P. 1
MAKALAH AGAMA KELOMPOK 5

MAKALAH AGAMA KELOMPOK 5

|Views: 193|Likes:

More info:

Published by: Putri Lokita Purnama Citra on Mar 26, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/14/2015

pdf

text

original

MAKALAH AGAMA

KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA

DISUSUN OLEH: ANDRIAN MISTAVIRUL (21010111130069) ANDIKA YUDHA P (21010111130070) PAIZAL PEBRIYANTO (21010111130071 RIDWAN PRADANA (21010111130072) PUTRI LOKITA PURNAMA C (21010111130073) KELOMPOK 5

FAKULTAS TEKNIK JURUSAN TEKNIK SIPIL UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2011/2012

DAFTAR ISI .

KATA PENGANTAR .

3.2.4 Bagaimana kebersamaan umat beragama dalam kehidupan sosial? I. . 1.3 TUJUAN 1.BAB 1 PENDAHULUAN I.3.2. 1.1 Mengetahui pengertian Islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘Alamin.2 Dialog umat beragama 1.2 Mengetahui dialog umat beragama.I LATAR BELAKANG I.2 RUMUSAN MASALAH 1.3 Apa maksud dari Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Insaniyah ? 1.3. 1.1 Apa pengertian Islam sebagai agama Rahmatan Lil ‘Alamin? 1.3 Mengetahui maksud dari Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Insaniyah.3.2.2.4 Mengetahui Bagaimana kebersamaan umat beragama dalam kehidupan sosial.

Keyakinan seseorang kepada Allah akan memberikan ketenangan dalam hidup manusia. ilmu kalam. Adapun kunci untuk menggapai ketaqwaan adalah sebagai berikut: a. kemakmuran. Dalam konsep tauhid akan dikupas lebih detail dalam cabang ilmu. yaitu ilmu tauhid. kedamaian. dsb. Salah satu dasar hubungan antara manusia dengan Allah SWT adalah suatu keyakinan manusia itu sendiri terhadap Allah SWT sebagai Robb semesta alam. ushuluddin. binatang. Berpegang teguh pada tali (agama) Allah SWT dan jangan bercerai berai. 1. Dalam hidup ini harus senantiasa berpegang teguh pada ajaran-ajaran agama Islam yang . Oleh karena itu untuk mencapai itu semua harus memperhatikan kembali aspek hubungan antara manusia dengan Allah dan hubungan manusia dengan manusia. serta hubungan manusia dengan alam. Hubungan Manusia dengan Manusia lainnya. Keyakinan atau keimanan inilah yang akan membawa manusia ke dalam ketaqwaan. Manusia dalam kesehariannya sudah tentu berhubungan dan berinteraksi dengan manusia lainnya karena manusia adalah makhluk sosial yang tidak dapat hidup sendiri. bergantung dan tempat memohon pertolongan. Sehingga hubungan antar manusia itu diatur dalam Al Qur’an dan Hadist agar tercipta keharmonisan. kesejahteraan baik di dunia maupun di akhirat. itulah misi Nabi Muhammad mengajarkan Islam kepada umat manusia. Kemakmuran disini bukan hanya ditujukan kepada manusia semata namun untuk seluruh makhluk yang ada di alam semesta ini yakni manusia.1 Pengertian Islam sebagai agama rahmatan lil ‘alamin Islam merupakan agama yang sempurna dan menjadi rahmat bagi seluruh alam. Ajaran Islam diturunkan oleh Allah ke muka bumi ini melalui utusan-Nya yakni Rosulullah Muhammad SAW untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam. Hubungan vertikal antara manusia dengan Allah SWT harus dilandasi sebuah keimanan bahwa hanya Allah-lah satu-satunya Tuhan tempat mengadu. Agama Islam yang yang mengandung ajaran yang sempurna untuk dijadikan pedoman hidup manusia untuk menggapai keselamatan. alam dan lingkungan sekitar. 2. serta semua makhluk ciptaan Allah. Al Qur’an dan Hadist juga mengatur hubungan vertikal antara manusia dengan Allah SWT.1. tumbuh-tumbuhan. Hubungan Manusia dengan Allah SWT.1 ISI II.BAB II PEMBAHASAN II. ketentraman dan kedamaian dalam kehidupannya.

Ukhuwah Basyariyah/ Insaniyah Persaudaraan antar sesama manusia yakni kita senantiasa berlaku baik pada setiap manusia karena derajat kita sama dihadapan Allah kecuali iman dan taqwa yang membedakannya. Sesama muslim harus bersatu dan saling tolong menolong dalam kebaikan. . bahkan kita tak mampu menghitung nikmat yang telah kita terima tersebut. jangan malah merusak alam dan lingkungan. 3. munafiq. Ukhuwah Islamiah Dalam hal aqidah Islam kita bersaudara sesama umat Islam lainnya. Kita tidak boleh menuduh seseorang sebagai orang kafir. Dan sesama muslim kita senantiasa menghormati perbedaan yang terjadi. Dalam pelaksanaan secara teknisnya dalam bermuamalah terdapat 3 macam yaitu : i. atau mengejek sesama muslim karena perbedaan itu. Nikmat dari Allah harus senantiasa disyukuri Banyak sekali nikmat yng diberikan Allah SWT kepada kita. ii. Apabila menolong agama Allah. Dalam melakukan sesuatu pun kita tidak boleh semau kita sendiri.benar. Tetapi apabila ada dari saudara kita sesame muslim yang menyimpang dari ajaran Islam kita harus mengajaknya untuk kembali kejalan yang benar (amar ma’ruf nahi mungkar). Sehingga kita harus saling tolong menolong dan menghormati orang lain. d. b. Jangan Melupakan sejarah Tanpa sejarah mungkin kita tidak bisa mengembangkan dan memajukan Indonesia menuju kemakmuran. Inilah konteks hubungan antar manusia. kita harus berkaca pada sejarah. c. Hubungan Manusia dengan Alam Banyak disebutkan dalam hadist bahwa kita harus senantiasa menjaga harmonisasi hubungan antara manusia dengan alam sekitar. insyaAllah Allah akan menolong seriap urusan kita. Mengajak pada Kebaikan dengan Dasar Amar Ma’ruf Nahi Mungkar Apabila mengajak pada kebaikan sudah seharusnya kita menyesuaikan antara ucapan/ ajakan kita dengan tindakan yang riil. jika ada sesuatu yang baik maka harus dilanjutkan tapi bila sesuatu yang buruk yang didapati dalam sejarah itu maka harus ditinggalkan. Alam telah memberikan bnyak manfaat bagi manusia sehingga sudah selayaknya kita melestarikan alam untuk kemaslahatan umat dan kesejahteraan hidup manusia.

memegang prinsip etika universal. dan kemungkinan distorsi yang terjadi dalam komunikasi.2 Dialog umat beragama Dialog antar umat beragama merupakan pendekatan yang bersifat politis. menciptakan kondisi dan situasi pembicaraan ideal dengan mengatasi segala macam hambatan.3 Pengertian ukhuwah islamiyah dan ukhuwah insaniyah II. Prasyarat Dialog Antar Umat Beragama Syarat untuk mencapai dialog antar umat beragama adalah dipenuhinya prasyarat dialog. Pertemuan dan dialog bersifat ilmiah filosofis menghasilkan agree in disagreement (setuju dalam perbedaan) Pendekatan praktis pragmatis yaitu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat agar kehidupan beragama makin semarak. masyarakat dan bernegara.1. seperti pelaku dialog yang mencapai kesadaran moral otonom. II.1.1. memerhatikan setiap pola tindakan yang dilakukan.4 Kebersamaan Umat beragama dalam kehidupan sosial BAB III . dalam kehidupan pribadi.II.

2 SARAN DAFTAR PUSTAKA .1 KESIMPULAN III.PENUTUP III.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->