang ada di sekitar kita .dan lainya c. Materi Materi yang diuraikan sangat jelas bahkan banyak mengunakan apalikasi kehidupan namun kalsifikasi dari gelombang bunyi dan indra pendengar manusia sebangai penangkap gelombang bunyi kurang di uraikan. b. 3. Aspek matematis Fariabel matematis yang digunakan terlalu rumit dan sulit untuk di mengerti seperti Contoh penerapan rumus terlalu rumit dan sulit untuk dimengerti di kalangan siswa sma. b. Alokasi waktu Sesuai dengan silabus 7 . Inti a.

terdapat uji . - Kesimpulan Bukuini dilengkapi dengan lembaran praktek serta penalaran konsep yang baik namun di lihat dari aspek matematisnya masi terdapat kekurangan. Konteks materi Terdapat kegiatan percobaan yang mampuh mengaplikasikan scara nyata tentang gelombang bunyi.dan uji kopentensi bab. d.4 jam pelajaran untuk materi Ciri-Ciri Gelombang Bunyi 6 jam pelajaran untuk materi Gejala-Gejala gelombang bunyi c. Penutup Pengembangan konsep Konsep dikembangkan dengan baik di materi ini banyak menguraian ulaasan materi sebagai penjelas materi yang sementara di bahas sehingga pendalaman konsep terlihat lebih jelas - Aktifitas mandiri Terdapat kegiatan siswa di mana disini siswa diharapkan mampuh mengkaitan materi dengan konsep yang nyata. Sistematika materi Di dalam uraian materi inji getaran gelombang dawai di letakan setelah pembahasan sifat-sifat gelombang dan perhitungan laju bunyi pada berbagai medium . serta terdapat aplikasi kongkrit seperti gambar yang menujukan bernbagai gelombang bunyi. 4. sebaiknya di jelaskan di awal bab agar mudah di pahami. Silabus Ada dilampirkan 8 .

Kelebihan Terdapat ulasan pendahuluan yang meyoroti pembahasan sebelumnya yang memiliki hubungan dengan gelombang bunyi Di setiap bab terdapat kompetensi dasar - Gambar yang diberikan memberikan petunjuk mengenai hubungan materi dengan keadaaan sebenarnya - Terdapat table laju bunyi dari berbagai macam bahan - Terdapat lembar percobaan yang baik untuk meningkatkan pemahaman konsep Gambar yang tersedia didalam buku penuh dengan warna Terdapat fenomena fisika yang menguraiakan berbagai penelitian bahkan penerapan konsep dari materi yang sementara di bahas 9 .

technology end society yang membahas mengenai konsep yang di terapkan dalam teknologi membantu manusia Kelemahan Tidak terdapatnya peta konsep di setiap awal bab Fariabel yang di gunakan dalam mejelaskan rumus terlalu rumit 10 .- Terdapat pertanyaan diskusi Ada aplikasi atau science .

dan gas. Cepat rambat bunyi di udara 340 m/s. mereka mengunakan gelombang radio untuk dapat berkomunikasitermasuk spectrum gelombang elektromaknetik.dan selang waktu (t) didefinisikan sebangai cepat rambat bunyi. Ciri-ciri Gelombang Bunyi 1. membentuk renggangan dan rapatan . 2. Mengukur capat rambat bunyi di udara 11 . Ketika getaran bunyi bergerak keluar memapetkan udara dan rengangan yang tibul pada sebuah benda yang menghasilkan bunyi dapat dilihat .hasil bagi antara jarak yang di tempuh (s). Sifat-sifat dasar bunyi Gelombang bunyi adalah gelombang longitudinal Gelombang bunyi seperti halnya slinki yang digetarkan maju mundur merupakan gelombang longitudinal. a.PEMBAHASAN Lampiran materi A. keadaan inilah yang sama dengan slinki satu rapatan dan satu rengangan menghasilkan 1 panjang gelombnag - Bunyi tidak dapat merambat melalui ruang vakum Gelombang bunyi merambat melalui zat padat. Mengukur cepat rambat bunyi Bunyi memerlukan waktu untuk merambat dari suatu tempat ke tempat lain.zat cair. namun tidak dapat merambat di ruang vakum ini terbukti dari para astronot yang ada di bulan tidak dapat berkomunikasi walau pada jarak yang dekat.

Jika frekwensi garputala telah diketahui kita dapat langsung mengukur cepat rambat bunyi di udara Untul L1=1/4 λ menjadi L1/1/4 = λ Jadi tingal di masukan pada persamaan dasar gelombang V= λf b. dalam selang waktu t. Cepat rambat bunyi pada zat padat Jika gaya luar F di berikan pada ujung sebuah batang dengan luas penampang A sehingga ujung batang bergerak dengan laju u dan menyebabkan suatu pulsa rapatan gelombang bunyi merambat sepanjang batang dengan laju v. pulsa menempuh jarak vt dan panjang batang logam termampetkan sebesar ut dengan demikian 12 .

13 .

14 .

15 .

3.2 Conto soal 16 .

3 Peta konsep 17 .3.

PENUTUP Rekomendasi Dari ketiga buku yang kami kaji teryata masing-masing buku memiliki keunggulanya masing-masing namun kami merekomendasikan penggunaan buku Judul Pengarang Penerbit Tahuan Kurikulum : : : : : Fisika SMA untuk SMA kelas XII Marten Kanginan Erlagga 2006 KTSP Karena menurut kami buku ini memiliki keuntungan seperti di elemen konteks.konsep maupun sistematikanya sangat baik dan bagus untuk di gunakan di kalangan sma Kesimpulan akhir Setiap buku memiliki karakter yang berbeda-beda oleh sebab itu ada baiknya menggunakan buku dari sumber yang berbeda agar senantiasa dapat memiliki referensi yang baik dan dapat di terapkan di kalangan para pelajar 18 .

Fisika SMA Kelas XII.Yogyakarta:Yudistira Fikika SMA Kelas 19 .marten.2007. Jakarta: Erlangga Kamajaya.2007.bambang.DAFTAR PUSTAKA Kanginan.Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas XII.Asas-asas XIIA.Bandung: Grafindo Ruwanto.2006.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->